Dwikora! Bukti Indonesia Adalah Bangsa yang Kuat

Isi Dwikora – Konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia merupakan suatu perang mengenai masa depan Sarawak, Sabah, Brunei dan Malaya yang terjadi antara Indonesia dan Federasi Malaysia di tahun 1962 sampai 1966. Penyebab perang ini terjadi karena keinginan Federasi Malaya yang lebih dikenal sebagai Persekutuan Tanah Melayu di tahun 1961 untuk menggabungkan Sarawak, Sabah, Brunei ke dalam Federasi Malay. Dan hal tersebut tidak sesuai dengan Persetujuan Manila.

Presiden Soekarno pun bertentangan dengan hal tersebut. Ia beranggapan dibentuknya Federasi Malaysia atau sekarang lebih dikenal sebagai Malaysia disebut sebagai “boneka Inggris” merupakan imperialisme dan kolonialisme dalam bentuk yang baru serta dukungan terhadap segala pemberontakan di Indonesia dan gangguan dalam negeri.

Latar Belakang Peristiwa Dwikora

latar belakang terjadinya dwikora

operasidwikora.blogspot.com

Di tahun 1961, Kalimatan terbagi menjadi empat wilayah administrasi yaitu Kalimantan yang merupakan sebuah provinsi Indonesia yang terletak di selatan pulau Kalimantan. Dan pada bagian utara merupakan wilayah Kerajaan Brunei dan dua koloni Inggris yaitu Borneo dan Sarawak dan setelah itu dinamakan Sabah.

Inggris mencoba untuk menggabungkan koloninya yang berada di Kalimantan dengan Semenanjung Malaya dan Federasi Malaya dengan membentuk Federasi Malaysia dikarenakan sebagai bagian dari penarikan dari koloninya di wilayah Asia Tenggara.

Namun rencana ini mendapat pertentangan dari Pemerintahan Indonesia. Dalam hal ini Presiden Soekarno menganggap bahwa Malaysia merupakan sebuah boneka Inggris dan konsolidasi Malaysia akan hanya menambah kontrol Malaysia di wilayah tersebut. Hal tersebut akan mengancam kemerdekaan Indonesia. Pimimpin Indonesia itu pun berpendapat bahwa hal ini tidak sesuai dengan Perjanjian Manila.

Isi Dwikora Presiden Soekarno

isi dwikora yang menyatakan untuk mengkonfrontasi Malaysia

labsejarah.com

Dwikora merupakan kependakan dari Dwi Komando Rakyat. Dwikora ialah sebuah komando Presiden Soekarno untuk melancarkan konfrontasi bersenjata kepada Malaysia dalam rangka untuk menghadangnya agar tidak berdirinya Negara Malaysia. Komando ini dikemukakan dalam sebuah pidato Presidan di hadapan apel besar sukarelawan di Jakarta pada tanggal 3 Mei 1964. Dan isi Dwikora tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Memperkuat ketahanan revolusi Indonesia.
  2. Membantu perjuangan revolusioner rakyat Brunei, Serawak, Sabah, Singapura dan Malaya.

Tercetus Dwikora ini sebenarnya dipengaruhi oleh PKI dikarenakan mereka memiliki peranan dalam pemerintahan yang memberikan pengaruh untuk membelokkan politik bebas aktif ke dalam pengaruh RRC atau yang biasa dikenal sebagai Poros Jakarta-Beijing.

Tujuan Pembentukan Dwikora Pada Masa Pemerintahan Soekarno

tujuan operasi dwikora untuk menghalangi terbentuknya negara boneka inggris yaitu Malaysia

operasidwikora.blogspot.com

Sesuai dengan keterangan yang sudah ditulis di atas. Tujuan dari pembentukan Dwikora adalah untuk menghalangi pembentukan negara boneka Inggris di kawasan tersebut dikarena dapat mengganggu keamanan kemerdekaan Indonesia dan juga dapat memunculkan berbagai macam pemberontakan di dalam negeri.

Dampak Dwikora

dampak dwikora untuk bangsa Indonesia

labsejarah.com

Menurut kami ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari Peristiwa Dwikora yaitu, antara lain

  • Tidak rukunnya antara Indonesia dan Malaysia.
  • Indonesia keluar dari PBB dikarenakan Malaysia diterima sebagai anggota dewan keamanan PBB.
  • Terpengaruhnya Indonesia terhadap pemikiran PKI yang ingin melakukan konfrontasi ke Malaysia secara penuh.

Baca juga: Isi dari Trikora

Sekian sedikit pembahasan mengenai sejarah singkat Dwikora mulai dari isi Dwikora sampai dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply