Cockatiel, Burung Kakak Tua Mini yang Lucu dan Bersahabat

Burung Kakak Tua Mini – Burung Cocktatiel merupakan burung endemik dari benua Australia. Sehingga sering disebut Parkit Australia. Selain nama-nama tersebut, burung ini pun sering disebut dengan Falk, Namun, untuk masyarakat Indonesia sendiri sering menyebutnya Kakak Tua Mini. Mungkin alasannya karena bentuk tubuhnya seperti Burung Kakak Tua Jambul Kuning, tapi memiliki postur tubuh yang lebih kecil.

Burung terkenal dengan kepintarannya ini, sering dijadikan hewan peliharaan, khususnya di Amerika Serikat. Burung Cockateil menjadi salah satu hewan peliharaan terfavorit. Burung ini pun terlihat cantik, apalagi sudah dimutasi oleh para peternak burung Falk. Dan dari mutasi tersebut menghasilkan burung kakak tua mini yang memiliki banyak variasi / corak warna yang beragam. Yuk kita mengenal lebih dekat dengan Cocktaiel si Burung Kakak Tua Mini yang lucu dan bersahabat.

Habitat Alami Burung Kakak Tua Mini

birdsinbackyards.net

Di habitat aslinya, Cockatiels lebih senang dengan tanah semak, lahan basah dan semak belukar. Burung Falk ini sering ditemui di tanah yang gersang, namun dekat dengan genanan air. Sebagian Burung Kakak Tua Mini sering berpindah-pindah untuk mencari makanan dan air yang tersedia. Mereka sering hidup berpasangan atau dalam kelompok yang kecil. Tapi, tidak jarang Burung Cockateil hidup berkelompong dengan jumlah yang cukup banyak sekitar ratusan. Sehingga, membuat khawatir para petani, karena sering memakan hasil pertanian.

Burung Cockatiel lebih banyak ditemui di daerah sudut Timur Selatan dan Barat, serta di gurun Cape York Peninsula dan Australia Barat. Burung ini merupakan satu-satunya spesies kakak tua yang dapat berkembang biak pada akhir tahun pertama mereka.

Usia Burung Cockateil

abc.net.au

Pada umumnya umur Burung Cockatiel dalam penangkaran itu bisa sampai usia sekitar 16 sampai 25 tahun. Namun, menurut laporan yang ada Burung Cockatiels bisa hidup sampai usia 32 tahun, bahkan sampai berusia 36 tahun. Tetapi, tidak jarang juga usia Burung Cocktatiel itu bisa memiliki usia yang singkat hanya 10 sampai 15 tahun. Semua tergantung asupan gizi dan nutrisi yang baik. Dan tak kalah penting olahraga sang burung yang menjadi faktor penentu kesehatan Buurung Cockatiels.

Jenis Corak / Variasi Warna Burung Cockatiel

Di habitat aslinya, burung ini dominan warnanya adalah abu-abu gelap. Namun setelah dimutasi oleh para peternak Burung Cockatiel, Burung Kakak Tua Mini memiliki berbagai macam warna dan corak, sehingga terlihat lebih cantik. Berikut jenis corak / variasi warna Burung Cockatiel :

Cockatiels Pied

geocities.ws

Cockatiels White Face

i.ytimg.com

Cockatiels Cinnamon

tailfeathersnetwork.com

Cockatiels Pearl

i.ytimg.com

Cockatiels Grey

pets4homes.co.uk

Cockatiels Lutino

gallery.connectedbypets.com

Bagaimana Burung Kakak Tua Mini terlihat cantik dan lucu kan ?

Burung Cockatiel dengan Mutasi Warna Yang Langka

hdwallpaperbackgrounds.net

Banyak peternak Burung Cockateil melakukan mutasi warna agar bisa menghasilkan Burung Cockateil yang cantik. Sehingga daya minat pembeli itu menjadi meningkat. Berikut Burung Cockateil dengan mutasi warna yang langka :

Cockatiel Fallow

Corak Burung Cocktatiel ini susah dibedakan dengan Cockatiel Cinamon, karena keduanya hampir mirip.  Yang membedakan jenis Fallow dan Cinnamon yaitu kaki dan paruh Fallow berwarna merah atau pink. Selain itu warna iris mata jenis Fallow lebih terlihat merah gelap. Kamu bisa melihatnya jika dipaparkan langsung dengan cahaya terang.

Cockatiel Silver

Jenis Cockatiel ini terbagi menjadi dua yaitu Dominan Silver dan Resesif Silver. Pada jenis Dominan Silver kesannya seperti normal Cockateil Grey yang pudar dengan warna abu-abu terang atau keperakan. Paruh dan kakinya merah muda serta matanya yang berwarna merah. Dan ketika dewasa, warna merah di pipinya itu berubah warna menjadi kuning dalam dan terang atau orange sementara. Dan untuk betinannya tidak mengalami perubahan kecuali di bagian ekor.

Untuk jenis Resesif Silver mirip dengan Dominan. Namun, perbedaan yang mencolok hanya pada warna mata. Walapun berwarna merah, Resesif Silver lebih cenderung terang daripada Dominan Silver.

Kelebihan dan Kekurangan Burung Cockatiel

atozpictures.com

Yah, kita tahu setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hal itu pun tak luput dari hewan. Seperti halnya burung, burung Murai merupakan juaranya burung kicau karena mempunyai variasi suara yang bagus dan indah. Maka kita tidak bisa sandingkan dengan burung paruh bengkok yang memiliki kepintaran dari burung-burung lainnya.

Burung Cockatiel juga memiliki kelebihan yang sama dengan burung paruh bengkok lainnya, antara lain :

  • Burung Cockatiel yang sudah jinak dapat dijadikan hiburuan untuk keluarga, karena burung ini termasuk burung pintar dan menarik. Sehingga, dapat mencairkan suasana ditengah kehangatan keluarga.
  • Burung Cockatiel memiliki berbagai corak warna yang menarik, dan bisa dibilang memanjakan mata. Sehingga dapat dikoleksi untuk dijadikan hewan peliharaan sekaligus membuat rumah lebih menarik.
  • Burung Cockatiel memiliki keingin tahuan yang cukup tinggi. Sehingga berbagai pernak-pernik yang dipasang di kandang burung akan sering dimainkan. Dan kamu tidak akan bosan melihat tingkah lucunya.
  • Burung Cockatiel bisa dilatih berbagai atraksi dan permainan seperti jungkat jungkit, masuk ke dalam terowongan, memanjat tangga putar dan bergantungan di tali. Semua itu dapat dilakukan dengan latihan yang rutin.

Selain itu perawatan Burung Cocktatiel pun terbilang mudah. Makan utamanya adalah biji-bijian. Bisa juga diberi makan seperti kenari sheet, biji bunga matahari, juwawut, dan juga bisa diberikan jagung manis, buah-buahan, sayuran dan juga kecambah sebagai varisi makanannnya.

Namun burung ini mempunyai kekurangan yaitu harga yang relatif mahal. Rata-rata harga anakannya itu berkisar Rp. 40.000 – Rp. 700.000 per ekornya. Sedangkan harga indukannya bisa 2 kali lipat harga anakannya yaitu berkisar Rp. 1.500.000 – Rp. 1.700.000. Mungkin salah satu faktor mahalnya burung ini karena peternaknya masih dibilang sedikit. Nah, mungkin untuk kamu yang sedang mencari ide usaha. Beternak Burung Cockateil bisa kamu garap menjadi lahan usaha. Dan selanjutnya akan kita bahas mengenai cara berternak Burung Cockateil.

Cara Beternak Burung Cockateil

atozpictures.com

Perkembangan Burung Cockateil memang tidak seramai Burung Loverbird yang sudah memiliki banyak penggemar. Namun, jangan salah Burung Cockateil ini sudah digandrungi para pecinta burung paruh bengkok. Kepintaran yang dimiliki burung ini menjadi salah satu daya tarik para pecinta burung. Banyak orang yang memiliki Burung Kakak Tua Mini untuk dijadikan hiburan dirumah karena kepintarannya.

Nah, lahan emas ini harus segera digarap oleh peternak burung atau untuk kamu sedang mencari ide usaha. Harga burung yang cukup tinggi dipasaran bisa menjadi patokan, bahwa bisnis ini menjanjikan. Yuk kita simak apa saja yang harus dilakukan untuk bisa beternak burung pintar ini.

Persayaratan Penangkaran Burung Cockateil

pets4homes.co.uk

1. Siapkan indukan yang sehat dan tidak cacat. Dan Burung Cockateil yang sudah berjodoh, bisa sepasang atau lebih.

2. Kandang yang digunakan bisa menggunakan kandang Aviary atau kandang Battery sesuai kebutuhan dan jumlah burung yang ditangkar.

3. Siapkan gelodok seperti gelodok Loverbird namun lebih besar, disesuaikan dengan ukuruan Burung Cockateil untuk menjadi sarangnya nanti.

4. Untuk melengkapi kebutuhan kalsium burung, sediakan tulang sotong.

5. Berikan pakan yang segar dan higienis.

Pemilihan Indukan Untuk Di Sangkarkan

images.locanto.net

1. Pastikan burung yang akan ditangkar itu sepasang, berjenis kelamin jantan dan betina.

2. Usia yang ideal Burung Cockateil untuk ditangkarkan itu sekitar 12 bulan sampai 15 bulan, lebih tua pun tidak apa-apa, asalkan jangan kurang dari 12 bulan.

3. Usahakan burung jantan itu lebih tua dari si betina, agar mentalnya sudah siap jika sudah dimasukan dalam satu kandang.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cockateil

feistyhome.phpwebhosting.com

  • Burung jantan lebih banyak bersiul daripada betina yang sering memekikan suara.
  • Sebagian para peternak Burung Cocktail itu melihat jenis kelamin dengan memerhatikan warna pipi burung yang berwarna orange, jika warnanya lebih terang atau jelas maka berjenis kelamin jantan. Namun jika warnanya lebih sedikit dan tidak terang maka berjenis kelamin betina.
  • Jika terlihat garis atau bintik dibagian sayap atau ekornya, kemungkinan berkelamin betina. Untuk bisa melihatnya, kamu harus arahkan bulunya kearah cahaya yang terang agar mudah terlihat.
  • Coba taruh cermin dihadapan burung, jika burung melihat cermin dan memerhatikan bayangnnya terus, maka bisa dipastikan burung itu berjenis kelamin jantan. Sebaliknya untuk si betina biasanya akan menghindar dan tidak peduli dengan bayangan dirinya.
  •  Burung jantan biasanya sering membusungkan dadanya dan mengangkat sedikit sayapnya.
  •  Burung betina biasanya sering mendesis dan juga mengigit.
  • Burung jantan lebih agresif dibandingkan dengan betina yang lebih tenang.

Kandang Penangkaran

petz4u.co.uk

Kandang penangkarannya biasanya menggunakan kandang Aviary atau koloni, jika kamu mempunyai beberapa indukan. Namun, biasanya untuk yang mempunyai sepasang saja bisa menggunakan kandang soliter atau 1 kandang untuk sepasang indukan. Biasanya kandang soliter itu berbentuk kandang battery. Kamu bisa membuatnya sendiri ataupun membelinya.

Selanjutnya kamu menambahkan tenggeran seperti biasanya, karena dalam beternak Burung Cockateil itu tidak harus menggunakan tumbuhan. Jadi kamu buat tenggeran menggunakan kayu biasa. Dan untuk sarangnya kamu harus sediakan gelodokan seperti gelodokan burung Lovebird, namun lebih besar.

Untuk pemula sebaiknya kamu menggunakan kandang aviary, karena burung akan mencari jodohnya sendiri tanpa harus dijodohkan, itupun jika kamu punya beberapa pasang indukan.

Selanjutnya kamu harus beberapa hal dalam kandang tangkarannya agar hasil penangkarannya maksimal yaitu :

  • Sayuran untuk melengkapi kebutuhan indukan.
  • Buah-buahan yang segar dan harus diganti setiap hari.
  • Mengisi tempat mandi burung dengan air bersih, yang diletakkan dibawah kandang.
  • Wadah untuk pakan dan minum
  • Tulang yang digantung dekat pakan dan minum, untuk memenuhi kebutuhan kalsium burung.

Perkawinan Burung Cockateil

blackmemory2009leo.blogspot.co.id

Perkawinan akan terjadi, jika sang jantan menemukan ketertarikan dengan sang betina. Begitu juga sang betina akan sering membungkukan badannya yang menandakan bahwa sang betina sudah siap untuk kawin. Selanjutnya kamu harus menjaga kuku burung jantan agar tidak terlalu panjang yang akan membuat proses perkawinan terganggu.

Setelah burung betina bertelur, kamu harus segera sediakan bak air yang digunakan untuk betina berendam. Karena burung betina akan menjaga kelembapan telur-telurnya dan juga sarangnya. Di habitat aslinya Burung Cockateil bisa bertelur sebanyak 3-10 butir. Namun, di penangkaran rata-rata bertelur 4-5 butir.

Untuk bisa memaksimalkan jumlah telur sekaligus persentase telur menetas. Kamu bisa memberikan vitamin yang sering dijual di toko burung, salah satunya adalah BirdMature. Pengeraman telur biasanya dilakukan oleh burung jantan dan betina secara bergantian dan kadang juga bersamaan. Waktunya sekitar 18-21 hari. Setelah telur menetas, sang induk tidak akan langsung memberikannya makan, tapi menunggu cadangan makanan yang berada di kantung kuning telur itu habis sekitar 8-12 jam.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Yuk dishare agar semua dapat manfaat dari artikel ini 😀

Leave a Reply