5 Contoh Kata Pengantar Makalah Agama Islam yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama – Berikut ini beberapa contoh kata pengantar dalam suatu makalah agama islam. Contoh kata pengantar yang tercantum dalam artikel ini bersifat umum, maka penulisan kata pengantar makalah bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan tema ataupun topik makalah pendidikan agama yang telah ditugaskan dari dosen atau guru.

Apabila kamu tidak punya waktu ataupun tidak ingin ribet, cukup dengan mengganti judul makalahnya dan kata pengantar ini bisa kamu gunakan untuk mengawali makalahmu yang akan dibuat. Berikut contoh-contoh kata pengantar makalah agama:

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama #1

kata pengantar makalah agama

pexels.com

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala Yang Maha Pemurah dan Lagi Maha Penyayang, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah melimpahkan Hidayah, Inayah dan Rahmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan penyusunan makalah pendidikan agama islam dengan judul “Memahami Pentingnya Membaca Al-Qur’an” tepat pada waktunya.

Penyusunan makalah sudah kami lakukan semaksimal mungkin dengan dukungan dari banyak pihak, sehingga bisa memudahkan dalam penyusunannya. Untuk itu kami pun tidak lupa mengucapkan terima kasih dari berbagai pihak yang sudah membantu kami dalam rangka menyelesaikan makalah ini.

Tetapi tidak lepas dari semua itu, kami sadar sepenuhnya bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan baik dari segi penyusunan bahasa serta aspek-aspek lainnya. Maka dari itu, dengan lapang dada kami membuka seluas-luasnya pintu bagi para pembaca yang ingin memberikan kritik ataupun sarannya demi penyempurnaan makalah ini.

Akhirnya penyusun sangat berharap semoga dari makalah yang sederhana ini bisa bermanfaat dan juga besar keinginan kami bisa menginspirasi para pembaca untuk mengangkat berbagai permasalah lainnya yang masih berhubungan pada makalah-makalah berikutnya.

Serang, 20 Februari 2017

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama #2

contoh pendahuluan makalah agama islam

pexels.com

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulilla atas segala limpahan karunia Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkat Ridho-Nya kami mampu merampungkan makalah ini dengan tepat waktu. Tidak lupa juga kami haturkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam, beserta keluarganya, para sahabatnya dan semua ummatnya yang selalu istiqomah sampai akhir zaman.

Penulisan makalah ini memiliki tujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tema Meneladani Akhlak Para Nabi.

Di dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai kisah-kisah para nabi beserta mengulas pesan moral dari akhlak para nabi agar umat islam dapat meneladaninya.

Dalam perampungan makalah ini, kami mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka dari itu, sudah seharusnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Dr. Muhotib, S.Pd. M.Pd., selaku guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
  2. Orang tua kami yang selalu mendukung kami baik dari segi moril dan juga materil.
  3. Seluruh pihak yang tidak bisa kami rincikan satu per satu yang sudah membantu dalam merampungkan makalah ini.

Akhirul kalam, kami sadar bahwa makalah ini penuh dengan kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat berharap kritik dan saran konstruktif demi penyempurnaan makalah ini. Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat serta mampu memenuhi harapan berbagai pihah. Aamiin.

Jakarta, 23 Juni 2014

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama #3

contoh makalah agama islam

pexels.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sudah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih bisa menikmati indahnya Alam ciptaan-Nya. Sholawat serta salam kita haturkan kepada teladan kita semua Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam yang telah memberitahu kepada kita jalan yang benar berupa ajaran agama yang sempurna serta menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Penulis sangat bersyukur karena dapat merampugkan makalah yang menjadi tugas dalam mata pelajaran Agama Islam dengan judul “Memahami Fiqih Puasa”. Selain itu, penyusun mengucapkan bacak terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantu sampai makalah ini dapat terselesaikan.

Akhir kata, penyusun sangat memahami apabila makalah ini tentu jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami butuh kritik dan sarannya yang bertujuan untuk memperbaiki karya-karya kami selanjutnya di waktu yang akan datang.

Bandung, 18 Agustus 2016

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama #4

kumpulan makalah agama islam

pexels.com

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur tidak lupa kita panjatkan kehadirat Allah Subhahu Wa Ta’ala yang berkat anugerah dari-Nya kami mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Adab Bertamu Menurut Islam” ini. Sholawat serta selama kita haturkan kepada junjungan agung Nabi Besar Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam yang telah memberikan pedoman kepada kita jalan yang sebenar-benarnya jalan berupa ajaran agama islam yang begitu sempurna dan menjadi rahmat bagi alam semesta.

Penulis sangat bersyukur karena mampu menyelesaikan makalah ini tepat waktu sebagai pemenuh tugas Pendidikan Agama islam yang bertemakan “Adab Bertamu Menurut Islam”. Selain itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu kami untuk merampungkan makalah ini sampai selesai.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga makalah ini bisa memberikan manfaat kepada semua pihak. Dan jangan lupa kritik serta sarannya terhadap makalah ini dalam rangka perbaikan makalah-makalah yang akan datang.

Sukabumi, 20 Februari 2014

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama #5

contoh makalah agama islam tentang akhlak

pexels.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur tidak henti-hentinya penulis panjatkan atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkat anugerah-Nya  penulis mampu menyusun makalah ini yang berjudul “Tujuan Dakwah”.

Berbagai nilai yang terdapat dalam islam begitu universal serta mewakili banyak permasalahan kehidupan. Dan islam ada bertujuan untuk didakwahkan, alasannya karena tujuan utama dakwah yaitu mengajak ke jalan yang benar.

Semakin berkembangnya zaman, berbagai nilai ajaran islam yang universal dan indah itu sudah mulai ditolak dengan berbagai alasan. salah satunya yaitu faktor psikologis. Di mana manusia di zaman globalisasi ini sudah semakin sulit untuk menerima materi yang sulit dikaji oleh logika.

Sementara materi dakwah adalah suatu komponen penting dalam berdakwah. Da’i dituntut untuk bisa memilih sekaligus memilah materi secara hikmah akan mudah dicerna dan didengar serta dilaksanakan oleh mad’u.

Tetapi melihat kompleksitas yang terjadi terhadap mad’u saat ini. Tidak jarang para da’i berdakwah dengan memberikan sedikit bumbu guyonan agar dakwahnya berhasil.

Tidak jarang pula, berbagai lelucaon sang da’i dikeluarkan secara berlebih daripa inti dari materi dakwah tersebut. Karena lelucon itulah yang dianggap menjual. Lalu, bagaimana dengan tujuan islam yang hakikat dakwanya untuk mengajak ke jalan yang benar? Apa para da’i tersebut salah?

Mungkin dalam melaksanakan tujuan dakwah itu, tidak bisa dipungkiri  bahwa para da’i perlu memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang agar bisa melanjutkan risalah kenabian yaitu mengajak ke sebenar-benarnya jalan melalui impelentasi amar ma’ruf nahi mungkar.

Maka dari itu, makalah ini kami sampaikan untuk menjawab problematika itu. Kami pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dani Mulyadi, M.Si yang berperan sebagai dosen pembimbing mata kuliah Hadits Dakwah.

Kami menyadari makalah ini tentu belum sempurna, pepatah mengatakan “Tak ada gading yang tak retak”, oleh karena itu kami memohon maaf apabila banyak kekurangan dalam makalah ini.

Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terutama menambah wawasan mengenai prinsip dakwah dalam islam.

Kepada seluruh pembaca yang bersedia memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini selanjutnya, kami buka pintu seluas-luasnya untuk apresiasi tersebut dengan hati yang terbuka dan ucapan terima kasih.

Aceh, 20 November 2013

Penulis

Sekian sedikit pembahasan mengenai beberapa contoh kata pengantar makalah agama. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Leave a Reply