10+ Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kamu yang Ingin Hidup Sehat

Makanan Sehat dan Bergizi – Makanan yang memiliki kandungan serat dan beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses tumbuh kembang serta memiliki kandungan gizi seimbang adalah pengertian dari makanan sehat.

Makanan yang biasa kita konsumsi setiap harinya yaitu makanan yang memiliki kandungan unsur atau senyawa, seperti enzim, vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, protein dan lainnya. Dan makanan yang sering kita makan dalam keseharian itu dibagi menjadi 2 yaitu makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Makanan sehat itu berfungsi sebagai zat tenaga, zat pengatur, dan zat pembangun. Dan pada umumnya menu makanan sehat di Indonesia biasa disebut dengan Empat Sehat Lima Sempurna.

Dan sebaliknya makanan tidak sehat tidak memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Bahkan memiliki sifat merusak tubuh secara perlahan. Makanan tidak sehat biasanya diolah dengan cara tidak benar, baik dari segi bahan makanan dan segi pengolahan makanan tersebut.

Sehingga sangatlah penting untuk tubuh kita mendapat asupan gizi yang baik dari makanan bergizi dan seimbang yang kita konsumsi setiap harinya. Bagi kamu yang masih bingung memilih makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk tubuh.

1. Yoghurt, susu fermentasi dengan banyak manfaat

makanan sehat bergizi seimbang

pixabay.com

Yoghurt merupakan susu yang sudah difermentasi. Yoghurt memiliki banyak sekali kalsium dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yoghurt antara lain : menjaga kesehatan pencernaan, menambah imun tubuh, menghaluskan kulit, menurunkan darah tinggi, dapat menurunkan berat badan dan baik untuk memperkuat tulang.

2. Beras Merah, sumber karbohidrat yang memiliki segudang manfaat

pengertian makanan sehat dan bergizi

pixabay.com

Mengkonsumsi beras putih sebagai menu utama merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun beras merah pun bisa dijadikan alternatif untuk menjadi menu utama pengganti beras putih. Manfaatnya pun tidak kalah dengan beras putih pada umumnya.

Beras merah dapat melindungi jantung terhadap penyakit kardiovaskular karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Selanjutnya beras merah pun mampu menurunkan kolesterol jahat karena memiliki kandungan minyak esensial.

Bagi kamu yang sedang menjalankan diet. Beras merah bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin memperindah dan mempercantik tubuh.

3. Stroberi, buah berwarna merah yang rendah kalori

kumpulan makanan sehat dan bergizi

pixabay.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah ini. Buah yang memiliki warna merah dengan bintik hitam ini merupakan makanan favorit hampir semua orang. Selain rasanya yang nikmat, buah stroberi pun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat buah stroberi antara lain : menjaga kesehatan tubuh, rendah kalori sangat baik untuk kesehatan tubuh dan memiliki kandungan fenol yang baik untuk mengatasi ateroskeloris, osteoarhritis, dan asma.

4. Oatmel, kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh

makanan bergizi untuk anak

pixabay.com

Bagi kamu yang tidak menyukai buah-buahan atau nasi. Oatmel merupakan makanan alternatif untuk menggantikan asupan gizi harianmu karena makanan ini memiliki kandungan serat, misalkan vitamin B kompleks, zat besi, dan kalsium serta mineral baik lainnya.

100 gram oatmel mengandung 7 gram serat sehat yang baik untuk tubuh. Bagi kamu yang ingin mempunyai badan yang ideal, oatmel pun bisa dijadikan sebagai sarana untuk diet secara alami dan sehat.

5. Kentang, makanan sehat yang kaya kandungan karbohidrat

menu makanan bergizi

pixabay.com

Kentang bisa kamu jadikan pengganti nasi untuk dijadikan sumber makanan utama karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu kentang pun mengandung zat besi yang baik untuk tubuh.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam kentang antara lain kalsium, nabati, protein, fosfor, lemak, serta beberapa mineral penting yang lainnya.

6. Lidah buaya, makanan yang memiliki kandungan mineral dan vitamin

jenis makanan bernutrisi

pixabay.com

Vitamin yang terkandung dalam lidah buaya yaitu A, B1, B2. B6, B12, C, dan E. Lidah buaya juga terkenal memiliki kandungan mineral yang tinggi antara lain, zat besi, kalsium, kromium, magnesium, mangan, tembaga, potasium, zat besi, mineral niasin, asam folat dan sodium.

7. Kacang almond, cemilan sehat kaya akan serat dan protein

manfaat makanan bergizi

pixabay.com

Kacang almond sekilas mirip dengan kemiri namun ini berbeda. Kacang almong sering dijadikan cemilan ringan. Selain itu sering dijadikan toping dalam olahan berbagai makanan.

Kacang almond sangat kaya dengan serat dan protein. Selain itu kacang almond mengandung magnesium, zat besi dan juga vitamin E yang baik untuk kulit.

Dan untuk pengolahan kacang almond janganlah menambahkan garam atau gula terlalu banya, secukup saja. Karena olahan seperti itu menjadikan kacang almon yang seharunya makanan sehat menjadi makanan yang tidak sehat untuk tubuh.

8. Gandum, bahan olahan roti dan sereal yang baik untuk tubuh

makanan sehat bergizi seimbang

pixabay.com

Tanaman sejenis biji-bijian yang mirip dengan tanaman padi biasanya dijadikan bahan olahan untuk sereal, roti dan juga kukis. Gandum pun memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, seperti vitamin E, vitamin V3, zat besi, thiamin dan juga serat. Selain itu gandum juga bisa dijadikan pengganti nasi. Olahan gandum pun bisa menjadi menu diet dalam bentuk sereal.

9. Ubi, umbi-umbian yang kaya vitamin

makanan bergizi untuk anak

pixabay.com

Ubi merupakah salah satu tanaman yang digolongkan dalam tanaman umbi-umbian yang berada di bawah tanah. Ubi juga termasuk salah satu sumber karbohidrat. Sehingga ubi bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Ubi memiliki banyak kandungan vitamin, antara lain vitamin A, B, C, dan E. Selain itu ubi itu termasuk sumber makanan sehat yang rendah kalori jika pengolahannya dengan cara di kukus, dipanggang atau direbus.

10. Kacang merah, camilan sehat saat santai

menu makanan bergizi

pixabay.com

Kacang tolo merupakan sebutan orang jawa untuk menyebur kacang merah. Pada dasarnya kacang merah memiliki kandungan protein, zat besi, fosfor dan memiliki kandungan magnesium yang tinggi serta memilki mineral dan juga vitamin.

Kacang merah sangat mudah diracik untuk menjadi makanan sehat. Dan biasanya kacang merah sering dimasukan ke dalam campuran salad atau sup.

Contoh menu makanan bergizi seimbang dalam selama satu minggu

menu makanan sehat

http://plazaindonesia.com

Setelah kamu tahu sangat perlunya tubuh kita untuk mendapatkan asupan gizi yang berimbang. Ada baiknya kamu mempersiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi serta seimbang agar menghindari kamu dalam memilih / memasak makanan pada setiap harinya.

Makanan yang sehat sebaiknya dikombinasikan antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral secara berimbang. Dan jangan sampai kamu membuat menu makanan yang itu-itu saja yang akan membuat nafsu makan menurun.

Sehingga, kamu harus mengkombinasikan beberapa bahan makanan yang ada agar beragam dan juga tidak melupakan aspek kesehatan. Berikut beberapa pilihan menu makanan sehat selama satu minggu untuk membantu kamu.

Senin

Makan pagi : Nasi merah, ikan masak tauco, cah jamur kangkung, dan punch nanas.

Makan siang : Nasi putih, perkedel ayam, sayur bayam kembang tahu dan es kelapa muda.

Makan malam : Nasi putih, semur tahu, cumi asin cabai hijau dan vanili ice.

Selasa

Makan pagi : Kentang rebus mentega, rolade udang roti tawar, tahu schotel dan jus melon.

Makan siang : Nas putih, perkedel jagung, ayam goreng kalasan, sayur sawi putih dan es soda buah.

Makan malam : Nasi putih, buncis tomat panggang, bistik daging saos tomat, dan coklat panas.

Rabu

Makan pagi : Nasi putih, rolade kari ayam, tempe bacem, kailan tumis jamur, dan smoothie pisang.

Makan siang : Nasi putih,  teri sambal balado, pepes tengiri, sup jagung muda dan puding tape.

Makan malam : Nasi putih, tumis sayuran, daging asap pedas dan jeruk nipis hangat.

Kamis

Makan pagi : Kentang rebus, perkedel ayam, cah taoge tempe dan yoghurt stroberi.

Makan siang : Nasi putih, cah taoge dengan tempe, tiram kuah miso dan es buah hunkwe.

Makan malam : Nasi uduk, sayur masak masin, gurami semur dan puding kopyor ceri.

Jum’at

Makan pagi : Nasi merah, ikan kukus sambal tiram, tumis kapri manis dan susu sapi.

Makan siang : Nasi putih, serabi kuah, ayam rendang kecap inggris dan es serut.

Makan malam : Nasi putih, selada sayur campur, sup kepiting, dan es delima merah.

Sabtu

Makan pagi : Kentang rebus,cah sayur saus hoisin, hati ampela bumbu kecap dan salad buah.

Makan siang : Nasi putih, gudeg yogya, urap sayuran dan es rambutan kacang tanah.

Makan malam : Nasi putih, wedang ronde dan daging bambu serai.

Minggu

Makan pagi : Nasi merah, kapri krim jagung, omelet telur bebek, dan smoothie pelangi.

Makan siang : Nasi uduk, semur terong, perkedel kentang, semur terong dan es rumput laut.

Makan malam : Nasi putih, telur bumbu laksa, ayam rica-rica dan puding roti pisang.

Semoga artikel ini  bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin hidup sehat. Dan juga semua keinginanmu untuk hidup sehat bisa tercapai. Terima kasih. 🙂

Leave a Reply