Cara Membuat Fidget Spinner Sendiri dengan Mudah Tanpa Bearing [Indonesia]

Cara Membuat Fidget Spinner Sendiri – Mungkin kamu pernah menjumpai seseorang sedang memainkan permainan seperti sedang memutarkan sebuah roda kecil? Fidget Spinner itulah nama permainannya. Fidget Spinner adalah sebuah permainan yang akhir-akhir ini sedang populer dan viral. Mungkin kamu pernah berpikir bahwa permainan tersebut itu membuang waktu saja. Ternyata menurut kabar yang ada permainan fidget spinner mempunyai banyak manfaat, khususnya untuk menghilangkan stress.

Fidget spinner sangat mudah untuk didapatkan. Kamu bisa membelinya di toko mainan terdekat ataupun di situs-situs jual beli online mulai dari harga yang murah sampai harga yang dibilang cukup mahal. Tetapi, ada cara lain untuk bisa memiliki fidget spinner tanpa harus mengeluarkan uang yaitu salah satunya dengan membuatnya sendiri. Berikut ini kumpulan cara membuat fidget  spinner dengan mudah.

COPY CODE SNIPPET

Cara Membuat Fidget Spinner Tanpa Bearing Menggunakan Tutup Botol

membuat spinner menggunakan tutup botol

http://kemasanukmmurah.com

Cara membuat fidget spinner tanpa bearing sebenarnya cukup mudah. Bahkan bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah untuk diperoleh. Siapkan dahulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan antara lain, yaitu:

  • Tongkat kayu (stik)
  • Gunting
  • Paku atau penusuk
  • Spidol hitam
  • Lem tembak
  • 6 buah tutup botol

1. Membuat Lubang di Tengah Antara Kedua Tutup Botol

membuat lubang spinner dari botol

jalantikus.com

Setelah semua peralatan dan bahan-bahan sudah terkumpul, kemudian buatlah lubang diantara kedua tutup botol, setelah itu gabungkan kedua tutup botol tersebut dengan menggunakan lem. Ingat, jangan sampai lubangnya tertutupi.

2. Mengukur Ketiga Tutup Botol dan Beri Tanda dengan Menggunakan Spidol Hitam

cara membuat spinner dengan tutup botol

jalantikus.com

Selanjutnya, ukurlah ketiga buah tutup botol yang tersisa di sekeliling tutup botol yang sudah dilubangi. Usahakan jarak antar tutup botol sama dan beri tanda dengan menggunakan spidol hitam. Kemudian, tempelkan ketiga tutup botol pada tanda yang telah dibuat dengan menggunakan lem.

3. Tusuk dengan Menggunakan Tongkat Kayu

membuat spinner dari tutup botol

jalantikus.com

Dan yang terakhir, tusuk dengan tongkat kayu pada lubang yang sudah dibuat di awal sampai terlihat di dua sisi. Lalu, potong tongkat kayu agar tidak telalu panjang. Fidget Spinner dari tutup botol pun siap untuk dimainkan.

Cara Membuat Fidget Spinner Tanpa Bearing dari Kardus

cara membuat spinner dari kardus

ide-plus.blogspot.com

Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat fidget spinner dengan bahan dasar kardus. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Tutup lem bentuk lingkaran
  • Pensil atau pulpen
  • Sedotan kecil
  • 3 koin
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Kertas origami atau kertas berwarna
  • Alat pembolong kertas
  • Kardus

1. Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membuat gambar spinner dengan alat bantu tutup lem yeng berbentuk lingkaran, lalu gunting sesuai gambar yang dibuat. Dan buat juga pada kertas origami atau kertas berwarna persis seperti gambar spinner yang dibuat pada kardus, untuk warnanya sesuai dengan seleramu.

2. Selanjutnya gambar 5 buah lingkaran, tentunya dengan bantuan tutup lem yang sudah disediakan. lalu, gunting kembali. Guna 5 buah lingkaran ini yaitu 3 lingkaran untuk penyeimbang dan 2 lingkaran sebagai poros spinner untuk berputar. Sama dengan hal yang pertama buat pula gambar yang sama pada kertas origami. Warna sesuai dengan seleramu.

3. Tempelkan semuanya kardus yang sudah di gunting menyerupai spinner dengan kertas origami yang sudah juga digunting menyerupai spinner.

4. Tempelkan 3 buah lingkaran yang telah digunting pada titik penyeimbang spinner. Lalu tempelkan kertas origami yang sudah digunting untuk mempercantik spinnermu.

5. Lalu, lubangi tengah spinner dengan alat pembolong kertas untuk memasukkan poros yang akan dibuat kemudian.

6. Selanjutnya lem 1 buah lingkaran yang telah digunting sebelumnya sebagai poros berputar spinner dengan sedotan kecil. Masukkan ke dalam spinner yang sudah diberi lubang. Lalu, potong sedotan agar agar tidak terlalu panjang dan tempelkan kembali dengan 1 buah lingkaran yang tersisa. Jangan lupa ditempelkan kertaas origami yang sudah digunting sebelumnya.

7. Dan akhirnya fidget spinner dari bahan dasar kardus selesai dibuat. Agar tidak membingungkan kami akan sediakan video cara pembuatannya.

Video Cara Membuat Fidget Spinner Tanpa Dari Kardus

Cara Membuat Fidget Spinner Menggunakan Bearing

cara membuat fidget spinner sendiri

google.co.id

Sebagai wawasan atau mungkin kamu berminat untuk membuat spinner dengan bearing. Kami juga akan membahas sedikit mengenai membuat spinner menggunakan bearing.  Dalam peembuatan spinner dengan bearing, kamu memerlukan 3 bantalan yaitu satu bantalan kecil dan dua bantalan yang sedikir agak besar, 5 tie wrap, gunting, dan cutter. Cara mendapatkan bearing sendiri sudah bisa dibeli di toko mainan terdekat atau toko online atau bisa memanfaatkan laker bekas.

1. Melepaskan Pelindung dari Bantalan

cara membuat spinner

jalantikus.com

Pertama-tama melepaskan pelindung dari bantalan yang kecil dengan alat bantu yaitu cutter. Selanjutnya, tempatkan bantalan yang kecil di antara bantalan yang sedikit agak besar.

2. Ikatkan dengan Membentuk Segitiga

cara membuat fidget spinner sendiri

jalantikus.com

Selanjutnya, ambillah 3 tie wrap dan ikatkan membentuk seperti segitiga. Simpan bantalan-bantalan tersebut di dalam tie yang berbentuk segitiga tadi. Selanjutnya kencangkan hingga bantalan-bantalan itu tidak terjatuh.

3. Ikatkan di Bantalan

Lalu, ambil 2 tie wrap lagi, selanjutnya ikatkan di bantalan itu. Dan yang terakhir, guting tie wrap agar tidak terlalu panjang. Fidget spinner dengan menggunakan bearing pun siap untuk dimainkan.

Cara Membuat Fidget Spinner Menggunakan Bearing #2

cara membuat spinner dengan mudah

fasttechcdn.com

Mirip dengan cara yang kedua, namun cara ini lebih banyak memerlukan bantalan. Peralatan yang diperlukan yaitu:

  • Garam
  • Lap
  • Cutter
  • Tongkat kayu (Stik)
  • Aseton
  • Superglue
  • Lem Tembak
  • 7 buah bantalan yang memiliki ukuran yang sama.

1. Lepas Pelindung Pada 4 Bantalan

cara membuat fidget spinner mudah

jalantikus.com

Langkah pertama yaitu melepaskan pelindung pada bantalan dengan menggunakan cutter. Selanjutnya bantalan yang memiliki banyak minyak, cucilah dengan memakai aseton lalu keringkan dengan lap.

2. Tambahkan Superglue

cara membuat fidget spinner

jalantikus.com

Taruh bantalan seperti yang ada di gambar, lalu tambahkan superglue pada bantalan di sisi yang telah tidak ada pelindungnya. Hasilnya seperti yang terdapat pada gambar.

3. Tambahkan Sedikit Garam

cara membuat fidget spinner mudah

jalantikus.com

Selanjutnya, beri tambahan superglue sepertiyang terdapat pada gambar dan berikan sedikit tambahan garam.

4. Taruh Lem Panas

cara membuat fidget spinner indonesia

jalantikus.com

Lalu, letakan lem panas di tepi spinner supaya terlihat lebih bagus. Tunggu lem hingga kering. Spinner dengan menggunakan bearing cara kedua pun selesai. Saatnya memutar spinner dan bersenang-senang.

Sekian pembahasan mengenai cara membuatfidget spinner sendiri. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Cara Membuat  Fidget Spinner Sendiri

One Response

  1. rainhanifa

Leave a Reply