Inilah Kisah Singkat 4 Sahabat Utama Nabi Muhammad SAW Sebagai Para Khalifah

kisah sahabat Nabi Muhammad  – Ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup, beliau dikenal senang bergaul dengan seluruh lapisan masyarakat. Nabi Muhammad SAW sangat mencintai mereka terutama yang menerima baik ajakan beliau dengan memeluk islam. Nabi Muhammad SAW memanggil mereka bukan umat ataupun murid, namun sahabat.

Istilah sahabat, diberikan kepada mereka yang pernah hidup, bertemu dan memeluk islam sampai wafatnya Nabi Muhammad SAW. Ketika Nabi SAW meninggal, jumlah sahabat yang diyakini yaitu sekitar kurang lebih 125.000 orang.

Sahabat Nabi Muhammad SAW tidak hanya tersebar di Madinah ataupun Mekkah saja, tapi menyebar di berbagai wilayah arab lainnya. Dari sekian banyak sahabat Nabi SAW, ada beberapa yang tergolong dalam sahabat utama. Dan kali ini kami akan membahas 4 sahabat utama Nabi Muhammad SAW yang termasuk dalam para khalifah pengganti Nabi SAW, antara lain sebagai berikut:

1. Abu Bakar Ash-Shidiq r.a

Kisah Sahabat Abu Bakar As-Sidiq r.a membenarkan peristiwa Isra M'raj Nabi Muhammad SAW

Abu Bakar As-Sidiq r.a membenarkan peristiwa Isra Mraj – digaleri.com

Abdullah merupakan nama aslinya. Tapi, masyarakat yang lain lebih mengenal ia dengan nama Abu Bakar. Ia merupakan oarang yang pertama kali memeluk islam dari kalangan pria dewasa.

Ketika kaum kafir Quraisy mengatakan Nabi Muhammad SAW berbohong dalam peristiwa Isra Mi’raj. Lain hal dengan Abu Bakar yang membenarkan peristiwa apa yang dialami Nabi SAW. Sehingga Abu Bakar dijuluki Ash-Shidiq, yang mempunyai arti yang membenarkan. Dan Abu Bakar pun dipilih oleh Nabi SAW untuk mendampinginya saat berhijrah menuju Madinah.

Abu Bakar Ash-Shidiq r.a terpilih untuk menggantikan Nabi SAW sebagai khalifah pertama dan masa kekhalifahannya berlangsung sampai 2,5 tahun ( 11 Hijriah-13 Hijriah). Begitu besarnya kecintaan Abu Bakar terhadap Nabi Muhammad SAW. Sehingga Allah SWT mentakdirkan ia wafat dalam usia yang sama dengan Nabi SAW yaitu 63 tahun.

2. Umar bin Khatab r.a

Kisah Sahabat Umar Bin Khatab dalam mengikuti berbagai peperangan bersama Nabi Muhammad SAW

Di masa kekhalifahan Umar, masjid Al-Aqsa pernah direbut kembali oleh Islam – al-rayani.blogspot.com

Ia masuk islam pada tahun ke-6 sesudahnya Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul. Umar bin Khatab mengikuti seluruh peperangan bersama Nabi SAW. Umar bin Khatab termasuk sahabat yang memiliki sifat tegas ini juga termasuk salah satu mertua Nabi SAW.

Setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shidiq r.a, Umar bin Khattab terpilih menjadi khalifah kedua. Pada masa kekhalifahannya, islam tersebat ke berbagai daerah hingga Romawi Timur dan juga Persia. Dalam masa kepemimpinannya Al-Qur’an sudah mulai dikumpulkan untuk dijadikan satu mushaf.

Masa kekhalifahannya berlangsung selama 10,5 tahun ( 13 Hijriah-23 Hijriah ). Ia pun meninggal dalam usia yang sama dengan wafatnya Nabi SAW dan Abu Bakar yaitu 63 tahun. Umar bin Khatab pun dimakamkan bersandingan dengan Nabi SAW dan juga Abu Bakar.

Jangan Lupa Baca: Kisah Romantis Nabi Muhammad SAW

3. Utsman bin Affan r.a

Kisah sahabat Nab Muhammad SAW yaitu Utsman bin Affan r.a

Utsman Bin Affan berhijrah sebanyak 2 kali bersama Rasulullah SAW – fondecranhd.net

Ia dikenal sebagai sahabat yang kaya dan juga dermawan. Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda, “ Orang yang paling kasih sayang diantara umatku adalah Abu Bakar, dan paling teguh dalam ajaran Allah adalah Umar, dan yang paling bersifat pemalu adalah Utsman. ” ( HR. Ahmad, Ibnu Maajah, Alhakim, Attirmidzi ).

Utsman masuk islam di masa awal kenabian. Ia melakukan hijrah sebanyak 2 kali, ke daerah Habasyah dan Madinah. Ia menjadi khalifah ke-3 sesudah Umar Bin Khatab r.a dan mengemban kekhalifahannya selama 12 tahun ( 23 Hijriah – 35 Hijriah ). Utsman meninggal pada usia 82 tahun karena dibunuh dan dimkamkan di Baqi’, Madinah.

4. Ali bin Abi Thalib r.a

Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Ali bin Abi Thalib r.a

Ali menggantikan Rasulullah SAW untuk mengecoh musuh – duniatimteng.com

Ia adalah cucu Abdul Mutthalib, sekaligus sepupu dan menantu dari Nabi Muhammad SAW. Ali mengikuti berbagai peperangan besar bersama Rasulullah SAW. Memiliki ilmu yang luas dan juga keberaniannya merupakan kelebihan dar Ali. Ketika hijrah, Ali ditempatkan untuk menggantikan posisi tidur di kamar Nabi SAW untuk mengecoh pasukan yang telah mengepung untuk membunuh Nabi Muhammad SAW.

Ali bin Abi Thalib r.a merupakan pemuda pertama yang memeluk islam. Ia menikah dengan Fatimah Azzahra yang merupakan putri kesayangan Nabi SAW. Dari pernikahannya, Ali dan Fatimah dianugerahkan 5 anak yaitu Al-Hasan, Al-Husain, Muhsin, Zainab dan Ummu Kultsum.

Setelah Utsman meninggal, Ali terpilih menjadi khalifah yang ke-4. Dan ia memerintah selama 5 tahun ( 35 Hijriah – 40 Hijriah ). Ia Wafat ditikam oleh Abdurrahman bin Muljam dalam usia yang sama dengan Nabi SAW, Abu Bakar dan Juga Umar yaitu pada usia 63 tahun.

Ketaatan dan kecintaan para sahabat kepada Nabi Muhammad SAW tercatat dalam sejarah. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan mengikuti para sahabat untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Sehinnga kita kelak bisa mendapatkan syafa’atnya dan berkumpul berkumpul di surga FirdausNya.

Baca juga : Kisah Nabi Muhammad SAW

Leave a Reply