Inilah Dampak dari Hujan Asam Bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan

Sebelum kita membahas tentang dampak dari hujan asam. Apakah kamu tahu istilah hujan asam itu sendiri? Hujan asam yaitu hujan yang memiliki kadar pH atau keasaman yang lebih rendah dibandingkan hujan pada umumnya.

Kandungan keasaman hujan normal itu biasanya memiliki kadar pH sebesar 5,6. Sehingga bisa diambil kesimpulan. Jika hujan yang turun mempunyai kadar keasaman di bawah 5,6 berarti hujan tersebut merupakan hujan asam.

COPY CODE SNIPPET

Dampak hujan asam pun sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Pada umumnya hujan asam memiliki pengaruh yang buruk. Namun tidak hanya memiliki dampak negatif. Hujan asam ternyata memiliki manfaat untuk lingkungan.

Dampak Negatif  dari Hujan Asam

dampak hujan asam bagi lingkungan

pixabay.com

Kita sering menemukan bahwa hujan asam itu pada umumnya bersifat negatif. Dampaknya pun beragam. Mulai dari makhluk hidup sampai benda yang tidak bernyawa pun tidak luput dari efek hujan asam. Berikut kami uraikan secara jelas dan lengkap mengenai dampak-dampak negatif hujan asam, antara lain:

1. Menyebabkan Besi Mudah Berkarat

dampak negatif hujan asam

pixabay.com

Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh hujan asam yaitu menjadikan besi sangat mudah berkarat. Alasannya karena kandungan asam yang dimiliki hujan asam terlalu banyak sehingga menyebabkan besi mudah berkarat.

Misalkan paku yang terkena unsur asam. Maka paku tersebut akan sangat mudah berkarat dan sebaliknya untuk paku yang tidak terkena unsur asam akan jauh lebih tahan lama untuk tidak berkarat.

2. Menimbulkan Berbagai Penyakit Untuk Manusia

Dampak Hujan Asam Bagi Manusia

otcdigest.id

Dampak hujan asam tidak hanya berdampak pada benda mati saja. Namun berdampak juga untuk manusia. Salah satunya adalah penyebaran dan kemunculan penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang sering muncul akibat hujan asam yaitu penyakit kulit seperti luka bakar pada kulit dan penyakit paru-paru.

3.  Melambatnya Pertumbuhan Akar Pada Tumbuhan

dampak hujan asam bagi lingkungan

pixabay.com

Selanjutnya dampak hujan asam pun berdampak kepada tumbuhan. Kandungan asam yang terkandung dalam hujan asam dapat memperlambat akar untuk tumbuh. Sehingga berakibat tumbuhan menjadi sulit untuk berkembang.

4. Mengakibatkan Hilangnya Nutrisi Pada Tumbuhan

dampak negatif hujan asam

pixabay.com

Tidak hanya akar yang melambat, nutrisi yang ada pada tumbuhan pun menghilang akibat hujan asam. Kita tahu bahwa tumbuhan juga perlu nutrisi agar bisa bertahan hidup. Jika nutrisi pada tumbuhan tidak terpenuhi mengakibatkan tumbuhan akan rentan terserang penyakit.

Selain itu tumbuhan pun tidak akan bertahan pada cuaca dingin. Dan juga mudah terkena beberapa serangan dari jamur, serangga, virus dan juga hama. Kemudian tumbuhan pun akan cepat kering dan juga layu. Sehingga tumbuhan akan mengalami kematian.

5. Dapat Merusak Lapisan Lilin yang Terdapat pada Daun

dampak hujan asam bagi lingkungan

pixabay.com

Lapisan lilin yang ada pada tumbuhan pun akan rusak jika terkena hujan asam. Tidak semua tumbuhan mempunyai lapisan lilin. Namun ada beberapa jenis pohon yang memiliki lapisan lilin pada daunnya. Guna lapisan lilin adalah untuk menjaga pohon. Jika lapisan lilin itu rusak terkena hujan asam. Maka daun-daun tersebut akan rusak.

6. Mengakibatkan Penurunan Jumlah Ikan yang Berada di Laut

dampak negatif hujan asam

pixabay.com

Sifat hujan asam berbeda denga hujan pada umumnya. Jika terlihat dari warna dan rasa, hujan asam tidak berbeda dengan hujan seperti biasanya. Namun hujan asam memiliki kandungan ph atau keasaman yang lebih rendah dibandingkan hujan pada umumnya.

Jika kandungan asam yang terdapat pada hujan asam tercampur dengan air laut. Maka ikan-ikan yang berada di laut akan mati. Sehingga sering kali terjadinya penurunan ikan. Selain ikan, binatang perairan yang di sekitar laut pun akan terkena dampak tersebut. Binatang tersebut akan mudah mati karena tidak terbiasa dengan kandungan asam yang terdapat dalam hujan asam.

Dampak Positif dari Hujan Asam

dampak positif hujan asam

pixabay.com

Setelah membaca dampak negatif yang ditimbulkan oleh hujan asam di atas. Mungkin kamu menganggap bahwa hujan asam hanya menimbulkan kerusakan saja. Namun sebenarnya hujan asam juga punya manfaat untuk lingkungan.

Dan satu-satunya manfaat hujan asam yaitu sebagai pelarut segala macam mineral yang sangat diperlukan oleh bintang dan juga tumbuhan. Meskipun adanya hujan asam banyak menimbulkan kerusakan. Di sisi lain ternyata hujan asam mempunyai dampak positif untuk lingkungan.

Penyebab Terjadinya Hujan Asam

penyebab terjadinya hujan asam

pixaba.com

Setelah kita membahas tentang dampak-dampak hujan asam. Mungkin sebagian dari kamu penasaran mengenai penyebab terjadinya hujan asam. Sebenarnya hujan asam itu disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan hujan asam terjadi, antara lain:

  • Bertemunya hydrogen sulfide dan sukfur oksida dengan uap air akan membentuk asam sulfat yang termasuk dalam kategori asam kuat.
  • Bertemunya 2 gasa yang dihasilkan dari proses pembakaran yang bertemu dengan uap air. Maka akan membentuk asam karbonat yang termasuk dalam kategori asam lemah.

Beberapa faktor di atas merupakan penyebab terjadinya hujan asam secara alami. Beberapa aktivitas manusia dan fenomana alam pun bisa menyebabkan terjadinya hujan asam, seperti : letusan gunung berapi, peleburan logam, beberapa aktivitas pabrik, kebakaran hutan dan pembakaran BBF.

Ada sebuah situs yang memberikan penjelasan lengkap mengenai penyebab hujan asam. Untuk kamu yang ingin lebih tahu penyebab hujan asam bisa kunjungi situs tersebut.

Proses Terjadinya Hujan Asam

penyebab terjadinya hujan asam

pakmono.com

Beberapa asap-asap yang dikeluarkan oleh pabrik dan industri yang mengandung gas So atau sulfur oksida dan N atau nitrogen serta gas yang dihasilkan dari kendaraan bermotor merupakan awal penyebab terjadinya hujan asam.

Gas-gas tersebut jika bertemu uap air di udara akan bereaksi membentuk asam nitrin, asam nitrat dan asam sulfat secara bersamaan sekaligus akan membentuk awan. Selanjutnya jika terjadi hujan maka air yang keluar memiliki keasaman yang kuat dan sangat berbahaya untuk lingkungan.

Solusi Cara Mengatasi Hujan Asam

cara mengatasi hujan asam

okipolinema.wordpress.com

Agar dampak-dampak negatif dari hujan asam tidak terjadi dan dapat menyebabkan kerusakan alam. Ada baiknya kita melakukan pencegahan dan penganggulangan hujan asam. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hujan asam.

  • Mengusahakan untuk memakai peralatan yang ramah lingkungan.
  • Jangan melakukan penebangan pohon secara berlebihan dan sembarangan.
  • Lakukan reboisasi terhadap hutan yang gundul.
  • Pergunakan energi secara bijak. Janganlah gunakan dengan berlebihan.

Semoga artikel tentang dampak dari hujan asam ini dapat bermanfaat. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengetahui bahwa menjaga lingkungan itu merupakan hal yang sangat penting. Terima kasih sudah membaca. 🙂

One Response

  1. evrinasp

Leave a Reply