Tanaman Hias Bambu Air, Tanaman Hias Pembawa Hoki dengan Banyak Manfaat

Tanaman Hias Bambu Air – Tanaman yang sering disebut rough horsetail atau ekor kuda kasar ini bukanlah termasuk dalam kelompok tanaman bambu dan juga bukan tanaman daun melainkan termasuk dalam kelompok tanaman paku. Equisetum Hyemale L merupakan nama latin dari tanaman bambu air. Tanaman ini ditemukan di Asia bagian utara, Amerika Utara dan Eropa.

Habibat asli dari tanaman ini adalah daerah basah, namun sering juga ditemukan di permukaan tanah yang berkerikil atau berpasir. Tanaman bambu air tumbuh di daerah dengan ketinggian 2.530 m di atas permukaan laut.

Tanaman bambu air sekarang sudah cukup populer dibudidayakan karena tanaman ini sangat cantik jika menjadi penghias di dalam pekarangan rumah atau di dalam rumah. Jika dipandang akan memanjakan mata dan tidak akan bosan untuk melihat tanaman ini. Maka dari itu banyak orang yang berminat untuk memilikinya.

 Ciri-ciri tanaman hias bambu air

perawatan tanamn hias bambu air

www.weedbusters.org.nz

Tanaman hias bambu bukanlah termasuk dalam golongan tanaman bambu. Sekilas tanaman bambu air terlihat seperti tanaman bambu pada umumnya namun lebih kecil. Jadi jika kamu berminat untuk memeliharanya di rumah, jangan sampai pilih tanaman. Berikut ciri-ciri tanaman hias bambu air :

  1. Bentuk yang kecil dibandingkan dengan tanaman bambu lainnya.
  2. Tinggi hanya sampai sekitar 3 meter saja.
  3. Batang yang berdiameter sangat kecil dan berwarna hijau segar.
  4. Pada rongga batangnya terdapat daun yang keluar di antara sendi-sendi seperti berbentuk cincin coklat.

Langkah-langkah menanam tanaman hias bambu air

ciri-ciri tanaman hias bambu air

agungindahtaman.blogspot.com

Tanaman hias bambu air sebenarnya dalam penanaman dan perawatannya terbilang mudah namun harus dengan cara yang benar dan tepat. Penanaman tanaman hias bambu air bisa diterapkan dalam 3 media yaitu media air, tanah dan pot.

Media air

  • Gunakanlah pot dengan tidak memiliki lubang berukuran sekitar ukuran 5 sampai 8 centimeter yang jauh lebih besar dibandingkan batang tanaman hias bambu air.
  • Pada bagian dasar pot tambahkan beberapa batu kecil atau kerikil.
  • Disela-sela bagian batu kecil atau kerikil tersebut tancapkan batang tanaman bambu air yang sudah dipilih.
  • Masukan air ke dalam pot sekitar 2,5 sampai 3 centimer dari batu kecil atau kerikil yang telah dimasukan ke dalam dasar pot.
  • Sudah selesai, tinggal dilakukan perawatan dengan telaten.

Media Tanah

  • Bersihkan dahulu tempat yang akan digunakan untuk menanam tanaman bambu air.
  • Campurkan pupuk kandang sampai merata untuk pengemburan tanah.
  • Galilah lubang untuk menanam dengan kedalam sekitar 20 sampai 30 centimer dengan panjang sesuai selera kamu.
  • Pilihlah tanaman yang sehat untuk ditanam nantinya.
  • Tanam batang tanaman hias bambu air yang sudah dipilih ke dalam lubang yang telah digali sebelumnya dan timbun dengan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kandang.
  • Selanjutnya lakukan perawatan dengan baik dan benar.

Media Pot atau Polybag

  • Sediakan pot atau polybag dengan ukuran sesuai seleramu.
  • Masukan tanah yang sudah digemburkan dengan campuran pupuk kandang yang merata ke dalam pot atau polybag.
  • Jika pot atau polybag yang digunakan belum memiliki lubang untuk drainase air. Maka buatlah lubang dalam pot atau polybag tersebut.
  • Buatlah lubang untuk ditanam tanaman hias bambu air sedalam 20 sampai 30 sentimeter tergantung panjang batang dan akar.
  • Masukan ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat dan timbun dengan tanah yang sudah dicampurkan pupuk kandang.
  • Kemudian lakukan pemeliharaan dengan baik dan tepat.

Perawatan Tanaman Hias Bambu Air

Cara perawatan tanaman hias bambu air

seputarpendidikan.com

Perawatan tanaman hias bambu air tidaklah sulit. Namun jika dilakukan dengan cara yang tidak benar, maka hasilnya akan diluar dugaanmu.  Berikut perawatan tanaman hias bambu air, antara lain :

  • Lakukan pencegahan penyakit dan hama agar tidak menyerang tanaman hias kesayanganmu.
  • Berikan pupuk agar kesuburan media tanam meningkat dan pertumbuhan tanaman menjadi maksimal.
  • Menjaga kebersihan media tanam agar terhindar dari tanaman penganggu atau gulma.
  • Jaga selalu media tanam agar tidak kekeringan karena tanaman hias bambu di habitat aslinya hidup di tanah yang basah. Jadi kamu harus menjaga kadar air pada media tanam dengan baik.

Manfaat Tanaman Hias Bambu Air

tanaman hias bambu air

kebuntropisku.blogpsot.com

Selain memiliki keindahan untuk dipandang mata, tanaman hias bambu air pun memiliki manfaat lainnya. Tidak hanya keindahan saja yang akan kamu dapatkan jika kamu menanam tanaman hias bambu air. Namun kamu akan dapat banyak manfaat darinya. Beberapa manfaat tanaman hias bambu air yaitu :

1. Sebagai Pembersih Kolam

Jika kamu sedang menentukan konsep kolam untuk rumah minimalis. Tanaman bambu air sangat cocok untuk dijadikan tanaman di kolam. Selain dapat menambah keindahan kolam. Tanaman bambu air pun bisa menjadi sebagai pembersih. Sehingga kolam kesayangan anda akan lebih terjaga.

2. Sebagai Pembawa Hoki

Konon katanya tanaman bambu air bisa menarik kemakmuran dan kebahagiaan. Dan juga dapat membawa keberuntungan serta melindungi penghuni rumah dari energi yang negatif. Sehingga untuk sebagian etnis percaya tanaman ini adalah pembawa hoki. Tapi untuk kamu yang tidak percaya mitos ini, sebaiknya jangan tanam tanaman ini.

3. Sebagai Penenang Jiwa

Bagi kamu yang sering merasakan penat dalam pekerjaan atau kehidupan yang cenderung monoton. Mungkin kamu bisa menanam tanaman bambu air. Karena biasanya tanaman ini diletakan dalam pot yang berisi air sehingga dapat mengurangi energi stress dan kesepian serta meningkatkan pertumbuhan spiritual.

Tips menanam dan merawat tanaman hias bambu air

Tips merawat tanaman hias bambu air

pinterest.com

Tanaman bambu air itu dikenal sebagai tanaman yang sangat menyukai media tanam dengan lembab. Jika kekurangan air tanaman akan tampak kekuningan dan pada akhirnya akan mati. Jika kamu ingin tahu tips dalam menanam dan perawatan tanamn hias bambu air agar tumbuh subu. Berikut tips-tipsnya :

1. Tempatkan tanaman hias bambu air di tempat yang mendapatkan sinar matahari

Seperti tanaman hias lainnya, tanaman bambu air memiliki tingkat fotosintesisi yang tinggi. Sehingga membutuhkan sinar matahari langsung agar bisa tumbuh dengan baik. Jangan di tanam di tempat memiliki kelembaban yang tinggi dan berhawa dingin sebab dapat menyebabkan akarnya busuk.

2. Lumpur sawah merupakan media tanam yang ideal untuk tanaman hias bambu air

Tanah biasa yang telah direndam air memiliki struktur yang berbeda. Tanaman bambu air yang ditanam dengan menggunakan lumpur sawah terlihat subur daripada menggunakan media tanah biasa. Jadi tanaman bambu air sebaiknya menggunakan media tanam dari lumpur sawah agar bisa tumbuh dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai tanaman hias bambu air yang memiliki banyak manfaat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Leave a Reply