Kapan Megalodon Punah?

Kepunahan hiu mega Kita tahu bahwa megalodon telah punah pada akhir Pliosen (2,6 juta tahun yang lalu), ketika planet ini memasuki fase pendinginan global. Kapan tepatnya megalodon terakhir mati tidak diketahui, tetapi bukti baru menunjukkan bahwa itu terjadi setidaknya 3,6 juta tahun yang lalu. Bagaimana semua Megalodon mati?
Selama hidup mereka, Megalodon juga mendominasi sebagai predator puncak di laut selama sekitar 20 juta tahun. Namun 2,5 juta tahun yang lalu, hiu ini punah. Penyebab kepunahan spesies ini pun menjadi tanda tanya pasalnya hingga kini pun ilmuwan tidak sepenuhnya mengerti mengapa mereka punah.

Mengapa megalodon dikatakan punah?

Alasan pertama kenapa Megalodon dikatakan punah adalah karena selama ini tidak ada bukti sama sekali soal keberadaannya. Jangankan tangkapan hewan asli, foto atau video pun tidak ada. Jika ada pun hal tersebut sulit diterima, seperti foto bukti Lochness yang sampai sekarang jadi perdebatan itu.

Apa penyebab kepunahan megalodon?

Kemungkinan para pesaing ini menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan kepunahan megalodon. Hiu ini lebih menyukai perairan hangat, sehingga terdapat kemungkinan bahwa kemunduran spesies ini juga diakibatkan oleh zaman es yang memicu pendinginan samudra, penurunan permukaan laut, dan hilangnya tempat kelahiran dan pertumbuhan anak megalodon.

Apakah megalodon masih berenang?

Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 meter dengan bobot tubuh yang bisa menyentuh angka 50an ton. Belum lagi soal kekuatan rahangnya yang dikatakan bisa mengunyah apa pun dengan sangat mudah. Megalodon diperkirakan sudah punah sejak 1,6 juta tahun lalu. Namun demikian banyak yang percaya jika hewan super besar ini masih berenang bebas di lautan.