AC Inverter Terbaik : Cara Kerja, Perbedaan dengan Non Inverter

AC inverter merupakan varian pendingin ruangan yang memiliki berbagai teknologi canggih sehingga mampu bekerja secara lebih optimal tanpa harus menarik daya yang berlebihan. Keunggulan dari jenis AC ini adalah bisa menghemat biaya listrik bulanan Anda.

Saat ini AC merupakan salah satu produk elektronik yang wajib ada di rumah, apalagi bagi Anda yang tinggal di negara dengan iklim tropis. Berbagai varian AC terkadang membuat kebanyakan orang bingung memilihnya. Untuk itu kenali tipe AC sebelum memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu AC Inverter?

apa itu ac inverter

Bagi Anda yang masih awam tentu sering bertanya apa itu AC inverter? Teknologi ini memang terbilang cukup baru sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya.

AC inverter adalah AC dengan teknologi canggih yang menggunakan sistem kerja khusus yaitu dengan inverter listrik. Sistem kerja ini memungkinkan konsumsi listrik dalam jangka panjang akan lebih irit.

Teknologi terbaru ini membentuk rangkaian inverter dc to AC yang mampu bekerja secara stabil sehingga bisa mendinginkan ruangan dengan lebih cepat.

AC jenis ini juga jauh lebih efisien digunakan karena setelah suhu ruangan sudah mencapai tingkat kedinginan yang sesuai dengan pengaturan remote maka listrik yang akan digunakan semakin sedikit. Tipe ini sangat cocok untuk menjaga suhu ruangan tidur Anda tetap stabil.

Selain itu rangkaian inverter dc to AC juga biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti energy saving, strong cooler, plasmacluster dan lain sebagainya.

Berikut Cara Kerja AC Inverter

berikut cara kerja ac inverter

Cara kerja AC inverter berbeda dengan AC standar sehingga mampu mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Ketika AC inverter pertama kali dinyalakan, maka kompresor akan bekerja dengan kecepatan tinggi agar suhu ruangan bisa cepat dingin.

Setelah suhu ruangan sudah mulai mendekati suhu yang diatur, maka sistem kerja kompresor pun akan melambat. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan suhu dan menghemat energi yang digunakan.

Lalu jika AC inverter vs low watt mana yang lebih hemat? Jawabannya adalah AC inverter. Hal tersebut terjadi karena AC inverter dilengkapi dengan drive frekuensi variabel yang mampu menghubungkan inverter listrik untuk mengontrol kecepatan motor serta kompresor yang bekerja.

Dengan begitu listrik yang digunakan pun bisa lebih hemat sekitar 35%-50%. Fungsi inverter pada AC adalah membentuk sebuah rangkaian yang mampu mengubah arus listrik searah (DC) menjadi bolak balik (AC) pada frekuensi yang dibutuhkan. Sehingga penggunaan sumber listrik lebih hemat.

Perbedaan AC Inverter Dan Non Inverter

Saat ini banyak sekali tipe AC yang beredar di pasaran mulai dari yang standar, low watt hingga inverter. AC jenis inverter bisa dikatakan cukup baru dan mendukung teknologi terkini sehingga terkadang kebanyakan orang tidak memahami perbedaannya dengan AC non inverter.

Untuk bisa memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan, mari simak terlebih dahulu apa saja perbedaan AC inverter dan non inverter berikut ini.

READ  Manfaat Minyak Jarak dan Kegunaan Secara Lengkap

1. Lamanya waktu untuk mendinginkan ruangan

lamanya waktu untuk mendinginkan ruangan

AC non inverter memiliki waktu tunggu yang cukup standar untuk bisa mendinginkan ruangan. Sistem kerja AC jenis ini juga cukup standar, sehingga semakin lama Anda menghidupkannya maka ruangan pun akan semakin dingin.

Berbeda dengan tipe inverter yang menggunakan tarikan listrik yang besar diawal sehingga mampu mendinginkan ruangan hanya dalam beberapa menit saja.

2. Efisiensi listrik

efisiensi listrik

Untuk masalah efisiensi listrik, AC non inverter akan menggunakan daya sesuai dengan kapasitas watt. Sedangkan untuk jenis AC tipe inverter, efisiensi listrik akan berjalan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena sistem kerja dengan non inverter tentu saja berbeda.

Tipe inverter akan menarik listrik yang cukup besar diawal. Namun listrik akan diturunkan jika suhu ruangan sudah mencapai temperatur yang sudah diatur pada remote AC.

3. Harga

harga

Harga merupakan pertimbangan yang paling utama ketika Anda membeli AC. Jika Anda mencari AC dengan harga yang terjangkau, maka pilihlah AC non inverter. Jenis AC ini memiliki harga yang lebih tinggi karena dilengkapi berbagai fitur canggih.

4. Tarikan listrik awal

tarikan listrik awal

AC non inverter akan menarik daya awal sesuai dengan watt yang dibutuhkan. Sedangkan tipe inverter, akan menarik listrik yang cukup tinggi di awal namun akan berangsur turun jika suhu ruangan sudah dingin.

5. Fitur tambahan

fitur tambahan

Untuk menjaga kualitas serta kebersihan udara tentu Anda membutuhkan beberapa fitur tambahan seperti filter bakteri dan juga filter udara. AC non inverter memiliki fitur yang bisa dibilang cukup standar sehingga fitur tambahannya tidak terlalu lengkap.

Sedangkan tipe inverter bisa dikatakan sebagai jenis AC yang memiliki kasta tertinggi sehingga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang lengkap.

6. Freon yang digunakan

freon yang digunakan

AC non inverter menggunakan tipe freon R22/R32. Jenis ini menggunakan freon tipe R401. Harga freon yang digunakan oleh jenis inverter lebih mahal dibandingkan dengan AC non inverter.

7. Kecocokan untuk kamar tidur

kecocokan untuk kamar tidur (1)

Jenis inverter cocok digunakan untuk semua ruangan karena sistem kerjanya standar. Tipe inverter sangat cocok digunakan pada kamar tidur yang jarang dibuka tutup. Hal tersebut terjadi karena temperatur dalam kamar bisa dijaga dengan lebih konsisten.

Meskipun digunakan dalam waktu yang lama, penggunaan listrik akan tetap efisien dan kamar tidur akan tetap dingin dan nyaman.

Rekomendasi AC Inverter Terbaik

rekomendasi ac inverter terbaik

Setiap merek memiliki versi inverter yang berbeda-beda dan memiliki berbagai keunggulan masing-masing. Jika Anda masih bingung harus memilih tipe yang mana, berikut beberapa rekomendasinya.

1. AC LG T10EMV AC Inverter

ac lg t10emv ac inverter

AC inverter seri ini membutuhkan daya sekitar 920 watt untuk bisa beroperasi. Meskipun begitu, LG telah melengkapi produk inverternya dengan berbagai fitur canggih untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Tipe AC LG yang satu ini menggunakan lapisan emas di bagian kondensor sehingga bersifat anti karat dan mampu mencegah terjadinya korosi dengan lebih efektif. Hal tersebut berfungsi untuk membuat AC bisa awet dan tidak mudah rusak.

LG bahkan memberikan garansi untuk kompresornya hingga 10 tahun. Selain itu, tipe ini dilengkapi beberapa fitur sebagai berikut.

  • Comfort air

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan para kemiringan vane sesuai dengan keinginan sehingga hembusan udara yang keluar tidak akan mengenai Anda langsung.

  • Jet cool

Fitur ini memungkinkan kinerja AC bisa bekerja 30% lebih cepat untuk mendinginkan ruangan.

AC ini sangat nyaman digunakan karena suara yang dikeluarkan hanya sekitar 18 dB saja. Dengan begitu Anda bisa tetap tidur dengan tenang tanpa kebisingan.

  • Multiwatt option
READ  Contoh Sop Perusahaan, Pengertian, Cara Membuat, Beserta Contohnya

Fitur terbaru ini menghadirkan 4 pilihan daya yang bisa disesuaikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu Anda bisa mengatur sendiri pemakaian daya yang ingin digunakan.

2. LG Dual Cool Eco Inverter T06EV

lg dual cool eco inverter t06ev

Produk LG yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang mencari AC yang hemat daya dan berkualitas. Tipe AC ini bisa digunakan untuk berbagai macam ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Namun akan lebih cocok jika digunakan pada ruangan tidur atau ruangan yang sering digunakan untuk aktivitas anak-anak.

Hal tersebut terjadi karena AC ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mampu menyaring udara sehingga bersih dan nyaman untuk anak-anak. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa lebih nyaman saat beraktivitas di dalam ruangan.

Keunggulan LG Dual Cool Eco Inverter T06EV :

  • Konsumsi daya listrik pada AC bisa diatur.
  • Cocok digunakan pada ruangan apa saja.
  • Dilengkapi dengan fitur sterilization yang mampu menetralisir keadaan ruangan dari serangan virus maupun bakteri yang berbahaya.
  • Ramah lingkungan.
  • Mampu mendinginkan ruangan dengan lebih cepat karena memiliki fitur jet cool.
  • Tersedia fitur pengaturan waktu otomatis sehingga mampu diatur untuk mati dan menyala secara otomatis.
  • Ramah ruangan serta hemat energi karena terhadap fitur energy star.

3. Sharp AH-XP10SHY J-Tech Inverter Series

sharp ah xp10shy j tech inverter series

Sharp merupakan merk AC yang sudah terkenal dengan berbagai fitur serta kecanggihan produknya. Perusahaan AC asal Jepang ini melengkapi semua produknya dengan teknologi terbaru untuk memberikan kenyamanan yang maksimal untuk para pengguna.

AC ini bisa menghemat penggunaan listrik sebesar 60% sehingga tagihan listrik Anda bisa lebih hemat. Selain itu,  AC inverter ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain seperti di bawah ini.

  • Best sleep mode

Didesain dengan apik, AC ini akan menjamin kualitas kenyamanan tidur Anda secara lebih maksimal dan akan mengatur suhu ruangan secara otomatis.

  • JetStream

Fitur ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja AC sehingga mampu menghasilkan udara dingin hanya dalam 5 menit. Hembusan udara yang keluar akan menyatu dengan suhu ruangan dan membuatnya menjadi dingin.

  • Eco mode

Fitur ini dihadirkan untuk menjamin efisiensi dari penggunaan listrik ketika AC dinyalakan sehingga tidak menarik arus listrik yang lebih besar. Dengan begitu Anda juga bisa lebih berhemat.

  • Squall shield, voltage shield dan corrosion shield

Sharp menghadirkan fitur untuk memberikan perlindungan khusus terhadap AC agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Fitur ini mampu melindungi AC dari cuaca hujan maupun terik matahari sehingga tidak mudah berkarat.

Dengan begitu maka voltase AC bisa tetap stabil dan mampu beroperasi dengan lebih baik.

  • Plasmacluster

Fitur ini berfungsi untuk menyebarkan ion positif serta negatif guna membunuh virus, jamur, bakteri dan bau hingga bagian sudut ruangan.

4. Panasonic Deluxe Inverter CS-S10RKP

panasonic deluxe inverter cs s10rkp

Panasonic hadir dengan versi terbaru yang dilengkapi dengan fitur terbaik. AC ini memiliki kompresor yang mampu bekerja pada frekuensi maksimal ketika pertama kali dinyalakan.

Kompresor ini bekerja dengan teknologi pengendali minyak sehingga mampu bekerja dengan lebih kuat ketika AC dinyalakan. Bukan hanya itu, AC inverter Panasonic ini juga dilengkapi dengan fitur lain yaitu.

  • Aerowings

Fungsi fitur ini adalah mengalirkan udara ke daerah tertentu terlebih dahulu agar udara di ruangan bisa cepat dingin.

Fitur aerowings ini memungkinkan udara mengalir dari bagian atas untuk kemudian menyebar merata ke seluruh area ruangan.

Fitur ini dilengkapi dengan kisi ganda yang memudahkan pengguna untuk mengontrol arah sesuai dengan keinginan.

  • iAuto-X

Fitur ini mampu melakukan pendinginan 35% lebih cepat dibandingkan dengan model standar. AC ini dirancang dengan baik untuk mendukung pengoptimalan proses penghematan energi hingga 65%.

READ  Asal Usul Makhluk Hidup Menurut Teori Biologi

Seri inverter terbaru ini menggunakan casis model terbaru yang mampu menghasilkan volume yang lebih besar dalam waktu singkat. Sehingga suhu ruangan bisa dingin dengan lebih cepat.

5. AC Daikin Premium Inverter

ac daikin premium inverter

Produk inverter ini hadir sebagai pengganti seri high inverter yang terdahulu. Seri ini sudah terkenal dengan kepiawaiannya untuk menghemat listrik rumah agar bekerja secara lebih efisien.

Harga AC ini bisa dikatakan cukup tinggi, namun dilengkapi dengan berbagai keunggulan sebagai berikut.

  • Dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia sehingga menjauhkan hembusan angin dari badan langsung.
  • Ketika jumlah orang di dalam ruangan bertambah, maka suhu remote dinaikkan secara otomatis agar ruangan bisa tetap dingin.
  • Memiliki tingkat efisiensi penggunaan listrik yang hemat sehingga tagihan listrik Anda bisa lebih hemat.
  • Memiliki body yang menarik dan stylish. Dilengkapi dengan sirip coanda, memungkinkan hembusan angin dingin akan mengarah ke atas kemudian baru menyebar ke udara sekitar ruangan.
  • Dilengkapi dengan fitur untuk menjaga kelembaban ruangan agar tetap terjaga.
  • Terdapat fitur tambahan yang berfungsi untuk menyaring kotoran, partikel debu dan virus secara lebih maksimal sehingga kondisi ruangan bisa selalu bersih dan sehat.

6. AC Daikin Inverter Flash Freon R32 (FTKQ-SVM Series)

ac daikin inverter flash freon r32 (ftkq svm series)

Tipe inverter ini dihadirkan untuk mengganti keberadaan tipe deluxe. Selain itu, varian inverter terbaru ini juga disebut-sebut sebagai AC inverter murah dengan kualitas terbaik.

Harga serta kualitas yang ditawarkan oleh Daikin, membuat seri ini layak dipertimbangkan untuk menemani kesejukan rumah Anda secara lebih maksimal. Berikut keunggulan lainnya.

  • Tersedia kapasitas ½ PK hingga 2.5 PK.
  • Memiliki bentuk yang menawan sehingga cocok digunakan untuk segala ruangan.
  • Meskipun tidak memiliki fitur yang mencolok, namun AC ini mendukung penggunaan watt yang lebih hemat. Untuk ukuran ½ PK hanya membutuhkan 180 watt sedangkan 220 watt untuk ¾ PK.

7. AC Daikin Inverter Star

ac daikin inverter star

Sesuai dengan namanya, AC ini memiliki model khas yaitu berupa garis kurva yang terlihat seperti orang sedang tersenyum. Ciri inilah yang membuat seri ini sebelumnya terkenal dengan nama inverter smile.

Fitur yang dihadirkan oleh AC inverter Daikin ini juga dikatakan sangat lengkap sehingga tak heran jika termasuk dalam kategori AC inverter terbaik. AC ini memiliki keunggulan seperti :

  • Menggunakan jenis freon yang ramah lingkungan dan memiliki kemampuan menghasilkan udara dingin yang lebih cepat.
  • Dilengkapi dengan sirip tunggal dengan fitur cooling hingga hembusan angin tidak diarahkan langsung ke badan namun ke bagian atas ruangan. Dengan begitu udara bisa tersebar merata dengan lebih cepat.
  • Dilengkapi dengan sensor mata untuk mendeteksi banyaknya jumlah orang dalam satu ruangan.
  • Dilengkapi dengan mode low watt sehingga daya listrik yang dibutuhkan bisa lebih kecil.
  • Dilengkapi filter antibacterial.
  • Adanya fitur mold operation yang berfungsi untuk mengeringkan evaporator indoor agar tidak mudah berjamur.
  • AC ini sangat populer di pasaran karena memiliki harga yang lebih murah dan hemat daya.
  • Daikin inverter star memiliki remote sehingga suhu yang bisa yang bisa diatur hingga 16 derajat. Perpindahan suhu bisa dilakukan per 0.5 derajat. Tidak seperti AC lain yang menggunakan 1 derajat.
  • Humidity sensor yang berfungsi untuk menjaga kelembaban udara agar tetap baik dan terjamin.

Dengan mengetahui tentang pengertian serta perbedaan karakteristik AC tipe inverter dan AC non inverter, Anda bisa melakukan berbagai pertimbangan untuk bisa memilih jenis AC yang sesuai dengan kebutuhan. Service AC Cilacap menyediakan berbagai jenis varian AC yang Anda butuhkan.

AC Inverter Panasonic

Tinggalkan komentar