Macam-Macam Tanaman Hias Pembersih Udara yang Baik untuk Kesehatan

Macam-macam Tanaman Hias – Tanaman hias pada dasarnya adalah berfungsi untuk menghias ruangan atau pekarangan rumah kamu agar terlihat lebih indah dan juga cantik. Banyak macam-macam tanaman hias yang bisa kamu padukan untuk menciptakan lingkungan yang sedap untuk dipandang oleh mata.

Mulai dari jenis tanaman hias bunga seperti bunga mawar, bunga melati , bunga anggrek.  Dan juga jenis tanaman hias daun misalkan aglaonema, kuping gajah, keladi red sta serta tanaman hias batang contohnya, tanaman hias bambu air yang memiliki banyak manfaat.

COPY CODE SNIPPET

Selain untuk menghias, tanaman hias juga bisa membantu untuk membersihkan udara dari berbagai polutan udara  yang berada di lingkungan kamu. Karena kamu tidak akan tahu apakah udara di sekitar kamu itu bersih? Jika udara yang kamu hirup memiliki senyawa yang berbahaya, maka itu tidak akan baik untuk kesehatan kamu dan juga keluarga.

Untuk itu SaatSantai.com telah mengumpulkan beberapa tanaman hias yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan udara di lingkungan kamu, berikut ulasannya :

Bunga Krisan

tanaman hias bunga krisan merupakan salah satu tanaman pembersih udara

hotdog.hu

Bunga ini terkenal sangat indah dan memiliki aroma yang wangi. Sehingga jika tanaman ini ditanam dalam ruangan kamu, bisa memberi nuansa rileks untuk menghilangkan sedikit stress setelah kamu bekerja seharian . Bunga seruni adalah nama lain dari bunga krisan. Bunga ini mempunyai kelebihan yaitu mampu untuk menyerap senyawa yang bernama benzena. Senyawa ini berasal dari cat, detergen, plastik dan juga lem.

Spider Plant

spider plant merupakan tanaman hias. Namun selain itu spider plant pun bisa berfungsi untuk pembersih udara

gardeningknowhow.com

Tanaman ini mempunyai nama latin chlorophytum comosum. Spider plant bisa ditanam dalam media pot sehingga dapat memudahkan untuk kamu dalam menempatkan tanaman ini seperti digantung, di pojokan ruangan, atau didepan teras rumah. Negara Afrika merupakan asal dari tanaman hias ini. Namun, spider plant sudah mulai tersebar diseluruh dunia. Tanaman yang mempunyai ukuran tinggi sekitar 60 cm ini bisa digunakan untuk pembersih udara. Karena tumbuhan ini mampu menyerap karbon monoksida, benzena, xilena  dan formaldehida.

Sirih Gading

tanaman sirih gading adalah salah satu tanaman hias pembersih udara

tokopedia.com

Tanaman ini sangat cocok ditanam dengan media pot untuk digantungkan di dalam ruangan karena akan merambat jatuh ke bawah sehingga akan terlihat indah. Dan untuk penempatannya tanaman ini cocok untuk ditempatkan di sisi jendela dan dinding rumah karena akan terlihat lebih cantik. Di luar negeri tanaman ini biasa disebut dengan nama devils ivy pothos. Sirih gading mampu menyerap racun dari segala jenis polutan yang berada di udara.

Lidah Buaya

lidah buaya merupakan tanaman hias pembersih udara

jualpomadesmithmurah.com

Tanaman yang biasa digunakan untuk penyubur rambut dan juga bahan kosmetik ini memiliki nama latin. Lidah buaya termasuk dalam golongan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Karena dapat dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit.  Selain memiliki fungsi yang tadi sudah disebutkan, tanaman ini pun bisa berfungsi untuk membersihkan udara. Dengan cara menyerap dan menetralisir berbagai polutan udara seperti benzena, formaldehida yang biasa kita sebut dengan formalin dan berbagai macam polutan lainnya.

English Ivy

macam-macam tanaman hias pembersih udara

thespruce.com

Tanaman hias ini cocok ditempatkan secara menggantung maupun disimpan dalam wadah. English Ivy memiliki fungsi untuk mengusir senyawa yang berada dalam kotoran hewan ataupun jamur yaitu allergen. Tanaman ini pun dapat mengendalikan polutan udara seperti  formaldehyde, karbon monoksida, trichloroethylene, benzene, dan yang lainnya.

Agar tanaman ini bisa berkembang dengan baik, tempatkan di daerah yang tidak terkena matahari langsng. Dan juga siramlah tanaman ini dengan rutin untuk menjaga kelembapannya. Tapi janganlah sampai air itu tergenang di dalam wadah. Sebagai penyeimbanganya berikan pupuk cair.

Dragon Tree

tanaman hias berfungsi untuk membersihkan udara

goodtogrow.com

Tanaman yang berasal dari species dari genus tanaman hias daun dracaena ini mempunyai batang yang cukup tinggi dan batang yang keras serta memiliki daun yang panjang berwarna hijau tua. Untuk peletakan tanaman ini sebaiknya di letakan di sudut rumah karena tanaman ini dapat tumbuh tinggi.Dragon tree memiliki kemampuan untuk menyerap racun yang berada di udara yang disebabkan oleh penis dan juga bensin.

Gerber Daisy

contoh tanaman hias pembersih udara

mnn.com

Tanaman yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman Herbras. Tumbuhan berasal dari negara Afrika Selatan. Karakteristik dari Gerber Daisy memiliki berbagai warana yang sering digunakan sebagai bunga potong bersama bung seruni, bunga tulip, bunga anyelir dan juga bunga mawar. Tanaman ini cocok disimpan di kamar mandi, tempat mencuci atau kamar tidur. Gerber Daisy memiliki kemampuan untuk menghilangkan polutan udara seperti trichloroethylene.

Peace Lily

macam-macam tanaman hias pembersih udara

mnn.com

Bunga ini mempunyai warna yang putih dan bersih menyerupai dengan kuncup bunga tulip. Tegap dengan daun yang berwarna hijau pekat merupakan ciri khas dari tanaman ini. Peace Lily mempunyai nama latin spathiphyllum. Tanaman ini dapat memberikan pasokan oksigen yang segar. Sehingga tanaman ini cocok sekali ditempatkan di sisi jendela kamar tidur agar ketika kamu terbangun dari tidur bisa menghirup udara yang segar.

Sekian sedikit pembahasa mengenai macam-macam tanaman hias pembersih udara. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memilih tanaman yang baik untuk lingkungan sekitar kamu. Terima kasih sudah membaca. 🙂

Leave a Reply