Kapan Provinsi Riau Dimekarkan?

Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru.

Kapan hasil pemekaran provinsi Kepulauan Riau?

Perjuangan BP3KR akhirnya membuahkan hasil dengan pemekaran provinsi Kepulauan Riau dari Riau pada tanggal 24 September 2002. Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau.

Apa yang dimaksud dengan Provinsi Kepulauan Riau?

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

You might be interested:  Kapan Umptkin 2021 Dibuka?

Berapa persentase agama penduduk di Provinsi Kepulauan Riau?

Adapun persentase agama penduduk di provinsi Kepulauan Riau adalah Islam 78,25%, kemudian Kristen Protestan 11,91%, Buddha 7,15%, Katolik 2,47%, Konghucu 0,16%, Hindu 0,05% dan Kepercayaan 0,01%. Bahasa yang dipakai adalah bahasa resmi yaitu Bahasa Indonesia dan ada juga yang menggunakan bahasa Melayu.

Apa saja potensi peternakan di Provinsi Kepulauan Riau?

Potensi di bidang peternakan difokuskan pada ternak itik, ternak sapi, ternak ayam, ternak babi, dan ternak kambing yang umumnya masih dilaksanakan oleh peternakan kecil. Hampir diseluruh wilayah kabupaten/kota di provinsi Kepulauan Riau berpotensi untuk diolah menjadi lahan pertanian, dan peternakan mengingat tanahnya subur.

Kapan Provinsi Riau di bentuk?

Provinsi Riau hari ini 9 Agustus 2021 memasuki usia 64 tahun. HUT Riau ini ditetapkan pada tanggal 9 Agustus 1957 berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat I Riau Nomor 11 Tahun 1999 tentang Penetapan Hari Jadi Provinsi Daerah Tingkat I Riau.

Apa sajakah provinsi yang mekar di Provinsi Riau?

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau.

Siapakah tokoh pendiri Provinsi Riau?

( 9 Agustus 1957 – 9 Agustus 2020 )

Ingat sejarah kita semua tak menapikan sosok pejuang pendiri Provinsi Riau, dia adalah Buya Ma’rifat Mardjani.

Dimanakah Ibu Kota provinsi yang dimekarkan dari Provinsi Riau itu?

Setelah kejatuhan Orde Baru, Riau menjadi salah satu sasaran provinsi yang akan dimekarkan. Pada tahun 2002, pemerintah menetapkan pemekaran Kepulauan Riau yang beribu kota di Tanjung Pinang, dari provinsi Riau.

Tanggal berapakah Provinsi Riau resmi dibentuk brainly?

Jawaban. ‘Pembentukan Provinsi Riau ditetapkan dengan Undang-undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957. Kemudian diundangkan dalam Undang-undang Nomor 61 tahun 1958.

You might be interested:  Sianida Series Kapan Tayang?

Riau termasuk provinsi apa?

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru.

Apa saja 34 provinsi yang ada di Indonesia?

Daftar 34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya

Nomor Nama Provinsi Ibukota
1 Nanggroe Aceh Darussalam Banda Aceh
2 Sumatera Barat Padang
3 Sumatera Utara Medan
4 Sumatera Selatan Palembang

Apa nama ibu kota Provinsi Riau?

Lalu berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri No. Desember /I/44-25 pada tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru secara rsemi menjadi ibukota Provinsi Riau menggatikan Tanjung Pinang.

Pekanbaru termasuk Sumatera Apa?

Kemudian pada tanggal 19 Maret 1956, berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1956, Pekanbaru (Pakanbaru) menjadi daerah otonom kota kecil dalam lingkungan Provinsi Sumatra Tengah.

Siapa nama Gubernur Riau yang pertama?

Pertanian dan Pertambangan

Nama-nama Pejabat Gubernur Riau
1. Mr. S.M. Amin 1958-1960
2. H. Kaharudin Nasution 1960-1966
3. H. Arifin Ahmad 1966-1978
4. H.R. Subrantas. S 1978-1980

Siapa saja tokoh tokoh sastra di Riau?

Sastrawan – Budayawan

  • Soeman Hs, sastrawan, budayawan.
  • Sutardji Calzoum Bachri, penyair.
  • Tenas Effendy, sastrawan.
  • Asrizal Nur, penyair.
  • Siapa saja pahlawan dari Riau yang kamu ketahui?

    Hal itu agar semakin banyak masyarakat Riau yang mengetahui tentang usulan Mahmud Marzuki dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai Pahlawan Nasional.

    Apa nama kecamatan Riau?

  • Air Putih.
  • Kelapapati.
  • Kelemantan.
  • Ketam Putih.
  • Meskom.
  • Pangkalan Batang.
  • Pedekik.
  • Pematang Duku.
  • Dimana letak kerajaan Riau?

    Jawaban. letaknya kerajaan islam di provinsi riau di ( mesjid raya pekanbaru), dan masjid agung pasir pangarian.

    Kota di Riau ada berapa?

    Provinsi Riau terdiri dari 10 kabupaten, 2 kotamadya, 169 kecamatan, 268 kelurahan dan 1.591 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 5.980.805 jiwa dengan total luas wilayah 87.023,66 km².

    You might be interested:  Kapan Cbr150R 2021 Rilis?

    Apa yang dimaksud dengan provinsi Riau?

    PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka.

    Berapa jumlah penduduk di Riau?

    Pada tahun 2018, jumlah penduduk Provinsi Riau sebanyak 6.074.647 jiwa (sumber : Data Konsolidasi Semester II Tahun 2018 Ditjen Dukcapil Kemendagri RI).Rata-rata kepadatan penduduk di Provinsi Riau 69.80 org/km2 dengan Laju Pertumbuhan Penduduk sekitar 0.75%).

    Siapa Gubernur KDH Provinsi Riau pertama kali?

    Melalui keputusan Presiden RI pada tanggal 27 Februari tahun 1958 No.258 / M / 1958, Mr.SM Amin ditugaskan sebagai Gubernur KDH Provinsi Riau pertama kali pada 5 Maret 1958 di Tanjung Pinang oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekjen Mr. Sumarman.

    Apa saja sumber daya alam di provinsi Riau?

    Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Berikut profil lengkap kabupaten dan kota di Provinsi Riau: