Kapan Abu Bakar As-Siddiq Wafat?

Wafat Abu Bakar As-Siddiq Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah karena sakit yang dideritanya pada usia 61 tahun. Abu Bakar dimakamkan di rumah putrinya Aisyah di dekat Masjid Nabawi, yaitu di samping makam Nabi Muhammad SAW.
Abdullah bin Abu Quhafah (bahasa Arab: عبد الله بن أبي قحافة ‎; 573 – 23 Agustus 634 /21 Jumadil Akhir 13 H) atau yang lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq (bahasa Arab: أبو بكر الصديق ‎), adalah salah satu pemeluk Islam awal, salah satu sahabat utama Nabi, dan khalifah pertama yang di- bai’at sepeninggal Nabi Muhammad wafat.

Kapan Abu Bakar wafat?

Abu Bakar wafat pada malam Senin. Ada juga yang mengatakan setelah maghrib (malam Selasa) dan dikebumikan pada malam itu juga tepatnya pada 22 Jumadil Akhir 13 H atau 23 Agustus 634 M, setelah beliau menderita sakit selama 15 hari. Beliau wafat pada usia 63 tahun persis dengan usia Nabi.

Apa Penyebab wafat Abu Bakar?

Kendati Abu Bakar dikenal sebagai sosok yang lemah lembut, tetapi dalam mengikuti sunnah dan manhaj Rasulullah, dia sangat tegas. Dia wafat dalam keadaan sakit demam. Sejumlah sejarawan sepakat tentang hal itu. Namun, mereka berbeda pendapat tentang penyebab demamnya.

You might be interested:  Kapan Tanggal 27 Rajab 2021?

Apa Penyebab Abu Bakar jatuh sakit dan wafat?

Ibnu Katsir menyebut, penyebab Abu Bakar jatuh sakit dan wafat adalah karena keracunan makanan. Abu Bakar wafat pada malam Senin. Ada juga yang mengatakan setelah maghrib (malam Selasa) dan dikebumikan pada malam itu juga tepatnya pada 22 Jumadil Akhir 13 H atau 23 Agustus 634 M, setelah beliau menderita sakit selama 15 hari.

Apakah Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat di malam hari?

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, “Abu Bakar ash-Shiddiq wafat pada hari senin di malam hari, ada yang mengatakan bahwa Abu Bakar wafat setelah Maghrib (malam selasa) dan dikeburnikan pada malam itu juga yaitu tepatnya 8 hari sebelurn berakhirnya bulan Jumadil Akhir tahun 13 H, setelah beliau mengalami sakit selama 15 hari.

Kapan khalifah Abu Bakar As Siddiq wafat?

Sebelum meninggal, Abu Bakar mewasiatkan bahwa Umar ditunjuk sebagai khalifah kedua yang menggantikannya. Akhirnya pada 23 Agustus 634, Abu Bakar meninggal karena sakit dan dimakamkan di samping makam Nabi Muhammad SAW.

Kapan Abu Bakar As Siddiq meninggal brainly?

Pada Senin 21 Jumadilakhir tahun ke-13 hijrah atau 22 Agustus 634 Masehi, Abu Bakar Ash Shiddiq wafat.

Kapan Abu Bakar lahir dan wafat?

Sebagian mengatakan karena dirinya berwajah cerah. Abu Bakar Ash Shiddiq lahir pada 573 M dan meninggal dunia 23 Agustus 634 M. Dia merupakan sahabat dan penasihat terdekat Nabi Muhammad SAW.

Setelah Nabi Muhammad wafat siapa yang menjadi khalifah?

Khulafaur Rasyidin ini dapat diartikan secara harfiah sebagai para pemimpin yang mendapatkan petunjuk. Empat sahabat Rasul yang termasuk dalam khulafaur rasyidin adalah Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

You might be interested:  Kapan Konser Kemenangan Lida 2021?

Siapa yang pertama kali membaiat khalifah Abu Bakar?

Di mana Umar dan Abu ubaidah bangkit menuju Abu Bakar lalu membaiatnya sebagai Khalifah. Setelah terlebih dahulu Basyir bin Sa‟d membaiatnya.

Siapakah pengganti setelah Abu Bakar?

Abu Bakar menunjuk langsung Umar bin Khattab sebagai penggantinya dengan mempertimbangkan situasi politik yang ada.

Bagaimana kisah wafatnya Abu Bakar As Siddiq?

Diketahui, Abu Bakar mengalami sakit demam beberapa hari sebelum wafat. Dia menghembuskan nafasnya yang terakhir pada sore hari, setelah matahari terbenam. Abu Bakar dimakamkan pada malam hari di samping makam Nabi Muhammad SAW.

Kapan Abu Bakar menjadi khalifah?

Sesudah Nabi Muhammad wafat, Abu Bakar menjadi khalifah Islam yang pertama pada tahun 632 sampai tahun 634 M. Lahir dengan nama Abdullah bin Abi Quhafah, beliau adalah satu di antara empat khalifah yang diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi ajar..