7 Peluang Usaha Sampingan Pelajar SMP yang Patut Kamu Coba

Usaha Sampingan Pelajar SMP – Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa sukses di usia muda. Salah satunya adalah dengan membangun sebuah usaha di usia muda. Pada umumnya seorang pelajar itu enggan untuk memiliki sebuah usaha. Alasannya pun beragam. Ada yang bilang, kalau masa remaja merupakan masa untuk bersenang-senang.

Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun ada baiknya dibatasi. Jadi jangan terlalu berlebihan untuk bermain. Karena kamu harus juga memikirkan masa depanmu kelak.

Dan mungkin ada pelajar yang kekurangan biaya untuk membiayai sekolahnya. Bahkan ingin jajan pun susah rasanya. Mungkin artikel 7 peluang usaha sampingan pelajar SMP ini bisa membantumu untuk bisa menemukan jalan keluar disetiap permasalahanmu.

Berikut peluang usaha sampingan yang cocok untuk pelajar yang patut kamu coba.

1. Menjual Jasa Secara Online Cocok Untuk Menjadi Usaha Sampingan Pelajar SMP

kerja yang cocok untuk anak smp

satujam.com

Mungkin kamu memiliki bakat terpendam atau kamu memiliki keterampilan yang baik di salah satu bidang tertentu. Contohnya desain grafis. Coba kamu jajakan keahlianmu kepada banyak orang.

Dan salah satu media yang patut kamu coba dan memiliki prospek yang bagus sebagai media promosi yaitu internet. Saat ini teknlogi smartphone itu sudah merajalela. Sehingga kebutuhan internet pun semakin hari semakin tinggi.

Maka dari itu, banyak orang yang mencari sesuatu langsung membuka internet. Mungkin ketika kamu jajakan keahlianmu di bidang desain grafis. Ada yang berminat untuk dibuatkan logo. Kamu bisa buat kesepakatan waktu dengan pelangganmu agar tidak menganggu waktu belajarmu. Fleksibelkan?.

Sama halnya kamu yang punya keterampilan di bidang menulis, photography dan lain sebagainya. Kamu bisa tawarkan keahlianmu di media soasial. Karena media itu sangat mudah untuk dijadikan media promosimu.

2. Usaha Sampingan Pelajar SMP Sebagai Penjual Makanan Ringan

bisnis anak sekolah tanpa modal

hipwee.com

Menjajakan makanan itu bisa meningkatkan mentalmu loh. Berjualan makanan ringan di lingkungan sekolah merupakan usaha yang mudah dijalankan. Mental yang akan terlatih di usia muda akan membantumu terjun ke dunia bisnis.

Usaha sampingan ini juga termasuk dalam bisnis anak sekolah tanpa modal. Kok bisa? Jika kamu belum punya modal untuk membuat makanan. Kamu bisa menjajakan makanan orang lain. Sebelumnya kamu harus membuat kesepakatan dahulu dengan si pembuat makanan tersebut untuk melebihkan harga sebagai jasa menjualkan makanannya.

Kamu bisa memilih makanan yang sering dimakan oleh temanmu atau yang banyak orang sukai. Contohnya cilok, nasi bungkus, kripik singkong dan lainnya. Dan bisa juga kamu lihat, makanan apa yang belum ada di kantinmu.

3. Menjadi Seorang Blogger Salah Satu Usaha Sampingan yang Mudah Untuk Pelajar SMP

bisnis pelajar tanpa modal

bloggerpurworejo.org

Banyak yang berpikir untuk menjadi seorang blogger itu sulit. Sebenarnya bukan hanya orang dewasa saja yang bisa menjadi blogger. Seorang pelajar pun bisa menjadi seorang blogger.

Mungkin pada umumnya pelajar tidak tahu aktivitas ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Sehingga tidak banyak pelajar yang terjun dalam bidang ini. Kamu sebagai pelajar yang belum punya uang sendiri ada baiknya manfaatkan blog gratisan salah satunya yaitu Blogger.com.

Sekarang kamu  bisa memulai membuat akun blogger dan isilah blogmu dengan artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Saran saya pilihlah niche blog yang kamu sukai atau bahkan yang menjadi hobimu. Karena menulis berdasarkan hobi itu lebih mengasyikan. Sehingga ketika menulis kamu tidak merasa terpaksa.

Dari mana ngeblog bisa menghasilkan uang? Jika trafik blogmu sudah banyak kamu bisa mendaftarkan blogmu ke periklanan PPC misalkan Chitika, Google Adsense dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menyediakan slot space iklan untuk mereka yang ingin memasang iklan di blogmu.

4. Usaha Sampingan Pelajar SMP Sebagai Penjual Aksesoris

rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

tokopedia.com

Pada umumnya para wanita sangat tertarik dengan berbagai hal yang bagus dan menarik. Sama halnya dengan pelajar SMP, khususnya kaum perempuan. Tawarkan berbagai aksesoris yang biasa diincar oleh para wanita.

Beberapa aksesoris yang sering dipakai oleh para pelajar perempuan seperti gantungan kontak motor, kalung, gelang, bros, cincin dan lain sebagainya.

Saran saya, jangan bawa semua barang daganganmu ke sekolah. Namun bawalah beberapa saja sebagai sampel untuk teman-temanmu. Dan buatlah katalog produk yang kamu jual. Dengan cara seperti itu akan memudahkan temanmu untuk memesan aksesoris kepadamu.

5.  Berjualan Pulsa Usaha Sampingan yang Sangat Bagus Untuk Pelajar SMP

bisnis online untuk anak sekolah

bedahtekno.com

Banyak usaha pelajar untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah sebagai penjual pulsa. Berjualan pulsa dengan sistem elektrik merupakan usaha yang cocok untuk seorang pelajar.

Pada saat ini hampir semua orang mempunyai smartphone. Peningkatan smartphone pun diiringi dengan kebutuhan pulsa. Sehingga pulsa saat ini menjadi kebutuhan semua orang.

Teman-teman sekolahmu pasti mempunyai smartphone. Dan biasanya mereka akan memilih sesuatu hal yang lebih praktis. Jika kamu berjualan pulsa. Maka temanmu akan lebih memilih membeli pulsa kepadamu dibandingkan harus berjalan jauh keluar untuk membeli pulsa.

Salah satu kelebihan yang kamu akan dapatkan ketika kamu berjualan pulsa elektrik yaitu lebih simpel. Karena kamu tidak perlu repot untuk membawa barang ke sekolah. Kamu hanya tinggal membawa ponsel milikmu saja.

Modal yang diperlukan untuk jualan pulsa pun relatif murah. Sekitar Rp. 100.000 – Rp. 500.000, kamu sudah bisa menawarkan jasamu ke teman-teman.

6. Usaha Sampingan Pelajar SMP Sebagai Pembudidaya Tanaman

usaha sampingan pelajar SMP

mitalom.com

Bagi kamu yang hobi menanam sesuatu. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk kamu. Budidaya tanaman merupakan pekerjaan yang cocok untuk anak SMP. Kenapa? Karena budidaya tanaman itu tidak terlalu banyak memakan waktumu. Sehingga tugas utama sebagai pelajar tidak terganggu.

Bunga mawar, bunga kamboja, buah mangga dan buah rambutan merupakan beberapa tanaman yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Dan tanaman-tanaman tersebut sering terjual laris.

Setelah tanaman yang kamu tanam sudah bisa dipanen. Kamu bisa menjualnya di pasar atau tempat lainnya.

7. Menjadi Dropshipper dan Reseller Merupakan Usaha Sampingan Pelajar SMP yang Memiliki Prospek Tinggi

usaha sampingan pelajar smp

teropongbisnis.com

Salah satu bisnis online untuk anak sekolah ini sudah mulai marak dijadikan usaha sampingan oleh para pelajar. Karena usaha sampingan ini tidak terlalu sulit. Sehingga banyak yang sudah terjun di bidang ini.

Dropshipper yaitu seseorang yang mempromosikan produk orang lain tanpa harus memiliki produk tersesbut. Jika ada seorang yang membeli produk yang kamu jual. Kamu tinggal memberikan data konsumenmu ke pihak supplier.

Dan selanjutnya pembeli mentransfer uangnya sekaligus ongkir kepada kamu. Uang yang sudah kamu terima selanjutnya ditransfer ke supplier agar barangnya segera diproses kirim. Dan pihak supplier akan mengirim barangnya mengatasnamakan kamu.

Sedangkan reseller yaitu membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak kepada supplier. Namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga aslinya. Sehingga reseller bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sistem ini mirip seperti jualan secara grosir.

Saran saya, baiknya kamu menjadi dropshipper terlebih dahulu untuk tes pasar sekaligus menambah costumer. Dan selanjutnya ketika kamu sudah punya uang dan pasar produk yang kamu pasarkan cukup bagus. Kamu bisa menjadi reseller untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan semoga untuk kamu yang ingin mempunyai usaha di usia muda bisa menjadi pengusaha yang sukses kelak jika sudah dewasa. Terima kasih sudah membaca artikel ini. 🙂

 

One Response

  1. NLP JAKARTA

Leave a Reply