Kapan Mandi Wajib Setelah Berhubungan Di Bulan Puasa?

Kapan waktu terbaik untuk mandi wajib di bulan puasa? Bergantung pada kapan hubungan intim dilakukan, akan jauh lebih baik jika langsung mandi wajib sesudahnya. Misalnya apabila hubungan intim dilakukan malam hari, maka mandi wajib bisa dilakukan sebelum sahur.
Selama bulan Ramadhan, pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim diharuskan mandi junub sebelum menjalankan ibadah puasa. Lantas, kapan batas waktu mandi junub setelah berhubungan intim? Jawabannya yakni setelah sahur atau sebelum imsak dan sebelum sholat Subuh.

Kapan batas waktu mandi junub di bulan puasa?

Muslim no. 330). Dari uraian di atas, maka jelas bahwa batas waktu mandi junub pada saat puasa adalah sebelum matahari terbit atau waktu salat Subuh berakhir. Meskipun telat mandi junub, namun tidak membatalkan puasa dan ibadah yang dilakukan tetap sah.

Apakah puasa tidak sah jika belum mandi junub?

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya mengatakan bahwa jika ada pasangan suami istri belum sempat mandi besar atau junub hingga masuk waktu subuh, puasanya tetap sah. Sebab, hubungan suami-istri dilakukan sebelum puasa. Hanya mandi besarnya saja yang dilakukan setelah subuh.

Apakah boleh mandi junub di siang hari saat puasa?

“Mandi wajib tidak membatalkan puasa. Puasanya tetap sah. Cuma kalau mandinya di siang hari, berarti nggak salat Subuh dong. Karena untuk bisa salat Subuh harus suci dari hadas kecil dan hadas besar,” kata Abdul Muid Nawawi kepada JawaPos.com.

You might be interested:  Kapan Bayi Kembar Bisa Dideteksi?

Bagaimana hukum puasa setelah berhubungan intim tidak mandi?

Menurut Nana, orang yang belum mandi junub diperbolehkan makan sahur terlebih dahulu. Baru ketika memasuki waktu subuh, mereka mandi, dan salat Subuh. Dengan begitu ibadah puasa masih sah dilakukan.

Sah kah puasa seseorang yang mandi junub di pagi hari jam 6?

Menurut UAS, mandi junub sebelum subhu atau sesudah subuh tidak ada masalah.

Apa boleh mandi junub setelah matahari terbit?

Menjawab permasalahan tersebut, Buya Yahya mengatakan bahwa orang yang berhadats besar (junub) di malam hari kemudian tidak sempat mandi hingga masuk waktu subuh baik itu karena tertidur atau sengaja menunda mandi sampai subuh, maka puasa orang tersebut adalah tetap sah.

Apa hukum orang yang tidak mandi junub?

Orang yang keluar mani dan dia tidak mandi junub, masuk dalam kasus, orang yang meninggalkan salah satu syarat sah salat. Ketika seseorang tidak mandi junub karena dia tidak tahu hukumnya, berarti dia meninggalkan salah satu syarat sah salat, karena tidak tahu.

Apakah mandi junub boleh dilakukan kapan saja?

Menurutnya, mandi junub sebaiknya dilakukan sebelum salat Subuh atau setelah sahur sebelum waktu Imsak. ‘Intinya sebelum mulai beribadah, kan kalau mau salat Subuh harus suci tidak ada hadas, jadi sebelum salat Subuh harus sudah mandi,’ kata dia saat dihubungi secara terpisah.

Apakah boleh puasa setelah berhubungan suami istri?

Dalam hadis dijelaskan bahwa puasa setelah berhubungan intim adalah sesuatu yang dibolehkan. Selain itu, Imam Muslim dalam riwayat dari Ummu Salamah RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW tidak meng-qadha puasanya saat itu.