Ingin Tahu Sejarah ASEAN? Inilah Latar Belakang Berdirinya ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui

Latar Belakang Berdirinya ASEAN – Pengertian ASEAN adalah suatu organisasi regional negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara.  ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN ialah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Di dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau disingkat Perbara yang hingga saat ini memiliki 10 negara anggota. Negara ASEAN terdiri dari Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand. Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

latar belakang organisasi asean yaitu salah satunya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

anakregular.com

Adanya beberapa persamaan yang dimiliki oleh negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara menjadi alasan berdirinya ASEAN. Berikut ini persamaan-persamaan itu, yaitu:

  1. Persamaan dalam suatu kepentingan di berbagai bidang.
  2. Persamaan nasib, ialah negara yang pernah dijajah negara asing, kecuali Thailand
  3. Persamaan budaya yang dimiliki hampir setiap negara
  4. Memiliki persamaan geografis

Sejarah ASEAN

sejarah berdirinya organisasi asean

twitter.com

Awal mula berdirinya ASEAN yaitu adanya pertemuan antar menteri luar negeri yang berada di kawasan Asia Tenggara yaitu Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina pada tanggal 5 sampai 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Kelima tokoh yang bertemu di Bangkok yaitu:

  1. Narsisco Ramos, dari Filipina
  2. Thanat Khoman, dari Thailand
  3. Rajaratman, dari Singapura
  4. Tuan Abdul Razak, dari Malaysia
  5. Adam Malik, dari Indonesia

kelima menteri luar negeri tersebut mendatangani suatu kesepakatan yang dikenal sebagai sebutan Deklarasi Bangkok. Setelah penandatanganan Deklarasi Bangkok tersebut maka secara resmi organisasi resmi berdiri dan sudah mulai menerima anggota baru.

Akhirnya pada tanggal 7 Januari 1987, Brunei Darussalam menjadi negara pertama yang masuk menjadi anggota ASEAN sesudah memperingati kemerdekaan negara tersebut. Kemudian disusul oleh Negara Vietnam menjadi anggota ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995, Myanmar dan Laos pun menyusul bergabung menjadi anggota kedelapan dan kesembilan di tanggal 23 Juli 1997, disusul selanjutnya oleh Negara Kamboja pada tanggal 16 Desember 1998.

Dan Timor Leste adalah negara terakhir menjadi anggota ASEAN sekitar di tahun 2012. Setelah sekian mengutarakan niatnya untuk bisa bergabung menjadi salah satu anggota organisasi ASEAN.

Tujuan ASEAN

tujuan asean adalah untuk meningkatkan kemajuan pendidikan

wikipedia.com

Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh negara-negara Asia Tenggara yang diwadahi dengan adanya ASEAN. Tujuan ASEAN itu pun tertuang dalam deklarasi Bangkok yang dideklarasikan di tanggal 8 Agustus 1967. Isi dari Deklarasi Bangkok tersebut yaitu:

  1. Meningkatkan kemajuan dalam bidang penelitian, latihan dan pendidikan di wilayah Asia Tenggara.
  2. Mempererat kerjasama antar negara di wilayah Asia Tenggara ditengah-tengah organisasi internasional maupun regional yang sudah ada.
  3. Saling membantu dan meningkatkan kerja sama dalam kepentingan bersama bidang administrasi, ilmu pengetahuan, teknik, sosial dan bidang ekonomi.
  4. Meningkatkan stabilitas dan perdamaian regional.
  5. Meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan perkembangan kebudayaan, kemajuan sosial dan ekonomi yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Arti Lambang ASEAN

arti lambang asean

wikipedia.com

Dari gambar di atas adalah lambang atau logo ASEAN yang seringkali ditemukan dimedia-media atau buku-buku lainnya seperti poster, koran, internet dan lain sebagainya. Dari gambar tersebut dapat terlihat dari 10 barang padi terikat yang mengandung makna persahabatan, kesatuan dan persatuan dari ke-10 negara yang menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara)

Dan untuk warna yang terdapat pada lambang ASEAN mempunyai makna tersendiri yaitu kuning memiliki arti kesejahteraan dan kemakmuran, putih memiliki arti kesucian, merah memiliki arti dinamika dan keberanian dan biru memiliki arti keamanan dan perdamaian. Sedangkan untuk lingkaran yang berada di lambang mengandung makna persatuan antara negara-negara yang tergabung dalam ASEAN

Struktur Organisasi ASEAN

struktur organisasi asean

onnyrudianto.wordpress.com

ASEAN ialah termasuk organisasi internasional namun dalam lingkup regional dalam menjalankan setiap aktivitasnya, ASEAN mempunyai struktur organisasi ASEAN menurut Deklarasi Bangkok.

1. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

Kekuasaan atau Otoritas tertinggi di dalam ASEAN ialah KTT atau Konferensi Tingkat Tinggi yang merupakan pertemuan pemerintahan dan kepala negara yang menjadi anggota ASEAN. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN diselenggarakn untuk menetapkan arah kerjasama ASEAN.

2. Sidang Tahunan Menteri Luar Negeri

Sidang tahunan menteri luar negeri memiliki peranan penting dan tanggung jawab untuk bisa merumuskan garis kordinasi dan kebijaksanaan setiap aktivitas ASEAN. Dalam sidang ini pun juga melakukan pemeriksaan implikasi-implikasi atas setiap keputusan ASEAN.

3. Sidang Tahunan Menteri Ekonomi

Sidang tahunan menteri merupakan suatu badan tertinggi dalam menetapkan sebuah kebijakan dalam kerjasama ekonomi ASEAN. Sidang ini pada umumnya diselenggarakan satu tahun sekali.

4. Sidang Tahunan Menteri Non-Ekonomi

Sidang Non-Ekonomi diluar sidang para menteri ekonomi diantaranya yaitu menteri penerangan, menteri pendidikan, menteri tenaga kerja, menteri lingkungan hidup, dan menteri energi.

5. Panitia Tetap

Dalam setahun seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh menteri luar negeri menjadi tanggung jawab sebuah panitia tetap ASEAN. Dan untuk ketua panitia tetap ASEAN dilakukan secara bergilir dijabat oleh salah satu menteri luar negeri dari anggoata ASEAN.

6. Komite-komite

Komite-komite merupakan pelaksana segala kegiatan nyata ASEAN. Terdapat dua macam komite yaitu komite non ekonomi dan komite ekonomi. Komite non-ekonomi diantaranya yaitu komite pembangunan sosial, komite ilmu pengetahuan, komite penerbangan dan komite kebudayaan. Sedangkan komite ekonomi meliputi komite kehutanan, pertanian, pangan, kuangan dan perbankan.

7. Sekretariat ASEAN

Di dalam sekretariat ASEAN terdapat dua macam yaitu sekretariat Nasional ASEAN dan sekretariat tetap ASEAN. Sekretariat Nasional ASEAN merupakan pelaksana tugas ASEAN untuk melayani sidang tahunan atau sidang khusus para menteri luar negeri atasnama negara masing-masing. Sedangkan sekretariat tetap ASEAN dipimpin oleh sekretaris Jendral atau Sekjend yang berlokasi di Jakarta.

Profil 5 Tokoh Pendiri ASEAN

tokoh pendiri asean

kompas.com

1. Adam Malik

Adam Malik ialah satu dari lima orang tokoh pendiri ASEAn yang ketika sedang menjabat sebagai menteri luar negeri Negara Indonesia. Ia lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dan pada tanggal 22 Juli 1917 pernah menjabat menjadi wakil persiden Republik Indonesia ketika masa orde baru yang saat itu Soherto menjadi presidennya. Adam Malik terkenal sebagai orang yang pintar dan mempunya hobi membaca buku.

2. Abdul Razak

Tun Abdul Razak ialah menteri luar negeri Negara Malaysia di saat itu. Ia pun menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi ASEAN. Beliau lahir pada tanggal 11 Maret 1922. Abdul Razak terkenal akan kecerdasannya. Dalam catatan sejarah, beliau pernah menuntut ilmu di luar negeri yaitu di Inggris. Berkat jasanya kepada Negara Malaysia, ia diberi gelar sebagai bapak pembangunan Malaysia.

3. Thanat Khoman

Ia adalah tokoh pendiri ASEAN yang perannya tidak kalah dengan tokoh yang lainnya. Beliau adalah Thanat Koman yang ketika itu menjabat sebagai menteri luar negeri Thailand. Beliau dikenal kecerdasannya, karena ia mendapat gelar doktor dari universitas ternama di Prancis dan hal tersebut sangat jarang didapatkan oleh orang Thailand saat itu.

4. Narciso Ramos

Narciso Ramos adalah salah satu pendiri ASEAN yang ketika itu menjabat menteri luar negeri Negara Filipina. Masyarakat Filipina sangat mengenal beliau karena memiliki kharismatik yang tinggi. Ia pun pernah menjabat sebagai diplomat, wartawan, pengacara dan politikus. Dan perlu diketahui, bahwa Narciso Ramos adalah orang pertama yang memberikan sambutan dalam Deklarasi Bangkok.

5. S. Rajaratnam

Peran S. Rajaratnam memiliki peran yang besar terhadap pendirian ASEAN. Ketika itu ia beliau merupakan perwakilan Singapura yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri Singapura. Beliau adalah negarawan yang lahir di Sri Langka ini dikenal sebagai politikus yang hebat dimana puncak karirnya yaitu menjabat sebagai wakil Perdana Menteri Singapura yang pernah menjabat selamat lima tahun (1980-1985)

Sekian pembahasan mengenai latar belakang berdirinya ASEAN beserta pengertian, tujuan struktur tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Leave a Reply