Kekep Babi, Si Burung Kecil dengan Julukan Sang Preman Langit

Burung kekep babi atau juga disebut White-Breasted Woodswallow merupakan salah satu dari sekian banyak anggota Artamidae. Burung tersebut memiliki postur tubuh yang sedang. Kekep babi pun tergolong jenis burung pemakan serangga. Habitat kekep babi di alam yaitu pada umumnya berada di wilayah tegalan, sawah, pesisir dan hutan sekunder sampai ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut (dpl).

Kekep babi sering dijumpai di beberapa kawasan di Indonesia yaitu Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera. Lima dari sembilan ras burung kekep babi yang ada tersebar di daerah-daerah tersebut.

Burung kekep babi tidak memiliki kicauan yang bagus atau menarik, suaranya seperti burung sriti. Namun burung tersebut sangat digemari dikarenakan memiliki kecerdasan yang hampir sama dengan burung elang, parkit dan juga burung hantu.

Karena alasan tersebutlah banyak orang yang memburunya untuk dilatih dalam melakukan berbagai atraksi. Bahkan, burung kekep babi yang sudah terlatih memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Pada umumnya kekep babi dilatih sejak masih anakan ataupun seminimal-minimalnya masih muda. Karena apabila sudah dewasa, apalagi dari hasil tangkapan hutan akan sulit untuk melatihnya. Dan juga dalam menjinakannya.

Maka dari itu dilakukan pelatihan pada burung masih anakan, burung akan mudah dilatih dan juga dijinakkan seperti halnya burung jalak atau kutilang yang dirawat sejak lolohan. Gaya terbang burung kekep babi tergolong istimewa karena burung tersebut memiliki gaya terbang seperti burung pemangsa yang dapat terbang melayang di udara tanpa mengepakkan kedua sayapnya.

Sekilas Video Tentang Burung Kekep Babi

Tahapan-tahapan Pelatihan Kekep Babi

burung kekep babi

nimadesriandani.wordpress.com

Ada beberapa tahapan dalam pelatihan kekep babi agar bisa terbang bebas dan kembali lagi. Berikut beberapa istilah dalam tahapan pelatihan kekep babi.

  • Hand Feeding (HF): Pemberian makan anakan burung dengan menggunakan tangan.
  • Feed On Fist (FOF): Pemberian makan anakan burung yang diletakan di atas tangan.
  • Manning: Suatu proses pendekatan burung yang akan dilatih dengan sang pelatih.
  • Walk to Trainer Fist (WTTF): Burung dilatih untuk berjalan mendekati tangan sang pelatih.
  • Jump To Trainer Fist: Proses melatih burung agar dapat melompat dari tangkringan atau perch ke tangan.
  • Fly To Trainer Fist (FTTF): Melatih burung agar dapat terbang dari tangkringan atau perch ke tangan.
  • Boomerang  Proses melatih burung terbang dari tangan, dan terbang bebas selanjutnya kembali ke tangan sang pelatih.
  • Free Fly (FF): Proses melatih burung untuk terbang dari tangan dan terbang bebas kemudian kembali ke tangan pelatih.
  • Soaring: Melatih burung untuk terbang tinggi
  • Air Attack: Melatih burung untuk terbang dan menangkap umpan yang dilempar oleh pelatih
  • Stop/Diving: Melati burung untuk terbang tinggi atau soaring kemudian turun dengan menukik tajam kemudian kembali ke tangan pelatih dengan diberi aba-aba.

Cara Melatih Burung Kekep Babi dari Anakan Hingga Free Fly

 

kekep babi free fly

youtube.com

Tahapan paling mendasar dalam pelatihan kekep babi yaitu dengan mengenali burung dan makanannya. Tahap ini dapat dimulai pada saat burung masih berusia muda. Merawat anakan kekep babi tidaklah sesulit yang dibayangkan, namun hanya memerlukan dedikasi dan ketelatenan dalam memerhatikan asupan kebersihan dan makanan.

Pakan anakan kekep babi itu berupa campuran voer dan kroto ditambah kroto. Pakailah alat bantu untuk meloloh anakan burung misalnya sendok ice cream. Dalam masalah kebersihan cukup dengan membersihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada alas burung.

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai tahapan-tahapan dalam pelatihan kekep babi hingga free fly:

Feed On Fist (FOF)

Dalam tahapan ini, burung diletakkan di atas tangan dengan menggunakan sarung tangan atau glove sambil meniupkan peluit. Caranya yaitu tiup peluit lalu diloloh terus lakukan itu secara berulang kali. Tujuannya yaitu agar si burung dapat merespon dengan panggilan peluit dan sarung tangan yang sering dipakai dalam pemberian lolohan.

Manning

Tahapan ini dilakukan dengan cara mengelus-elus secara halus burung secara berulang-ulang dan menghabiskan waktu bersama sang burung sembari memperkenalkan lingkungan sekitar agar sang burung bisa mengenal sang pelatih.

Walk To Trainer Fist (WTTF)

Proses ini sangat memerlukan kesabaran yang lebih sang pelatih, karena dalam tahapan ini burung akan dilatih attitude atau cara pelatih dalam pemberian makanan kepada burung. Dalam proses ini sangat tergantung dari tahapan sebelumnya yaitu FOF dan Manning. Burung sudah merespon dengan glove dan pluit akan mau berjalan ke glove, burung akan mau berjalan ke glove karena burung sudah beranggapan glove merupakan tempat yang nyaman dan peluit yaitu panggilan untuk makan. Ketelatenan dan kesabaran merupakan kunci dari tahapan ini.

Jump To Trainer Fist (JTTF)

Di tahap ini burung ditaruh pada suatu tangkringan yang lebih tinggi dari tangan pelatih. Sehinngga burung bisa mendengar aba-aba pelatih dan melihat glove. Beri jarak cukup sekitar 15 cm dan jika burung mau melompat ke tangan berikan dia hadiah berupa pakan. Pada umumnya proses ini memerlukan waktu yang lama. Ulangi terus-menerus sambil menambah jaraknya sedikit-demi sedikit.

Fly To Trainer Fist (FTTF)

Proses ini mirip dengan proses JTTF, namun yang membedakan hanyalah jarak. Jadi burung dalam berpindah dari tangkringan menuju tangan pelatih dengan terbang bukan dengan kekuatan melompat. Dalam tahap ini pada umumnya burung akan terbang tidak beraturan karena tidak bisa mengontrol kepakan sayap. Di tahap ini pun dibutuhkan kesabaran dari sang pelatih.

Boomerang

Jika dalam tahapan FTTF sudah berhasil, maka selanjutnya yaitu melatih burung terbang ditempat yang luas. Carilah area yang cukup luas dalam melatih burung contohnya persawahan. Letakkan dahulu burung di tangkringan dan biarkan beradaptasi dahulu ditempat yang baru agar tidak merasa gugup. Kemudian terbangkan burung dari tangan dan setelah terbang panggil burung dengan peluit agar dapat kembali ke tangan pelatih. Jika berhasil, berilah burung hadiah berupa pakan keseharian atau ulat hongkong. Ada beberapa kendala yang biasa dialami para pelatih dalam melatih burungnya boomerang yaitu

  • Pada umumnya burung akan hinggap di pohon, maka lebih baik pilihlah lokasi yang luas dan jauh dari pepohonan atau tiang.
  • Burung masih belum terlalu kuat untuk terbang lama, sehingga jangan terlalu dipaksa jika burung sudah kelelahan, biarlah burung kuat terbang dengan sendirinya.
  • Pendaratan burung masih tidak beraturan. Pada umumnya burung akan mendarat di kepala, baju atau pundak. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena burung belum bisa mengontrol kepakan sayapnya.

Free Fly (FF)

Inilah tahapan puncak dari semua tahapan yang telah dilalui. Tahapan ini merupakan tahapan yang ditunggu oleh para pelatih. Burung dapat di terbangkan bebas dari tangan dan burung akan turun langsung jika melihat dan mendengar aba-aba dari sang pelatih dan jangan lupa selalu memberi hadiah jika burung dapat terbang bebas kemudian kembali ke tangan. Dan tidak kalah penting yang harus diperhatikan yaitu stamina burung. Jika burung sudah kelelahan contohnya yaitu paruh terbuka terus dan sayapnya turun. Sebaiknya burung diistirahatkan dan masukan kembali ke dalam box atau sangkar.

Cara Melatih Skill Kekep Babi

skill hunting kekep babi

youtube.com

Kali ini kami akan sharing mengenai cara melatih skill kekep babi ala Adi Rimbun Kusuma Negara yang merupakan trainer kekep babi yang mengunggah video kekep babi free fly pertama kali di jejaring sosial. Berikut tips dan triknya.

Soaring Skill

Skill ini ialah kemampuan burung terbang tinggi. Melatihnya tidaklah sulit karena pada umumnya gaya terbang kekep babi yaitu soaring. Cukup dengan menjaga keutuhan bulu dan kesehatannya, kekep akan melakukan skill soaring dengan sendirinya seiring dengan ekor dan sayapnya tuntas.

Air Attack Skill

Skill ini merupakan kemampuan burung berburu dan menyerang mangsa dari udara. Naluri kekep babi pada dasarnya adalah pemburu serangga terbang. Maka tidaklah sulit untuk melatihnya. Lain halnya dengan air attack versi simulasi. Skill tersebut harus dilatih. Perlu adanya pengenalan, pembiasaan, dan juga pelatihan yang tepat. Caranya yaitu dengan memberikan aba-aba dengan tangan pada saat hendak melemparkan umpan ke udara, hingga tatapan si kekep mengikuti gerakan sang pelatih. Lalu lemparkan umpan dari jarak yang dekat. Setelah terbiasa, tambahkan jarak skill air attack sesuai perkembangan skill kekep tersebut.

Diving Skill.

Skill ini adalah kemampuan burung menukik tajam dari ketinggian setelah diberi aba-aba sang pelatih. Dalam melatih diving skill, burung terlebih dahulu harus menguasai soaring dan air attack. Pada dasarnya skill-skill tersebut merupakan skill dasar untuk melakukan diving skill. Cara melatihnya yaitu dengan membiarkan kekep soaring dan selanjutnya berikan aba-aba air attack. Otomatis kekep akan menukik ke bawah. Jika skill ini dilatih secara rutin, diving skillnya akan semakin istimewa.

Fighting On Air Skill

Skill ini ialah kemampuan burung bertarung di udara, namun dalam konteks burung kekep yaitu menganggu, karena pada dasarnya burung kekep bukanlah burung pembunuh, tetapi burung pengganggu. Pada dasarnya burung tidak perlu dilatih karena naluri kekep babi itu mengganggu dan mengusir burung atau hewan yang dianggapnya menganggu wilayah kekuasaannya. Tetapi, tidak semua burung kekep babi yang bisa melakukan skill ini. Pada umumnya burung kekep yang terbang sempurna dan fit yang berani bertarung dengan predator dan juga hewan lainnya. Maka tidak salah burung ini diberi julukan preman langit.

Luring Skill

Skill tersebut adalah kemampuan burung untuk mengejar umpan yang diikatkan pada seutas tali. Pada umumnya burung kekep yang sudah menguasai air attack akan dengan mudah menguasai skill ini. Cukup dengan mengingatkan umpan pada seutas tali dan berikan aba-aba kepada kekep untuk mengejar umpan tersebut. Dalam hitungan jam, kekep sudah lancar bermain dengan lure.

Cara Membuat Kekep Babi Tenang di Sangkar dan Sekaligus Perawatan Bulunya

melatih kekep babi free fly

flickr.com

Berikut ini tips dan trik dari salah satu maestro trainer kekep babi yang ada di Indonesia yaitu Dani Irawan.

  1. Usahakan kekep babi usia brancher ditempatkan di dalam sangkar yang pada umum dipakai tidur, umbaran dan berjemur.
  2. Kekep yang masih usia brancher senantiasa ditempatkan di keramaian supaya terbiasa.
  3. Kekep babi yang masuk usia juvenile, ada baiknya dijemur  di satu tempat saja yang membuat kekep tersebut nyaman.
  4. Memandikan dan menjemur kekep disetiap pagi untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.
  5. Latihlah kekep untuk makan voer kering di dalam wadah cepuk makan, supaya mandiri. Alasannya agar kekep tidak merasa lapar dan tidak kelabrakan di dalam sangkarnya. Sebenarnya tidak ada masalah jika kekep dibiarkan makan sendiri di dalam sangkar karena tidak akan mengurangi respon dan bonding. Namun setiap harinya harus diberikan jatah Free Fly dan dimanning.
  6. Buatlah sebuah ruangan khusus untuk kekep atau free room.  Apabila tidak ada, maka buatkanlah sebuah kandang yang berukuran 2mx1m dan taruh kandang tersebut di suatu tempat yang tenang.
  7. Apabila bulu kekep ada yang patah atau bengkok tidak terlalu parah. Segeralah celupkan bulu yang patah atau bengkok tersebut ke air panas.

Ras Kekep Babi di Indonesia

ras kekep babi

flickr.com

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa ras kekep babi di dunia itu ada 9 ras, lima ras diantaranya bisa ditemui di Indonesia. Berikut 5 ras kekep babi di Indonesia.

  1. Artamus leucorynchus musschenbroeki . Ras kekep babi ini tersebar di Kepulauan Tanimbar dan Babar, di sebelah timur sunda kecil.
  2. Artamus leucorynchus leucopygialis. Ras kekep babi ini penyebarannya di Kepulauan Aru, Papua dan Maluku. Ras ini pun dapat ditemi di Australia, terutama di bagian utara dan timur.
  3. Artamus leucorynchus albiventer. Ras tersebut tersebar di Sunda Kecil dan Sulawesi ( Nusa Tenggara dan Bali, khususnya Wetar dan Pulau Timor).
  4. Artamus leucorynchus amydrus. Ras kekep babi ini penyebarannya berada di Bali, Kepulauan Kangean, Masalembo Besar (timur laut), Jawa, Pulau Bangka dan Sumatera, sebelah bara Semenanjung Malaysia.
  5. Artamus leucorynchus leucorynchus. Ras ini sering ditemui di Kepulauan Sulu, Filipina yang pada saat ini sedang bentrok dengan Malasyia dikarenakan persoalan wilayah Sabah. Namun ras kekep babi ini pun dapat dijumpai di Kep. Natuna dan Kalimantan, terutama Pulau Maratua di ujung pantai timur dan pulau-pulau di ujung utara tepi pantai.

Video Kekep Babi Skill Hunting


Bagi teman-teman yang ingin bergabung dengan komunitas pecinta burung kekep babi. Silahkan bergabung di group facebooknya >> Beauty Of Swallow Birds. Sekian ulasan mengenai burung kekep babi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. 🙂

Kekep Babi

One Response

  1. Larasati Neisia

Leave a Reply