Apa Saja Sih Contoh Persaingan Pasar Sempurna Itu? Yuk Dibaca Penjelasannya Agar Bisa Menambah Wawasanmu

Contoh Pasar Persaingan Sempurna – Tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi baik jasa ataupun barang merupakan pengertian pasar secara sempit. Namun ada suatu pasar yang tidak mempertemukan pembeli dan penjual, contohnya saja pasar saham. Maka dari pengertian pasar secara lebih luas yaitu sebuah proses dimana antara penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menentukan harga keseimbangan.

Jadi, kita dapat mengambil kesimpulan dari kedua arti pasar tersebut menadi pengertian pasar secara umum, yaitu sebuah tempat yang mempertemukan penawaran dan permintaan, sehingga dapat menentukan harga.

Jenis-jenis Pasar

jenis-jenis pasar salah satunya adalah pasar persaingan sempurna

www.inovasee.com

Jika kita sudah memahami mengenai pengertian sebuah pasar. Maka kemudian, pembahasan selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis pasar. Jenis pasar sendiri setidaknya memiliki 5 bentuk pasar, antara lain:

  1. Pasar Persaingan Sempurna
  2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
  3. Pasar Monopoli
  4. Pasar Oligopoli
  5. Pasar Monopolistik

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

contoh pasar persaingan sempurna salah satunya adalah pasar komoditi beras

http://hargacampur.com

Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah pasar dimana jumlah antara penjual dan pembeli sangat banyak, barang atau produk yang dijual atau ditawarkan itu serupa atau sejenis. Misal barang atau produk yang dijual yaitu kentang, batu bara, gandum, beras dan lain-lain.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini merupakan ciri-ciri bentuk pasar persaingan sempurna, yaitu

  1. Mudahnya akses keluar masuk dari pasar
  2. Memiliki sifat sensitif dalam hal perubahan harga barang atau produk yang dijual
  3. Sulit dalam mendapatkan keuntungan di atas rata-rata atau besar
  4. Posisi tawar dari pembeli cukup kuat
  5. Harga produk atau barang yang dijual ditetapkan oleh mekanisme pasar yang meliputi penawaran dan permintaan
  6. Sifat Penjual yaitu pemberi harga
  7. Produk atau barang yang diperjual belikan itu memiliki sifat homogen atau mirip, serupa, sejenis antara satu sama lain.
  8. Jumlah antara penjual dan pembeli sangat banyak.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Kenyataannya untuk menemukan bentuk pasar yang benar-benar memiliki sifat persaingan sempurna itu sangat sulit, pada umumnya hanya memiliki kecenderungan mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna. Contoh yang nyata bentuk pasar yang mendekati sifat pasar persaingan sempurna yaitu pasar komoditi atau barang-barang makanan pokok, misalnya pasar beras. Di dalam pasar tersebut dapat terlihat hubungan antara produsen atau penjual dengan konsumen atau pembeli bisa dikatakan mendekati ciri-ciri bentuk pasar persaingan sempurna, diantaranya:

  • Pembentukan harga yang terjadi pada pasar beras merupakan hasil antara penawaran beras dan permintaan beras yang tarik-menarik secara kuat. Meskipun pada kenyataannya di Indonesia, pemerintah masih ikut campur tangan dalam menstabilkan harga beras. Salah satu caranya yaitu melalui peran Beras Bulog yang semakin hari perannya sudah semakin kecil.
  • Pasar komoditi beras bisa dikatakan pasar relatif bersifat homogen, kalaupun ada perbedaan mutu atau rasa akan menyebabkan adanya perbedaan harga.
  • Peran penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan bisa memberikan pengaruh terhadap harga beras.
  • Dalam sebuah pasar komoditi beras jumlah antara penjual dan pembeli sangat banyak.

Sesuai pernyataan di atas, keikutsertaan pemerintah untuk membantu mengendalikan harga komoditas pertanian, contohnya beras. Sehingga menjadikan pasar beras kurang tepat jika disebut dengan pasar persaingan sempurna, Namun lebih tepatnya hanya mendekati bentuk pasar persaingan tidak sempurna saja.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

salah satu contoh pasar persaingan tidak sempurna yaitu PT KAI

http://bisniswisata.co.id

Pasar persaingan tidak sempurna adalah sebuah bentuk pasar yang tidak tertata secara sempurna dan bisa disebut sebagai bentuk suatu pasar yang kehilangan satu atau lebih dari ciri pasar yang berbentuk pasar persaingan tidak sempurna.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Di dalam suatu pasar yang memiliki bentuk pasar persaingan tidak sempurna, peran antara pembeli dan penjual tidak memiliki keleluasaan atau kekuasaan dalam menentukan atau menetapkan harga suatu produk. Jadi ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna, sebagai berikut:

  • Pihak yang memiliki kuasa yang bebas dalam memainkan harga dan pihak lainnya hanya bisa mengikuti dan menuruti ketetapan yang ada.
  • Produk atau barang yang diperjual belikan di pasar tersebut bersifat homogen atau hanya satu jenis saja dan tidak memiliki produk substitusi atau pengganti.
  • Untuk memasuki pasar sangat sulit dikarenakan banyak gangguan dan hambatan di dalamnya.
  • Jumlah pembeli sangatlah banyak, namun jumlah penjual sangat terbatas.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Berikut ini merupakan ini bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya pasar monopoli, pasar monopolistik dan pasar oligopoli. Penjelasannya sebagai berikut:

Pasar Monopoli

salah satu contoh pasar monopoli yaitu PLN

www.tambang.co.id

Pada umumnya pasar Monopoli adalah suatu kondisi atau keadaan pasar dimana di dalamnya hanya ada satu penjual atau satu kekuatan yang memiliki kuasa sebagai penentu harga dan lainnya dapat disebut sebagai penguasa penawaran tanpa adanya pihak manapun yang mampu menyainginya.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

  • Tidak perlu adanya promosi atau iklan
  • Hanya ada satu penjual yang berperan sebagai penentu harga
  • Sulitnya masuk ke dalam pasar
  • Tidak adanya produk pengganti atau subsitusi
  • Hanya memiliki satu pihak dalam industri

Contoh Pasar Monopoli

Pasar monopoli itu terbagi menjadi dua, yaitu monopoli by nature dan monopoli by law. Monopoli by nature ialah pasar monopoli yang timbul secara alami dengan adanya dukungan dari kondisi geografisnya. Sedangkan Monopoli by law ialah pasar monopoli yang dikuasai oleh negara meliputi cabang-cabang produk untuk memenuhi hajat hidup orang banyak

Beberapa contoh pasar monopoli yaitu, PT. KAI, TELKOM, PAM, Perusahaan Listrik Negara atau PLN dan lain sebagainya.

Pasar Monopolistik

salah satu contoh pasar monopolistik yaitu alat tulis

http://www.balidanasejahtera.com

Pasar Monopolistik merupakan suatu pasar yang dapat terjadi jika dalam sebuah pasar memiliki banyak produsen dengan adanya perbedaan antar produk yang dihasilkan oleh para produsen baik pembungkus, mereknya dan yang lainnya.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik hampir mirip dengan bentuk pasar persaingan sempurna, tetapi produk yang ditawarkan bersifat heterogen. Beriktu ciri-ciri pasar monopolistik, sebagai berikut:

  • Peran produsen bisa mempengaruhi harga pasar
  • Akses keluar masuk pasar itu mudah
  • Harus adanya promosi atau iklan
  • Produk yang ditawarkan atau diperjual belikan memiliki sifat heterogen atau beraneka ragam
  • Jumlah antara penjual dan produsen cukup banyak

Contoh Pasar Monopolistik

Di dalam suatu pasar monopolistik terdapat adanya konsep monopoli yang ditimbulkan dari tanda perdagangan yang berbeda dan penggunaan merek. Misalnya alat tulis, snack, minuman ringan dan lainnya.

Pasar Oligopoli

salah satu contoh pasar oligopoli merupakan industri air mineral

idntimes.com

Pasar oligopoli merupakan suatu pasar yang didalam terdapat beberapa produsen atau penjual yang berperan sebagai pemilik saham atau pengasa pasar terbesar. Pasar oligopoli terbagi menjadi dua yaitu oligopoli pembedaan dan oligopoli murni.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

Berikut ini ciri-ciri yang mencerminkan karaktarestik yang dimiliki pasar oligoli, sebagai berikut:

  • Harga cenderung tetap atau konsisten tidak berubah-ubah
  • Akses masuk ke dalam pasar cenderung sulit untuk pihak baru
  • Kompetisi bersifat non harga
  • Keberadaan perusahaan yang berperan sebagai penjual atau produsen jumlahnya sedikit.
  • Adanya iklan atau promosi sangat diperlukan
  • Menghasilkan dua jenis produk barang (heterogen dan homogen)

Contoh Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli dapat terbentuk dikarenakan adanya dua faktor penting yaitu komplektisitas manajemen dan efisiensi skala yang besar. Contoh dari pasar oligopoli diantaranya, industri rokok, industri air mineral, industri motor dan lain sebagainya.


Arti kata:
Homogen adalah istilah yang dipakai untuk menunjukan suatu hal yang sama baik itu karaktersitiknya, sifatnya dan tingkah lakunya.
Heterogen adalah istilah kata yang merujuk keanekaragaman suatu hal yang memiliki perbedaan jenis dan karakteristiknya.


Sekian pembahasan mengenai contoh pasar persaingan sempurna dan pasar tidak sempurna serta pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Leave a Reply