9 Contoh Lukisan Kubisme Sederhana, Bunga dan Pablo Picasso

Contoh lukisan kubisme – aliran seni lukis kubisme merupakan salah satu aliran lukis. Kubisme itu seni lukis yang cenderung melakukan abstraksi pada suatu objek ke dalam berbagai macam bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu maestro dalam aliran seni lukis kubisme yaitu Pablo Picasso.

Karakteristik yang menonjol pada aliran kubisme yaitu menampilkan suatu objek dalam aneka bentuk, transparasi gambar, penumpukan penyusunan, dan berupa potongan dalam sebuah gambar atau lukisan. Maka pada umumnya karya seni lukis kubisme itu lebih menampilkan bentuk kerucut, lingkaran, persegi, segitiga dan sisi kubus.

Contoh Lukisan Kubisme Sederhana

Mungkin sebagian dari kamu penasaran contoh lukisan seperti apa sih yang menggunakan aliran lukis kubisme? Lukisan kubisme ada berbagai bentuk ada yang seperti bunga dan ada juga yang menggambarkan wajah. Sebelum itu kami akan memberikan contoh lukisan kubisme yang sederhana, berikut contohnya:

Likusan Kubisme Warna-warna Pelangi

contoh alira kubis sederhana

heldaristia.blogspot.com

Lukisan kubisme di atas terbilang sangat sederhana karena hanya memadukan warna dan juga bentuk. Warna-warna yang dipakai pada lukisan tersebut sangat variasi. Kombinasi warnanya pun tidak sembarang. Karena jika warna kombinasinya tidak sesuai maka akan mengurangi estetika dari lukisan tersebut.

Pada lukisan tersebut pun sang pelukis menggunakan beragam bentuk. Bentuk yang terlihat pada lukisan tersebut didominasi bentuk segita dan juga persegi pada bagian tengahnya. Walaupun lukisan tersebut terlihat sederhana. Dalam pembuatan lukisan tersebut pun perlu ketelatenan dan juga jam terbang untuk bisa membuat lukisan seperti itu.

Lukisan Kubisme Gajah

contoh lukisan kubisme gajah

elephantaday.blogspot.com

Lukisan kubisme di atas menggambar seekor gajah. Di dalam lukisan itu pun sang pelukis hanya menggunakan sedikit warna dan bentuk. Sang pelukis pun memainkan gradasi warna agar memunculkan estetika pada gambar.Warna yang dominan pada gambar itu yaitu warna pink dan kuning.

Ketepatan dalam gradasi warna membuat lukisan kubisme ini semakin indah untuk menjadi pajangan di rumah. Di dalam gambar itu pun kamu dapat melihat warna ungu, putih, merah, hijau, dan juga coklat yang dihasilkan dari berbagai gradasi warna.. Selain warna pink dan kuning yang tadi kami sebutkan sebagai warna yang dominan.

Lukisan Kubisme Gitar

contoh lukisan kubisme gitar

pinterest.com

Lukisan kubisme ini berbentuk gitar. Lukisan ini termasuk dalam salah satu karya maestro aliran kubisme yaitu Pablo Picasso. Di dalam lukisan ini Pablo menggunakan banyak bentuk dan sedikit warna yang dipadukan untuk menghasilkan lukisan yang indah.

Warna biru merupakan warna yang dominan pada lukisan ini. Dengan perpaduan warna biru tua, biru muda dan juga putih menjadikan lukisan ini terlihat nyaman jika dipandang dalam waktu yang lama. Berbagai bentuk sang pelukis padukan untuk bisa menambahkan nilai lebih pada lukisan ini.

Lukisan Kubisme Sepeda

contoh lukisan kubisme sepeda

pinterest.com

Lukisan kubisme berbentuk sepeda sebenarnya termasuk dalam lukisan kubisme yang lumayan sulit. Hal tersebut bisa dilihat dari banyak warna dan juga bentuk yang dipakai. Tingkat kerumitan dalam lukisan ini pun sangat tinggi, butuh ketelatenan untuk pengerjaannya.

Warna yang dipakai sang penulis yang beragam memberikan kesan ceria pada lukisan ini. Walaupun bentuk-bentuk yang dipakai itu banyak dan juga abstrak. Namun lukisan ini terlihat begitu indah. Pelukis berhasil mengkombinaskan beragam warna dan bentuk untuk menghasilkan lukisan yang berestetika tinggi.

Contoh Lukisan Kubisme Bunga

Banyak bentuk dan gambar yang dapat dituangkan dalam lukisan kubisme. Salah satunya yaitu lukisan bunga. Bentuk geomteris yang ditampilkan dalam lukisan kubisme tidak akan menghilangkan keindahan lukisan tersebut. Berikut beberapa lukisan kubisme bunga, antara lain:

Contoh Lukisan Kubisme Bunga Lili

contoh lukisan kubisme bunga lili

pinterest

Lukisan kubisme di atas menggambarkan salah satu bunga terfavorit dari sekian banyak jenis bunga yaitu bunga lili. Lukisannya begitu indah dengan kombinasi bentuk dan warna yang sangat cocok. Sehingga lukisan sangat nyaman dipandang oleh mata.

Lukisan Kubisme Bunga Matahari

Lukisan Kubisme Bunga Matahari

fineartamerica.com

Lukisan diatas menggambarkan bunga matahari. Bunga yang identik dengan kuning berhasil dituangkan dalam media lukis dengan aliran lukis kubisme. Bentuk geometris yang mendominasi lukisan tersebut tidak menghilangkan keindahan lukisan tersebut. Bahkan menambahkan nilai lebih dari lukisan tersebut.

Contoh Lukisan Kubisme Pablo Picasso Termahal

Nama lengkapnya yaitu Pablo Ruiz Picasso. Ia lahir pada tanggal 25 oktober 1881 dan meninggal pada tanggal 8 April 1973. Pablo merupakan seniman yang terkenal dalam aliran kubisme. Ia dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Ia pun dijuluki sebagai maestro dalam lukisan aliran kubisme. Sepanjang hidup ia telah membuat banyak lukisan. Dan kami akan membagikan beberapa contoh lukisan Pablo Picasso termahal, antara lain:

Lukisan Potret Jeune Fille Endormie

contoh lukisan kubisme pablo picassa

f.i.uol.com.br

Rumah lelang Christie’s London pernah melakukan pelelangan terhadap salah satu lukisan karya Pablo Picasso yang jarang sekali terlihat. Dan lukisan itu laku dijual dengan harga yang diluar dugaan yaitu $ 22 juta atau sekitar Rp. 188 miliar. Ketika itu lukisan potret Jeune Fille Endormie yang dibuat pada tahun 1935 itu hanya ditaksir akan laku sekitar $5,4 juta atau $7,2 juta.

Dr Michael Spence dari University of Sydney telah menyatakan bahwa lukisan terbseu telah disubangkan kepada lembaganya. Dan hasil dari pelelangan lukisan itu dipergunakan untuk pembiayaan riset mengenai obesitas, gangguan kardiovaskuler dan penyakit gula.

Lukisan Femme Assise

contoh lukisan pablo picasso

lainformacion.com

Lukisan ini terinspirasi dari kekasinya Pablo itu yang bernama Francoise Gilot yang sedang hamil besar. Lukisan tersebut dilelang di Inggris dan terlelang dengan harga 8 juta poundsterling atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 126 miliar. Harga itu pun menjadi harga termahal dalam pelelangan tersebut.

Selain lukisan Picasso, banyak karya seni lainnya yang mendapat harga yang fantastis. Salah satunya yaitu harga tertinggi kedua setelah lukisan Pablo, lukisan karya Rene Magritte. Lukisan tersebut terjual seharga 7.209.250 poundsterling.

Lukisan Tete de Femme

lukisan mahal pablo picassa

bbc.co.uk

Lukisan ini sebenarnya pernah dicuri dari sebuah galeri Weinstein di San Faransisco pada tahun 2011. Lukisan pensil Pablo Picasso ini dibuat pada tahun 1965 dan ditaksi bernilai US$ 275.000.  Lukisan itu dicuri oleh seorang pria yang mengenakan kacamata hitam yang terekam kamera CCTV. Namun ketika lukisan tersebut ditemukan dalam keadaan tanpa bingkai.

Itulah beberapa contoh lukisan kubisme dari sekian banyak lukisan dari berbagai pelukis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. 🙂

 

One Response

  1. Ria Bilqis

Leave a Reply