Percaya Tidak? Karakteristik Masyarakat Madani itu Terdapat di Indonesia! Ini Penjelasannya!

Karakteristik Masyarakat Madani – Berbicara tentang kemungkinan berkembangnya masyarakat madani di Indonesia berawal dengan adanya berbagai macam kasus pelanggaran HAM dan pengekangan kebebasan berserikat, berpendapat dan juga kebebasan untuk menyatakan pendapat dimuka umum selanjutnya diteruskan dengan munculnya beragam lembaga-lembaga non pemerintah yang memiliki bagian dari social control dan kekuatan.

Secara esensial Indonesia sangat perlu adanya penguatan dan pemberdayaan masyarakat secara komprehensif supaya memiliki kesadaran dan wawasan demokrasi yang baik serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia. Maka dari itu perlu adanya pengembangan masyarakat madani dengan menjalankan strategi pemberdayaan sekaligus agar proses pembinaan dan pemberdayaan tersebut dapat menghasilkan hasil yang optimal.

COPY CODE SNIPPET

Pengertian Masyarakat Madani

pengertian masyarakat madani

retnomayapada.blogspot.com

Satu kelompok masyarakat yang memiliki adab dan juga menjunjung tinggi norma serta nilai nilai kemanusiaan yang maju dalam penerapan teknologi dan ilmu pengetahuan merupakan pengertian masyarakat madani secara umum. Anwar Ibrahim adalah pencetus pertama masyarakat madani. Ketika ia sedang menjabat sebagai perdana menteri Negara Malaysia.

Konsep masyarakat madani pada umumnya merujuk pada suatu sistem sosial yang mempunyai asas da konsep yang menjamin berlangsungnya hak asasi manusia dan kestabilan masyarakat.

Karakteristik dan ciri-ciri masyarakat madani sendiri bisa kita lihat pada pola hidup masyarakat. Jika suatu kelompok masyarakat hidup dengan menjunjung nilai tinggi kemanusiaan dan norma menurut ketaatan hukum maka kelompok masyarakat tersebut itu layak disebut sebagai masyarakat yang madani dan beradab.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

pengertian masyarakat madani menurut para ahli

wavekuliahonline.com

Berikut ini beberapa pengertian masyarakat madani yang dikemukakan oleh para ahli ternama yaitu, sebagai berikut:

Pengertian Masyarakat Madani Menurut PBB

Masyarakat madani ialah suatu kelompok masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan norma serta menghargai hak asasi manusia yang dimiliki orang lain.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Muhammad A.S Hikam

Masyarakat madani merupakan masyarakat yang mempunyai kehidupan sosial terorganisir dengan baik. Terorganisir di sini dimakud dengan ditandai adanya sifat kemandirian, kesukarelaan, keswasembadaan kelompok masyarakat pada negara yang mendapat perlindungan dari aturan hukum dan nilai-nilai yang berlaku.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Rahardjo

Masyarakat madani adalah suatu cerminan kehidupan masyarakat yang bekerja sama di dalam melakukan pembangunan suatu hubungan solidaritas dan sosial masyarakat menurut pada integrasi sosial.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Nurcholis Madjid

Masyarakat Madani yaitu suatu implementasi dari aturan hukum dan nilai norma yang terdapat dalam suatu masyarakat yang saat kekhalifahan umat islam pasca hijrahnya Nabi Muhammad SAW menuju Madinah.

Pengertian Masyarakat Thomas Payne

Masyarakat Madani ialah suatu tempat atau wadah untuk melakukan pengembangan kreativitas ataupun kepribadian seseorang menjadi lebih maju dan tanpa adanya paksaan.

Ciri-ciri Masyarakat Madani

ciri-ciri masyarakat madani

belajar-ppkn-blogspot.com

Berdasarkan definisi dan pengertian masyarakat madani menurut ahli-ahli dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri masyarakat madani yaitu sebagai berikut:

Adanya Partisipasi Sosial

Partisipasi sosial di dalam suatu kelompok masyarakat adalah salah satu ciri-ciri terwujudnya masyarakat yang madani. Masyarakat yang memberikan kesan aktif dalam bersosialisi, tentunya mempunyai pengaruh baik menuju perkembangan dan masa depan. Cara untuk merealisasikan sosial bisa berjalan dengan baik, maka masyarakat harus mampu melakukan penyelarasan antara kewajiban dan hak mereka.

Mempunyai Supremasi Hukum

Supremasi hukum mempunyai makna kekuasaan tertinggi dalam suatu negara adalah hukum. Maka dari itu kedaulatan dan keadilan bisa tercapai jika aturan dan hukum menempati posisi tertinggi dalam suatu pemerintahan. Hukum itu lebih cenderung tidak berpihak kepada seorang individu ataupun kelompok, tetapi lebih bersifat netral.

Pemberian Ruang Kepada Publik dengan Bebas

Selain menjunjung tinggi nilai hukum. Masyarakat madani biasanya juga mengimplementasi atas prinsip demokrasi yang sedang berlangsung. Salah satu bentuk demokrasi itu adalah memberikan ruang kepada publik agar bisa mengutarakan pendapatnya.

Mempunyai Peradaban yang Maju

Masyarakat madani yaitu suatu kelompok masyarakat yang mempunyai peradaban yang relatif maju. Kemajuan peradaban itu bisa dibuktikan dengan adanya kemajuan ilmu teknologi atau iptek dan pengetahuan saat ini.

Adanya Nilai-nilai  dan Norma Sosial

Masyarakat dapat disebut madani apabila mereka mengakui di dalam hidup bermasyarakat terdapat nilai-nilai kehidupan dengan menerapkan cara menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai perwujudan norma dan nilai sosial.

Karakteristik Masyarakat Madani

karakteristik masyarakat madani

http://kitanesia.id

Menurut penuturan Bahmueller, masyarakat madani mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Kebebasan masyarakat mendapat perlindungan oleh berbagai lembaga kemasyarakatan yang memiliki tugas untuk menampung aspirasi masyarakat.
  2. Timbulnya rasa solidaritas dan kesetiaan sehingga masyarakat itu tidak hanya mementingkan diri sendiri, melainkan mementingkan kepentingan bersama juga.
  3. Perkembangan inovasi dan kreativitas yang dipunyai masyarakat telah maju beriringan dengan perkembangan jaman.
  4. Kepentingan individu dan juga masyarakat dikumpulkan dalam suatu lembaga yang kelak akan disampaikan kepada pemerintahan.
  5. Mempunyai program pembangunan yang ditujukan dan dibuat untuk masyarakat,
  6. Mempunyai bentuk kekuasaan alternatif yang bisa mengakomodasi kepentingan masyarakat.
  7. Individu ataupun kelompok yang terorganisir dalam suatu kelompok masyarakat.

Syarat-syarat Masyrakat Madani

syarat-syarat masyarakat madani

materi4belajar.blogspot.com

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum suatu kelompok masyarakat dapat disebut sebagai masyarakat madani yaitu, sebagai berikut:

  1. Terdapat perlindungan, jaminan dan kepercayaan antara masyarakat dengan pemerintahan.
  2. Adanya  pemerintahan dan lembaga sosial yang aktif serta produktif.
  3. Masyarakat mampu hidup secara kesinambungan dalam perbedaan kebudayaan, agama, suku dan ras.
  4. Adanya kesempatan, hak dan kemauan suatu swadaya ataupun lembaga masyarakat yang dilibatkan dalam suatu forum pengambilan keputusan untuk memberikan keputusan perubahan yang bersifat baik menuju peradaban yang lebih maju.
  5. Tidak pernah adanya kejadian deskriminasi sosial dalam segala bidang khususnya dalam pelayanan publik.
  6. Adanya perkembangan Human capital dan Social capital yang kondusif, sehingga dapat membentuk kemampuan untuk melaksanakan tugas kehidupan dan terjalinnya rasa kepercayaan antar kelompok.

Unsur-unsur Masyarakat Madani

unsur-unsur masyarakat madani

be4media.blogspot.com

Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat madani tidak terbentuk dan muncul dengan sendirinya, tetapi masyarakat madani dapat terbentuk dari suatu proses. Di dalam proses masyarakat yang madani itu ada banyak unsur yaitu, diantaranya:

  1. Mampu melakukan implementasi dan pembedaan antara hak dan kewajiban secara seimbang.
  2. Mampu hidup berdampingan di dalam suatu masyarakat dengan keragaman adat istiadat, budaya dan agama.
  3. Masyarakat saling menghormati adanya perbedaan antar masyarakat.
  4. Adanya demokrasi yang dalam hal ini merupakan unsur dan syarat mutlak bisa terbentuknya masyarakat yang madani.
  5. Terdapat sarana publik dan wilayah yang luas untuk menyatakan pendapat.

Contoh Masyarakat Madani

contoh masyarakat madani

http://presidenri.go.id

Dengan ciri dan karakteristik masyarakat madani yang telah diuraikan di aras. Maka bisa disimpulkan bahwa masyarakat madani merupakan orang-orang yang mampu menunjukan sikap saling menghormati atau menghargai antar sesama manusia dan mampu mematuhi segala ajaran yang dianutnya serta juga bisa menghargai agama yang dianut oleh orang lain.

Apakah di Negara Indonesia sudah banyak orang yang seperti itu?

Menurut kami, dalam masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang menyadari kepentingan untuk mampu menjadi masyarakat madani. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan munculnya pemimpin-pemimpin yang peduli dan bijaksana dengan keadaan masyarakat Indonesia. Dan juga semakin berkurangnya kejahatan yang terjadi di Negara Indonesia.

Jika kamu bertemu dengan seseorang yang berpenampilan sopan, mampu  menghargai pendapat dan menjaga tutur katanya. Maka ia sangat layak disebut sebagai contoh masyarakat yang madani.

Sekian pembahasan mengenai karakteristik masyarakat madani. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Karakteristik Masyarakat Madani

Leave a Reply