10 Kisah Anak Rohis yang Bakal Ngangenin Ketika Kamu Sudah Alumni Nanti

Anak Rohis – Rohis merupakan salah satu ekstrakurikuler yang berada di sekolah. Tapi, untuk ekskul Rohis ( rohani islam ) lebih populer pada saat SMA. Kenapa ? karena memang ekskul rohis di SMA itu lebih matang dari segi organisasinya. Sehingga, pada saat SMA nanti, kamu akan melihat kerja rohis itu hampir sama dengan OSIS. Bahkan, dibeberapa sekolahan, ekskul Rohis lebih populer dibanding OSIS.

Dan untuk kamu yang sudah pernah merasakan menjadi anak Rohis. Mungkin kamu akan merasa kangen dengan kegiatan-kegiatan yang pernah kamu lakukan dengan semasa menjadi anak Rohis. Dan bagi kamu yang belum mengenal ekskul Rohis, dan hanya memandang bahwa Rohis cuman belajar ngaji saja. Kamu salah besar.

Karena sebenarnya jika kamu masuk Rohis, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Karena kegiatan-kegiatan rohis itu bisa memberi banyak pengalaman untuk kita menghadapi kehidupan yang akan kamu alami nanti kedepannya.

Bahkan ada salah satu stasiun televisi yang men-judge ” Rohis Merupakan Calon Teroris “. Itu juga merupakan salah besar. Karena mereka belum mengenal Rohis itu seperti apa. Asal kamu tahu, anak Rohis itu tidak pernah namanya tawuran, bahkan sampai pun berkelahi belum pernah. Apa lagi namanya jadi teroris ? mukulnya aja gak tega.

Bagi kamu yang mengaku anak Rohis, dan suatu saat pasti menjadi alumni. Mungkin kamu akan kangen dengan masa-masa ini :

1. Mentoring bersama-sama dengan teman seperjuangan

birunyasamudra.blogspot.com

Salah satu acara rutin para anak Rohis adalah mentoring. Halaqoh-halaqoh yang sudah dibentuk akan dibimbing oleh satu kakak mentor atau biasa disebut dengan Murrabi. Dan untuk anak didik yang dibimbing oleh para Murabbi biasa disebut dengan Mutarabbi.

Biasanya disesi ini, para Murabbi akan memberikan materi untuk para anak didiknya. Dan tidak hanya itu para Murabbi ini akan membimbing terus para anak didiknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Murabbi akan menjadi orang tua asuh kamu di Rohis.

2. Mendapatkan traktiran dari kakak mentor

romanceofcool.blogspor.com

Satu lagi momen yang ditunggu-tunggu anak Rohis yaitu traktiran dari sang Murabbi. Namanya juga manusia, kalau mendapatkan gratisan pastilah akan senang. Dalam momen teraktiran biasanya akan lebih mengeratkan rasa persaudaraan antara Murabbi dan Mutarabbinya.

3.  Momen yang ditunggu para ikhwan yaitu bermain futsal bersama

deviantart.net

Permainan futsal merupakan salah satu olahraga favorit para ikhwan ( laki-laki ). Sehingga, momen ini menjadi salah satu momentum yang ditunggu-tunggu para ikwan, selain traktiran dari kakak mentor. Selain manfaat dari olahraga yang dapat menjaga kesehatan tubuh kamu. Futsal bisa menjadi salah satu media untuk meningkatkan rasa kebersamaan untuk para anak Rohis.

4. Mengadakan bakti sosial untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama

sindonews.net

Baksos yang sering anak Rohis lakukan seperti santunan anak yatim, peduli korban kebakaran, bantuan bencana alam dan lainnya, sering menjadi agenda rutin para anak Rohis. Karena anak Rohis itu harus bisa mengaplikasi apa yang telah diajarkan para mentornya. Salah satunya peduli terhadap sesama. Islam merupakan agama yang rahmatan lil ‘alamin. Kalau bukan kita sebagai umat islam yang mencontohkan ajaran islam, lalu siapa lagi ?.

5. Buka puasa bersama saat pesantren kilat di sekolah

smk-smtibdl.blogspot.co.id

Kenangan buka puasa bersama memang menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi kamu buka bersama dengan sahabat-sahabat perjuangan dikala susah dan senang. Pesantren kilat pun diselanggarakan oleh pihak Rohis. Jadi pada saat yang sama, kamu sebagai anak Rohis akan merasakan kepuasaan ketika acara berjalan lancar dan ditutup dengan buka bersama teman seperjuangan. Itu yang membuat moment ini tidak akan kamu bisa lupakan.

6. Latihan ceramah, yang menjadi program kerja rohis untuk para anggotanya

i.ytimg.com

Pembina Rohis biasanya adalah seorang guru agama di sekolah. Biasanya pembina Rohis akan memberikan arahan agar membuat program kerja Rohis. Dan yang menjadi perhatian khusus adalah untuk pengembangan diri para anggota Rohis. Salah satunya adalah ceramah di depan umumu. Program ini dibuat untuk bisa menjadikan anak Rohis sebagai kader dakwah islam. Sekaligus untuk melatih public speaking para anak Rohis.

7. Berusaha keras agar setiap acara rohis bisa berjalan dengan mencari dana

Tonny.my.id

Salah satu masalah anak Rohis untuk bisa menjalankan acara perayaan hari besar islam di sekolah adalah masalah dana. Anak Rohis akan memutar otak untuk bisa mencari dana tersebut. Mulai waktu, tenaga dan kadang-kadang materi mereka agar dakwah sekolah tetap bisa berlangsung.

8. Suka duka agar terselenggaranya Perayaan Hari Besar Islam ( PHBI )

manduabatam.files.wordpress.com

Nah, tak kalah penting dari pencarian dana adalah tentang bagaimana acara perayaan hari besar islam itu berjalan dengan baik. Terkadang anak Rohis bisa pulang sampai malam untuk memikirkan agar acara ini bisa terselanggara dengan maksimal. Bahkan sampai ada anak Rohis yang dimarahi orang tuanya. Karena sering pulang sore bahkan sampai malam.

9. Membaca Al-Qur’an di hadapan semua siswa dan para guru

abdisr.blogspot.co.id

Satu lagi yang dapat membuat jantungmu berdebar-debar yaitu membaca Al-Qur’an di depan banyak orang. Mungkin untuk anak Rohis yang sudah terbiasa membaca Al-Qur’an itu merupakan hal yang biasa. Namun, untuk meraka yang baru saja melancarkan bacaan Qur’an itu sungguh suasana yang mencekam. Karena bacaan Qur’an kamu akan didengar banyak orang, sekaligus para guru. Semua pandangan terfokus kepada kamu, dan setiap pendengaran terfokus ke suara kamu.

10. Menginap bersama di acara Malam Bina dan Takwa ( MABIT )

binaukhuwah.or.id

Suasana ini pun akan membuat kamu kangen. Karena di malam itu bisa jadi malam yang menyenangkan dan juga melelahkan untuk kamu. Biasanya malam itu akan menambah rasa kebersamaan semakin tinggi. Bisa makan bersama, shalat bersama, bercanda bersama dan lainnya. Itu merupakan hal yang menyenangkan.

Namun, untuk yang tidak terbiasa ibadah malam. Mabit akan membuat dirimu kelelahan. Biasanya mabit diselanggarakan setelah pesantren kilat. Dan biasanya juga Mabit akan diisi dengan ibadah seperti sholat tahajud, sholat tasbih dan serangkaian ibadah lainnya.

Dan untuk yang belum terbiasa dengan hal ini, maka akan membuat diri kelelahan. Sudah lelah menyiapkan perayaan hari besar islam, sekaligus malamnya agak sedikiti begadang. Jadi akan menguras tenaga yang banyak. Tetapi, semua itu akan terasa nikmat jika dikerjakan dengan ikhlas. Dan mungkin akan membuat kamu kangen atas semua hal ini.

Semoga artikel ini membawa manfaat. Yuk yang merasa pernah menjadi anak Rohis atau yang sedang menjalankan tugas sebagai anak Rohis, dishare artikel ini, agar semua orang tahu bahwa anak Rohis rasa lelahnya adalah agar berjalannya dakwah sekolah. Dan kesenangan menjadi anak Rohis merupakan bonus dari Allah SWT atas segala yang telah dilakukannya. ­čÖé

Leave a Reply