Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil, Kecantikan dan Diet

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan – Di Timur Tengah sudah menjadikan kurma sebagai makanan pokok selama ribuan tahun lamanya. Sekitar pada awal 4000 sebelum masehi, pohon kurma telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia hingga prasajerah Mesir. Dan pohon kurma diyakini berasal dari Teluk Persia.

Dan pada akhirnya orang-orang Arab menyebarluaskan kurma di bagian utara Afrika, sekitar barat daya dan selatan Asia, Italia dan Spanyol. Bangsa Spanyol memperkenalkan kurma pada tahun 1765 di beberapa negara yaitu California dan Mexico, disekitar Mission San Ignacio.

COPY CODE SNIPPET

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

kandungan nutrisi buah kurma

www.facetofeet.com

Thiamin, niasin, folat, riboflavin merupakan beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah kurma. Maka tidak bisa disangkal buah kurma memiliki banyak manfaat. Ibu menyusui dan hamil sangatlah cocok untuk mengkonsumsi buah kurma karena memiliki kandungan hormon sejenis oksitosin.

Hormon oksitosin sangatlah berguna ketika menjelang kelahiran karena hormon tersebut dapat merangsang kontraksi otot polos pada rahang. Dan kurma juga bermanfaat untuk mengurangi pendarahaan saat melahirkan. Sari buah kurma pun berguna untuk menstabilkan kondisi ibu pasca melahirkan.

Dan gambar dibawah ini merupakan kandungan kurma kering bersumber dari Data Nutrisi USDA :

kandungan nutrisi kurma

wikipedia.org

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Selanjutnya saatsantai.com akan membahas apa saja sih manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan, antara lain :

1. Mencegah penggumpalan darah

Salah satu penyebab penyakit stroke dan jantung adalah penggumpalan darah. Kandungan asam salisilat yang terdapat dalam kurma dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah dan dapat mengendalikan tekanan darah.

2. Berguna untuk perkembangan otot

Kurma segar mengandung protein yang lebih besar dibandingkan buah yang lain. Kurma pun memiliki kandungan lysine yang dapat berguna untuk stimulan otot untuk berkembang. Buah jeruk sebenarnya memiliki kandungan lysine juga. Namun kandungannya lebih rendah dari pada buah kurma.

Hal yang perlu dicatat adalah kandungan protein buah kurma kering itu jauh lebih rendah dibandingkan buah kurma yang segar. Jadi jika kamu ingin mendapatkan manfaat protein yang cukup dari buah kurma. Kamu harus mengkonsumsi buah kurma yang segar.

3. Sangat Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kurma memiliki kandungan karbohidrat yang sederhana yaitu fruktosa dan glukosa. Glukosa merupakan salah satu karbohidrat yang dapat mudah diserap oleh tubuh dan dalam penyerapannya membutuhkan insulin.

Dan furktosa adalah gula yang terdapat dalam kandungan nutrisi buah-buahan. Dalam proses masuknya gula tersebut ke dalam sel tidak membutuhkan insulin. Maka dari itu kurma aman untuk dikonsumsi Diabetes Melitus dan penderita tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan kerja otak dan daya ingat

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah kurma memiliki fungsi untuk melancarkan distribusi oksigen hingga sampai ke otak serta berguna untuk memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Sehingga dapat meningkatkan daya ingat serta kinerja otak.

5. Berfungsi melancarkan pencernaan

Serat larut merupakan kandungan yang berguna untuk membersihkan saluran pencernaan. Dan serat tak larut berguna untuk perkembanganan prebioatik baik yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membersihkan sistem pencernaan. Sehingga proses buang air besar atau BAB dapat lancar.

Dan kedua kandungan tersebut terdapat dalam buah kurma. Serat lancar terkandung dalam buah kurma yang masak dan serat tak lancar terkandung dalam buah kurma yang belum masak.

6. Mencegah penyakit rematik

Makan 15 buah kurma dalam satu hari dapat memenuhi kebutuhan mineral pada tubuh kamu seperti boron, sulfur, magnesium, dan kalsium. Karena buah kurma memiliki banyak mineral dibutuhkan untuk tubuh agar kesehatan tulang dan otot dapat terjaga dengan baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam kurma terdapat kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena kandungan kalium berguna untuk menstabilkan denyut jantung, mengatur tekanan darah dan mengaktifkan kontraksi otot-otot.

8. Mengobati penyakit demam berdarah

Buah kurma memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah trombosit. Menurut sebuah studi menunjukan persentase kadar trombosit ketika mengkonsumsi sari kurma meningkat 23.90% per hari, dibandingkan peningkatan kadar trombosit untuk yang tidak mengkonsumsi sari kurma hanya 8.09% per hari.

Kandungan yang terdapat disari kurma sangat berperan untuk meningkatkan produksi trombosit yaitu sejumlah karbohidrat antara lain arabinosa, galaktosa, manosa dan xilosa yang berguna sebagai bahan penyusun granula trombosit.

9. Mencegah kanker otak

Ketika kamu mengkonsumsi sekitar 15 butir kurma setiap harinya, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan magnesium hingga 80% dan kebutuhan sulfur sebanyak 70%. Karena dalam buah kurma terkandung mineral yang cukup tinggi. Kandungan mineral seperti boron, kalsium, potassium, sulfur dan magnesium yang berfungsi untuk pencegahan kanker otak.

10. Mencegah penyakit anemia

Kandungan kalsium dan zat besi yang terdapat dalam kurma sangat berperan untuk pembentukan sel darah merah. Dan juga kandungan asam akrobatnya yang berfungsi untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh. Jadi proses produksi hemoglobin dapat berlansung dengan baik.

Manfaat kurma untuk kecantikan

Selain buah kurma sangat baik untuk kesehatan. Buah kurma pun memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Berikut manfaat kurma untuk kecantikan :

1. Mengatasi kulit kusam

Kulit kusam biasanya itu kekurangan nutirisi. Sehingga untuk menjadikan kulit sehat perlu memerluan nutrisi yang mencukupi. Buah kurma mengandung banyak vitamin, antara lain : vitamin A yang berguna untuk menyingkirkan sel kulit kering atau mati, vitamin B5 yang berfungsi untuk memperbaiki kulit rusak yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Mencegah penuaan dini

Buah kurma kaya akan antioksidan yang efektif untuk melawan kerusakan pada kulit akibat radikal bebat. Dan kelebihan antioksidan yang dimiliki buah kurma yaitu bekerja dari luar dan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara teratur maka akan awet muda dan kulit menjadi kencang.

3. Mengatasi rambut bercabang dan kering

Buah kurma memiliki banyak kandungan vitamin. Asam pantotenat yang dimilki oleh buah kurma diperlukan untuk menjaga kesehatan rambur. Dan jika dikonsumsi secara teratur akan bisa mengatasi berbagai masalah rambut kering, rapuh dan bercabang.

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil

Dalam kurma memiliki kandungan yang bermanfaat untuk ibu hamin serta janin yang dikandungnya. Mineral dan berbagai vitamin  yang dimiliki buah kurma sangat berguna untuk menjaga kesehatan pada saat masa kehamilan. Berikut beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil :

1. Menambah energi

Ibu hamil sangat membutuhkan energi yang lebih dalam masa kehamilan. Kandungan glukosa yang terdapat dalam kurma dapat menambah energi pada tubuh ibu hamil untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Sangat baik sebagai perangsang saraf

Janin yang berada di dalam kandungan ibu hamil perlu mendapat asupan nutrisi. Kandungan kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk meningkatkan rangsangan pada saraf. Jika dikonsumsi secara rutin, buah kurma dapat mempertajam daya ingat dan meningkatkan kecerdasan otak.

3. Membantu pembentukan gigi

Kalsium yang terdapat pada buah kurma sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada janin. Dan salah satu cara mempercepat pertumbuhan gigi yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma  ketika hamil.

Manfaat buah kurma untuk diet

Diet sehat menggunakan buah kurma hanya bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki kondisi kesehatan bagus dan disarankan hanya dilakukan selama 7 hari aja. Kenapa ? karena diet sehat menggunakan kurma dapat menimbulkan lemas, mudah lelah. kurang berstamina dan lain sebagainya.

Diet sehat dengan kurma termasuk diet ketat karena hanya menggunakan dua makanan utama yaitu dengan kurma dan susu.

Cara pelaksaan diet dengan kurma yaitu setiap hari kamu harus makan kurma sebanyak 21 buah. Dan dibagi menjadi 3 kali jadwal makan. Misalkan menu sarapan yaitu 7 kurma dan segelas susu rendah lemak. Makan siang dan malam pun dengan menu yang sama dengan sarapan. Dan seterusnya sampai 7 hari.

Manfaat biji kurma

Buah kurma memang memiliki banyak manfaat. Dan ternyata tidak hanya daging buah kurma yang memiliki banyak manfaat. Ternyata biji kurma pun punya banyak kegunaan. Jadi bagi kamu yang mempunyai kebiasaan membuang biji kurma. Sebaiknya kebiasaan itu ditinggalkan, karena biji kurma juga memilki banyak manfaat. Berikut manfaat biji kurma, antara lain :

1. Bisa dijadikan untuk pengganti kopi

biji kurma kopi

lensax4.blogspot.co.id

Kopi sering untuk dijadikan sebagai minuman untuk teman dalam mengerjakan beberapa tugas. Dan beberapa khasiat kopi untuk tubuh antara lain, kesegaran mulut dan menambah stamina.

Biji kopi merupakan bahan pokok dalam pembuatan kopi. Namun tidak hanya menggunakan biji kopi untuk bisa membuat kopi. Tpi menggunakan biji kurma pun bisa dijadikan kopi. Masalah rasa, jangan khawatir, karena rasa kopi dari biji kurma hampir mirip dengan kopi sungguhan.

2. Dapat melembutkan daging

masakan daging empuk

masakanpraktisrumahan.com

Masalah terbesar ketika memasak daging adalah dikhawatirkan daging masih alot. Salah satu manfaat biji kurma adalah membantu melunakan daging masakan kamu. Caranya bisa dengan cara mencampurkan bersama bumbu masakan saat sedang dimasak. Jangan khawatir, hal itu tidak akan menganggu cita rasa dari masakanmu.

3. Dapat digunakan sebagai lulur

lulur kurma

www.muslimah.co.id

Biji kurma yang ingin digunakan sebagai bahan lulur harus dilembutkan dahulu. Dan sebaiknya dicampurkan dengan madu dan minyak zaiutn untuk bisa mendapatkan kulit yang cantik dan halus.

Leave a Reply