Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek, Sedotan dan Botol Plastik

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek – Kantong yang terbuat plastik atau yang biasa disebut dengan kantong kresek ini merupakan salah satu sumber pencemaran tanah yang keberadaannya butuh mendapatkan perhatian. Alasannya karena kantong kresek ini pada umumnya digunakan hampir semua orang untuk bermacam-macam keperluan serta seringkali dibuang sembarang, apabila sudah tidak terpakai.

Plastik kresek ini merupakan termasuk golongan sampah yang sulit untuk terurai sehingga benda ini menjadi salah satu komponen utama dalam kerusakan ekosistem di tanah. Sehingga sampah plastik ini perlu dilakukan daur ulang agar bisa dipakai kembali, contohnya dengan menjadikannya bahan baku dalam pembuatan berbagai kerajinan tangan.

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek

Kerajinan tangan berbahan baku plastik kresek sudah banyak sekali jenis serta macamnya. Salah satunya yaitu dengan menjadikannya kerajinan tangan bunga untuk hiasan rumah. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat bunga dari kantong kresek.

1. Mempersiapkan Bahan Serta Alatnya

cara membuat bunga dari plastik kresek

Hal pertama kali yang harus dipersiapkan yaitu bahan dan alat untuk pembuatan bunga dari plastik kresek. Alat dan bahannya pun sangat mudah didapatkan sehingga tak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Bahan serta alatnya yaitu:

  • Gunting
  • Kantong Kresek Bekas
  • Benang
  • Jarum

2. Membuat Pola

Membuat pola untuk membuat bunga dari kantong kresek

Sesudah kamu mempersiapkan bahan dan alat, kemudian gunting kantong kresek memanjang selebar 4-5 cm. Potong menjadi bagian-bagian kecil, bentuk polanya, lalu lipat. Untuk kemudahan proses ini, sebaiknya kamu memakai kantong kresek yang cukup tebal, bukan plastik kresek tipis yang sering didapatkan dari minimarket. Buatlah potongan pola sebanyak mungkin tergantung berapa banyak bunga yang kamu ingin buat.

3. Satukan Semua Bagian

cara membuat bunga dari kantong kresek bekas

Sesudah semua pola dibuat, tahapan berikutnya yaitu menyatukan seluruh pola memakai benang. Jarumi setiap potongan mengikuti lipatan yang telah dibuat. Satukan seluruh potongan serta susun secara bersilangan. Apabila sudah banyak, kamu tinggal mengikatkannya saja kedua ujung benang dengan ikatan seperti contoh yang terdapat dalam gambar dibawah ini.

4. Susun Setiap Bagian Agar Menjadi Seperti Bunga

 

Sesudah diikat, kemudian berikan sentuhan artistik agar bunga yang telah dibuat terlihat tampak lebih hidup. Caranya yaitu dengan melengkungkan kelopak yang berada paling atas agar terlihat kuncup pada bunga seperti contoh yang ditampilkan pada gambar di atas.

Cara Membuat Bunga dari Sedotan Plastik Bekas

Pembuatan bunga plastik menjadi salah satu cara dalam pemanfaatan barang bekas berupa plastik yang dapat memberikan manfaat dan juga keuntungan bagi manusia serta alam. Kenapa? Alasannya karena secara tak langsung pemanfaatan barang plastik bekas bisa menyelamatkan lingkungan dari pencemaran serta bisa memberikan keuntungan berupa materi bagi para pengrajin dikarenakan bunga plastik mempunyai nilai jual.

Banyak sekali barang-barang bekas yang berupa plastik, namun dari sekian banyak barang bekas plastik tersebut, sedotan atau pipet bekas adalah salah satu yang pada umumnya sering dilakukan pemanfaatan. Sedotan ini sangat mudah dijumpai, Anda bisa mendapatkannya dari sisa bekas minuman atau apabila ingin mendapatkan sedotan yang bersih dan higienism And dapat membelinya saja.

Jangan khawatir, harganya sangat murah kok. Sedotan ini pun dapat dibuat menjadi aneka bunga hias yang mempunyai tampilan yang cantik. Bagaimana? Sudah penasaran cara pembuatannya? Yuk ikuti step by stepnya.

Membuat Bunga Mawar dari Sedotan

Alat serta Bahan

  • Sedotan bekas dengan warna sesuai dengan selera
  • Lem
  • Gunting

Cara pembuatannya

Dalam pembuatan bunga mawar sedotan yang diperlukan hanya satu. Gunting ujung sedotan secara vertikal dengan ukuran sekitar 4 cm lalu dipotong ke samping secara diagonal.

cara membuat bunga dari sedotan plastik

Selanjutnya, gulung potongan kecil bagian bawahnya seperti pada contoh gambar di bawah ini.

cara membuat bunga dari sedotan plastik

Lalu, bagian atas sedotan pun digulung melingkari potongan kecil sebelumnya. Kamu bisa lihat contoh pada gambar.

cara membuat bunga plastik

cara membuat bunga dari sedotan plastik

Kemudian, pada bagian akhir diberi lem pada bagian bawah.

cara membuat bunga dari plastik

 

Supaya lebih menarik, berikan kelopak dengan cara menggunting sedotan berwarna hijau menjadi bagian-bagian kecl lalu ditempelka pada bagian bawah bunga.

cara membuat bunga dari sedotan plastik

Agar semakin indah, buat lebih banyak dengan menggunakan berbagai macam warna sedotan. Kemudian rangkai sedemikian rupa pada wadah pot plastik atau pot-pot unik sehingga menjadi bunga mawar yang tak kalah dengan bunga mawar aslinya.

cara membuat bunga dari pipet bekas

Cara Membuat Bunga Tulip dari Sedotan Bekas

Bahan dan Alat

  • Tusuk Gigi
  • Double Tips
  • Pilihlah warna sedotan yang kamu minati. Pada umumnya bunga tulip hadir dalam berbagai macam warna yang cerah, jadi coba pakai sedotan kuning, merah atau pink.

Cara Pembuatan Bunga Tulip

Guntinglah satu bagian sedotan dengan struktur bergerigi setelah itu tempelkan double tip di salah satu bagian sedotan tersebut. Coba lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat bunga dari sedotan plastik

cara membuat bunga dari plastik

Selanjutnya, balut tusuk gigi dengan double tip, terus pada atasnya tusukkan pernak-pernik kuning. Setelah itu gulung sedotan dengan cara mengatasi bagian atas tusuk gigi dengan menempatkan sedotan yang sudah diberi double tip pada bagian dalam, lalu gulungan sedotan itu akan menempel pada tusuk gigi dan pada akhirnya membentuk kuncup bunga tulip seperti gambar ada di bawah ini.

cara membuat bunga tulip dari sedotan plastik

Supaya tampak lebih nyata, berikan kelopak dengan cara menggunting sedotan berwarna hijau menjadi bagian-bagian kecil lalu tempelkan pada bagian bawah bunga.

cara membuat bunga tulip dari sedotan bekas

Buatlah bunga lebih banyak dengan memakai beragam macam warna sedotan. Kemudian rangkailah sedemkian rupa pada pot-pot unik atau wadah pot plastik sehingga menjadi bunga tulip plastik ini tidak kalah cantiknya dengan tulip aslinya.

cara membuat bunga plastik

Cara Membuat Bunga dari Botol Plastik Bekas

Kreasi dalam membuat bunga ornamental dari bahan-bahan plastik bekas merupakan salah satu aktifitas yang pada umumnya digeluti dikarenakan di samping membantu menjaga kebersihan lingkungan, peluang bisnis dari usaha ini pun tidak main-main. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat bunga dari botol plastik bekas.

Bahan dan Alat

  • Lampu hias kecil (untuk bahan optional saja)
  • Gunting
  • Kuas
  • Pewarna berupa cat acrylic
  • Botol plastik sesuai kebutuhan.

Cara Pembuatan Bunga dari Botol Plastik

Bagian atas botol plastik digunting tanpa membuka tutupnya.

cara membuat bunga plastik

Kemudian gunting kembali bagian atas botol plastik tersebut menjadi 6 bagian.

cara membuat kerajinan bunga

Selanjutnya lengkungkan ke arah luar 6 bagian tersebut. Tekan dengan memakai jari-jari tangan sampai benar-benar berbentuk lengkungan.

cara membuat bunga dari botol bekas

Gunting lengkungan tersebut hingga menjadi bentuk oval hingga membentuk gambar di bawah ini.

cara membuat bunga dari plastik

Beri warna dengan cat menggunakan pewarna cat acrylic. Selanjutnya itu, keringkan.

cara membuat bunga dari botol plastik

Buatlah beberapa bunga serta cat memakai aneka warna yang kamu inginkan.

Setelah itu, lubangi penutup botolnya.

cara membuat bunga dari botol plastik

Lalu masukkan lampu hias kecil ke dalam lubang botolnya.

cara membuat bunga dari plastik

 

Lakukan hal-hal yang sama tersebut pada warna-warni bunga lainnya. Dengan melakukan itu kamu akan memperoleh rangkaian bunga lampu hias yang cantik serta indah serta tentunya bernilai jual.

cara membuat bunga dari botol plastik

Dikarenakan lampu hias adalah bahan optional atau pilihan, jadi terserah keinginan kamu apakah berkeinginan bunga hias di dalam vas atau bunga lampu hias. Apabila berkeinginan bunga hias di dalam vas, kamu dapat memberikan tangkai dengan memanfaatkan kawat atau lidi yang diwarnai cat acrylic, setelah itu di rangkai pada vas bunga. Bagaimana? Mudahkan? Silahkan langsung kamu praktekan di rumah. Selamat berkreasi!

Baca juga: Jual Bunga Plastik Grosir

Sekian pembahasan mengenai cara membuat bunga dari plastik kresek, sedotan plastik dan botol plastik. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. andrie kristiantoa

Leave a Reply