Pengertian, Penyebab, Akibat Gerak Semu Harian Matahari dan Gerak Semu Tahunan Matahari

Gerak semu harian matarahari – mungkin kamu pernah mengamati matahari? Atau mungkin kamu pernah dengar gerak semu matahari?. Pada umumunya gerak semu matahari itu diajarkan di sekolah, khususnya pada mata pelajaran IPS yang membahas tentang astronomi.

Oke, kali ini kita akan sedikit mengulas pelajaran ini. Barangkali kamu membutuhkan informasi ini. Dan mungkin kamu yang berstatus pelajar mendapatkan tugas dari gurumu tentang gerak semu matahari. Maka dari itu kami akan coba membantumu.

COPY CODE SNIPPET

Pengertian Gerak Semu Harian Matahari

gerak semu harian matahari

books.google.co.id

Setiap harinya kita sering melihat matahari terbit dari Timur, lalu terus bergerak sampai pada tengah hari hingga mencapai puncak kedudukannya yaitu di siang hari. Selanjutnya matahari semakin bergerak turun. Dan pada senja hari kita melihat matahari terbenam di ufuk Barat. Peristiwa tersebut dinamakan gerak semu harian matahari.

Sebenarnya gerak matahari tersebut bukanlah gerak matahari yang sesungguhnya. Namun peristiwa itu terjadi karena adanya perputaran bumi pada porosnya yang biasa disebut dengan rotasi bumi yang terjadi selama satu hari satu malam.

Penyebab Gerak Semu Harian Matahari

penyebab gerak semu harian matahari

adailmu.com

Penyebab gerak semu harian matahari adalah rotasi bumi atau gerak putar bumi pada porosnya. Rotasi tersebut terjadi dalam waktu 23 jam 56 menit 4.1 detik. Sehinngga matahari bergerak dalam sehari 000 59′ 08,33″.

Akibat Gerak Semu Harian Matahari

gerak semu matahari

pixabay.com

Beberapa akibat yang terjadi dari gerak semu harian matahari yaitu berubahnya posisi matahari disetiap harinya, terlihat matahari terbit dari sebelah Timur dan tenggelam di ufuk Barat. Sebenarnya yang terjadi adalah bumi yang berputar dengan arah sebaliknya, dari arah Barat ke arah Timur. Sehingga seolah-olah memberi kesan semu pada pandangan kita sebagai pengamat dari bumi, mataharilah yang mengelilingi bumi.

Pengertian Gerak Semu Tahunan Matahari

gerak semu tahunan matahari

books.google.co.id

Lain hal dengan gerak semu harian matahari yang perhitungannya berdasarkan setiap harinya. Pergerakan matahari dari arah Barat ke arah Timur dalam jangka waktu satu tahun atau 365,2425 hari untuk satu kali putaran disebut dengan gerak semu tahunan matahari.

Penyebab Gerak Semu Tahunan Matahari

penyebab gerak semu tahunan matahari

sahabatbelajar1.blogspot.com

Revolusi bumi merupakan penyebab dari gerak semu tahunan matahari. Bumi membutuhkan waktu untuk mengelilingi bumi selama satu tahun. Selain bumi mengelilingi matahari, bumi pun bergerak pada porosnya ( rotasi ). Namun sumbu rotasi bumi yang tidak sejajar terhadap sumbu revolusi. Sehingga pergerakan bumi sedikit miring sebesar 23,5 derajat.

Akibat Gerak Semu Tahunan Matahari

akibat gerak semu matahari

google.co.id

Miringnya sumbu rotasi bumi mengakibatkan matahari tidak sering terlalu terlihat di atas khatulistiwa bumi, pada bagian Selatan dan Utara bumilah matahari akan terlihat. Sehingga selama setengah tahun matahari lebih banyak menyinari bagian selatan bumi. Dan setengah tahun berikutnya lebih banyak menyinari bagian Utara bumi.

Seputar Gerak Semu Matahari

gerak semu matahari

pixabay.com

Di dalam gerak semu matahari akan tampak bergerak dari garis khatulistiwa atau biasa disebut equator antara 223,5 derajat lintang utara dan lintang selatan. Jalur pergerakan tahunan matahari itu membentuk sudut sekitar 230 27′ dengan equator dan tidak berhimpit dengan equator langit.

Jalur pergerakan matahari itu disebut dengan ekliptika. Lingkaran besar yang berada pada bola langit yang memotong lingkaran equator disebut dengan ekliptika.

Titik perpotongan antara lingkaran ekliptika dan equator itu tejadi sebanyak 2 kali. Perpotongan pertama terjadi ketika matahari bergerak dari langit sebelah Selatan ke langit bagian Utara yaitu berada di titik Aries yang biasa terjadi pada tanggal 21 Maret yang disebut dengan Vernal Equinox.

Dan kedua terjadi ketika matahari bergerak dari bagian langit utara menuju bagian langit selatan yaitu berada di titik Libra yang biasa terjadi pada tanggal 23 September yang biasa disebut dengan Auntumnal Equinox.

Ekliptika itu terbagi menjadi 12 bagian. Pada setiap bagiannnya sebesar 30 derajat. Rasi bintang merupakan sebutan dari bagian-bagian tersebut. 12 rasi bintang itu membentang disepanjang ekliptika, sehingga menyerupai ikat pinggang bola langit.

Gugusan bintang yang biasa disebut degan zodiak itu ada 12, antara lain: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Libra, Scorpio, Sagitarius, Copricornus, Aquarius, Pisces.

Ketika matahari menduduki rasi bintang Gemini, Taurus dan Aries sekitar tanggal 21 Maret-21 Juni atau saat matahari berada di bagian Utara equator, belahan bumi sebelah Utara mengalami musim semi. Sedangkan pada belahan bumi sebelah Selatan mengalami musim gugur.

Ketika matahari menduduki rasi bintang Virgo, Leo dan Cancer sekitar tanggal 21 Juni-23 September atau saat matahari berada di bagian Utara equator, belahan bumi sebelah Utara mengalami musim panas. Sedangkan pada belahan bumi sebelah Selatan mengalami musim dingin.

Ketika matahari menduduki rasi bintang  Sagitarius, Libra dan Scorpio sekitar tanggal 23 September-22 Desember atau saat matahari berada di bagian Selatan equator, belahan bumi sebelah Utara mengalami musim gugur. Sedangkan pada belahan bumi sebelah Selatan mengalami musim semi.

Ketika matahari menduduki rasi bintang Gemini, Taurus dan Aries sekitar tanggal 22 Desember-21 Maret atau saat matahari berada di bagian Selatan equator, belahan bumi sebelah Utara mengalami musim dingin. Sedangkan pada belahan bumi sebelah Selatan mengalami musim panas.

Kurang lebih tanggal 21 Maret pada saat matahari melintasi equator langit, momen ini disebut dengan hari pertama musim semi. Pada saat itu matahari mencapai deklinasi ini pada titik balik matahari musim panas kisaran bulan Juni tanggal 21. Hari tersebut juga disebut dengan pertengahan musim panas atau juga hari pertama musim panas. Matahari mencapai deklinasi dari -23,5 derajat pada titik balik matahari musim dingin, sekitar 21 Desember.

Semoga ulasan sedikit tentang gerakan semu harian matahari dan gerak semu tahunan matahari dapat membantumu. Terima kasih sudah membaca 🙂

Referensi:
Pengantar Ilmu Falak: Pedoman Lengkap Tentang Teori dan Praktik Hisab, Arah Kiblat, Waktu Salat, Awal Bulan Qamariah & Gerhana

 

Leave a Reply