Kapan Film G30S Dibuat?

Film Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI atau lebih dikenal Film G30S/PKI dirilis perdana pada 1984. Film yang diproduksi oleh Pusat Produksi Film Negara (PFN) ini tayang di bioskop dan wajib ditayangkan di TVRI setiap 30 September malam. Mengutip Intisari, film ini diakui para pembuatnya sebagai docudrama, drama dokumenter, bukan dokumenter.

Kapan film Pengkhianatan G30S pertama kali ditayangkan di televisi?

Film ‘Pengkhianatan G30S /PKI’ pertama kali ditayangkan di televisi pada 30 September 1985, tepatnya di TVRI. Sebelumnya film itu juga sempat ditayangkan di layar tancap atau bioskop di DKI Jakarta. Penayangannya bahkan memecahkan rekor penonton DKI.

Kapan film Pengkhianatan G30S/PKI dirilis?

Film Pengkhianatan G30S/PKI tersebut dibuat oleh pemerintah Orde Baru dan dirilis pertama kali pada tahun 1984. Sejak itu, film tersebut diwajibkan untuk ditayangkan di televisi nasional hingga Orde Baru berakhir pada 1998.

Apa itu film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI?

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI dianggap sebagai film propaganda Soeharto agar paham komunisme yang pernah besar di Indonesia, bahkan sempat menjadi tiga pilar kekuatan politik utama yang dirumuskan Bung Karno yakni Nasakom (Nasionalis, Agama, Komunis), musnah untuk selama-lamanya di negeri ini.

Bagaimana kronologi film G30S/PKI?

Kronologi film G30S/PKI Kronologi penculikan hingga kematian korban G30S/PKI tergambar dalam film yang disutradarai Arifin C. Noer. Arifin juga bertindak sebagai penulis bersama Nugroho Notosusanto yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dikutip dari Sumber Belajar Kemendikbud, berikut kronologi G30S/PKI yang patut diperhatikan: 1.