Pengalaman Pribadi Liburan Sekolah di Kampung Halaman

Liburan sekolah merupakan hal-hal yang ditunggu oleh sebagian siswa sekolah. Berbulan-bulan bergelut dengan pelajaran membuat kami ingin cepat-cepat berlibur. Banyak hal yang biasa kami lakukan disaat berlibur. Salah satunya yang sering saya lakukan yaitu berlibur ke kampung halaman.

Terkadang mata ini jenuh melihat kota Jakarta yang penuh sesak dengan orang dan kendaraan yang lalu-lalang. Ingin sekali merasakan liburan dengan alam yang asri di sekitar. Jadi kampung halaman merupakan salah satu liburan yang murah meriah dengan alam yang masih asri.

Memancing Bersama Teman

kapuas.info

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat liburan di kampung halaman yaitu memancing bersama. Di Serang, kampung saya memang tidak memiliki sungai yang cukup besar. Ada sih, namun jaraknya cukup jauh. Jadi kami biasa memilih memancing di aliran pematang sawah yang biasa kami sebut dengan galengan. 

Sebelum kami pergi memancing. Terlebih dahulu kami harus membuat pancingannya dahulu. Itulah bedanya kota dengan desa. Semua hal yang diperlukan itu dibuat dahulu. Bandingkan dengan kota Jakarta. Butuh sesuatu tinggal beli saja. Perekonomian yang tidak baik membuat anak-anak di desa itu harus lebih kreatif untuk bisa bermain.

Selanjutnya kami mencari cacing. Biasanya cacing itu berkumpul di tanah gembur. Jika sudah ketemu lokasinya, tinggal dikeruk saja dengan tangan. Urasan cacing sudah selesai. Tinggal pergi ke lokasi yang di tuju.

Pematang sawah merupakan lokasi favorit kami. Dari jarak yang tidak jauh dan mudah ditemukan membuat tempat itu menjadi spot favorit kami dalam memancing. Hhe

Lokasi yang ala kadar membuat ikan yang didapatkan pun ala kadarnya. Biasanya kami mendapatkan ikan-ikan kecil dan udang yang berukuran kecil juga. Walaupun ikan yang kami dapat tidak terlalu besar. Kami sangat menikmati memancing di pematang sawah. Mengasyikan.

Bermain Bola Bersama

pixabay.com

Tidak di kota tidak juga di desa, permainan bola merupakan salah satu olahraga favorit. Bedanya, di kota itu umumnya kekurangan lahan untuk bermain bola. Namun untuk di desa, lapangan bola itu banyak. Jadi tidak aneh, kalau pemain bola yang berprestasi itu berasal dari desa.

Momen yang masih saya ingat ketika berlibur di kampung halaman yaitu bermain bola dalam kondisi hujan. Hal itu yang membuat bermain bola itu semakin asyik. Karena kita tahu, hujan-hujanan itu merupakan sesuatu yang mengasyikan ditambah dengan bermain bola. Beh, double asyik dah. Hehe.

Menerbangkan Layang-layang dengan Kakek

pixabay.com

Kakek saya termasuk orang kreatif. Hampir semua hal dapat dilakukan. Salah satunya yaitu membuat layang-layang. Ada beberapa jenis layang-layang yang sering kami buat bersama. Layang peuteng merupakan layang-layang favorit saya. Layangan ini berukuran lebih besar dibandingkan layangan biasanya. Ukurannya hampir setinggi manusia.

Layang-layang ini pun dilengkapi dengan suara. Suara itu timbul dari bambu yang diikatkan semacam tali plastik yang tipis, jika digerakan dengan cepat akan mengeluarkan suara. Bentuknya menyerupai busur panah. Di desa kami biasanya menyebutnya peuteng. Karena hal itu layang-layang ini disebut dengan layang-layang peuteng.

Berburu Belalang dengan Sanak Saudara

pixabay.com

Tahukan apa itu belalang? Serangga kecil yang berwarna hijau yang sering lompat-lompat. Di desa kami biasa menjadikan belalang ini sebagai bahan masakan. Mungkin sebagian orang tidak suka dengan belalang. Namun saya pribadi suka memakannya.

Rasanya seperti udang loh. Tapi ada beberapa masakan belalang yang saya kurang suka. Belalang yang mempunyai ukuran besar. Biasanya saya hindari untuk memakannya. Menurut saya belalang ukuran yang besar tidak krispi dibandingkan dengan belalang yang ukuran lebih kecil.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan ketika liburan sekolah di kampung halaman. Untuk kamu sebagai siswa biasanya akan disuruh untuk membuat tugas karangan pengalaman liburan sekolah. Ada baiknya kamu catat hal-hal yang berkesan ketika liburan di kampung halaman.

Pengalaman saya pribadi, ketika mengerjakan tugas itu kadang-kadang lupa apa saja yang telah saya lakukan di kampung halaman. Sehingga agak kesulitan untuk menceritakannya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat. 🙂

2 Comments

    • Saat Santai

Leave a Reply