Kapan Dana Taperum Pensiunan Cair?

Jakarta, 20 Agustus 2021 – Setelah sukses bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk melakukan proses pencairan dana Tabungan Perumahan (Taperum) tahap ketiga di akhir Juli lalu, kini BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat) kembali mencairkan dana Taperum kepada PNS yang

Taperum pensiunan 2021 kapan cair?

Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing mulai 20 Agustus 2021, melalui Taspen sesuai hasil verifikasi dan validasi data, jadi PNS pensiun cukup di rumah saja”, ungkap Ari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/8).

Kapan Taperum Tahap 4 cair?

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mencairkan dana Taperum tahap keempat kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun di periode Januari hingga April 2021.

Berapa dana Taperum diterima?

Hingga Maret 2021, BP Tapera telah mencairkan dana sejumlah Rp 1,58 triliun kepada 383.509 PNS pensiun dan ahli waris. Jumlah penerima dana tersebut hampir mencapai 50 persen dari seluruh target penerima dana Taperum.

BP Tapera pensiunan kapan cair?

JAKARTA, KOMPAS.com – BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat) kembali mencairkan dana Taperum kepada PNS yang pensiun di periode Januari – April 2021.

You might be interested:  Ke Puncak Harus Rapid Test Antigen Sampai Kapan?

Uang pensiun setiap tanggal berapa?

Mengutip laman Badan Kepegawaian Negara (BKN), tanggal gajian PNS baik di instansi pusat dan pemerintah daerah adalah setiap tanggal 1 setiap bulannya. ‘PNS menerima gaji setiap tanggal 1 setiap bulan,’ kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama kepada CNBC Indonesia, Kamis (25/11/2021).

Berapa dana Taperum PNS?

Sejak awal operasional Bapertarum-PNS, setiap PNS diwajibkan untuk mengiur sejumlah dana dari gajinya sesuai dengan golongan masing-masing, yaitu mulai dari Rp 3.000,00 untuk Golongan I, hingga Rp 5.000,00, Rp 7.000,00, dan Rp 10.000,00 untuk Golongan II, III, dan IV berturut-turut.

Kapan pencairan Taperum Tahap 5?

Pengembalian dana tabungan perumahan PNS Tahap I tanggal 19 Januari 2021 kepada 367.740 orang, Tahap II tanggal 10 Maret 2021 kepada 15.859 orang, Tahap IV tanggal 20 Agustus 2021 kepada 48.056 orang dan Tahap V tanggal 26 November 2021 kepada 48.073 orang telah dilaksanakan melalui PT Taspen (Persero) dengan mekanisme

Apakah Tapera bisa diambil sebelum pensiun?

Tapera bisa dicairkan sebelum pensiun, syaratnya: Meninggal atau menganggur 5 tahun.

Apakah PNS aktif dapat uang Taperum?

PNS aktif yang ditetapkan menjadi Peserta Tapera adalah PNS yang tercatat aktif sebagai pegawai di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai hasil verifikasi data oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diterima BP Tapera.

Apakah semua PNS adalah peserta Tapera?

Sedangkan, Tapera adalah program tabungan perumahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari PNS, TNI/Polri, pekerja swasta, pekerja mandiri, hingga pengusaha dapat menjadi peserta Tapera.

Berapa tarif iuran pensiun PNS?

Adapun skema pensiunan PNS yang saat ini berlangsung atau dikenal dengan pay as you go, perhitungannya adalah diambil dari hasil iuran PNS sebesar 4,75% dari gaji pokok dan dihimpun oleh PT Taspen (Persero).

You might be interested:  Kapan Perang Aceh Dimulai?

Berapa lama proses pencairan dana Taspen?

Untuk klaim yang dinyatakan sudah memenuhi syarat, proses klaim tunai di Taspen maksimal 60 menit dan proses klaim metode pembayaran transfer maksimal 2 hari berlaku.

Berapa lama proses pencairan uang duka Taspen?

Pengajuan Uang Duka Wafat ini akan diproses selama kurang lebih 14 hari kerja oleh pihak Taspen.

Apakah dana pensiun bisa di cairkan?

Melalui aturan baru tersebut, kini dana JHT baru bisa dicairkan ketika peserta BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) memasuki masa pensiun, yakni usia 56 tahun.