10 Tempat Wisata Di Banten yang Membuat Penasaran Para Wisatawan

Tempat Wisata Di Banten – Pada saat pemerintahan Presiden Aburrahman Wahid atau biasa disebut dengan sebutan Gus Dur. Sekitar tahun 2000 Gus Dur melakukan pemekaran daerah. Sehingga Provinsi Banten memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat. Pada saat itu Provinsi Banten termasuk bagian dari Provinsi Jawa Barat. Dan pada akhirnya Provinsi Banten bisa berdiri sendiri.

Terlepas dari sejarah itu, Provinis Banten sebenarnya memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan. Mulai dari air terjun, pegunungan, perkampungan yang bisa dibilang masih asri, pemandian dan lain sebagainya. Maka sudah sepantasnya Provinsi Banten menjadi salah satu destinasi wisata. Buat kamu yang sudah penasaran apa saja sih wisata yang ada di Banten itu. Berikut tempat wisata di Banten yang bisa membuat rasa penasaranmu hilang .

1. Pulau Umang, Pulau yang Menyajikan Suasana Pantai yang Asri

era-wisata.blogspot.com

Pulau Umang merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Banten yang menawarkan keindahan alam. Lokasi wisata ini terbilang masih cukup dekat dengan Ibukota Jakarta. Tepatnya berada di Kabupaten Pandeglang Kecamatan Sumur. Letaknya pun tidak jauh dari lokasi wisata Ujung Kulon. Luas wilayah yang bisa dibilang kecil yaitu sekitar 5 Hektar ini menyimpan potensi wisata cukup besar. Dengan menyajikan suasana pantai yang asri. Sehingga, bagi kamu yang ingin menenangkan diri dari penatnya pekerjaan, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi.

Rute yang bisa kamu tempuh untuk bisa mencapai Pulau Umang yaitu bisa melalui jalur tol Jakarta-Merak. Setelah itu keluar tol melalui pintu tol Cilegon Barat. Selanjutnya kamu harus menyisir Anyer-Carita sampai tiba di Labuan dan menyusuri jalan menuju Desa Sumur.

Setelah tiba, kamu harus menuju loket penyebarangan untuk bisa sampai di Pulau Umang. Lokasi loketnya sekitar 1 KM dari pinggir Pantai Sumur. Kamu pun harus merogoh uang sekitar Rp. 100.000/orang untuk menyewa speed boat.

Berikut beberapa foto keindahan Pulau Umang :

wisataterbatu.com

emilynomous.com

fara1472.com

2. Pantai Tanjung Lesung, Spot Terbaik untuk Bisa Melihat Sunset

indonesiajelajah.com

Konon kabarnya di Pantai Tanjung Lesung terdapat salah satu spot terbaik untuk bisa melihat matahari tenggelam ( sunset ). Di sana terdapat spot sunset dimana matahari akan tenggelam di balik anak Gunung Krakatau, bukankah akan terlihat indah. Selain itu banyak juga kegiatan-kegiatan yang dapat kamu lakukan disana, seperti olahraga air, snorkling, menyelam, menonton seni bela diri debus yang khas dari daerah Banten dan masih banyak lagi.

Namun, untuk bisa menikmati wisata di Pantai Tanjung Lesung, kamu harus bisa bersabar dahulu. Kenapa ? karena perjalanan menuju kesana itu bisa dibilang cukup melelahkan. Lokasi pantai ini sekitar 160 kilometer dari Jakarta. Dan waktu yang bisa kamu tempuh kurang lebih 3 jam.

Ada beberapa jalur yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai disana :

  1. Melalui tol Jakarta-Merak, dan keluar melalui pintu tol Serang Timur. Selanjutnya kamu harus melanjutkan perjalanan ke arah Pandeglang, Labuan dan lanjut hingga ke Pantai Tanjung Lesung.
  2. Alternatif jalur kedua melalui jalur kawasan Pantai Anyer, Pantai Carita, dan terus sampai objek wisata Pantai Tanjung Lesung.
  3. Alternatif jalur ketiga yaitu melalui Pantai Selatan, Pelabuhan Ratu, lanjut hingga sampai ke Pantai Tanjung Lesung. Tapi, alternatif jalur ketiga ini tidak disarankan. Kenapa ? karena jalur yang akan kamu lalui kondisinya kurang bagus dan bisa jadi akan membutuhkan waktu yang lain, sekitar kurang lebih 7 jam perjalanan.

Perjalanan yang melelahkan menuju tempat wisata Pantai Tanjung Lesung, mungkin akan membuat kamu memikirkan ulang untuk berlibur kesana. Namun, tenang saja, untuk kamu yang merasakan kelelahan dalam perjalanan. Di Pantai Tanjung Lesung memiliki berbagai fasilitas penginapan. Mulai dari home stay, losmen sampai hotel sudah tersedia di sana. Sehingga untuk kamu yang ingin berlama-lama, bisa menginap disalah satu penginapan yang sudah tersedia.

Berikut beberapa foto keindahan Pantai Tanjung Lesung :

gogreenbella.files.wordpress.com

tempat wisata di banten

dirjaphotography.blogpsot.com

fastforword.files.wordpress.com

3. Pantai Sawarna, Pantai Dengan Bermacam Rasa

fardibestari.blogspot.com

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Pantai Sawarna. Destinasi wisata yang sudah cukup populer dikalangan para pelancong. Bahkan, wisatawannya pun sudah banyak dari luar pulau Jawa. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Pantai ini memiliki pesona yang luar biasa, tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Bagi kamu suka berfoto, di Pantai Sawarna merupakan salah satu spot foto yang cukup keren. Apalagi diujung pantainya terdapat batu-batu karang yang membuat foto kamu akan lebih terlihat oke.

Namun, untuk bisa sampai ke Pantai Sawarna kamu harus melakukan perjuangan terlebih dahulu. Dikarenakan tempat ini belum terkelola. Tapi perjuanganmu akan terbayarkan dengan keindahan yang diberikan oleh Pantai Sawarna.

Perjalanan yang harus kamu lalui untuk bisa sampai ke Pantai Sawarna bisa melalui jalur pelabuhan ratu atau jalur Serang & Pandeglang. Jarak yang akan kamu tempuh jika dari Jakarta sekitar 270 KM. Dan waktu yang kamu tempuh kurang lebih 7 jam. Sekedar saran, gunakanlah mobil yang sanggup melewati medan yang berat karena jalan yang dilalui cukup sulit. Dan bawalah uang tunai, karena jarak ATM dan pom bensin itu cukup jauh.

Berikut beberapa foto indahnya Pantai Sawarna :

indonesiaexplorer.net

ilhamfauzan.files.wordpress.com

http://www.wisataku.id/

4. Taman Nasional Ujung Kulon, Wilayah Konservasi Dengan Berbagai Potensi Yang Ada

rhino.org

Luas wilayah dari Taman Nasional Ujun Kulon ini adalah  122.956 Ha. Dengan wilayah yang cukup luas, membuat Taman Nasional ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk bisa melakukan penjelajahan. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di kecamatan Sumur dan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Taman yang menjadi habitat bagi badak jawa ini ditetapkan sebagai Natural World Heritage Site oleh UNESCO, pada tahun 1 Februari 1992. Banyak yang kamu lakukan disana yaitu menyusuri Desa Nelayan Cibanua, melihat indahnya Curug Cipaniis, menikmati air dari sumber pemandian air panas Cibuk serta mengunjungi tempat satwa endemik yaitu berada di Curug Cikacang sebagai tempat wild life viewing Owa Jawa. Dan kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau kecil yang berada di Semenanjung Ujun Kulon.

Info yang kami dapatkan dari situs resmi Taman Nasional Ujung Kulon, untuk tiket masuk itu beragam mulai dari Rp. 2.500 sampai Rp. 25.000. Namun, untuk keperluan komersil, tarif akan lebih mahal sesuai yang dicantumkan di situs tersebut.  Untuk lebih lengkapnya bisa lihat di info biaya tiket pengunjung .

Berikut beberapa foto Taman Nasional Ujung Kulon :

www.mediatraveler.com

wiediesta.files.wordpress.com

aalphotography.blogspot.co.id

5. Cagar Alam Pulau Dua, Wisata Alam Dengan Burung Yang Beterbangan Bebas

pegipegi.com

Selain Taman Nasional Ujung Kulon yang telah menjadi kawasan yang dilindungi sebagai lahan konservasi badak bercula satu. Provinsi Banten menyimpan tempat yang luar biasa lainnya dan juga sebagai habitat burung-burung air berkembang biak yaitu Cagar Alam Pulau Dua.

Lokasi ini terletak sekitar kurang lebih 10 KM dari Pelabuhan Karang Hantu. Dan kurang lebih berjarak 5 KM dari Kota Serang. Sebenarnya pulau ini sudah mulai pengikisan sehingga sebelah selatan pulau ini mengalami terjadi pelumpuran. Dan hal yang sama pun terjadi di sebelah Utara pulau ini yaitu terjadinya pengikisan pulau, akan tetapi kondisi alam dan perairannya itu masih cukup baik untuk para burung air dalam perkembang biakannya.

Cagar Pulau Dua Burung sendiri bisa dibilang menjadi surganya para burung air. Karena banyak sekali burung-burung yang berkembang biak di sana. Pada waktu-waktu tertentu kamu akan bisa melihat seperti ada perkawinan massal di Pulau Dua Burung ini.

Maka untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata di Banten yang ingin menyajikan satwa-satwa liar hidup bebas, Cagar Pulau Dua Burung merupakan salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjugi.

Berikut foto-foto Cagar Alam Pulau Dua :

hipwee.com

ecodien.files.wordpress.com

wisatajawa.com

6. Rawa Danau, Wisata Rawa di Atas Danau

http://blog.reservasi.com

Selanjutnya tempat wisata di Banten yang kamu harus kunjungi  adalah Rawa Danau yang biasa disebut dengan Rawa Dano ini terletak sekitar kurang lebih 101 KM dari Kota Jakarta. Objek wisata yang didominasi oleh rawa-rawa dengan sebuah danau. Sebelumnya tempat ini adalah kapundan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Namun, dengan seiring waktu tempat tersebut menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau.

Objek wisata yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Serang sebagai objek wisata cagar alam. Dengan luas wilayah kurang lebih 2.500 Ha, berbagai aneka satwa liar menjadikan Rawa Dano sebagai tempat tinggalnya. Banyaknya pepohonan yang rimbun sehingga tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat perkembang biaknya berbagai sawa liar.

Pemandangan hijaunya Rawa Danau dan kabut disore harinya menjadi daya tarik Objek Wisata Cagar Alam ini. Apalagi kamu melihat pemandangan itu dari danau di pegunungan atau kaki bukit akan membuat pemandangan yang kamu lihat lebih istimewa. Di sana tersedia kursi-kursi untuk kamu jadikan tempat istirahat sementara sembari melihat pemandangan Rawa Danau. Jika kamu ingin berlama-lama, tidak usah khawatir karena di objek wisata tersebut terdapat villa-villa untuk dijadikan tempat tinggal sementara.

Berikut video objek wisata Rawa Danau

7. Kota Kuno Banten Lama, Wisata Sejarah Kerajaan Banten

tiptrus.com

Letak objek wisata ini bisa dibilang terlalu jauh. Waktu tempuh untuk bisa sampai kesana itu sekitar 2 jam perjalanan dari Ibukota Jakarta. Kota Kuno Banten atau bisa juga disebut Banten Lama sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Di tempat ini kamu dapat melihat beberapa situs peninggalan dari Kerajaan Banten seperti Meriam Ki Amuk, Benteng Spellwijk, Pelabuhan Karang Hantu, Istana Surosoan, Masjid Agung Banten, Istana Kaibon, Danau Tasikardi, Vihara Avalokitesvara. Sehingga kamu bisa berwisata sekaligus mengenal sejarah Kerajaan Banten.

Namun, tempat ini masih dibilang kurang terawat. Banyak situs-situs sudah rusak karena sudah padatnya pemukiman penduduk, banyaknya orang berjualan dan sering juga untuk lapangan sepak bola. Tapi, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Banten yang penuh dengan sejarah. Tempat ini bisa kamu jadi salah satu destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Berikut foto-foto wisata Kota Kuno Banten Lama :

winnyradc.files.wordpress.com

simalesmandi.files.wordpress.com

www.indonesiakaya.com

8. Wisata Kampung Suku Baduy, Wisata Budaya Dengan Menyajikan Perkampungan Yang Asri

wisataloe.blogspot.com

Indonesia merupakan negara yang terkenal berbagai budaya, suku dan bahasa. Salah satu provinsi yang kaya atas suku dan budaya adalah Provinsi Banten. Kamu tahu bela diri debus ? seni bela diri yang mempertontonkan ilmu kekebalan tubuh. Seni bela tersebut bisa dibilang khas daerah banten. Maka sering ada guyonan jika ingin memperlihatkan ketangguhannya dengan berkata ” Kenalini gua nih, gua udah lama berguru di Banten , berani ? “ .

Salah satu suku yang sering kita dengar selalu menyatu dengan alam dan hidup sederhana berada di Kabupaten Lebak Banten yaitu Suku Baduy. Suku yang terkenal untuk memegang teguh adat istiadat yang ada ini, akhirnya dijadikan objek wisata. Mungkin karena banyak wisatawan yang tertarik dengan kehidupan dan budaya dari Suku Baduy tersebut.

Kampung Wisata Suku Baduy terletak sekitar 40 Kilometer dari Kota Rangkas Bitung. Tepatnya di Desa Cibeo Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Kampung Wisata Suku Baduy menyajikan wisata budaya dan sekaligus wisata alam. Kamu akan bisa menikmati kehidupan Suku Baduy yang hidup sederhana dan jauh dari teknologi. Kamu pun akan disajikan keindahan alam yang masih asri.

Suku Baduy terbagi menjadi 2 yaitu Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Perbedaannya adalah Suku Baduy Dalam itu lebih kental adat istiadat yang ada. Namun, untuk Suku Baduy Luar sudah mulai terpengaruh oleh budaya luar. Bagi kamu yang ingin berwisata kemari, kamu harus siap untuk meninggalkan segala gadget ataupun kendaran. Bahkan sampai sabun pun tidak boleh dibawa. Karena akan merusak alam yang sudah dijaga oleh Suku Baduy.

Untuk bisa sampai ke Kampung Wisata Suku Baduy. Kamu bisa menggunakan kereta atau angkutan umum seperti bus menuju Rangkas Bitung. Jika kamu ingin menggunakan kendara pribadi pun bisa. Setelah sampai Rangkas Bitung, lanjut menuju Cibolger. Kemudian jika sudah sampai Ciboleger kamu harus meninggalkan kendaraanmu dan berjalan kaki menuju Kampung Wisata Suku Baduy. Sebelumnya kamu harus mencari pemandu untuk bisa memandu agar tidak melanggar adat istiadat yang ada.

blog.reservasi.com

more-story.blogpsot.com

slideshare.com

9. Pulau Tunda, Pulau Dengan Nama Sarat History

youtube.com

Pulau Tunda terletak di Laut Jawa, tepatnya di sebelah Utara Provinsi Banten. Luas pulau ini kurang lebih 300 hektar. Secara administrasi Pulau Tunda masih dalam wilayah administarai Kabupaten Serang. Tidak seperti pulau kecil lainnya yang tidak berpenghuni. Pulau ini dihuni oleh warga desa Wargasara.

Dibalik penamaan pulau tunda terdapat sebuah history. Nama pulau ini tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Banten. Konon katanya Sultan Hasanudin pernah singgah di pulau ini untuk selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Cirebon. Namun pada saat itu cuaca tidak bersahabat, sehingga perjalanan itu harus ditunda. Dan pulau ini diberi nama Pulau Tunda.

Pemandangan bawah laut yang indah menjadi daya tarik para wisatawan untuk melancong ke pulau ini. Terkadang jika beruntung kamu akan bisa melihat lumba-lumba muncul ke atas permukaan laut. Tempat ini pun mempunyai spot-spot yang menarik untuk memancing, diving dan snorkling serta pemandangan sunrise dan sunset yang dapat memanjakan mata.

Namun, jika kamu berwisata ke pulau ini, jangan heran jika tidak ada pedagang-pedagang yang biasa berjualan. Karena tempat tidak didesain untuk objek wisata. Dan untuk bisa berwisata ke sini kamu harus merogoh kantong cukup dalam. Tapi jika kamu berwisata dengan rombongan mungkin akan lebih meringankan budget. Ada beberapa paket wisata ke Pulau Tunda yang bisa kamu ambil. Minimal rombogan biasanya 10 orang. Biasanya biaya yang kamu harus sediakan sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 50.000 per orang.

Berikut beberapa foto keindahan Pulau Tunda :

triptrus.com

thenomaddict.files.wordpress.com

jalan2-terus.blogpsot.com

10. Wisata Gunung Krakatau, Dibalik Namanya Yang Mengerikan,Tersembunyi Keindahan Yang Mempesona

raunraunyuk.blogspot.com

Ada satu lagi wisata alam yang harus kamu kunjungi yaitu wisata Gunung Krakatau. Letak Gunung Krakatau itu terletak di perbatasan pulau Jawa dan Sumatera yaitu di Selat Sunda. Mungkin jika kita mendengar kata Gunung Krakatau, dibenak kita akan melintas berita tentang letusan Gunung Krakatau yang bisa dibilang mengguncangkan dunia.

Bahkan saat itu debu akibat letusan Gunung Krakatau bisa terlihat sampai negara Norwegia dan New York. Dan letusannya menyebabkan Tsunami dengan ketinggian 40 meter dan memporak-porandakan daerah sekitar Gunung Krakatau.

Walapun Gunung Krakatau terlihat seram, namun memiliki potensi wisata alam yang cukup besar. Pesona laut biru yang disajikannya menjadi daya tarik Wisata Gunung Krakatau. Kamu dapat menikmati air lautnya yang jernih. Snorkling dan diving bisa menjadi pilihanmu untuk  kegiatan yang bisa kamu habiskan di sana. Karena keindahan bawah laut di Gunung Krakatau masih terjaga.

Untuk bisa berwisata ke Gunung Krakatau, kamu bisa menempuh 2 cara yaitu pertama dengan menuju Lampung terlebih dahulu dan cara kedua adalah dengan menempuh perjalanan melalui Pantai Anyer atau Pantai Carita dengan menggunakan speed boat.

Berikut beberapa foto indahnya wisata Gunung Krakatau :

paketwisatamurah.net

suarabanten.com

bantenwisata.com

Itulah tempat wisata di Banten yang bisa kamu jadikan salah satu destinasi wisata yang kamu harus kunjungi agar rasa penasaranmu hilang.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Yuk dishare ke teman atau keluargamu agar mereka tahu dan bisa berlibur bersama. 😀

Leave a Reply