Contoh Alat Musik Akustik Beserta Penjelasan Singkat Mengenai Pengertian dan Sejarah Musik Akustik

Alat Musik Akustik – Suatu alat musik yang penguat bunyinya tanpa perlu menggunakan tenaga listrik merupakan pengertian alat musik akustik. Dalam bermain musik akustik perlu namanya latihan rutin dan memerlukan waktu yang lama agar bisa menghasilkan suara yang indah untuk dinikmati.

Berbeda dengan alat musik elektronik yang penguat bunyi harus menggunakan tenaga listrik. Dengan menggunakan alat musik modern ini, seorang pemain tidak perlu bersusah payah untuk bisa menghasilkan suara yang indah dan juga berkualitas. Alasannya karena hampir sebagian keindahan suara yang ditimbulkan itu diproduksi oleh alat itu sendiri. Baca juga artikel kami mengenai alat musik arab.

Sejarah Musik Akustik

sejarah musik akustik

pixabay.com

Munculnya musik akustik ini setelah munculnya instrumen terlebih dahulu, seperti organ listrik. biola listrik, gitar listrik dan synthesizer. Asal musik ini sebenarnya adalah musik rakyat di tahun 1960-an. Dan selanjutnya semakin hari semakin populer terutama di acara televisi MTV selama tahun 1990-an. Meskipun pertunjukan tersebut masih menggunakan elektrik oleh musisi yang biasa mengandalkan instrumenn elektronik.

Contoh Alat Musik Akustik

Alat musik akustik memiliki kelebihan tersendiri dari jenis alat musik lainnya karena alat musik akustik memiliki karakter suara yang lebih natural dan juga alami dibandingkan alat musik modern atau alat musk elektronik.

1. Cajon atau Drum Akustik

cajon drum akustik

youtube.com

Cajon adalah alat musik akustik yang mulai digemari oleh banyak orang di Indonesia. Pada umumnya banyak pemuda lebih menyukai cajon daripada drum. Alasannya karena dasarnya drum dan cajon itu memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengisi ketukan dan menjaga tempo dalam suatu permainan lagu atau musik.

2. Piano Akustik

piano akustik yang digunakan untuk bermain musik akustik

pixabay.com

Piano akustik itu berbeda dengan piano digital yang sering banyak dijumpai di setiap pertunjukan musik atau band. Dalam hal suara, piano akustik memiliki suara yang lebih jelas dan natural dibandingkan piano digital karena berbagai faktor yang mempengaruhinya yaitu vibrasi soundboard, resonasi, dan segala kompleksitasnya yang akan mempengaruhi karakter suara piano dan akan menimbulkan suara secara alami sesuai desain pianonya.

3. Biola

biola akustik yang biasa digunakan untuk bermain musik akustik

pixabay.com

Alat ini merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola mempunyai empat senar yaitu G-D-A-E yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada G adalah nada terendah. Fiddle seringkali menjadi nama sebutan dari biola yang jika digunakan untuk memainkan lagu tradisional.

4. Gitar Akustik

Gitar akustik untuk bermain musik akustik

pixabay.com

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang mana suaranya ditimbulkan dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara yang berada di dalam ruang suara tersebut akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik itu berpengaruh dari kualitas dan jenis kayu serta senar yang dipakai.

Pada umumnya gitar akustik itu terbagi menjadi empat, yaitu:

  • Gitar duabelas senar
  • Gitar Archtop
  • Gitar Puncak datar dan gitar folk yaitu gitar dengan menggunakan senar baja
  • Gitar Flamenco dan gitar klasik yaitu gitar yang menggunakan senar nilon

Itulah penjelasan singkat mengenai alat musik akustik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. šŸ™‚

Leave a Reply