Hal-Hal Inilah Yang Menjadikan Anak Paskibra Itu Luar Biasa

Anak Paskibra – Kita tahu bahwa pada umumnya paskibra atau pasukan pengibar bendera merupakan salah satu ekstrakurikuler yang sering ada di sekolah-sekolah. Tugas utama dari paskibra adalah mengibarkan bendera merah putih dalam upacara-upacara yang diselanggarakan pihak sekolah. Anggota paskibra sendiri pun sering didominasi oleh para perempuan. Sehingga, jika ada pria yang menjadi anggota paskibra sering menjadi bahan bully para teman-temannya. Mungkin, meraka kira menjadi pasukan pengibar bendera itu gak keren.

Mereka yang telah men-judge bahwa menjadi anak paskibra itu gak oke merupakan sesuatu hal yang SALAH BESAR. Karena mereka tidak tahu bahwa sesungguhnya menjadi anggota paskibra itu sesuatu yang keren dan patut dibanggakan. Yah, untuk kamu yang menjadi anak paskibra, haruslah kamu berbangga menjadi salah satu keluarga besar pasukan pengibar bendera. Dan inilah hal-hal yang membuat kamu sebagai anak paskibra itu terlihat luar biasa :

COPY CODE SNIPPET

Terlebih Dahulu Kamu Harus Tahu Ciri-Ciri Anak Paskibra

lampost.co

Nah, sebelumnya bagi kamu yang belum mengetahui apa itu paskibra. Kamu harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri atau sikap dan sifat para anggota paskibra. Antara lain :

Memiliki Jiwa Kepimpinan

instagram.com

Seyogyanya anak paskibra itu dilatih untuk menjadi seorang pemimpin. Materi dan latihan yang sering diberikan pun tidak jauh dari sikap kepemimpinan, Seperti halnya seorang pemimpin pasukan atau biasa disebut dengan istilah danton itu haruslah mempunyai prinsip yang kuat dalam memberikan aba-aba kepada anggotanya. Coba bayangkan jika seorang danton mempunyai prinsip yang kurang kuat, atau bisa dikatakan ragu-ragu dalam membuat aba-aba, pasti pasukannya akan berantakan dan akan terlihat tidak kompak.

Sama halnya juga untuk para anggota pasukannya. Jika salah satu anggota memiliki sifat egois yang cukup tinggi dan mementingkan diri sendiri. Maka akan memberikan efek negatif kepada pleton ( pasukan ) . Contohnya jika ada seorang paskibra yang bermalas-malasan dalam latihan, dengan tidak memperdulikan teman-temannya yang sudah kelelahan.  Sehingga, ketika upacara atau perlombaan diselenggarakan hasilnya sangat mengecewakan dikarenakan anak paskibra yang malas tersebut melakukan kesalahan.

Maka dari itu kami  sebagai anak paskibra dilatih untuk bisa mengendalikan  atau memimpin diri agar kepentingan bersama lebih diprioritaskan dibanding kepentingan pribadi.

Memiliki Sifat Profesionalisme

wishnunewthron.blogspot.co.id

Yah, para anggota paskibra sering kali merelakan kepentingan pribadinya, misalkan tugas pekerjaan rumah yang belum diselesaikan, tidak bisa liburan, rela panas-panasan dan lain sebagainya. Seorang anak paskibra lebih mementingkan kepentingan bersama yaitu suksesnya acara ketika upacara atau perlombaan yang akan diselenggarakan daripada kepentingan pribadi. Sehingga, anak paskibra itu dilatih untuk memiliki sifat profesionalisme.

Memiliki Rasa Nasionalisme

majalahouch.com

Kamu harus tahu bahwasanya, para anak paskibra itu dituntut memiliki kecintaan terhadap tanah air. Sehingga, ketika pelantikan pun calon anggota paskibra mendapat muhasabah mengenai cinta tanah air. Dan ketika penaikan bendera dilakukan, hal yang sangat terlarang adalah jangan sampai bendera jatuh sampai menyentuh tanah. Jika itu terjadi maka satu pleton yang bertugas itu akan mendapatkan hukuman. Jadi tidak diragukan lagi, bahwa anak paskibra itu memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Fakta Anak Paskibra Yang Kamu Harus Tahu

megagatha.blogspot.co.id

Setelah kamu tahu sifat dan sikap para anggota paskibra. Kamu juga harus tahu tentang fakta-fakta meraka para pasukan pengibar bendera. Yaitu antara lain :

Kulit Yang Terlihat Hitam Sudah Tidak Diperdulikan Lagi

instagram.com

Bagi sebagian orang, kulit merupakan sesuatu yang penting karena untuk bisa menunjang penampilan. Tapi, tidak untuk anak paskibra. Kulit yang mulai terlihat hitam tidak menjadi masalah untuk mereka. Namun, yang lebih penting adalah bisa mengibarkan sang saka merah putih dengan maksimal.

Fisik Yang Kuat Karena Seringnya Latihan

ppitanatoraja.blogspot.com

Latihan yang rutin membuat para anggota paskibra mempunyai fisik yang kuat. Apalagi ketika salah satu anggota melakukan kesalahan, maka satu pasukan akan mendapatkan hukuman berupa skot jump, push up, lari mengelilingi lapangan dan lain sebagainya. Maka tak heran anak paskibra memiliki fisik yang kuat.

Bukan Hanya Fisik Yang Kuat Tapi Mental pun Kuat

instagram.com ( @paskibra20 )

Seringnya berlatih dihadapan umum menjadikan para pasukan pengibar bendera mempunyai mental yang kuat. Dan tahu kah kamu anak paskibra pun sering mendapatkan tekanan mental dari kakak senior yang bisa dibilang cukup galak-galak. Namun yang dilakukan kakak senior tentunya untuk kebaikan para juniornya.

Disiplin Tingkat Tinggi Yang Harus Dilakukan Oleh Seorang Paskibra

www.beritalima.com

Yah, seorang paskibra memang harus dituntut menjaga kedisiplinannya. Ketika latihan pun mereka harus bisa disiplin sesuai yang ditetapkan oleh pihak pengurus, seperti tidak boleh ada gerakan apapun ketika sudah dalam aba-aba seorang danton, makan harus bersama, jangan menyisakan makanan atau minuman dan lain sebagainya. Jika aturan itu dilanggar, maka akan mendapatkan hukuman.

Jika Beruntung Seorang Paskibra Dapat Membanggakan Orang Tua

dream.co.id

Kita tahu bahwa yang menjadi pusat perhatian ketika acara kemerdekaan Republik Indonesia adalah pengibaran sang saka merah putih di istana negara. Maka pasukan pengibar bendera bisa dibilang menjadi aktor utama di acara tersebut. Apalagi kamu menjadi seorang pembawa baki yang menjemput sang saka merah putih dari podium Presiden Republik Indonesia. Apakah orang tua tidak akan bangga melihat itu ? tentulah sangat bangga mempunyai anak yang bisa seperti itu.

Alasan Mereka Ingin Menjadi Anggota Paskibra

kutaikartanegara.com

Berikut beberapa alasan yang kami dapatkan dari situs brainly.co.id :

-supaya bisa berprestasi
– mengembangkan bakat
– menunjukan jati diri
– melatih kedisiplinan

by : DFirdiana

Yaa zeneng .. jdii anak paskibra itu bagus nilai disiplin ktaa jga tinggii.. selain itu paskibra jga melatih mental kta agar tidak penakut dan biza jadi contoh untuk orang laen.. 😀 😀

by : cewekbawel

Setelah kamu membaca artikel ini. Apakah kamu masih menganggap anak paskibra itu tidak keren ?

Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk dishare, agar semua orang tahu bahwa anak paskibra itu kerennya luar biasa . 😀

Leave a Reply