Kapan Hari Santri Nasional 2021?

KOMPAS.com – Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Tema yang diusung dalam Hari Santri 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga.

Kapan Hari Santri Nasional ditetapkan?

Dasar perngatan ini atas Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Presiden Joko Widodo lah yang menandatanginya. Semula, Hari Santri Nasional akan ditetapkan pada 1 Muharram.

Apa itu Hari Santri Nasional 10 November?

Sejarah Hari Santri Nasional 10 November merupakan hari yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia. Pasalnya, pada tanggal tersebut merupakan hari terjadinya peristiwa heroik yakni pada pertempuran Arek-arek Surabaya melawan pasukan Netherlands-Indies Civil Administration /NICA.

Apa Arti logo Hari Santri Nasional 2021?

Sementara warna-warni pada logo Hari Santri Nasional tahun 2021 ini merupakan gambaran dari luapan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan Ilahi Rabbi. Hari Santri Nasional 2021 mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’.

You might be interested:  Laudya Cynthia Bella Cerai Kapan?

Apa yang dimaksud dengan Hari Santri Nasional?

Hari Santri Nasional, sejarah kelahiran peringatannya dan penetapan Hari Santri pada 22 Oktober 2015. tirto.id – Peringatan Hari Santri Nasional memiliki makna sebagai bentuk apresiasi terhadap supremasi perjuangan santri dan ulama pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

22 Oktober 2021 memperingati hari apa?

SELAMAT MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL, 22 OKTOBER 2021 | SMPN 13 Kota Malang.

Hari Santri pada tanggal berapa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan peringatan Hari Santri dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015. Dalam Keppres tersebut, setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Hari Santri ditetapkan Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Hari Santri pertama tahun berapa?

Sejarah Hari Santri Nasional. Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri mengacu pada peristiwa yang terjadi pada 22 Oktober 1945. Ketika itu, KH Hasyim Asy’ari yang menjabat sebagai Rais Akbar PBNU menetapkan fatwa dalam melawan kolonial di Surabaya yang disebut sebagai Resolusi Jihad.

22 Oktober hari apa tanggal merah?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang bepergian ke luar daerah dan mengambil cuti selama libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 18 hingga 22 Oktober 2021.

Hari ini 22 Oktober memperingati hari apa?

Hari Santri ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015. Keppres ini ditandatangani pada 15 Oktober 2015. Sejak saat itu, Hari Santri rutin diperingati tiap 22 Oktober. Pada tahun ini, Kementerian Agama menetapkan tema Hari Santri 2021 yakni Santri Siaga Jiwa Raga.

Mengapa tanggal 22 Oktober Peringatan Hari Santri?

Penetapan ini dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keIndonesiaan yang digelorakan para ulama. Dua puluh dua Oktober dipilih karena bertepatan dengan satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

You might be interested:  Kapan Kartu Prakerja Gelombang 13 Diumumkan?

Apakah besok Hari Santri?

TRIBUNNEWS.COM – Hari Santri diperingati pada tanggal pada 22 Oktober 2021, besok.

Kenapa harus ada Hari Santri?

Berikut sejarah hari santri dan alasan kenapa diperingati tiap tanggal 22 Oktober. Hari Santri merujuk pada peristiwa seruan Resolusi Jihad yang diprakarsai oleh Ulama dan Pahlawan Nasional Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Siapa Pencetus Hari Santri?

Sejarah Hari Santri: Bermula dari Resolusi Jihad

Melansir dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), lahirnya Hari Santri bermula dari fatwa yang disampaikan Pahlawan Nasional KH Haysim Asy’ari.

Apa sih Hari Santri?

Liputan6.com, Jakarta – Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Memiliki latar belakang sejarah yang panjang, bagaimana awal mula hari santri? Tanggal tersebut berkaitan dengan sejarah Resolusi Jihad, yakni momentum para santri bergabung dengan seluruh elemen bangsa untuk melawan penjajah.

Apa Hari Santri itu?

Suara.com – Hari Santri diperingati dengan tujuan untuk memperingati peran kaum kiai dan kaum santri dalam melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH Hasyim Asyari tanggal 22 Oktober 2021.

Apakah ada tanggal merah di bulan Oktober?

Oleh karena itu, tanggal merah pada bulan Oktober 2021 ditetapkan hanya 1 yaitu pada tanggal 20 Oktober 2021. Sebelumnya pemerintah juga melakukan perubahan hari libur nasional dan cuti bersama pada hari libur tahun baru Islam 1443 H yang awalnya jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021, diubah menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.

Hari Kartini tanggal merah apa tidak?

Hari Kartini tidak ditetapkan sebagai hari libur

Kendati diperingati setiap tahun, tepatnya pada 21 April, kalender Indonesia tidak menetapkan Hari Kartini sebagai tanggal merah. Oleh karena itu, Hari Kartini bukan termasuk hari libur nasional.

You might be interested:  Season 3 Penthouses Kapan?

Hari Raya tahun 2022 jatuh pada tanggal berapa?

KOMPAS.com – Libur Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama akan segera usai beberapa hari lagi. Tanggal libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri sendiri sudah berlangsung sejak Jumat, 29 April 2022 lalu dan akan berakhir pada Minggu, 8 Mei 2022 mendatang.

Apa itu Hari Santri Nasional 2021?

KOMPAS.com – Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Tema yang diusung dalam Hari Santri 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga. Perayaan Hari Santri Nasional diselenggarakan bertujuan mengenang sejarah santri dan perjuangannya dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapan Hari Santri Nasional ditetapkan?

Dasar perngatan ini atas Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Presiden Joko Widodo lah yang menandatanginya. Semula, Hari Santri Nasional akan ditetapkan pada 1 Muharram.

Apa Arti logo Hari Santri Nasional 2021?

Sementara warna-warni pada logo Hari Santri Nasional tahun 2021 ini merupakan gambaran dari luapan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan Ilahi Rabbi. Hari Santri Nasional 2021 mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’.

Apa itu Hari Santri Nasional?

Sebagaimana yang kita ketahui, hari santri nasional merupakan peringatan sebagai wujud menghormati dan mengingat jasa para ulama dan santri yang telah berjuang dalam kemerdekaan Indonesia. Dasar perngatan ini atas Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.