Kapan Hari Isra Mi Raj?

Isra Miraj biasa diperingati pada tanggal 27 Rajab kalender Islam atau Hijriah. Namun, ada juga beberapa perbedaan pendapat mengenai kapan terjadinya Isra Miraj, seperti yang dituliskan Ibnu Hajar Al-Asqalani dan Jalaluddin As-Suyuti dalam buku Isra Miraj.
Lalu Kapan peristiwa Isra Mi’raj terjadi? Isra Mi’raj terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 M, yaitu 3 tahun sebelum hijrah. Pengertian Isra Mi’raj

Apa itu hari Isra Mi’raj?

Hari Isra Mi’raj merupakan salah satu hari libur nasional di Indonesia. Hari raya ini jatuh setiap tanggal 27 bulan Rajab atau bulan ketujuh dalam kalender penanggalan Islam. Silakan gulir ke bagian bawah halaman untuk tanggal tahun-tahun sebelumnya.

Kapan Isra Mikraj terjadi?

Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mikraj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.

Apa perbedaan antara perjalanan Isra dan Mi’raj?

Isra dan Mi’raj adalah dua peristiwa yang berbeda. Menurut Ustadz Jeje Zainuddin, perjalanan Isra dan Mi’raj terdiri dari dua bagian peristiwa yang penting. Pertama, peristiwa Isra, yaitu perjalanan Nabi di malam hari yang mengagumkan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina yang ditempuh hanya dalam hitungan jam.