Penjelasan Mengenai Fungsi Lembaga Keuangan Lengkap dengan Pengertian, Jenis-jenis dan Contohnya

Fungsi Lembaga Keuangan – Lembaga keuangan di dalam dunia keuangan bertindak sebagai lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya. Lembaga ini pada umumnya diatur atau dikelola oleh regulasi keuangan dari pemerintah.

Bentuk umum dari lembaga keuangan diantaranya dana pensiun, asuransi, koperasi, modal ventura, aset manajemen, pialang saham, Credit Union, Building Society atau sejenis koperasi di Negara Inggris, perbankan dan bisnis serupa lainnya.

Di Indonesia lembaga keuangan terbagi menjadi dua kelompok, antara lain: lembaga keuangan bukan bank (Seperti bursa efek reksa dana, dana pensiun, pegadaian, dan asuransi) dan lembaga keuangan bank.

Pengertian Lembaga Keuangan

pengertian lembaga keuangan lengkap

uangteman.com

Lembaga keuangan yaitu sebuah badan usaha yang bertugas untuk mengumpulkan asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan menyalurkannya untuk pendanaan proyek pembangunan serta kegiatan ekonomi dengan mendapatkan hasil dalam bentuk bunga dengan nominal persentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.

Jenis-jenis Lembaga Keuangan

Sesuai dengan keterangan sebelumnya, bahwa di Indonesia lembaga keuangan dibagi menjadi dua, antara lain: lembaga keuangan bukan bank dan lembaga keuangan bank.

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

perum pegadaian merupakan salah satu contoh lembaga keuangan bukan bank

serang-banten.blogspot.com

Berdasarkan UU No. 10 Tahun 1998 merupakan suatu badan usaha yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang menghimpun dana dengan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkannya untuk membayar investasi perusahaan.

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) didirikan di tahun 1973 berdasarkan Keputusan Mentri Keuangan No. Kep. 38/MK/I/1972 yang menerbitkan bahwa lembaga ini (lembaga keuangan bukan bank) dapat melakukan usaha-usaha sebagai berikut:

  1. Melaksanakan usaha lain di bidang keuangan.
  2. Berperan sebagai perantara untuk memberi nasihat-nasihat sesuai keahlian dan mendapatkan tenaga ahli.
  3. Sebagai perantara dalam mendapatkan kampanye atau peserta.
  4. Berperan sebagai perantara dari badan hukum pemerintah dan perusahaan Indonesia.
  5. Menyelenggarakan penyertaan modal yang bersifat sementara.
  6. Memberikan kredit jangka menengah.
  7. Mengumpulkan dana dengan cara mengeluarkan surat sementara.
Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Berikut beberapa jenis lembaga keuangan bukan Bank atau LKBB yang ada di Indonesia.

1. Lembaga Dana Pensiun

Dana pensiun yaitu dana yang disediakan oleh pemerintah atau suatu perusahaan kepada karyawannya atau para pegawai yang sudah mencapai usia purna tugas sebagai cadangan di hari tua nanti. Lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (khususnya TNI, pegawai negeri, karyawan swasta dan pensiunan) dan cadangan di hari tua.

2. Perum Pegadaian

Perum Pegadaian merupakan sebuah lembaga pembiayaan milik pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pinjaman atau kredit dalam jangka pendek dengan syarat memberikan jaminan barang-barang tertentu. Tujuan utama dari lembaga ini yaitu untuk membantu masyarakat sekitar.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Lembaga ini merupakan sebuah koperasi yang usahanya memberikan pinjaman dan menerima simpanan kepada para anggotanya yang memerlukan dana dengan bunga yang ringan atau rendah. Tujuan dari koperasi simpan pinjam, antara lain bisa memperoleh SHU atau Sisa Hasil Usaha, pinjaman tidak menggunakan jaminan, anggota terhindar dari rentenir, tingkat bunga pinjaman bunga yang ringan, dan memperoleh pinjaman yang mudah dan tidak rumit.

4. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi yaitu sebuah perusahaan atau lembaga yang memberikan jaminan penggantian atas resiko yang dihadapi seseorang baik hilang atau rusaknya harta milik, kematian dan lain-lain. Perusahaan asuransi adalah suatu lembaga yang mengumpulkan dana dari penarik premi asuransi dan menjanjikan akan memberi sejumlah ganti rugi apabila terjadi suatu kejadian atau musibah yang menimpa pihak yang mengikuti program asuransi tersebut.

5. Lembaga Pembiayaan Pembangunan

Lembaga Pembiayaan yaitu suatu lembaga yang usahanya melaksanakan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana dari masyarakat sekitar secara langsung.

Contoh Lembaga Keuangan Bank

Bank Indonesia merupakan salah satu contoh lembaga keuangan bank

matasakti.com

Lembaga keuangan Bank yaitu sebuah lembaga keuangan pemberi jasa-jasa keuangan dan juga menarik dana dari masyarakat secara langsung. Sebutan Lembaga keuangan Bank itu disebut saja dengan Bank. Lembaga tersebut memiliki fungsi menghimpun serta menyalurkan dana.

Selain itu, bank juga memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berupa penawaran jasa perbankan,contohnya penitipan barang berharga dan jasa pengiriman uang dan lainnya serta memberikan rasa nyaman sekaligus aman kepada masyarakat yang menggunakan jasa tersebut.

Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bank

Lembaga Keuangan Bank itu terdari dari Bank Perkreditan Rakyat, Bank Umum dan Bank Sentral. Menurut Undang-Undang Pokok No.23 tahun 1998, jenis bank di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Umum.

1. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Lembaga ini merupakan suatu lembaga yang hanya menerima simpanan dalam bentuk deposit berjangka, tabungan atau bentuk lainnya yang disamakan dan menyalurkannya dana tersebut sebagai usaha BPR.

BPR merupakan Bank yang khusus melayani masyarakat di suatu daerah, pedesaan atau kecamatan. Lembaga ini berasal dari Bank Pegawai, Bank Pasar, Lumbung Desa, Bank Desa, dan Bank lainnya yang kemudian dilebur menjadi Bank Perkreditan Rakyat.

2. Bank Umum

Bank umum adalah Bank yang bisa memberikan layanan jasa dalam lalulintas pembayaran, sedangkan Bank Perkreditan Rakyat merupakan Bank yang hanya menerima simpanan dalam bentuk deposit berjangka atau bentuk lainnya yang disetarakan dengan itu.

3. Bank Sentral

Bank Indonesia berperan sebagai Bank Sentral di Indonesia. Tujuan utama dari Bank Indonesia yaitu untuk memelihara dan mencapai kestabilan nilai rupiah. Maka dari itu Bank Indonesia memiliki tugas untuk melaksanakan dan menetapkan kebijakan moneter, menjaga dan mengatur sistem devisa serta mengawasi dan mengatur Bank untuk bisa mencapai tujuan kestabilan rupiah.

Fungsi Lembaga Keuangan

salah satu fungsi lembaga keuangan yaitu melakukan sosialisasi guna memberikan informasi kepada masyarakat

liputanindonesianews.com

Secara garis besar, Lembaga Keuangan itu sangat diperlukan dalam perekonomian modern. Alasannya karena memiliki fungsi sebagai mediator antar kelompok masyarakat yang memiliki kelebihan dana dan kelompok yang memerlukan dana. Berikut fungsi lembaga keuangan, antara lain:

  • Memberikan dan menciptakan likuiditas
  • Memberikan jaminan
  • Memberikan informasi dan pengetahuan
  • Melancarkan pertukaran produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan instrumen kredit dan uang.
  • Mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan disalurkan kemasyarakatan dalam bentuk pinjaman.

Peranan Lembaga Keuangan

peranan lembaga keuangan yaitu untuk mengatur transaksi. Dan salah satu contohnya yaitu tabungan.

www.jtrustbank.co.id

Sebagai badan yang berperan untuk melakukan kegiatan di bidang keuangan, lembaga keuangan memiliki peranan sebagai berikut:

  • Transaksi, sekuritas sekunder yang diterbitkan oleh lembaga intermediasi keuangan, seperti deposit, tabungan, rekening giro dan lainnya, merupakan bagian dari sistem pembayaran.
  • Realokasi Pendapatan, dalam kenyataan di masyarakat banyak individu yang mempunyai penghasilan yang telah memadai dan menyadari di masa yang akan datang mereka akan pensiun sehingga mereka menyisihkan uangnya untuk persiapan masa depan.
  • Likuiditas, sesuatu hal yang berkaitan dengan kemampuan untuk mendapatkan uang tunai pada saat dibutuhkan.
  • Pengalihan Aset, lembaga keuangan mempunyai aset dalam bentuk janji-janji untuk membayar atau bisa diartikan sebagai pinjaman kepada pihak lain dengan jangka waktu yang telah diatur sesuai dengan kebutuhan yang meminjam.

Itulah sedikit pembahasan dari fungsi lembaga keuangan beserta pengertian, jenis-jenis dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memahami lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Leave a Reply