Operasi Trikora! Peristiwa Bersejarah Pembebasan Irian Barat dari Tangan Belanda

Isi Trikora – Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945. Indonesia mengalami beberapa peristiwa yang menjadi sejarah untuk bangsa ini. Salah satunya yaitu adalah peristiwa Trikora yang terjadi pada tahun 1961. Peristiwa ini dilakukan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua Bagian Barat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengertian Trikora

pengertian Trikora dengan sejarah singkatnya

jakartagreater.com

COPY CODE SNIPPET

Trikora merupakan kepanjangan dari Tri Komando Rakyat. Presiden Indonesia yaitu Soekarno melakukan pengumuman untuk melaksanakan Trikora di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta. Selain itu, Soekarno membentuk sebuah Komando yang bernama Komando Mandala. Dan Mayor Jenderal Soeharto ditunjuk sebagai panglima komando tersebut. Tugas dari Komando Mandala yaitu melakukan perencanaan, persiapan sekaligus penyelenggaraan operasi militer untuk bisa menggabungkan Papua Bagian Barat dengan Negara Indonesia.

Sejarah Singkat Peristiwa Trikora

sejarah singkat Trikora yang merupakan salah satu peristiwa bersejarah di Indonesia

sejarahperang.wordpress.com

Indonesia berusaha untuk mencari bantuan senjata dari luar negeri guna mempersiapkan kekuatan militer untuk merebut Irian Bagian Barat. Awalnya Indonesia meminta bantuan kepada Amerika Serikat. Namun tidak sesuai dengan harapan. Akhirnya Indonesia meminta bantuan ke beberapa negara khususnya dengan Uni Soviet.

Desember 1960, Jenderal A.H Nasutiaon selaku Menteri keamanan Nasional atau KASAD menjalankan misi Indonesia untuk pergi ke Moskow. Misi ini pun berhasil dijalankan. Indonesia mendapatkan bantuan untuk mengadakan perjanjian pembelian senjata. Misi tersebut pun disusul misi kedua dan ketiga pada tahun 1961.

Kemudian misi Indonesia itu pun kembali dipimpin oleh Jenderal A.H Nasutioan untuk berkunjung ke beberapa negara yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Selandia Baru, Australia, Philipina, Muangthai, Pakistan dan India. Maksud dari kunjungan tersebut yaitu untuk mendapatkan kesan tentang sikap negara tersebut jika perang antara Indonesia dan Belanda benar-benar terjadi.

Hasil dari kunjungan tersebut menyatakan bahwa negara yang dikunjungi tersebut tidak ada kaitan apapun dengan Belanda untuk bidang bantuan militer. Meskipun, pada umumnya tidak mendukung terjadinya perang. Bahkan ada pula yang mendukung Negara Belanda.

Isi Trikora

isi dari trikora yang memiliki kandungan untuk mengembalikan Papua Barat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia

sejarahtrikora.blogspot.com

Belanda pada saat itu sudah mulai menyadari bahwa jika Irian Bagian Barat tidak diserahkan secara damai. Maka Indonesia akan terus berusaha membebaskannya bahkan dengan kekuatan militer. Soekarno pun memberikan suatu perintah yang dikenal dengan Trikora pada tanggal 19 Desember 1962 untuk memperjuangkan pembebasan Irian Bagian Barat. Isi dari Trikora sebagai berikut:

  • Menggagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.
  • Mengibarkan Sang Saka Merah Putih di tanah Irian Barat, tanah air Indonesia.
  • Melakukan persiapan untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Tujuan Trikora

tujuan trikora adalah untuk menggabungkan kembali papua barat menjadi negara kesatuan republik Indonesia

sejarahperang.wordpress.com

Tujuan dari peristiwa Trikora ini adalah untuk bisa menggabungkan kembali Irian Bagian Barat ke Negara Indonesia. Isi Trikora yang telah disebutkan di atas merupakan kandungan umum tujuan dari Trikora.

Dampak Setelah Operasi Trikora

Dampak Setelah Operasi Trikora yang menimbulkan beberapa dampak yang baik dan buruk untuk masyarakat lokal

wikipedia.org

Dampak positif setelah peristiwa Trikora yaitu kembali bergabungnya Papua Bagian Barat ke Negara Indonesia. Namun ada beberapa kebijakan yang diambil Indonesia membuat masyatakat Papua menjadi kecewa dikarenakan kebijakan tersebut tidak memihak masyarakat lokal.

Salah satunya yaitu kebijakan dari Presiden Soeharto yang mengizinkan perusahaan asing pertama untuk mengelola tambang emas yang berada di Papua selama jangka waktu 30 tahun dan sampai saat ini terus diperpanjang kontraknya. Nama perusahaan tersebut yaitu Freeport Sulphur.

Kegiatan pertambangan ini berakibat pencemaran lingkungan yang di tanah Papua. Dan pada akhirnya, penduduk setempat melakukan protes dengan berbagai cara. Mulai dari meledakan pipa gas sampai penculikan beberapa pegawai Freeport.

Tokoh Pahlawan Trikora

salah satu tokoh pahlawan dalam operasi trikora yaitu yos sudarso

wikipedia.com

Ketika operasi Trikora dilakukan, ada beberapa tokoh yang memiliki peranan penting dalam proses pembebasan Irian bagian Barat tersebut. Ada beberapa tokoh yang ikut berpartisipasi baik melalui diplomasi maupun diplomasi. Berikut beberapa tokoh pahlawan Trikota:

1. Yos Soedarso

Laksamana Madya Yosaphat Soedarso merupakan seorang pahlawan nasional kelahiran Salatiga Jawa Tengah. Ia lahir pada tanggal 24 November 1925 dan meninggal pada tanggal 15 Januari 1962 di umur 36 tahun. Yos Soedarso telah gugur dalam pertempuran Laut Aru, ia ditemak oleh kapal Patroli Hr. Ms. Eversten milik armada Belanda di atas KRI Macan Tutul.

2. A.H Nasution

Jenderal Besar TNI Purn. Abdul Haris Nasutiaon merupakan seorang pahlawan nasional kelahiran Kotanopan, Sumatera Utara pada tanggal 3 Desember 1918 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 6 Septembar 2000 diumur 81 tahun. Ia adalah seorang tokoh yang memiliki andil besar dalam peristiwa Trikora. A.H Nasution melakukan misi untuk meminta bantuan ke luar negeri guna memperkuat militer Indonesia dalam menghadapi Belanda.

3. Ir Soekarno

Ia adalah seorang proklamator Kemerdekaan Indonesia sekaligus menjadi Presiden Pertama Indonesia setelah Merdeka. Ir Soekarno merupakan pencetus Operasi Trikora pada tanggal 19 Desember 1961 yang merupakan suatu operasi yang memiliki tujuan untuk menggabungkan kembali wilayah Papua Bagian Barat ke Negara Indonesia.

4. Jendral Soeharto

Jendral Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto merupakan presiden kedua Indonesia setelah Presiden Soekarno. Mayor Jenderal Soeharto ditunjuk oleh Presiden Soekarno saat itu untuk memimpin operasi Trikora. Di dunia Internasional, ia dijuluki sebagai Sang Jenderal yang Tersenyum karena disetiap acara resmi kenegaraan wajahnya selalu tersenyum dihadapan para pers.

Baca juga: Isi dari Tritura

Sekian sedikit pembahasan mengenai isi Trikora dan juga sejarah singkat operasi Trikora yang dicetuskan oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno untuk memperjuangkan kedaulatan Indonesia dalam rangka mengggabungkan kembali Papua Bagian Barat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga Indonesia tetap berjaya dan bisa selalu menjaga kedaulatannya.

Leave a Reply