7 Manfaat Email Bagi Pelajar Dalam Menunjang Proses Pembelajaran

Manfaat Email Bagi PelajarElectronic Mail merupakan kepanjangan dari email yang memiliki arti surat elektronik. Secara garis besar email berguna untuk menjadi sarana mengirim pesan atau surat melalui jaringan internet. Keunggulan menggunakan email adalah dari segi waktu yang cepat. Jadi kamu tidak usah menunggu waktu yang lama agar pesan atau dokumen yang kamu kirim itu bisa sampai ke tujuan.

Dan email menjadi salah satu media yang dapat menunjung proses pembelajaran. Banyak pelajar yang terbantu dengan adanya email. Berikut 7 manfaat email bagi pelajar, antara lain :

COPY CODE SNIPPET

1. Sarana bertukar informasi

pixabay.com

Ketika kamu sebagai pelajar, mungkin kamu akan kesulitan untuk mengerjakan tugas. Dan salah satu cara untuk bisa mengerjakan tugas tersebut adalah dengan bertanya kepada seorang yang ahli. Jadi email bisa menjadi media yang tepat untuk bisa saling bertukar informasi.

2. Dapat mengerjakan tugas dimana saja karena tidak terikat dengan tempat

pixabay.com

Sebagian sekolah sudah menerapkan tugas-tugas muridnya untuk dikirim melalui email. Hal ini bisa menjadi suatu hal yang baik untuk para pelajar. Banyak para pelajar yang tidak bisa mengerjakan tugas di suatu tempat saja. Jadi mereka bisa mengerjakan di tempat yang dapat meningkatkan kosentrasi mereka, seperti perpustakaan, taman, kafe dan lain sebagainya.

3. Akses dunia pendidikan yang semakin luas

pixabay.com

Bagi pelajar yang ingin mendapatkan ilmu di luar dari kegiatan sekolah. Internet merupakan salah satu sumber ilmu yang mudah kamu dapatkan. Namun untuk bisa mengakses semua itu, kamu harus mempunyai email. Sebagian situs-situs memang mengharuskan untuk register dahulu untuk bisa mengakses berbagai artikel atau jurnal ilmiah online.

4. Menghemat biaya karena tugas tidak perlu memerlukan kertas

pixabay.com

Mungkin bagi sebagian pelajar yang memiliki uang saku yang cukup rendah. Dengan adanya tugas menggunakan email akan meringankan beban mereka. Karena tugas-tugas yang mengharuskan untuk dicetak memerlukan biaya yang tidak murah. Dan untuk para guru pun tidak perlu melihat mejanya berantakan karena banyaknya tugas para muridnya yang bertumpuk di meja. Dengan email tugas-tugas akan tersimpan rapi.

5. Sarana pengiriman dokumen

pixabay.com

Biasanya para pelajar kesulitan untuk mengirim dokumen-dokumen yang dapat mendukung tugasnya. Sering kali mereka menggunakan flash disk untuk memindahkan dokumen yang ada. Namun tidak semua pelajar memiliki flash disk. Sehingga terkadang mereka harus repot meminjam kepada teman yang mempunyai flash disk.

Dengan menggunakan email, kamu tidak perlu repot untuk meminjam flash disk. Karena dengan menggunakan email kamu bisa mengirimkan dokumen yang kamu butuhkan.

6. Media pembelajaran yang efektif

pixabay.com

Mungkin banyak para pelajar yang sudah jenuh dengan metode pelajaran yang bisa dibilang monoton. Dengan menggunakan email bisa jadi salah satu cara agar para pelajar tidak bosan dalam belajar. Dan juga terkadang ada sebagian pelajar yang merasa tidak adil dalam penilaian tugasnya. Karena biasanya mereka yang mengerjakan tugas terlambat dengan mereka yang mengerjakan tugas tepat waktu tidak memiliki perbedaan signifikan dalam penilaian.

Mungkin sang guru tidak tahu bahwa ada yang mengumpulkan diluar batas waktu yang sudah disepakati. Namun dengan menggunakan email, tugas yang masuk akan tercatat waktunya. Seorang guru akan bisa melihat jam dan tanggal tugas yang dikirim. Sehingga murid yang rajin dalam pengerjaan tugas bisa terlihat jelas di email.

7. Memperbanyak teman melalui situs jejaring sosial

pixabay.com

Dengan internet para penuntutu ilmu bisa menambah teman. Jejaring sosial seperti facebook, twitter atau instagram bisa jadikan sarana untuk menambah teman atau biasa disebut dengan teman dunia maya. Mereka bisa saling bertukar informasi dengan teman dunia mayanya. Mungkin ketika mereka  kesulitan dalam mengerjakan tugas, mereka bisa bertanya kepada mereka.

Namun untuk bisa menggunakan situs jejaring sosial.  Mereka terlebih dahulu harus mempunyai email. Karena ketika registrasi disalah satu situs jejaring sosial akan diminta memasukan email. Maka dari itu membuat email itu sangatlah penting.

Tambahan : membuat 2 akun email untuk pertemanan dan kegiatan belajar

pixabay.com

Sering kali kita menggunakan satu akun email untuk melakukan segala hal. Contohnya mendaftar facebook dan mengerjakan tugas-tugas dari guru dengan menggunakan akun email yang sama. Mungkin jika kamu menggunakan cara seperti itu. Di inbox email kamu akan terlihat berantakan. Karena notif facebook akan memenuhi inbox emailmu. Sehingga email tentang tugas-tugas akan tenggelam dan kamu akan sulit menemukannya ketika kamu mencarinya.

Maka saran dari saya, buatlah 2 email. Salah satu email kamu bisa menggunakan untuk have fun. Namun satu email lainnya kamu bisa gunakan untuk kegiatan belajar. Jadi akan terlihat rapi dan kamu bisa fokus untuk mengerjakan tugas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Yuk dishare, mungkin teman-teman membutuhkan artikel ini. Terima Kasih 🙂

 

Leave a Reply