10 Cara Mengatasi Pemanasan Global Beserta Penyebab dan Dampaknya

Cara Mengatasi Pemanasan Global – Peningkatan karbondioksida dikarenakan penggunaan bahan bakas fosil contoh bensin, minyak, batu bara, dan gas alam. Karbondioksida adalah salah satu penyumbang utama terhadap efek rumah kaca serta pemanasan global. Maka dari itu, kamu bisa membantu mengurangi penguunaan bahan bakar fosil yang pada akhirnya akan mengurangi pemasanan global denan melakukan penggunaan energi lebih bijaksana.

Apa itu Pemanasan Global

pemasan global

youtube.com

Pemanasan global adalah suatu peristiwa proses peningkatan suhu rata-rata pada lapisan atmosfer serta permukaan bumi yang ditimbulkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca yang disebabkan oleh kegiatan manusia itu sendiri.

Gas-gas rumah yang dimaksud itu ialah seperti sulfur heksafluorida (SF6), hidro-fluoro-carbon (HFCs), chloro-fluoro-carbon(CFCs), metana (CH4) dan gas karbondioksida (CO2).

Gas-gas ini memantulkan serta menyerap kembali radiasi gelombang yang dipancarkan oleh matahari ke bumi sehingga mengakibatkan panas tersebut akan tersimpan pada permukaan bumi. Hal ini terus terjadi secara berulang dan menimbulkan suhu rata-rata bumi terus terjadi peningkatan setiap tahunnya.

Penyebab Pemanasan Global

penyebab pemanasan global

voanews.com

Hal-hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya pemanasan global yaitu diantaranya:

  • Meningkatnya penggunaan pupuk kimia di lahan pertanian
  • Adanya pembakaran sampah secara berlebihan
  • Terjadinya pemborosan penggunaan energi listrik
  • Adanya kerusakan fungsi hutan
  • Terjadinya emisi karbondioksida yang ditimbulkan dari kendaraan bahan bakar fosil serta juga emisi gas metana dari aktifitas produksi peternakan, perkebunan dan pertanian.
  • Penggunaan Cloro Flour Carbon yang tidak terkontrol
  • Terjadinya efek rumah kaca.

Dampak dari Pemanasan Global

dampak pemanasan global

lahiya.com

Pemanasan global bisa memberikan dampak yang cukup luas yang tentunya bisa memberikan pengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup yang berada di bumi ini serta fungsi lingkungan hidup bagi manusia.

Dampak pemanasan global yang terjadi ini ditimbulkan karena perilaku manusia yang mengeksplotasi segala jenis sumber daya alam dengan tidak mengenal batas kesehatan bumi ini.

Berikut ini beberapa dampak dari pemanasan global yaitu, diantaranya:

  1. Menghilangnya fungsi dari ekosistem terumbu karang
  2. Terjadinya peningkatan mengenai kasus orang meninggal yang disebabkan dari cuaca yang panas contohnya stress, dehidrasi, stroke dan jantung
  3. Terjadinya peningkatan hama pangan yang disebabkan karena perubahan iklim
  4. Angin akan bertiup menjadi lebih kencang dengan pola yang tidak beraturan yang dapat memicu terbentuknya angin puting beliung.
  5. Curah hujan akan semakin meningkat sehingga menimbulkan badai sering terjadi.
  6. Terjadinya peningkatan kasus alergi serta penyakit pernapasan dikarenakan udara yang lebih hangat akan meningkatkan polutan serta pencemaran lingkungan.
  7. Air bersih akan semakin langka
  8. Semakin berkurangnya luas hutan mangrove karena terjadinya pengikisan oleh gelombang pasang serta menjadi penyebab banjir akan sering terjadi.
  9. Air laut menjadi asam dikarenkan semakin banyak karbondioksida yang terlarut.
  10. Tumbuhan serta hewan yang tidak dapat beradaptasi akan segera punah
  11. Terjadinya penguapan air tanah yang akan menyebabkan terjadinya kekeringan yang akan sangat berdampak pada wilayah pertanian sehingga tanaman pertanian menjadi rusak.
  12. Terjadinya penurunan hasil pertanian.
  13. Terjadinya peningkatan permukaan air laut.
  14. Perubahan iklim serta cuaca yang sangat ekstrim.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Berikut ini tindakan-tindakan yang kamu bisa lakukan dengan tujuan untuk membantu mengurangi pemanasan global

1. Menghimbau atau Mengajak Orang Lain Untuk Hemat Energi

hemat energi pencegahan pemanasan global

ipapa.co.id

Jika kamu mempunyai informasi mengenai produk hemar energi, daur ulang sampah, dan konservasi, maka berbagilah dengan rekan kerja, teman dan tetangga. Pergunakan kesempatan yang ada untuk mendorong para pejabat publik untuk menentukan program serta kebijakan yang baik untuk lingkungan.

2. Mendapatkan Kartu Laporan dari Perusahaan Pengguna

kartu laporan pemanasan global

http://writingcenter.uic.edu

Banyak perusahaan pengguna yang sudah menyediakan audit tentang energi rumah gratis untuk bisa membantu konsumen dalam melakukan pengidentifikasian barang di rumah yang kemungkinan tidak hemat energi. Disamping itu, perusahaan utilitas sudah banyak yang melakukan penawaran mengenai program rabat untuk membantu membayar biaya upgrade hemat energi.

3. Menanam Pohon atau Reboisasi

menanam pohon pencegahan pemanasan global

tuproqbonitirovkasi.uz

Apabila kamu mempunyai saran untuk menanam pohon maka mulailah melakukannya. Selama fotosintesis, pohon serta tanaman lainnya akan menyerap karbondioksida serta mengeluarkan oksigen. Mereka merupakan bagian integral serta siklus pertukaran alami atmosfer di Bumi.

Saat ini keberadaan pohon itu belum seimbang dengan jumlah karbondioksida yang selalu meningkat dikarenakan oleh lalu lintas mobil, manufaktur, serta aktifitas manusia lainnya. Perlu diingat, satu pohon saja mampu menyerap sekitar satu ton karbondioksida selama dia tumbuh.

4. Mematikan Lampu Jika Sudah Tidak Digunakan

mematikan lampu upaya pencegahan pemanasan global

fenomagz.com

Pemanasan global pun bisa dikurangi dengan cara menghemat listrik. Contohnya mematikan lampu pada saatkamu meninggalkan ruangan, mematikan komputer, stereo, video player dan televisi ketika sudah tidak digunakan. Hal lain yang dapat kamu lakukan yaitu ketika selesai mencuci mobil, mandi, atau menyikat gigi, matikanlah air sampai kamu perlu membutuhkannya lagi.

5. Mengurangi Penggunaan Pemanas Air

mengurangi penggunaan pemanas air

ebank.com

Aturlah pemanas airmu di 120 derajat agar menghemat energi serta membungkusnya dengan isolasi apabila sudah lebih dari 5 tahun penggunannya. Apabila kamu membeli shower yang low-flow agar bisa menghemat air panas, artinya kamu telah menyimpan kurang lebih 350 kg karbondioksida per tahun.

Cuci pakaianmu dalam air hangat atau dingin, tujuannya agar dapat mengurangi penggunaan air panas dan energi yang diperlukan untuk memproduksinya. Perubahan itu sendiri bisa menghemat sedikitnya 500 kg Karbondioksida di setiap tahunnya. Menggunakan pengaturan hemat energi pada mesin cuci piring Anda serta biarkan piring udara kering.

6. Membeli Produk yang Hemat Energi

produk hemat energi

google.com

Apabila Anda akan membeli kendaraa bermotor, pilihlah kendaraan yang memiliki gas mileagenya bagus sertta irit. Sama halnya dengan pembelian peralatan rumah tangga, belilah berbagai model yang hemat energi. Contohnya yang telah disebutkan di atas, lampu neon kompak/CFL telah dirancang untuk memberikan pencahayaan yang tampak lebih alami ketika menggunakan energi jauh lebih sedikit dibandingkan lampu standart.

Janganlah membeli produk yang datang dengan kemasan berlebih, khususnya cetakan kemasan plastik dan lainnya yang tidak bisa didaur ulang. Alasannya apabila kamu bisa mengurangi sampah rumah tangga 10% saja, kamu bisa menyimpan 1.200 kg karbondioksida per tahun.

7. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

mengurangi kendaraan pribadi

shnews.co

Melakukan pengurangan penggunaan kendaraan pribadi memiliki arti emisi yang dihasilkan lebih sedikit. Bahkan kalau memungkinkan pakailah sepeda ataupun berjalan kaki apabila kamu bekerja atau bepergian. Dikarenakan selain menghemat uangmu serta bensin, berjalan kaki dan bersepeda merupakan olahraga yang menyehatkan badan.

Tetapi, apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan terlebih dahulu mobilmu dalam kondisi baik seperti memastikan keadaan mesin baik, kamu pun harus menjaga ukuran angin ban mobilmu. Dikarenakan apabila ban mobilmu kurang angin bisa meningkatkan gas mileage kamu lebih dari 3 persen.

Setiap galon gas yang kamu simpan tidak hanya membantu keuanganmu, namun pun bisa menyimpan 20 kg karbondioksida dari atmosfer sebagai salah satu upaya pencegahan pemanasan global.

8. Memakai Lampu Hemat Energi

produk hemat energi

google.com

Gantilah bola lampumu dengan menggunakan lampu neon kompak (CFL). Alasannya karena dengan mengganti sebuah bola lampu pijar sebesar 60 Watt dengan CFL, maka kamu dapat menghemat energi kurang lebih Rp. 500.000 selama bola lampu digunakan.

Daya tahan CFL bisa 10 kali lebih lama dibandingkan lampu pijar pada umumnya. Penggunaan energinya pun hanya sekitar 2/3 dari lampu biasa serta mengeluarkan panas kurang lebih 70% lebih sedikit.

Sebagai perbandingan, apabila setiap keluarga di indonesia mengganti sebuah bola lampu biasa dengan CFL, maka akan dapat menghilangkan sekitar 90 milyar kg gas rumah kaca yang sama dengan polusi akibat 7,5 juta mobil.

9. Mengurangi Penggunaan Air Conditioning (AC)

mengurangi penggunaan ac

dailypakistan.com.pk

Buatlah sirkulasi udara di rumahmu dengan sebaik mungkin, sehinnga udara yang nyaman atau sejuk masuk ke dalam rumah dan tidak bergantung kepada penggunaan Air Contitioning (AC). Dikarenakan dengan begitu kamu sudah menghemat energi lebih dari 25 persen dari rata-rata energi yang kamu perlukan setiap hari untuk menyejukan atau mendinginkan rumah.

Walaupun kamu menggunakan AC agar menjaga suhu moderat sepanjang waktu, aturlah termostatu hanya 2 derajat/lebih rendah ketika musim dingin dan 2 derajat/lebih tinggi sedikit di musim panas. Alasannya karena hal semacam itu dapat menyimpan sekitar 2.000 kg karbondioksida pada setiap tahunnya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara pencegahan pemanasan global.

10. Reduse, Reuse dan Recycle

daur ulang barang bekas

www.recycle-more.co.uk

Apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang mengurangi limbah atau yang biasa disebut dengan reduce. Golongan orang yang memilih produk yang bisa dipakai kembali yang disebut dengan reuse atau produk sekali pakai? Apabila kamu membeli produk dengan kemesan minimal yang dari segi ekonomi pun murah, maka kamu telah membantu dalam pengurangan limbah.

Bahkan apabila kamu mempunyai keinginan atau kepedulian terhadap sampah, sebenarnya kamu dapat melakukan daur ulang (recycle) sampah, baik sampah kaleng, gelas, koran, plastik dan kerat. Kini sudah banyak program daur ulang yang dilaksanakan di beberapa komunitas tertentu, sekolah dan tempat kerja. Sehingga kamu dapat banyak belajar dari sana. Karena dengan melakukan daur ulang setengahd ari sampai rumah tanggamu, artinya kamu menyimpan 2.400 kg karbondioksida per tahun yang berperan untuk mencegah pemanasan global.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi pemanasan global. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply