Bingung Menemukan Ide Tulisan ? 7 Cara Mencari Ide Tulisan ini Pasti akan Membantumu

“Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.” (QS. Al Kahfi: 109)

“Dan seandainya pohon-pohon di muka bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan lagi, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Luqman: 27).

Cara Mencari Ide Tulisan – Sebagai manusia yang penuh kekurangan. Kita selalu mengeluh disetiap keadaan yang kita alami. Bahkan sampai kita menganggap mencari ide tulisan itu sulit. Padahal Allah SWT sudah memberikan kemudahan untuk kita semua.

Dan ayat diatas itu menegaskan bahwa anggapan kita itu semua salah. Ternyata mencari ide tulisan itu tidak sesulit yang kita semua bayangkan. Dan yang hanya kita perlu lakukan adalah hanya membuka mata dan telinga. Berikut 7 cara mencari ide tulisan yang bisa membantu kamu untuk menemukan inspirasi dalam menulis.

1. Buka buku, bacalah untuk bisa mendapat inspirasi

contoh ide cerpen

pixabay.com

Di dalam buku banyak sekali kutipan-kutipan yang dapat menginspirasimu. Bisa saja kamu mengambil salah satu kutipan buku yang mungkin mewakili tulisan yang akan kamu buat nanti. Selain itu, kamu juga bisa membaca buku cerpen. Di dalam buku cerpen biasanya memuat banyak cerita. Kamu bisa mengambil contoh ide sebuah cerpen yang menarik untuk kamu sisipkan ke dalam tulisanmu, sehingga akan membuat tulisanmu lebih menarik. Sekaligus, kamu bisa mendapat referensi gaya penulisan dari buku yang kamu baca.

2. Anggap dirimu sebagai pembaca dan bayangkan informasi apa yang kamu butuhkan ?

mencari inspirasi menulis

pixabay.com

Posisikan dirimu sebagai pembaca. Informasi apa yang kamu sedang cari saat ini ?. Kebutuhan yang diperlukan seorang bayi ? balita ? anak remaja ? ibu ? ayah ? . Nah, apa kamu sudah mendapatkan ide untuk tulisanmu ? .

Misalkan saya, beberapa saat yang lalu saya buntu untuk menulis, karena kehabisan ide untuk tulisan saya. Ketika itu saya berpikir untuk menulis masalah yang saya alami saat itu. Dan akhirnya saya membuat artikel ini berkat masalah yang saya hadapi. Mudahkan ?

3. Dengarkan lagu, mungkin kamu akan menemukan ide dari sebuah lirik lagu

cara mencari ide tulisan

pixabay.com

Selain untuk meningkatkan semangatmu dalam menulis, lagu pun bisa kamu jadikan cara untuk mencari ide tulisan. Kamu bisa perhatikan makna dan lirik lagu yang sedang kamu dengarkan. Biasanya di dalam lagu tersebut tersembunyi sebuah cerita. Lalu kamu bisa jadikan cerita tersebut menjadi tulisan, atau kamu bisa menarik garis merah ( kesimpulan ) dari sebuah lagu untuk dijadikan sebuah tulisan.

4. Amati keadaan di sekitarmu, perhatikan apa yang sedang terjadi

cara mendapatkan ide menulis

pixabay.com

Dalam mencari inspirasi untuk menulis itu bisa dengan berbagai cara. Dan untuk menemukan ide itu pun bisa dengan melihat kondisi di sekitarmu. Cobalah pergi keluar rumah seperti taman, mall atau kafe. Mungkin kamu akan menemukan ide tersebut diluar.

Kamu bisa menulis kejadian yang terjadi di luar atau kamu juga bisa menjadi wartawan dadakan. Coba kamu cari teman ngobrol, selanjutnya kamu bisa tanyakan beberapa hal. Hasil dari wawancara itu bisa kamu jadikan bahan untuk tulisanmu.

5. Ingat-ingat pengalamanmu, sharinglah kepada orang lain, mungkin akan bermanfaat

inspirasi menulis novel

pixabay.com

Pengalaman adalah sesuatu yang berharga. Mungkin kamu sudah melakukan banyak hal. Coba kamu ingat-ingat kejadian demi kejadian, kisah demi kisah yang pernah kamu lalui. Lalu kamu saring, menurutmu apakah kisah atau kejadian itu bisa dijadikan pelajaran atau menginspirasi untuk orang lain. Dan segeralah tuangkan pengalamanmu menjadi tulisan yang dapat bermanfaat untuk orang banyak.

6. Tonton tv atau film, untuk mendapat ide tulisan

cara mendapatkan ide kreatif

pixabay.com

Televisi bisa disebut dengan jendela dunia selain buku. Tapi kamu harus pintar-pintar memilah berita yang ada. Karena tidak semua berita yang lihat di televisi itu bisa layak menjadi tulisan. Kamu bisa jadikan kejadian yang sedang hangat di  televisi menjadi bahan tulisanmu.

Mungkin kamu juga bisa mereview beberapa film yang sudah kamu tonton atau film yang menjadi favoritmu. Kamu pun bisa perhatikan alur cerita film. Dan kamu jadikan ide untuk tulisanmu. Bahkan kamu bisa mendapatkan inspirasi dalam menulis sebuah novel dari berbagai film yang kamu tonton. Karena kebanyakan film itu diambil dari sebuah novel, contohnya : Surga Yang Tak Dirindukan, film itu diambil dari novel karangan penulis best seller yaitu Asma Nadia.

7. Blogwalking, baca tulisan yang orang lain agar bisa terinspirasi

cara mencari ide tulisan

pixabay.com

Cara mendapatkan ide untuk menulis selanjutnya yaitu dengan berkeliling dari blog satu ke blog yang lain. Biasanya kamu akan terbesit sebuah ide untuk tulisan dari berbagai artikel yang kamu baca. Misalkan kamu menemukan bahan bacaaan mengenai makanan unik, tempat wisata yang indah, hal-hal yang baru kamu ketahi dan lain sebagainya. Pasti insting menulismu akan menggiring untuk menemukan sebuah ide dari berbagai macam artikel yang kamu baca.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika menurut kamu artikel ini sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk men-sharenya. Mungkin teman-temanmu membutuhkan artikel ini, Terima Kasih 🙂

Leave a Reply