Inilah Macam-macam Perangkat Lunak Komputer Terbaik Berdasarkan Fungsinya

Macam-macam Perangkat Lunak Komputer – Di dalam sebuah komputer terdapat dua jenis perangkat untuk bisa menjalankan fungsinya. Salah satu perangkat tersebut haruslah dalam kondisi yang baik. Jika salah satu perangkat tersebut terjadi kerusakan maka komputer pun tidak bisa digunakan.

Perangkat lunak ( software ) dan perangkat keras ( hardware ) merupakan dua perangkat komputer yang dibutuhkan oleh sebuah komputer.

Pada kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai macam-macam perangkat lunak yang bisa digunakan di komputermu. Infomasi ini kami berikan agar kamu bisa memilih perangkat lunak yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu.

Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer

jenis-jenis perangkat lunak komputer

blogs.itb.ac.id

Sebelum kita membahas macam-macam perangkat lunak. Kami akan mengulas jenis-jenis perangkat lunak terlebih dahulu. Perangkat lunak itu terbagi menjadi 6 jenis. Setiap jenis memiliki fungsi masing-masing untuk bisa mengoptimalkan kerja sebuah komputer. Berikut 6 jenis perangkat lunak komputer, antara lain:

1. Perangkat Lunak Gratis ( Freeware )

perangkat lunak gratis

intertech.com

Perangkat lunak komputer ini bersifat gratis untuk digunakan oleh setiap orang tanpa batasan waktu. Freeware biasanya dibuat oleh pengembang untuk disumbangkan kepada komunitas. Perangkat lunak gratis yang dibuat oleh pengembang tetap memiliki hak cipta agar dapat mengontrol terhadap pengembang selanjutnya.

Seringkali para pengembang memilih untuk berhenti dalam mengembangkan sebuah perangkat gratis. Namun mereka tetap memberikan kode sumbernya kepada pengembang yang lain atau membagikan kode tersebut kepada khalayak umum sebagai freeware.

2. Perangkat Lunak Uji Coba ( Shareware )

perangkat lunak uji coba

123rf.com

Perangkat lunak uji coba merupakan perangkat lunak yang disediakan untuk para pengguna agar bisa mencoba perangkat tersebut tanpa harus membayarnya. Namun biasanya perangkat ini memiliki batas waktu dan fungsinya pun terbatas.

Alasan perangkat lunak uji coba ini dibuat adalah agar para pengguna bisa mencoba menggunakan program tersebut. Dan selanjutnya jika ingin menikmati fungsinya secara lengkap dan tanpa batas waktu bisa membeli lisensinya dari perangkat lunak tersebut.

3. Perangkat Lunak Aplikasi ( Application Software )

perangkat lunak aplikas

kingofwallpapers.com

Perangkat lunak aplikasi ini memanfaatkan fungsi komputer untuk menjalankan sebuah tugas yang dibutuhkan oleh penggunannya.

Berbeda dengan perangkat lunak sistem yang menghubungkan berbagai kemampuan yang dimiliki sebuah komputer, namun tidak secara langsung menerapkan fungsi tersebut untuk melakukan suatu tugas yang bisa membantu penggunannya.

4. Perangkat Lunak Berbayar ( Commercial Software )

perangkat lunak berbayar

orkomfahmi.blogspot.co.id

Perangkat lunak ini bisa dinikmati jika pengguna membeli terlebih dahulu kepada pihak distributor untuk bisa menikmati segala fungsinya. Kamu juga bisa membelinya secara langsung kepada pihak pengembangnya selain kepada pihak distributor.

Beberapa perangkat lunak berbayar yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta dalam penggunaannya yaitu Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

5. Perangkat Lunak Menetap ( Firmware )

perangkat lunak menetap

mistralsolutions.com

Perangkat lunak ini mengarah pada mode penyimpanan dalam Memory Read Only. Sifat firmware sendiri bersifat lebih paten, jadi tidak akan melakukan pembaharuan secara otomatis. Namun akan ada permasalahan secara fungsionalitas.

Dan pada umumnya perangkat lunak jenis ini menyatu dengan suatu hardware atau perangkat keras, contohnya komponen perangkat keras komputer, alat telekomunikasi, alat-alat elektronik. Hal ini menyebabkan menurut sebagian para ahli, perangkat lunak jenis ini bukanlah perangkat lunak sepenuhnya.

6. Perangkat Lunak Sumber Terbuka ( Open Source Software )

perangkat lunak sumber terbuka

acornsoftware.net

Perangkat lunak jenis ini merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya bersifat terbuka dan bisa digunakan untuk dikembangkan, diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan.

Biasanya perangkat lunak ini dikembangkan dalam sebuah komunitas yang mempunyai tujuan mengembangkan sebuah perangkat lunak untuk bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunannya.

Macam-macam Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Fungsinya

Macam-macam Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsinya

musangperakb24.blogspot.co.id

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Bahwa perangkat lunak merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah komponen komputer. Tanpanya maka komputer tidak akan berfungsi sesuai dengan kegunaannya.

Ragam perangkat lunak pun sekarang sudah beragam sesuai dengan kebutuhan para penggunannya. Maka dari itu kami bagikan macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya agar kamu bisa menggunakannya dalam menyelesaikan tugas-tugasmu. Dan kami bagikan perangkat lunak tersebut berdasarkan fungsinya, antara lain:

Perangkat Lunak Akses Internet

Perangkat Lunak Akses Internet

colorlob.com

Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk mengakses internet. Fungsi lain dari perangkat lunak akses internet yaitu agar bisa membantumu dalam mencari informasi dan juga bertukar informasi dalam bidang hobi, berita, ilmu dan lain sebagainya. Berikut beberapa perangkat lunak untuk mengakses internet, yaitu:

a. Mozila Firefox

Mozila Firefox merupakan salah satu perangkat lunak browser yang populer saat ini. Perangkat lunak dibuat oleh Mozila Corporation. Mozila Firefox juga termasuk salah satu web browser open source yang dibuat dengan Gecko Layout Engine. Perangkat lunak ini pun memiliki fasilitas pendukung yaitu Add-ons yang dapat diinstall secara terpisah.

b. Google Chrome

Sama halnya dengan Mozila Firefox. Google Chrome juga termasuk dalam salah satu perangkat lunak browser yang populer saat ini. Jika Mozila Firefox dibuat oleh Mozila Corporation. Google Chrome dikembang oleh sebuah perusahaan terbesar di dunia yaitu Google.

c. Internet Explorer

Perangkat lunak ini merupakan perangkat lunak bawaannya windows yang dikembang oleh Microsoft Corporation. Sehingga jika kamu menggunakan sistem operasi windows di komputermu. Maka kamu tidak perlu repot untuk menginstall kembali karena sudah tersedia disetiap sistem operasi windows.

Perangkat Lunak Pengolah Website

Perangkat Lunak Pengolah Website

sasando.co.id

Perangkat lunak digunakan dalam pengolahan dan perancangan layout sebuah homepage atau web. Perangkat lunak ini dilengkapi fasilitas hyperlink dan html yang dapat memudahkanmu dalam mengatur layout situsmu agar terlebih lebih indah. Beberapa perangkat lunak yang bisa kamu gunakan, antara lain:

a. Adobe Dreameweaver

perangkat lunak merupakan sebuah program yang banyak digunakan oleh para pengembang web. Alasannya karena fitur-fitur yang disajikan sangat menarik dan memberikan kemudahan untuk para penggunannya.

b. Microsoft Front Page

Microsoft Front Page adalah sebuah program yang dipakai untuk mengedit dan mendesain halaman web. Salah satu keunggulan perangkat lunak ini yaitu kamu dapat melihat secara langsung tampilan halaman web di dalam web browser ketika kamu sedang mendesain halaman web di Microsoft Front Page.

Perangkat Lunak untuk Keuangan dan Bisnis

perangkat lunak keuangan

myob.com

Perangkat lunak dibuat untuk membantu kamu yang seorang enterpreuner dalam menyajikan data keuangan yang akurat. Karena dengan menggunakan perangkat lunak ini, kamu bisa dimudahkan dalam masalah pengolah manajemen bisnis, akuntansi dan data keuangan. Contoh perangkat lunak yang bisa kamu gunakan yaitu:

a. MYOB Accounting

MYOB Accounting adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data akuntansi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencatat data transaksi akuntansi yang dilakukan dengan memasukkannya ke data transaksi yang berada di program tersebut. Dan selanjutnya secara otomatis perangkat lunak ini akan menjadikannya sebuah laporan.

Perangkat Lunak Pengolah Audio dan Video

Perangkat Lunak Pengolah Video

indietips.com

Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengolah gambar yang bergerak dan juga suara. Program ini dapat  dipakai mulai dari pembuatan sampai proses penyuntingan. Kamu juga dapat mengedit gambar yang disertai dengan animasi, efek transisi gambar akan menghasilkan sebuah tampilan yang bisa kamu nikmati dalam bentuk musik, suara dan gambar video. Berikut beberapa program yang bisa kamu gunakan, antara lain:

a. Pinnacle

Pinnacle merupakan sebuah perangkat lunak untuk mengedit video yang cocok bagi para pemula. Mulai dari merekam video ke dalam format compact, merapikan video agar terlihat bagus dan memotong film bisa kamu lakukan dengan menggunakan perangkat lunak ini.

b. Adobe After Effect

Perangkat lunak ini merupakan software yang digunakan untuk membuat efek yang dinamis untuk video kamu. Perangkat lunak bisa dikatakan memiliki kemampuan yang luar biasa. Kamu pernah lihat efek-efek dalam film box office ? Nah, semua itu hampir semua bisa kamu buat dengan menggunakan After Effect.

c. Ulead Video Studio

Program ini biasa digunakan untuk keperluan editing sebuah video. Perangkat lunak  pengedit video ini terbilang memiliki fasilitas pengeditan yang banyak, antara lain: Menggabungkan beberapa video dengan gambar, musik dan suara, memotong video, title, dan efek transisi.

Perangkat Lunak Pengolah Gambar

youtube.com

Perangkat lunak biasa digunakan dalam periklanan dan percetakan. Perangkat lunak desain grafis biasa dipakai untuk mengolah dan membuat gambar dan juga melakukan penyuntingan. Beberapa perangkat lunak yang bisa kamu gunakan, yaitu:

a. Corel Draw

Perangkat lunak ini sering digunakan dalam pengeditan pada garis vektor. Corel dram memiliki fungsi untuk mengolah gambar. Maka dari itu perangkat lunak banyak digunakan dalam bidang percetakan atau publikasi atau bidang yang lainnya yang membutuhkan proses visualisasi.

b. Adobe Photoshop

Perangkat lunak editor ini merupakan salah satu buatan Adobe Systems yang khusukan fungsinya untuk pengeditan gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak editing gambar ini banyak dipakai oleh para fotografer digital dan perusahaan periklanan. Maka seringkali dianggap sebagai pemimpin pasar untuk perangkat lunak pengolah gambar dan foto.

Perangkat Lunak Pengolah Data

Perangkat Lunak Pengolah Data

support.flexquarters.com

Perangkat lunak ini sering digunakan dalam sebuah instansi baik milik swasta maupun pemerintah yang digunakan untuk mengolah data. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kamu bisa secara cepat dan akurat memasukkan, menyunting, dan menyeleksi sebuah data. Contoh perangkat lunak pengolah data yang biasa digunakan pada umumnya, antara lain:

a. Microsoft Access

Microsoft Acces merupakan sebuah perangkat lunak yang berbasis data komputer relasional yang digunakan kalangan rumahan dam perusahaan kecil sampai menengah.

salah satu keunggulan Microsoft Acces yaitu para pengguna dapat menggunakan dan mencampurkan kedua jenis bahasa, antara lain VBA dan Macro, yang berguna memprogram form, logika dan mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

b. Visual FoxPro

Perangkat lunak ini merupakan salah satu bahasa pemograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. FoxBASE merupakan nama awal dari bahasa pemograman ini saat peluncurannya pada awal 1984.

Kemudian Fox Technologies bergabung dengan Microsoft pada tanggal 1992 dan akhirnya ditambahkan awalan ” Visual”.

Perangkat Lunak Pengolah Presentasi

Perangkat Lunak Pengolah Presentasi

youtube.com

Perangkat lunak ini berfungsi untuk mendesain slide yang dipakai untuk sebuah presentasi. Dan hasilnya akan bisa dilihat dalam berbagai bentuk media komunikasi, seperti LCD, layar lebar, Head Projector dan lain sebagainya. Berikut beberpa perangkat lunak yang bisa kamu gunakan, yaitu:

a. Microsoft PowerPoint

Perangkat lunak ini merupakan sebuah program komputer yang dibuat oleh Microsoft. Micrsot PowerPoint sering digunakan oleh para pendidik, siswa, kalangan kantoran, pebisnis dan juga trainer.

b. OpenOffice

Perangkat lunak ini merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat open source yang dapat diperoleh secara gratis. Di dalam paket tersebut terdapat komponen-komponen seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi,  gudang data, vektor dan ilustrasi.

Perangkat Lunak Pengolah Angka

Perangkat Lunak Pengolah Angka

pusatcara.com

Perangkat lunak pengolah angka merupakan perangkat lunak yang sering digunakan dalam pengolahan berbagai data kuantitatif atau angka dengan cepat dan akurat, baik dalam bentuk grafik maupun tabel. Beberapa perangkat lunak yang bisa kamu gunakan, antara lain:

a. Microsoft Excel

Microsoft Excel yaitu perangkat lunak lembar kerja ( spreadsheet ) yang dikembangkan oleh Microsoft Windows dan Mac OS. Fitur yang disajikan dalam perangkat lunak ini menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer.

b. Lotus 123

Lotus 123 merupakah program spreadsheet dari Lotus Software yang saat ini menjadi bagian dari IBM. Hal itu merupakan PC IBM pertama ” pembunuh aplikasi “. Pada pertengahan 1980-an, popularitasnya tinggi. Sehingga memberikan ambil besar terhadap keberhasilan PC IBM di lingkungan perusahaan.

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat Lunak Pengolah Kata

hipwee.com

Program pengolah kata biasa digunakan untuk mengolah naskah, contohnya proposal laporan kegiatan, buku diktat, surat menyurat, dan media informasi ( kartu nama, kartu undangan, brosur ) dan lain sebagainya. Berikut perangkat lunak pengolah kata, antara lain:

a. Microsoft Word

Perangkat lunak ini merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang populer saat ini. Microsoft Word juga merupakan perangkat lunak andalah Microsoft. Program pengolah kata ini memiliki konsep ” What You See Is What You Get“. Pada saat itu, perangkat lunak ini merupakan program pertama yang menampilkan cetak tebal dan cetak miring.

b. WordPerfect

WordPerfect merupakan program pengolah kata yang dikembangkan oleh Corel dengan sejarah panjang di beberapa platform komputer pribadi. Pada tahun sekitar 1980, WordPerfect mendominasi pasar pengolah kata. Setelah Microsoft Word muncul, para pengguna WordPerfect akhirnya beralih ke Microsoft Word.

Itulah macam-macam perangkat lunak komputer terbaik menurut kami berdasarkan fungsinya. Dan kamu bisa menginstall perangkat lunak tersebut sesuai kebutuhanmu. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Leave a Reply