Asal Usul Makhluk Hidup Menurut Teori Biologi

Asal Usul Makhluk Hidup – Dari manakah makhluk hidup itu berasal? Bagaimanakah kehidupan itu dimulai? Banyak sekali pertanyaan yang muncul mengenai kehidupan ini. Sementara bumi ini dinilai sudah ada itu sekitar kurang lebih 4500 juta tahun. Kemudian bagaimana kita dapat menyelidikinya?

Bumi ditaksir sudah mengalami beraneka ragam perubahan selama kurang lebih jutaan tahun. Atmosfer bumi serta lautan di masa lalu memiliki kandungan zat kimia yang sederhana semisal hidrogen, amonia, metana dan air. Suhu bumi yang cukup panas pada awal kehidupan dapat terjadi sebagai sebab aktivitas vulkanik dan juga sebab beberapa benturan dengan meteorit.

Air yang memiliki suhu tinggi menguap dari aktifitas vulkanik kemudian membentuk mendung serta mengakibatkan hujan. Dalam air hujan, kehidupan pun bermunculan. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa penemuan lapisan padat makhluk hidup paling tua di bumi yang mempunyai nama latin Cyanobakteria oleh para ahli organisme dan geologi itu ditaksir sudah hidup sekitar 3.500 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan terdahulu beranggapan bila kehidupan itu berasal dari zat mati. Hal tersebut didasarkan pendapat bahwasanya belatung itu berasal dari daging-daging yang busuk. Tetapi gagasan tersebut disanggah oleh ilmuwan yang berkewarganegaraan italia, bernama Lazzaro Spallanzani pada tahun 1729 sampai 1799 serta ilmuwan perancis, Louis Pasteur pada tahun 1822 sampai 1895.

Mereka beranggapan bahwasanya makhluk hidup itu senantiasa terbentuk dari proses reproduksi. Hal ini ditinjau lebih imiah dan rasional. Beberapa zat kimiawi yang terdapat di awal kehidupan bisa melakukan reproduksi sederhana yang dikenal dengan sebutan reproduksi kimiawi. Pada umumnya ilmuwan berpendapat bila kehidupan itu terjadi diakibatkan dari satu rangkaian proses kimia yang disebut reaksi yang kebetulan terjadi juga. Reaksi yang secara terus-menerus berlangsung itu akhirnya membentuk makhluk hidup dari zat kimia sederhana.

Makhluk Hidup

sejarah asal usul makhluk hidup
sejarah asal usul makhluk hidup – masirul.com

Makhluk hidup yang terdapat di sekelilin kita tak hanya terbatas golongan tumbuhan dan hewan saja. Protista, bakteri dan jamur pun termasuk di dalam golongan makhluk hidup. Ciri paling dasar suatu makhluk hidup yang terdiri dari sel tak pernah dijumpai pada makhluk tidak hidup semisal udara, tanah, batu dan lain sebagainya.

Keistimewaan tersebut menjadikan makhluk hidup bisa tumbuh serta berkembang lalu melakukan beragam interaksi, mulai dari interaksi antar sesama makhluk hidup ataupun interaksi terhadap lingkungannya.

Di dalam pembahasan kali makhluk hidup kali ini, akan terbagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Struktur Organisasi Kehidupan
  2. Penggolongan Makhluk Hidup
  3. Ciri-ciri Makhluk Hidup

Struktur Organisasi Kehidupan

asal usul makhluk hidup menurut para ahli
asal usul makhluk hidup menurut para ahli – generasibiologi.com

Telah diketahui bahwasanya sel adalah unit organisasi yang paling kecil di dalam kehidupan. Tingkatan-tingkatan kehidupan saling susun-menyusun dalam membentuk organisasi yang memiliki keterkaitan. Contohnya kumpulan molekul menyusun sel, kemudian kumpulan sel menyusun jaringan, lalu kumpulan jaringan menyusun organ serta begitu seterusnya sampai mencapai tingkatan bioma. Berbagai tingkat struktur organisasi kehidupan itu terbagi menjadi 10 tingkat, diantaranya:

  1. Tingkat Molekul
  2. Tingkat Sel
  3. Tingkat Jaringan
  4. Tingkat Organ
  5. Tingkat Sistem Organ
  6. Tingkat Individu
  7. Tingkat Populasi
  8. Tingkat Komunitas
  9. Tingkat Ekosistem
  10. Tingkat Bioma

Penggolongan Makhluk Hidup

asal usul makhluk hidup menurut sejarah
asal usul makhluk hidup menurut sejarah – pusatbiologi.com

Makhluk hidup di sekeliling kita itu beragam jenisnya di mulai dari mikroorganisme sampai hewan tingkat tinggi, maka dari itu pakar-pakar biologi menggolongkan makhluk hidup dalam beberapa kerajaan (kingdom). Pengklasifikasian dilakukan itu di dasarakn banyaknya perbedaan serta kesamaan secara bentuk luar tubuh (morfologi), susunan tubuh (anatomis), fungsi, susunan serta daur hidup sel (sitologis), gen (genetis), ataupun karakteristik lain. Sementara fungsinya yaitu supaya tertata secara urut serta memudahkan kita di dalam mengkaji makhluk hidup.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

artikel asal usul makhluk hidup
artikel asal usul makhluk hidup – kapanlagi.com

Tanda-tanda yang terdapat di makhluk hidup dapat menjadi pembeda di antara makhluk hidup dengan benda mati. Dengan tahu ciri-ciri itu maka bisa memudahkan untuk kita dalam mengenali makhluk hidup yang beredar di muka bumi ini. Diantara ciri-ciri makhluk hidup itu yaitu regulasi, adaptasi, berkembang biak, ekskresi/mengeluarkan zat sisa, melakukan metabolisme, tumbuh dan berkembang, membutuhkan makan, peka akan rangsang/iritabilitas, bergerak dan bernapas.

Sekian pembahasan mengenai asal-usul makhluk hidup menurut teori biologi. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar