Cara Mengatasi Inflasi Menggunakan Kebijakan Moneter dan Fiskal Lengkap dengan Penjelasan

Cara Mengatasi Inflasi – Di dalam sebuah ilmu ekonomi, inflasi merupakan sebuah proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus yang memiliki kaitan dengan mekanisme pasar yang penyebabnya itu dari berbagai faktor yaitu berlebihnya likuiditas di pasar yang menimbulkan konsumsi atau bahkan spekulasi sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran pendistribusian barang dan konsumsi masyarakat yang semakin meningkat.

Maka kesimpulannya inflasi yaitu proses menurunnya nilai mata uang secara terus-menerus. Inflasi itu terbagi menjadi 4 golongan, antara lain hiperinflasi, inflasi berat, sedang dan ringan. Inflasi ringan itu terjadi jika kenaikan barang berada dibawah angka 10% setahun, inflasi sedang sekitar antara 10%-30% setahun dan hiperflansi atau juga disebut dengan inflasi tak terkendali terjadi bila kenaikan harga berada diatas 100% pertahun.

Cara Mengatasi atau Menangani Inflasi

cara mengatasi inflasi dengan menggunakan kebijakan moneter dan fiskal

jfxjournal.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam menghadapi inflasi, diantaranya:

  1. Dengan menetapkan harga maksimum yang bertujuan supaya harga tidak terus naik.
  2. Dengan memperbanyak jumlah jasa dan barang.
  3. Dengan melakukan pengurangan jumlah uang yang beredar.

Kebijakan Fiskal atau kebijakan Anggaran

Dengan menaikan harga pajak merupakan salah satu kebijakan fiskal

suaradewata.com

Kebijakan ini merupakan suatu kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah dengan cara mengubah pengeluaran dan penerimaan negara. Cara untuk mengatasi inflasi, pemerintah bisa melakukan kebijakan fiskal, antara lain:

  • Menaikkan Tarif Pajak, dalam upaya mengatasi inflasi bisa dilakukan dengan menaikan tarif pajak. Karena dengan menaikan tarif pajak dapat mengurangi tingkat konsumsi masyarakat. Jika tingkat konsumsi berkurang, maka permintaan terhadap jasa dan barang akan bisa menurunkan harga-harga.
  • Melakukan Pengurangan Pengeluaran Pemerintahan, salah satu cara untuk bisa mengatasi inflasi, pemerintah bisa mengurangi pengeluaran. Maka permintaan terhadap jasa dan barang berkurang. Maka pada akhirnya bisa menurunkan harga-harga.

Kebijakan Moneter yang Berguna untuk Mengurangi Jumlah Uang Beredar

pembatasan mencetak uang baru merupakan salah satu kebijakan moneter

ngobas.com

Kebijakan moneter yang memiliki sifat untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi inflasi. Kebijakan-kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi diantaranya:

  • Pembatasan Pencetakan Uang Baru, dalam mengatasi inflasi, pembatasan untuk mencetak uang bisa dilakukan oleh pemerintah agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tidak semakin bertambah.
  • Memusnahkan atau Menarik Uang Lama yang Telah Beredar, salah satu kebijakan Bank Sentral untuk mengurangi uang yang beredar yaitu dengan cara memusnahkan dan menarik uang lama, contohnya uang kertas Rp. 100,00; Rp 25,00; Rp 10,00; dan Rp 5,00.
  • Sanering atau Pemotongan Nilai Uang, Bank Sentral mengambil kebijakan untuk memotong masa tuang dalam negeri, apabila kondisi negara mengalami hiperinflasi. Alasannya karena dengan memotong nilai mata uang bisa nilai uang yang telah beredar dapat dikurangi.
  • Kebijakan Kredit Selektif, pengurangan jumlah yang beredar dengan cara lebih memperketat syarat pemberian kredit merupakan kebijakan yang diambil oleh Bank Sentral. Karena dengan memberikan syarat yang ketat, maka dapat mengurangi jumlah pengusaha yang bisa memperoleh kredit, sehingga jumlah uang yang telah beredar dapat dikurangi.
  • Kebijakan Cadangan Kas, salah satu pengurangan jumlah uang beredar atas kebijakan Bank Sentral yaitu dengan cara menaikkan cadangan kas minimum. Maka Bank Umum harus menahan uang lebih banyak sebagai cadangan, sehingga jumlah uang yang beredar bisa dikurangi.
  • Kebijakan Diskonto, pengurangan jumlah uang yang beredar dengan cara menaikan suku bunganya. Sehingga dengan menaikan suku bunga, diharapkan agar masyarakat akan lebih tertarik menabung dibank lebih banyak. Maka jumlah uang yang telah beredar dapat dikurangi.
  • Kebijakan Pasar Terbuka, pengurangan jumlah uang yang telah beredar dengan cara menjual Surat Bank Indonesia atau SBI. Karena dengan menjual SBI, Bank Sentral akan dapat menerima uang dari masyarakat. Sehingga jumlah uang yang telah beredar bisa dikurangi.

Kebijakan Bukan Fiskal dan Bukan Moneter

melarang penimbunan barang merupakan salah satu kebijakan bukan fiskal dan moneter

pastipajak.files.wordpress.com

Selain dengan menggunakan kebijakan fiskal dan moneter untuk mengatasi inflasi, pemerintah bisa menjalankan kebijakan berikut ini.

  • Menjaga Upah Agar Tetap Stabil, dengan cara menjaga kestabilan tingkat upah agar tidak membiarkan upah naik secara terus-menerus. Maka biaya produksi bisa ditekan agar tidak naik.
  • Melakukan Pelarangan untuk Menimbun Barang, penimbunan barang biasanya sering dilakukan para pedagang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Hal tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan suatu barang. Maka akan menimbulkan kenaikan harga-harga. Dengan cara melarang penimbunan berarti dapat mencegah kenaikan harga.
  • Penetapan Harga Maksimum, cara ini dilakukan agar menghindari harga tidak naik secara terus-menerus. Karena dengan cara penerapan harga maksimum dapat membuat produsen atau penjual tidak bisa menjual melebihi harga maksimum yang telah ditetapkan
  • Tidak Melakukan Impor dari Negara yang Sedang Mengalami Inflasi, agar tidak menularnya inflasi dari luar negeri. Ada baiknya pemerintah tidak mengimpor barang dari negara yang sedang mengalami inflasi yang pada umumnya menjual barang dengan harga yang lebih mahal.
  • Memberikan Kemudahan untuk Masuknya Barang Impor, diharapkan dengan masuknya barang impor maka barang di dalam negeri akan lebih banyak. Sehingga dapat mengimbangi jumlah uang yang beredar. Cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah masuknya barang impor yaitu dengan melakukan penurunan bea masuk impor dan lebih mempermudah aturan impor.
  • Melakukan Penambahan Hasil Produksi, agar dapat menambah hasil produksi, pemerintah dapat memberikan premi dan premi ataupun dengan membuat aturan yang mendorong para pengusaha menjadi lebih produktif. Dengan bertambahnya hasil produksi berupa jasa dan barang, diharapkan bisa mengimbangi jumlah uang yang beredar.

Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi atau menangani inflasi dengan menggunakan kebijakan moneter dan fiskal serta kebijakan bukan moneter dan bukan fiskal. Semoga artikel ini bisa membantu. Terima kasih sudah membaca. šŸ™‚

 

Leave a Reply