Kapan Omicron Masuk Indonesia?

TRIBUNNEWS.COM – Omicron adalah varian baru hasil dari mutasi dan kombinasi virus corona yang memiliki nama lain B.1.1.529. Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada tanggal 24 November 2021. Omicron juga telah terdeteksi masuk ke Indonesia, terkonfirmasi sejak Rabu, 15 Desember 2021.
Kementerian Kesehatan telah melakukan pelacakan asal muasal masuknya virus Covid-19 varian Omicron ke Indonesia dengan kasus pertama diduga berasal dari warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nigeria pada tanggal 27 November 2021.

Apakah varian Omicron masuk Indonesia?

Varian Omicron masuk Indonesia terkonfirmasi setelah ada satu pekerja Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta, terkonfirmasi Corona varian Omicron. Pasien tersebut diketahui berinisial N.

Kapan kasus Omicron di Indonesia terdeteksi?

Terdeteksinya kasus Omicron di Indonesia membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penelusuran dengan mencari sumber dalam waktu 14 hari ke belakang. Kemenkes menelusuri semua kasus WNI positif di Wisma Atlet pada 24 November-3 Desember 2021. Kasus Omicron di Indonesia pertama kali terdeteksi pada pasien TF.

Bagaimana kronologi temuan varian Omicron pertama di Indonesia?

Adapun, kronologi temuan varian Omicron pertama di Indonesia ini berawal saat 8 Desember 2021, dilakukan pemeriksaan sampel rutin tim Wisma Atlet. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari rutinitas para pekerja di sana. Dari hasil tes PCR yang dilakukan, tiga pekerja dinyatakan positif Covid-19.

Apa itu kasus Omicron?

Kasus Omicron di Indonesia pertama kali terdeteksi Rabu (15/12). Kasus ini bermula dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja tiba dari Nigeria pada 27 November 2021 lalu. Kemudian dijumpai kasus Omicron di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara. Masuknya varian ini bermula dari salah satu pekerja pembersih Wisma Atlet yang berinisial N.