Macam-macam Jambu Air Termanis dan Terpopuler di Indonesia

Jenis jambu air – Indocina dan Indonesia merupakan tempat asal dari buah jambu air. Lalu mulai menyebar ke Malaysia dan pulau-pulau yang berada di Pasifik. Pada umumnya buah jambu air ditanam di pekarangan rumah dan hanya untuk dinikmati keluarga saja.

Namun buah jambu air saat ini sudah mempunyai banyak peminat. Buah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan merupakan salah satu alasan yang menjadikan jambu air sebagai cemilan sehat dikala rasa suntuk datang. Apalagi dikombinasikan dengan sambal rujak yang dapat mengusir rasa kantuk.

COPY CODE SNIPPET

Bagi kamu yang sedang mencari informasi jambu air untuk menambah referensi jambu air yang harus kamu coba. Dan juga untuk kamu yang sedang melakukan riset untuk tujuan komersial. Kami telah mengumpulkan beberapa informasi mengenai buah jambu air guna untuk bisa membantumu.

Jenis Jambu Air Berdasarkan Ukuran

jenis jambu air

cookingwithsheila.com

Jika kamu sering lihat bahwa buah jambu air itu terkadang ada yang besar dan ada yang kecil. Maka penglihatanmu benar. Karena berdasarkan ukuran. Buah jambu air terbagi menjadi 2, yaitu jambu air kecil dan jambu air besar.

Jambu air yang berukuran kecil, konon kabarnya itu berasal dari kawasan Asia Tenggara. Namun untuk asal negaranya belum diketahui. Karena belum adanya penelitian yang menjawab hal tersebut.

Jambu air yang memiliki ukuran besar telah diakui sebagai jenis jambu air yang berasal dari Indonesia. Namun sangat disayangkan jenis jambur air besar yang berasal dari Indoensia yaitu jambu air citra telah dikembangkan oleh Negara Thailand.

Negara Thailand lebih serius dalam mengembangkan jenis ini dibandingkan Indonesia. Sehingga banyak orang yang bilang jambu air citra ini dengan sebutan nama jambu Thailand.

Jambu air citra berbentuk seperti  lonceng dan berwarna merah mengkilap. Dan kabarnya jambu ini ditemukan oleh seorang ahli botani yang bernama Dr. Ir. Moh. Reza Tirtawinata.

 Jenis Jambu Air Unggulan Paling Manis

jenis jambu air termanis

google.co.id

Banyak orang yang mencari-cari informasi mengenai jenis jambu air yang manis untuk dibudidayakan dalam rangka tujuan komersil. Pada umumnya jika buah jambu air sudah matang itu akan terasa manis. Namun kami telah mengumpulkan beberapa jenis jambu air unggulan yang memilki rasa manis dan juga laris manis dipasaran.

Jambu Air Degus

jenis jambu air unggulan

mediamaya.net

Degus sendiri merupakan nama singkatan dari Gede dan Bagus. Namanya itu dibuat karena buah jambu air ini memiliki ukuran yang cukup besar dan berwarna merah tua yang dapat menarik perhatian orang-orang jika melihatnya.

Rasanya juga manis dan renyah serta memiliki daging buah yang tebal. Bentuk jambu air degus itu seperti jambu bol. Hal-hal tersebutlah yang membuat buah ini menjadi varietas unggulan yang laris dipasaran.

Jambu Air Camplong

jenis jambu termanis

madurakita.blogspot.com

Jenis jambu air ini merupakan salah satu jenis buah unggulan dari Provinsi Jawa Timur. Jambu air camplong memiliki warna putih mengkilat serta daging buah yang tebal.

Berbeda dengan jenis jambu air degus yang memiliki biji. Jenis jambu air camplong tidak memiliki biji. Rasanya pun manis dan segar. Berat buah rata-rata 80-100 g/buah. Buah ini bersifat musiman. Masa panen buah ini sekitar bulan Juli-Agustus.

Jambu Air King Rose

 

nama nama jambu

bibitbuahbunton.blogspot.com

Jenis jambu air ini merupakan salah satu jenis jambu air unggulan. Beda dengan jenis jambu air lainnya yang berwarna merah jika sudah masak. Jambu air king rose tidak berwarna merah jika sudah masak.

Keunggulan dari jambu air ini yaitu memiliki ukuran yang besar hampir sama dengan jambu air citra. Rasanya sangat manis dan juga daging buahnya tebal. Kandungan air di jambu air king rose cukup tinggi. Dan bentuknya seperti segitiga sama sisi.

Jambu Air Citra

jenis jambu air termanis

bibitbuahjember.blogspot.com

Jenis jambu air citra akhir-akhir ini menjadi buruan oleh penyuka jambu air atau pembibit tanaman. Jenis jambu ini terkenal karena rasanya yang manis dan memiliki ukuran yang besar dibandingkan jenis jambu air yang lain. Ukuran jambu air ini kurang lebih seukuran kaleng susu atau memiliki berat sekitar 300 gram.

Namun untuk ukuran pohonnya relatif pendek dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Ukurannya sekitar 4-5 meter dengan tajuk sekitar 2 meter. Bentuk batangnya bulat, memiliki permukaan yang halus berwarna coklat dan bercabang-cabang.

Daunnya seperti tombak memanjang dengan perbandingan 3:2 untuk panjang dan lebar daunnya. Daun yang masih muda berwarna merah keunguan dan jika sudah tua akan berwarna merah kecoklatan. Jambu air citra memiliki bentuk seperti lonceng namun tidak berlekuk dan satu tandannya ada sekitar 1-12 buah.

Salah satu keunggulan lainnnya jambu air citra yaitu mempunyai daya tahan yang cukup baik terhadap hama penyakit tanaman seperti ulat pemakan daun, penggerek batang, dan jamur daun.

Jambu Air Madu

jenis jambu air madu

teresiakocek.blogspot.com

Sesuai dengan namannya, jambu air ini memiliki rasa yang manis, semanis madu. Jenis jambu air merupakan jenis jambu asli indonesia. Salah satu jenis jambu air unggulan yang dimiliki daerah kita yaitu jenis jambu air ini.

Sama halnya dengan beberapa jenis jambu air yang telah dijabarkan di atas. Jambu air madu pun tidak memiliki biji. Berbagai cara digunakan oleh pembudidaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seperti cangkokan, sambung pucuk, dan okulasi.

Jambi air madu sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu

1. Jambu Madu Super atau Super GREEN
jenis jambu air

doctorjambumadu.blogspot.com

Jika dilihat sekilas buah jambu madu super ini mirip seperti jambu madu deli hijau. Namun jambu madu super jika sudah tua atau masak akan berubah warna sedikit hijau kekuning-kuningan.

Jambu madu super ini memiliki ukuran super besar dan berwarna hijau. Ukurannya bisa dikatakan seukuran dengan satu botol aqua gelas. Kurang lebih beratnya 200-300 gram per buahnya. Rasa jambu air ini memiliki rasa yang manis terasa dari atas hingga bawah.

Namun untuk waktu berbuahnya memakan waktu yang lama seperti halnya jambu madu kesuma merah. Dan buahnya tidak lebat karena ukuran buah yang cukup besar. Akan tetapi karena pohon jambu madu super ini lebih besar maka bisa berbuah banyak.

 

2. Jambu Madu Kesuma Merah
jenis jambu air unggulan

lintangsore.com

Jambu madu air ini berwarna merah dan memiliki daging yang rapuh. Warnanya yang cantik membuat banyak orang ingin memakan jambu air ini. Namun jambu air madu ini memiliki kekurangan yaitu waktu berbuahnya memakan waktu yang lama dikarenakan pohonnya lebih besar dibandingkan dengan jenis jambu madu lainnya.

3. Jambu Madu Deli Hijau
jenis jambu air madu

doctorjambumadu.blogspot.com

Jenis jambu air bisa dikatakan sebagai jambu air termanis. Karena jambu madu super ini memiliki tingkat kemanisan yang cukup tinggi. Jambu ini terasa legit jika dimakan. Alasannya jambu air ini memiliki daging buah yang rapuh. Selain itu, buah jambu air ini tidak memiliki biji di dalamanya.

Salah satu kelebihan buah jambu air ini yaitu cepat berbuah. Namun dengan perawatan yang baik dan juga pemilihan bibit cangkok yang baik pula tentunya. Selain itu buahnya lebih lebat jika sudah memasuki masa panen. Walaupun buahnya lebih kecil dibanding jambu madu lainnya.

Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan

Setelah kita membahas jenis jambu air maka tidak lengkap jika kita tidak membahas pula manfaat buah tersebut. Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan, ternyata buah jambu air memiliki manfaat untuk kesehatan dan kulit. Berikut beberapa manfaat dari buah jambu air yang kamu dapatkan jika mengkonsumsinya.

1. Mengendalikan Diabetes

 

mencegah penyakit diabetes

static.diabetesaustralia.com.au

Di dalam jambu air terkandung Jambosine yaitu jenis alkaloid yang telah terbukti dapat mengkonversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan penemuan yang sangat menggembirakan untuk para penderita diabetes.

2. Dapat Menyehatkan Pencernaan

melancarkan pencernaan

satujam.com

Kandungan serat yang terkandung dalam buah jambu air sangat bermanfaat untuk tubuh agar lebih mudah mengatur perjalanan melalui saluran pencernaan dan juga dapat menghilangkan rasa sembelit.

3. Bisa Menyehatkan Jantung

menyehatkan jantung

wartakesehatan.com

Nutrisi dan serat yang ada pada jambu air merupakan kombinasi yang bagus untuk mengendalikan kadar kolesterol. Dalam studi penelitian, kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosisi dari jambu air. Sehingga dapat mencegah kardiovaskular seperti jantung koroner, stroke dan serangan jantung.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

menjaga kekebalan tubuh

konsultasisehat.com

Komponen stabil dan aktif yang terdapat pada buah jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Dan penelitian telah menunjukan bahwa hal tersebut dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh terhadap penyakit karena infeksi.

5. Dapat Mencegah Kanker

mencegah kanker

media.vivanews.com

Di dalam jambu air terdapat vitamin A dan vitamin C. Nutrisi yang terdapat dalam jambu air dapat dibuat sebagai pencegahan sekaligus pengobatan kanker yang efektif. Menurut penelitian dan pengobatan tradisional menyatakan bahwa kanker payudara dan kanker prostat dapat berkurang dengan menambahkan jambu air untuk diet.

Itulah macam-macam jambu air yang memiliki rasa manis dan juga laris dipasaran. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menemukan informasi mengenai jambu air. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply