Penasaran dengan Cerita Fabel? Berikut Ini Cerita Kehidupan Hewan yang Kaya akan Pesan Moral. Yuk dibaca!

Cerita Fabel Singkat – Cerita fabel ialah suatu cerita yang mengisahkan kehidupan hewan yang memiliki perilaku seperti halnya manusia. Cerita fabel termasuk dalam salah satu cerita fiksi atau biasa disebut dengan fantasi atau khayalan belaka. Tidak jarang dalam suatu cerita fabel memasukkan karakter manusia. Cerita fabel pada umumnya memiliki kandungan pesan moral, sehingga sering disebut dengan cerita moral.

Apa kamu kesulitan dalam mencari referensi cerita fabel? Berikut ini beberapa cerita fabel yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas atau sebagai kisah yang akan diceritakan kepada anak untuk menemaninya tidur.

jangan lewatkan video cerita fabel singat ini!

Cerita Fabel Singkat Seekor Anak Kambing yang Cerdik

kisah singkat seekor anak kambing yang pintar

pixabay.com

Ibu kambing tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Suatu hari, ibu kambing ingin pergi ke suatu tempat. Ia berpesan, agar anaknya membuka pintu rumah, kecuali untuk ibunya. Agar anaknya tidak salah mengenali, ibu kandungnya mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan di depan pintu, maka ibu kambinglah yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui, ternyata serigala ikut mendengarkan lagu tersebut.

Ibu kambing akhirnya pergi. Serigala segera datang ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya tadi. Mendengar lagu itu, anak kambing menjadi ragu. Bukankah ibunya baru saja pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak seperti suara ibunya. Haruskan ia membuka pintu?

Namun anak kambing tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu, dan melihat sepasang kaki milik serigala.

Anak kambing segera berteriak. Serigala takut teriakan anak kambing akan membuat binatang lain berdatangan. Dengan ketakutan, serigala pun segera pergi dari sana.

Untunglah anak kambing tidak membuka pintu dan dengan cerdik memeriksa dulu siapa yang datang.

Contoh Fabel Awal Mula Permusuhan Kucing dan Anjing

dongeng fabel yang mengisahkan asal mula permusuhan anjing dan kucing

pixabay.com

Dahulu, anjing dan kucing adalah pasangan suami istri yang rukun. Suatu ketika kucing sakit. Maka anjing menggantikan tugas kucing mengurus rumah. Melihat anjing ternyata pandai memasak dan membersihkan rumah, timbul niat jahat kucing. Ia berpura-pura sakit, sehingga semua pekerjaan rumah akan dikerjakan oleh anjing. Kucing hanya tidur-tiduran saja.

Lama-kelamaan anjing menjadi curiga kok kucing tidak sembuh-sembuh dari sakitnya? Suatu hari anjing berpura-pura pamit pergi keluar. Namun sebenarnya anjing bersembunyi di halaman. Setelah anjing pergi, kucing segera bangun dari tempat tidur dan menari-nari secara riang.

Anjing yang diam-diam memperhatikan kucing akhirnya merasa marah. Ia segera masuk ke rumah dan mengusir kucing keluar. Anjing pun mengejar kucing sampai jauh. Akhirnya, sampai saat ini apabila melihat kucing, maka anjing akan segera mengejarnya.

Cerita Fabel Bergambar Kisah Ayam Betina dan Burung Elang

kisah singkat kehidupan ayam dan elang

pixabay.com

Dahulu kala, ada seekor elang yang melamar ayam betina menjadi istrinya. Suatu ketika elang mau pergi ke suatu tempa. Ia selalu memberi sebuah cincin kepada ayam betina. Cincin itu dikalungkan ke leher ayam betina agar tidak hilang.

Berita tentang elang yang melamar ayam betina diketahui oleh ayam jantan. Ia pun tidak senang mendengar berita tersebut. Maka ketika elang pergi, ayam jantan merampas cincin dari ayam betina dan membuangnya sejauh mungkin.

Ayam betina yang merasa kebingungan saat elang kembali dan menanyakan cincinnya. Saat mengetahu cincinnya hilang, elang menjadi sangat marah.

Ayam betina yang ketakutan berjanji akan mencari cincin itu. Elang lalu mengancam ayam betina, selama cincin itu belum ditemukan, maka elang akan memangsa anak-anak ayam betina.

Sejak saat itulah, ayam betina selalu tampak mengais tanah untuk mencari cincin elang yang hilang. Dan selama itu pula, elang terus mengincar anak-anak ayam betina untuk dimangsa.

Fabel Kisah Balas Budi Seekor Semut

cerita singkat seekor semut yang membalas budi kepada seekor burung merpati

pixabay.com

Suatu hari ada seekor semut jatuh tergelincir ke sungai yang berarus deras. Semut itu berteriak minta pertolongan, seekor merpati mendengar teriakan itu. Ia segera terbang membaca sehelai daun dan menghampiri semut yang hampir tenggelam. Semut segera berpegangan pada daun yang dibawa merpati. Akhirnya semut pun selamat.

Beberapa lama kemudian, seorang pemburu, membidikkan senapannya mengincar merpati. Semut yang melihat itu segera berlari menghampiri si pemburu. Sekuat mungkin semut menggigit kaki pemburu. Pemburu yang kesakitan tanpa sengaja menembakkan senjatanya. Merpati yang mendengar tembakan tersebut menjadi terkejut dan terbang menjauh.

Dari atas, merpati melihat semut yang pernah ditolongnya menjauh dari kaki pemburu. Setelah situasi aman, merpati menghampiri semut dan berterima kasih. Semut yang mendengar hal itu berkata bahwa ia hanya membalas apa yang pernah merpati lakukan. Yaitu menyelamatkan nyawa semut ketika hampir tenggelam di sungai.

Tak disangka semut membalas budi merpati dengan menyelamatkannya dari tembakan sang pemburu.

Dongeng Fabel Tentang Awal Mula Kambing Gunung

kisah singkat mengenai asal mula adanya kambing gunung

pixabay.com

Suatu ketika, ketenangan sekelompok kambing terganggu karena ada seekor serigala yang ingin memangsa mereka. Kambing-kambing itu pun menjadi gelisah. Mereka takut kalau tiba-tiba serigala muncul dan menerkam mereka.

Kambing tua yang menjadi pemimpin kelompok segera mencari akal agar mereka bisa hidup tenang lagi.

Kambing tua memutuskan agar kelompok kambing pindah ke sebuah tebing batu yang tinggi. Mereka pun mulai memanjat. Berkali-kali mereka tergelincir. Namun dengan usaha keras akhirnya semua kambing berhasil sampai ke atas tebing batu.

Tak lama kemudian serigala muncul. Serigala berusaha memanjat tebing,namun selalu gagal. Para kambing pun merasa aman tinggal di atas tebing, mereka tidak ingin turun lagi. Sejak saat itulah, kambing yang tinggal di atas tebing tinggi disebut  dengan kambing gunung.

Contoh Cerita Fabel Asal Mula Belang di Tubuh Zebra

kisah singkat tentang asal mula garis belang pada tubuh zebra

pixabay.com

Suatu ketika, terjadi muslim kemarau yang sangat lama. Banyak mata air yang menjadi kering. Para hewan pun kesulitan mendapatkan air. Namun ada satu kolam yang masih berisi air. Kolam tersebut dijaga oleh seekor babun yang mengaku sebagai pemilik kolam.

Suatu hari zebra datang untuk minum di sana. Ketika itu zebra masih berbulu putih polos. Melihat zebra mendekati kolamnya. Babun marah dan mendorong zebra. Akhirnya zebra pun terjatuh dekat api unggun yang dibuat babun untuk menghangatkan badannya jika malam hari tiba. Beberapa bagian bulu zebra hangus terkena api dan menyisakan belang-belang hitam. Ternyata zebra menyukai belang-belang itu.

Sejak saat itulah bulu zebra menjadi belang-belang putih hitam.

Cerita Fabel Pendek Tentang Seekor Anjing yang Serakah

kisah fabel tentang anjing yang serakah

pixabay.com

Ada seekor anjing yang baru saja mencuri sepotong daging. Ia berlari menghindari kejaran pemiliknya. Si anjing memutuskan untuk melewati jembatan dan menyeberangi sungai agar tidak bisa dikejar. Saat berada di atas jembatan, anjing melihat ke bawah dan ternyata ada anjing lain yang juga sedang membawa sepotong daging.

Anjing itu berpikir, kalau ia berhasil mengalahkan anjing di sungai. Ia bisa mendapatkan dua potong daging tanpa pikir panjang, anjing di atas jembatan lalu menggonggong dengan keras dan menyerang anjing di sungai. Daging yang ada pada mulutnya terlepas dan hilang jatuh ke dalam sungai. Saat itu anjing menyadari kesalahannya. Anjing yang diserangnya ternyata adalah bayangannya sendiri di sungai.

Akibat keserakahannya, anjing tidak hanya gagal mendapatkan dua potong daing. Namun ia pun kehilangan daging yang dicurinya.

Itulah beberapa contoh cerita fabel singkat yang semoga dapat membantumu. Terima kasih telah membaca artikel ini. 🙂

Cerita Fabel Singkat

 

Leave a Reply