7 Contoh Kata Pendahuluan Makalah dengan Berbagai Tema

Contoh Kata Pendahuluan – Salah satu bagian terpenting dalam sebuah makalah yaitu kata pendahuluan . Karena sebuah makalah akan terlihat berkualitas jika kata pendahuluannya dirasa baik.

Bagi kamu yang masih berstatus pelajar mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya makalah. Pada umumnya tugas makalah akan diberikan kepada setiap pelajar dan biasanya tema makalah tersebut berbeda-beda.

COPY CODE SNIPPET

Dan untuk kamu yang masih kebingungan dalam mencari referensi kata pendahuluan. Kami telah mengumpulkan beberapa contoh kata pendahuluan dengan berbagai tema untuk bisa membantumu. Berikut beberapa contoh kata pendahuluan makalah.

Contoh Kata Pendahuluan Makalah Agama

contoh kata pendahuluan makalah agama

pixabay.com

BAB I 
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Agama dan manusia tidak akan bisa jauh keterkaitannya. Alasannya karena manusia itu sangat membutuhkan agama. Dengan adanya agama manusia akan hidup teratur dan juga bisa memiliki pengangan hidup. Sehingga ilmu akan bisa lebih bermakna. Dalam hal ini agama yang dimaksud adalah islam.

Berkat adanya ilmu hidup akan lebih berkualitas, dengan adanya agama hidup manusia akan lebih teratur. Maka dengan adanya ilmu dan agama, kehidupan manusia akan jauh lebih bahagia dan sempurna.

B. Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dibahas dalam penyusunan makalah ini yaitu ” Agama dan Manusia “. Agar tidak meluasnya pembahasan masalah pada makalah ini. Maka kejelasan masalah yang akan dibahas dibatasi pada:

  1. Alam Semesta dan Manusia
  2. Manusia Dalam Pandangan Islam
  3. Arti dan Ruang Lingkup Tentang Agama
  4. Hubungan antara Manusia dan Agma

C. TUJUAN PENULISAN

Tujuan dibuatnya makalah ini pada dasarnya terbagi menjadi dua, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan khusus dari pembuatan makalah ini adalah pembahasan mengenai hubungan manusia dan agama berdasarkan sub bab yang telah disebutkan di atas.

Tujuan umum dalam penyusunan makalah ini yaitu untuk menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

D. Metode Penulisan

Data-data yang terdapat dalam makalah ini diperoleh dari sebuah buku karangan Prof. H. Mohammad Daud Ali, S.H. Buku itu dijadikan referensi untuk memperkuat penjelasan-penjelasan yang terdapat dalam makalah ini.

E. Sistematika Penulisan

Dalam sistematika penulisan dalam makalah ini terbagi menjadi tiga bagian.

Bagian pertama adalah pendahuluan. Pada bagian ini penyusun membahas beberapa pembahasan pokok yang masih berhubungan dengan permasalahan utama. Dalam bagian ini pun penyusun memaparkan tentang latar belakang rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

Bagiak kedua yaitu tentang pembahasan. Dalam bagian ini adalah bagian utama dalam makalah ini. Karena pembahasan utama yang hendak dikaji dalam pembuatan makalah berada pada bagian ini.

Bagian ketiga merupakan bagian kesimpulan. Pada bagian ini penyusun memberikan kesimpulan berdasarkan pengkajian permasalahan yang telah dikaji pada pembagian pembahasan.

Contoh Kata Pendahuluan Makalah Sejarah

contoh kata pendahuluan makalah sejarah

foundersguide.com

BAB I
PENDAHULUAN

I. LATAR BELAKANG

Binatang yang tidak memiliki kecerdasan seperti manusia, ternyata bisa menjadi inspirasi bagi manusia. Hewan yang mempunyai ukuran kecil pun bisa menginspirasi, contohnya semut. Mungkin sebagian dari kita pernah memperhatikan sekelompok semut yang bisa mengangkat beban yang ukuran dan beratnya jauh lebih besar dari ukuran semut tersebut.

Peristiwa itu bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Sebuah negara pun akan lebih kuat jika saling bekerjasama antar negara. Contoh nyatanya yaitu negara-negara di Asia Tenggara mendirikan sebuah organisasi yang bernama ASEAN.

I.i Tujuan

Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk bertujuan menambah wawasan kita tentang salah satu organisasi antar negara Asia Tenggara yaitu ASEAN ( Association Of South East Asian Nation ).

I.ii Masalah

Masalah yang akan dikaji dalam makalah ini, antara lain:

  1. Asal mula terbentuknya ASEAN?
  2. Anggota ASEAN terdiri dari negara-negara manakah?
  3. Penjelasan mengenai lambang ASEAN
  4. Penjelasan mengenai tujuan dibentuknya ASEAN
  5. Menyebutkan struktur ASEAN
  6. Keuntungan yang didapatkan Indonesia jika bergabung dengan ASEAN.

Contoh Kata Pendahuluan Sebuah Laporan

contoh kata pendahuluan laporan

widyatama.ac.id

Pendahuluan

A. LATAR BELAKANG

Hidup itu ibarat roda yang berputar, terkadang kita di atas dan juga terkadang kita di bawah. Tidak jarang kita sering mengalami ketidak beruntungan. Frustasi, gundah, bingung, sedih bahkan kematian itu termasuk dalam pola kehidupan yang tidak kita inginkan.

Maka dari itu kita memerlukan pola kehidupan yang dapat membuat hal tersebut menjadi hal yang berbeda. Tentunya yang bisa memotivasi hidup menjadi lebih bermakna. Tidak bisa kita pungkiri bahwa hal-hal tersebut dirasakan pada semua orang tanpa memandang usia. Mulai anak hingga orang tua bisa terjangkit perasaan yang tidak tepat seperti itu.

Pada umumnya dirasakan oleh pelajar bisa disebabkan beberapa hal, antara lain ketertarikan pada lawan jenis, masalah keluarga, pengaruh teman, lelahnya otak karena banyaknya tugas ataupun karena tugas yang sulit untuk dikerjakan.

Maka dari itu karya wisata ini dibuat untuk mengobati perasaan-perasaan negatif tersebut. Selain itu karya wisata ini dilatar belakangi karena siswa-siswi ingin mengenal lebih dekat berbagai tempat wisata di Indonesia yang bersejarah dan memuat ilmu di daerah Kota Bandung.

B. Tujuan

  1. Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
  2. Mempelajari unsur kehidupan, nilai-nilai kebudayaan dan sejarah lainnya melalui tempat wisata yang dikunjungi.
  3. Melatih siswa-siswi untuk bekerja kelompok secara interaktif.
  4. Memberikan latihan untuk siswa-siswi agar  bisa mengerjakan tugas kerja nyata di lokasi sebenarnya.
  5. Memahami dan mengenal lebih dekat dengan dunia museum ( dalam hal ini Museum ITB dan Museum Geologi ).
  6. Mengajarkan kepada siswa-siswi tentang wisata pendidikan.
  7. Melepaskan penat setelah belajar untuk waktu yang lama.
  8. Mengenalkan kepada siswa-siswi mengenai objek wisata Kota Bandung yang berhubungan dengan pembelajaran di sekolah.
  9. Menambah wawasan tambahan kepada siswa-siswi.

C. Manfaat

  1. Sebagai sarana refresing setelah lama berkutat dengan pelajaran.
  2. Menjadi manusia yang lebih maju satu langkah dalam menambah wawasa yang luar dan beragam.
  3. Mempunyai pengetahuan yang lebih dan mendalam, dibandingkan dengan orang yang mendapatkan informasi dari narasumber yang lain.
  4. Menjadian siswa-siswi lebih atraktif atau memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu hal yang baru.
  5. Mempererat kebersamaan antara siswa-siswi dan juga para pengajar.
  6. Memberikan informasi yang lebih mendalam tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan sejarah.

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode observasi adalah metode dengan melakukan pengamatan secara langsung objek wisata yang dikunjungi. Dalam arti yang sempit, observasi yaitu tindakan pengamatan secara langsung objek yang ingin dikaji.

Metode wawancara yaitu metode yang dilakukan dengan menanyakan langsung mengenai informasi yang ingin ditanyakan kepada narasumber. Metode dokumentasi adalah metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data atau keterangan-keterangan yang dipakai sebagai bukti dalam laporan ini.

Contoh Kata Pendahuluan Makalah Bahasa Indonesia

contoh kata pendahuluan bahasa indonesia

muhammad-monaadha.blogspot.co.id

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan Bangsa Indonesia yang sudah dipakai oleh penduduk Indonesia sejak dahulu sebelum Belanda menyerang. Namun tidak semua orang yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar menurut ejaan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Maka dari itu pengetahuan tentang penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu dibuat agar identitas kita sebagai Bangsa Indonesia tidak hilang karena tidak mempelari Bahas Indonesia secara menyeluruh.

Di dalam tatanan Bahasa Indonesia memiliki beragam variasi bahasa yang penggunaannya berbeda-beda. Ada ragam bahasa tulisan dan ada ragam bahasa lisan. Dalam makalah ini lebih ditekankan yaitu raga bahasa lisan.  Karena sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

B.Perumusan Masalah

Berikut perumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini.

  1. Apa itu ragam bahasa.
  2. Jenis ragam bahasa.
  3. Jenis ragam bahasa berdasarkan media.
  4. Jenis ragam bahasa berdasarkan cara pandang penutur.
  5. Jenis ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan.

C. Tujuan

Tujuan dalam penyusunan makalah ini yaitu mengenalkan ragam bahasa dan jenis-jenis serta ragam bahasa yang ditinjau dari sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa.

D. Manfaat 

Adapun manfaat penyusunan makalah ini yaitu, antara lain:

  1. Mengenal macam-macam ragam bahasa.
  2. Dapat menerapkan ragam bahasa dengan tepat.
  3. Memahami apa itu ragam bahasa.

Contoh Kata Pendahuluan Makalah PKN

contohkata pendahuluan makalah PKN

menulis-makalah.blogspot.co.id

Bab I
Pendahuluan

1. Latar Belakang

Dalam menyelesaikan tugas membuat makalah tentang masyarakat madani. Maka kami sebagai penyusun membuat makah ini dengan sebaik-baiknya. Tujuannya agar pembaca memahami apa yang dimaksud dengan masyarakat madani. Dalam makalah ini penyusun membahasa mulai dari pengertian masyarakat madani hingga contoh-contohnya.

Sedikit ulasan mengenai masyarakat madani yaitu sebuah tatanan masyarakat sipi yang bersifat demokratis dan mandiri. Masyarakat ini lahir dari proses penyemaian demokrasi. Hubungan keduanya diibaratkan dengan ikan dan air.

2. Identifikasi Masalah

Adapun yang dibahas dalam makalah ini, antara lain:

  1. Masyarakat Madani yang ada di Indonesia
  2. Contoh kasus-kasu yang ada di Masyarakat Madani.
  3. Kriteria Masyarakat Madani.
  4. Karakteristik dari Masyarakat Madani.
  5. Arti Masyarakat Madani.

3. Perumusan Masalah

Adapun bahasan masalah yang terdapat makalah ini penyusun batasi agar tidak memunculkan persepsi yang luas, antara lain:

  1. Bagaimana keadaan Masyarakat Madani di Indonesia?
  2. Contoh kasus apa saja yang terdapat di dalam Masyarakat Madani?
  3. Bagaimana karakteristik dan ciri-ciri dari Masyarkaat madani?
  4. Apa yang dimaksud dengan Masyarakat Madani?

4. Maksud dan Tujuan

Tujuan penyusunan makalah anatara lain adalah menjelasakan bahwa masyarakat madani itu memiliki karakteristik seperti toleransi, demokrasi, wilayah publik yang bebas dan kemajemuk serta keadilan sosial.

5. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini yaitu dengan menggunakan metode observasi secara tidak langsung. Penyusun mengambil materi-materi dalam makalah ini melalui internet dan sumber-sumber lainnya.

Conto Kata Pendahuluan Karya Ilmiah

contoh kata pendahuluan karya ilmiah

google.co.id

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam karya ilmiah, kata pendahuluan merupakan sesuatu hal yang penting. Alasannya karena pendahuluan merupakan bab pertama dari sebuah karya tulis yang dapat mengantarkan para pembaca untuk bisa menjawab pertanyaan apa yang sedang dikaji, untuk apa daan mengapa pengkajian itu dilakukan.

Pada umumnya, kita selalu mendapatkan kesulitan dalam menulis pendahuluan. Maka dari itu, penyusun membahas secara mendalam mengenai struktur pendahuluan dalam karya ilmiah yang benar.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun masalah yang dibahas atau dikaji dalam makalah ini, antara lain:

  1. Apa pengertian pendahuluan?
  2. Apa saja yang termasuk dalam pendahuluan?

1.3 Tujuan

Tujuan dari penelitian dalam makalah adalah untuk memberi tahu seberapa penting pendahuluan dalam sebuah karya ilmiah, yaitu:

  1. Struktur yang ada dalam pendahuluan.
  2. Alasan pentingnya pendahuluan dalam sebuah karya ilmiah.

Contoh Kata Pendahuluan Proposal

contoh kata pendahuluan proposal

paperlessproposal.com

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Lembaga-lembaga swadaya masyarakat, perusahaan swasta dan instasi pemerintah merupakan dunia kerja nyata yang kelak akan dimasuki oleh para pelajar atau mahasiswa setelah mereka menyelesaikan study dari suatu jenjang pendidikan.

Keja Magang atau KM adalah mata kuliah yang wajib untuk para mahasiswa. Tujuan dari kerja magang adalah untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang pekerjaan yang berhubungan dengan bidang tertentu.

Melalui Kerja Magang, para mahasiswa diharapkan dapat kesempatan untuk menerapkan , membandingkan dan mengamati teori yang didapatkan di Unversitas. Selain itu, Kerja Magang untuk sebuah perusahaan dapat menjadi arena dalam mencari sumber daya manusia yang baru.

1.2 Maksud dan Tujuan Kerja Magang

Kerja Magang bertujuan agar para mahasiswa mempunyai kemampuan secara profesional dalam menemukan jalan keluar disetiap permasalahan yang dihadapi oleh sebuah perusahaan yang dimana mahasiswa tersebut melaksanakan Kerja Magang. Berikut yang didapatkan mahasiswa ketika melakukan Kerja Magang:

  1. Menganalisa antara materi yang didapatkan di Universitas dengan keadaan yang sesungguhnya.
  2. Mengkaji hal apa saja yang diperlukan oleh seorang System Analys di sebuah perusahaan.
  3. Mendapatkan pengalaman dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh sebuah perusahaan.
  4. Melakukan perkembangan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari perkuliahan pada dunia kerja nyata.

1.3 Waktu dan Pelaksanaan Kerja Magang.

Kerja magang ini dilakukan selama 2,2 bulan. Dimulai pada tanggal  27 Agustus 2014 sampai dengan 15 Oktober 2013. Dan waktu pelaksanaannya dikerjakan selama 2 kali pada hari senin dan kamis bertemu dengan Ibu Juleha untuk melaporkan kemajuan Kerja Magang.

Itulah beberapa contoh kata pendahuluan makalah yang bisa kamu tiru dengan sedikit mengubah beberapa hal agar sesuai dengan tugas makalahmu. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply