Sugar Glider, Si Hewan Saku yang Lucu dan Menggemaskan

BINATANG SUGAR GLIDER merupakan salah satu hewan yang berasal dari timur Indonesia, tepatnya yaitu wilayah Papua. Asal mula nama sugar glider itu berasal dari kebiasaannya yang suka memakan makanan yang manis, sehingga disebut dengan sugar. Dan kata glider itu memiliki arti suatu pesawat tanpa mesin yang berbobot ringan. Maka sugar glider bisa diartikan hewan pemakan makanan manis yang senang terbang melayang.

Sugar glider merupakan salah satu spesies marsupial atau binatang yang memiliki kantong semisal kangguru dan koala. Sugar glider mempunyai bentuk serupa tupai, namun memiliki postur tubuh yang lebih kecil. Sugar glider pun dikenal sebagai binatang peliharaan saku, alasannya karena binatang tersebut pada umumnya jika dibawa kemana-mana selalu ditaruh di saku.

COPY CODE SNIPPET

Pada saat ini sugar glider mempunyai banyak peminat, dikarenakan binatang ini sangat lucu dan menggemaskan, disertai tingkah lakunya yang tidak membosankan. Saat ini pun sudah banyak komunias pecinta sugar glider. Komunitasnya pun memiliki banyak anggota, apalagi sekarang dengan mudah dapat membuat komunitas di media sosial contohnya facebook.

Perawatan Sugar Glider Cukup Mudah

binatang sugar glider

thespruce.com

Perawatan atau pemeliharaan sugar glider pun terbilang cukup mudah, namun jangan juga disepelekan, karena setiap hewan memiliki beberapa resiko yang harus dihadapi oleh para trainernya. Beberapa hal yang terpenting dalam perawatan sugar glider yaitu kebersihan kandang dan juga perhatian pemiliknya.

Sugar glider termasuk bintang yang sangat manja, dia akan menempel terus kepada pemiliknya, apalagi jika sudah menghafal bau pemiliknya.Dalam hal makanan, hewan ini tidak rewel. Makanannya sangat mudah dijumpai, mulai dari bubur bayi, serangga semisal ulat hongkong atau jangkrik maupun makanan kemasan khusus sugar glider yang sudah tersedia di toko-toko hewan terdekat.

Sugar Glider Hidup Berkoloni

sugar glider

dailymail.co.id

Sugar glider merupakan binatang yang hidup secara berkoloni, maka dari itu jika hendak memeliharanya, ada baiknya peliharalah lebih dari satu ekor agar tidak kesepian. Sang jantan memiliki peran sebagai pemimpin dikoloninya. Sang jantan pun pada umumnya melakukan poligami dengan beberapa sugar glider betina.

Hewan ini terbilang cepat dalam hal repreduksi. Tidak seperti hewan lainnya yang memiliki masa kawin. Sugar glider tidak mengenal masa kawin, dia bisa berkembang biak kapan saja seperti halnya tikus. Dalam satu masa kelahiran, sugar glider mampu melahirkan anakan sebanyak 1-2 ekor, anakannya biasa disebut dengan joey.

Joey akan senantiasa berada di kantong sang induk selama kurang lebih 2 bulan. Kemudian joey akan keluar dari kantung atau biasa dikenal dengan istilah OOP atau Out Of Poch.

Nah, sugar glider memiliki beberapa macam jenis. Pembedaan jenis sugar glider pada umumnya dibedakan dari corak warnanya, misalkan jenis grey atay black beauty. Jenis ini sangat umum dipelihara oleh masyarakat karena mempunyai warna abu-abu. Adapun jenis cinnamons mempunyai warna lebih kecokelatan dan juga lions bercorak abu-abu kekuning emasan serta albino berwarna putih.

Jenis-jenis Sugar Glider Beserta Harganya

Ada beberapa jenis sugar glider yang pada umumnya dipelihara di Indonesia, yaitu:

1. Sugar  Glider Albino

sugar glider albino

youtube.com

Sama seperti jenis-jenis hewan peliharaan lainnya, salah satu jenis yang paling lanka yaitu jenis albiono. Sugar glider pun demikian, jenis albino adalah jenis yang sulit untuk didapatkan, bahkan termasuk golongan sangat langka. Jenis ini mempunyai warna putih pada keseluruhan tubuhnya, hal tersebut yang menjadikan jenis ini disebut dengan albino. Harga jenis berkisar antara Rp. 10.000.000 sampai Rp. 15.000.000.

2. Sugar Glider Mosaic

Jenis Sugar Glider Mosaic

youtube.com

Jenis yang pertama yaitu jenis sugar glider mosaic. Jenis ini mempunyai sifat yang mirip dengan sugar glider leucistic, namun mempunyai tambahan berupa corak gurat-guratan berwarna abu-abu muda serupa sugar glider white face. Harga jenis sugar glider ini ditaksir seharga Rp. 5.000.000 hingga Rp. 8.000.000.

3. Sugar Glider White Tip

Sugar Glider White Tip

youtube.com

Jenis ini mempunyai warna putih pada ekornya yang sesuai dengan namanya. Sekilas sugar glider white tip serupa dengan classic grey. Harganya ditaksir hampir sama dengan sugar glider mosaic yaitu seharga Rp. 5.000 hingga Rp. 8.000.000.

4. Sugar Glider White Face

Sugar Glider White Face

youtube.com

Sugar glider jenis ini hampir mirip dengan jenis classic grey. Perbedaannya itu hanya pada warna bulunya yang sedikit lebih putih dibanding jenis classic grey. Sesuai dengan namanya, sugar glider white face mempunyai area berwarna putih pada sekitaran wajahnya berbeda dengan sugar glider classic grey. Warna tubuhnya pun memiliki warna dasar putih. Harganya ditaksir sebesar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

5. Sugar Glider Leucistic

Jenis Sugar Glider Leucistic

youtube.com

Apabila diperhatikan secara seksama, sugar glider leucistic mirip dengan SG albino, namun apabila diperhatikan lebih detail terdapat perbedaan pada warna mata. Sugar glider leucitis memiliki warna mata hitam sedangkan sugar glider albino memiliki warna mata merah. Harga sugar glider leucistic sekitar Rp. 10.000.000 sampai Rp. 15.000.000.

Resiko Dalam Memelihara Sugar Glider

kendala dalam memelihara sugar glider yaitu bising pada malam hari

pinterest.com

Setiap hewan peliharaan pasti memiliki beberapa kendala yang harus siap dihadapi oleh pemiliknya, meski kucing sekalipun. Sama halnya sugar glider, banyak hal yang harus dihadapi jika sudah komitmen untuk memeliharanya. Sugar glider bisa hidup sekitar 15 tahun dan itu bukanlah waktu yang sebentar.

Bagi kamu yang hanya ingin mencari imutnya sugar glider saja atau biasa disebut pecinta dadakan. Ada baiknya berpikirlah dua kali untuk memeliharanya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara sugar glider.

1. Suara Bising

kendala memelihara sugar glider

si-gambar.com

Sesuai yang telah ditulis sebelumnya, sugar glider merupakan hewan nokturnal yang pada umumnya beraktifitas pada malam hari. Maka hewan ini sering kali mengeluarkan suara bising serta berisik di malam hari. Suara yang dikeluarkan seperti geraman atau gonggongan anak anjing, kemungkian sugar glider merasa kesepia.

Oleh sebab itu, sebaiknya buatlah kandang yang berukuran besar dan terdapat banyak arena bermain di dalamnya serta tempat bergelantungan sugar glider atau peliharalah lebih dari satu agar hewan tersebut tidak merasa kesepian.

2. Mengorbankan Banyak Waktu

sugar glider menghabiskan waktu dengan pemiliknya

Thespruce.com

Sugar glider adalah hewan yang sangat manja karena selalu ingin ditemani dan dimanjakan. Maka perlu banyak waktu akan dikorban untuk mengurusi hewan kecil ini. Hal seperti ini harus dipikirkan matang-matang sebelum memutukan memelihara sugar glider.

Khususnya, pada saat masih belum terbonding dengan baik atau belum memiliki ikatan dengan pemiliknya. Perlu kesabaran yang ekstrak agar dapat bonding dan jinak.

3. Sering Menggigit

resiko dalam memelihara sugar glider yaitu sering menggigit

sugiesblues.com

Sugar glider yang sudah jinak pun terkadang sering menggigit, hal itu merupakan hal yang normal. Gigitannya pun tidak terlalu menyakitkan. Di habitat aslinya, sugar glider biasanya menggigit, itu dilakukan sebagai wujud pertahanan diri. Gigitan sugar glider liar dapat menimbulkan luka yang serius. Jadi sebaiknya peliharalah sugar glider joey yang berusia kurang lebih 2 bulan.

4. Kotorannya Menimbulkan Bau

Kotoran yang dikeluarkan sugar glider itu bau

saktisuryamypets.com

Sugar glider merupakan termasuk hewan yang tidak bisa dilatih untuk buang air di tempat yang telah disediakan selayaknya kucing. Pemiliknya harus senantiasa memerhatikan waktu-waktu dimana sugar glider pup dan pee, sekitar 4 sampai 5 jam sekali.

Bahkan tidak jarang hewan ini di habitat aslinya memakai kencing sebagai pembatas wilayah teritorialnya. Jadi biasanya badan sang pemilik sering dikencingi karena dianggap wilayah teritorialnya.

Cara Memandikan Sugar Glider dengan Baik dan Benar

cara memandikan sugar glider

jempolkaki.com

Pada saat memelihara sugar glider biasanya seringkali bulunya beralih warna menjadi kotor atau kuning kusam. Kamu dapat membersihkan bulunya kembali agar berwarna abu-abu cerah seperti pada saat bayi dan terkadang sugar glider sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kedua hal tersebut dapat diatasi dengan cara memandikannya. Pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara memandikan sugar glider dengan baik dan benar.

Sugar glider tidak jauh dengan hewan peliharaan lainnya seperti kucing. Bahkan sugar glider terbilang lebih bersih, karena mereka sering membersihkan dirinya dengan menjilati serta menyisir tubuhnya, tetapi untuk kotoran dan noda yang menempel pada tubuh atau bulu sugar glider tidak dapat membersihkannya. Maka sugar glider perlu dimandikan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Memandikan Sugar Glider

hal yang harus diperhatikan saat memandikan sugar glider

cara.pro

  1. Hal pertama yaitu sugar glider tidak perlu sering dimandikan, bahkan sebaiknya sama sekali tidak perlu, karena sugar glider memiliki aroma khas mereka sendiri yang biasanya pemiliknya bau tersebut disebabkan kotoran. Sebetulnya itu ialah aroma khas dari sugar glider.
  2. Sugar glider merupakan hewan yang bersih. Biasanya mereka senantiasa menghabiskan banyak waktu untuk merawat dirinya sendiri. Maka pembahasan memandikan sugar glider kali ini bukanlah memiliki arti mandi selayaknya memandikan kucing.
    Sugar glider termasuk hewan yang tidak suka mandi. Hati-hatilah pada saat memandikannya karena dapat merusak kepercayaan sugar glider kepada pemiliknya.
  3. Sugar glider merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap bahan kimia. Hindari shampo yang berbahaya ketika memandikan sugar glidr pastikan keadaan sugar glider sedang sehat ataupun tidak ada pertanda sakit. Sugar glider yang dapat dimandikan yaitu sugar glider yang telah jinak agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Peralatan yang Perlu Dipersiapkan

peralatan yang harus disiapkan untuk memandikan sugar glider

pets4homes.co.uk

  1. Shampo
    Janganlah pergunakan shampo pada umumnya yang sering dipakai oleh manusia, gunakan shampo khusus yang telah diformulasikan untuk sugar glider ataupun bisa menggunakan shampo bayi atau shampo kucing.
  2. Handuk
    Perisapkan handuk kering yang digunakan untuk mengeringkan sekaligus menghangatkan tubuh sugar glider, bisa juga memakai tisu basah non alkohol sebagai pengganti air.

Langkah-langkah dalam Cara Memandikan Sugar Glide

langkah-langkah memandikan sugar glider

vevnews.blogspot.com

  • Keluarkan sugar glider dari kandangnya, masukkan kedalam kantung atau pouch khusus sugar glider atau carilah waktu pada saat sugar glider sedang bermain diluar serta kandang dalam keadaan kosong.
  • Bersihkan kandang yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dan perubahan warna pada bulu sugar glider karena kurangnya menjaga kebersihan pada kandang sugar glider yang membuat pengap serta menjadikan sugar glider tidak bersih.
    Tujuan dari membersihkan kandang yaitu pada saat selesai dimandikan sugar glider dapat segera menempati tempat bersih serta nyaman tanpa khawatir bau kembali.
  • Pegang sugar glider dan jangan biarkan lari atau jatuh ke dalam air, karena sugar glider tidak bisa berenang.
  • Pakai shampo bayi atau kucing untuk membersihkan bulu-bulunya karena mempergunakan shampo tersebut sangat aman apabila mengenai mata. Sugar glider yang dapat dimandikan yaitu yang sudah berumur serta menginjak usia dewa. Jangan memandikan sugar glider bayi atau joey karena sangat rentan dengan kedinginan.
  • Cara memandikan sugar glider dapat dipakai handuk dan lap yang sudah dibasahi air hangat, atau memakai tisu basah non alkohol. Cara ini tidak bisa menjadikan bulu sugar glider terlihat cerah karena membutuhkan beberapa minggu hingga hitungan bulan agar dapat membersihkan bulu sugar glider dengan cara ini. Dan cara inilah, cara yang terbilang paling aman.
  • Kamu pun dapat menggunakan semprotan kaca yang sudah diganti air dengan intensitas air kecil. semisal pada orang yang memandikan burung dengan intensitas air yang cukup kecil.
  • Usap secara perlahan bulu sugar glider dengan handuk ataupun tisu basah itu sampai sugar glider terlihat basah dan kotoran yang menempel menghilang.
  • Sebelum memasukannya ke kandang, ajak sugar glider bermain terlebih dulu supaya bulu-bulunya mengering.
Saran: Gunakan Handuk atau Tisu Basah Non Alkohol

Sangat disarankan untuk menggunakan tisu basah non alkohol dan handuk basah untuk memandikan sugar glider. Karena pada umumnya hanya manusia yang memakai kondisioner dan shampo serta sabun.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk sugar glider, alasannya karena sugar glider mempunyai bulu yang tebal dan padat yang sudah dikondisikan dengan baik oleh minyak alami dari SG, selain itu bulu sugar glider apabila dimandikan dan dicuci memakai sabun akan sulit kering. Karena sangat disarankan hanya memakai handuk atau tisuh basah non alkohol yang sudah dicelup dengan menggunakan air hangat.

Shampo atau air sabun memiliki kandungan bahan kimia yang terkandung cairan pemberish di dalamnya menyebabkan minyak alami sugar glider menjadi hilang. Jangan memakai pengering atau pengering rambut untuk mengeringkan bulu-bulu sugar glider dikarenakan panas dari yang ditimbulkan bisa membakar beberapa bagian tubuhnya contohnya telinga, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit.

Makanan Sugar Glider Agar Tumbuh Gemuk

cara membuat glider gemuk

youtube.com

Kali ini kita akan membahas mengenai makanan sugar glider. Nah, banyak sekali cara atau pola makan sugar glider yang tersedia di internet, sebenarnya hal tersebut baik-baik saja untuk diaplikasikan. Sesuai yang telah ditulis sebelumnya, sugar glider merupakan pemakan segalanya. Jadi tidak perlu repot.

Namun hal yang terpenting yaitu menjaganya agar tetap sehat dan bersemangat sampai usia lebih dari 15 tahun. Tiga komponen pokok yang diperlukan oleh sugar glider. Pertama protein, kedua buah segar dan yang ketiga yaitu sayutan serta jangan lupa suplemen vitamin. Berikut makanan-makanan yang memiliki kandungan tersebut.

1. Vitamin

memberikan vitamin untuk sugar glider

youtube.com

Vitamin sangat berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan sugar glider. Meski bukanlah salah satu sumber energi, namun tanpa adanya vitamin energi tak dapat terbentuk. Fungsi vitamin yaitu untuk mengisi celah dan juga sebagai perantara terbentuknya energi.

Jangan berikan vitamin reptil untuk sugar glider. Belikan vitamin yang khusus dibuat untuk sugar glider. Vitamin itu bisa ditaburkan pada makanan hewan ini setiap kali akan makan. Dan janganlah memasukan vitamin ke dalam minuman.

2. Air Segar

berikan air bersih untuk sugar glider

tokopedia.com

Pastikan ketersediaan air segar tetap ada disetiap harinya. Gunakan air yang sudah disaring dan jangan berikan air tanah. Perhatikan jangan sampai botol wadah air kosong. Berikan jus buat tiga kali dalam seminggu. Namun jangan diberikan setiap hari karena mengandung banyak gula yang tidak bagus untuk kesehatan sugar glider.

3. Sereal

sereal, memberikan makan sugar glider dengan tangan

jempolkaki.com

Carilah sereal untuk makanan ringan sugar glider, pilih yang memiliki kandungan protein dan low fat. Sereal ini berperan sebagai snack yang dihidangkan diantara makanan pokok. Jadi sereal ini bukanlah nutrisi pokok dari makanan. Usahakan memberikan sereal 1 sendok makan disetiap harinya. Dan jangan lupa membuang sisa sereal serta bersihkan wadahnya dan isi dengan sereal baru. Serealnya bisa berupa keju atau yogurt.

4. Sayuran dan Buah Segar

buah sangat baik untuk sugar glider

http://5115sdf43.blogspot.co.id

Sayuran dan buah segar adalah makanan wajib untuk sugar glider joey. Perhatikan juga kandungan fosfor dan kalsium pada buah yang akan diberikan untuk sugar glider. Fosfor ialah suatu unsur yang menghambat penyerapan dalam tubuh, maka dari itu perbandingan antara kalsium dan fosfor adalah 2:1.

Semakin sedikit kandungan fosfor dan semakin besar kandungan kalsium sangatlah dianjurkan. Pepaya merupakan buah yang terbaik untuk diberikan tiap harinya dikarenakan mempunyai kandungan kalsium yang tinggi.

Tempatkan buah tersebut ke dalam sebuah wadah besar. Cara menghidangkannya bisa kamu campur. Sayuran dan buah merupakan hiburan tersendiri bagi sugar glider apalagi ditaruh di wadah yang besar, mereka bisa bermain-main di atasnya. Jangan lupa pastikan buah yang diberikan itu telah dicuci terlebih dahulu.

5. Bubur Bayi

memberikan bubur bayi untuk sugar glider

radioaustralia.net.au

Kebanyakan  para pemilik sugar glider memakai bubur bayi untuk menjadi makanan pokoknya. Tentunya dengan segala pertimbangan kandungan yang terdapat dalam bubur bayi yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk tumbuh kembang sugar glider. Sebenarnya bubur bayi tidak bisa memenuhi kebutuhan metabolisme sepenuhnya. Sehingga perlu adanya makanan tambahan seperti buah, sayuran atau makanan lainnya yang telah disebutkan sebelumnya.

6. Serangga

serangga sangat baik untuk sugar glider

jempolkaki.com

Serangga ialah makanan favorit dari sugar glider. Serangga yang dimaksud bisa dikatakan serangga liar atau bisa juga serangga yang sudah diternakkan terlebih dahulu. Namun yang perlu diperhatikan jangan berlebihan memberikan serangga dikhawatirkan akan menyebabkan bau tidak sedap seperti halnya musang.

Jika dipersentasekan, makanan hidup tidak boleh diberikan lebih dari 25% dari keseluruhan makanan. Selain itu, daging ayam bisa diberikan kepada sugar glider, tentunya hilangkan tulangnya terlebih dahulu serta telur burung yang telah direbus atau diorak-arik.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Sugar Glider

jangan memberikan makanan yang mengandung gula berlebih untuk sugar glider

thinklink.com

Selain makanan yang telah disebut di atas. Nektar dan getah yang dihasilkan dari berbagai pepohonan atau tanaman bisa diberikan sesekali untuk sugar glider. Karena makanan tersebut makanan yang disukai olehnya. Nah, berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh diberikan untuk sugar glider ataupun joey, diantaranya yaitu:

  • Segala macam coklat dan permen atau makanan yang terlalu banyak mengandung gula.
  • Jangan sesekali memberi kafein atau kopi.
  • Jangan memberikan makanan khusus kucing atau anjing ke sugar glider.
  • Bawang dan segala makanan yang memiliki kandungan bawang dikarenakan bawang terkandung disulfida dipropul yang bisa menghancurkan sel darah merah pada sugar glider.
  • Tidak boleh memberikan junk food.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, seperti kacang, alpukat dan sejenisnya.
  • Dan makanan yang lainnya.

Sekian pembahasan mengenai binatang sugar glider. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Binatang Sugar Glider

One Response

  1. Beautyasti1

Leave a Reply