Kapan Sidang Pertama Dan Kedua Bpupki?

Sidang pertama BPUPKI diadakan tepat pada tanggal 2 Mei – 1 Juni 1945. Sementara sidang kedua BPUPKI diadakan pada tanggal 11 Juli sampai dengan 14 Juli 1945. Selain itu juga sering diadakan pertemuan tidak resmi antar anggota maupun panitia kecil BPUPKI.
Sidang BPUPKI adalah sidang yang diadakan untuk merumuskan dasar negara Indonesia. Waktu persidangan BPUPKI yaitu 29 Mei-1 Juni 1945 (sidang pertama), 10-17 Juli 1945 (sidang kedua), dan 2 Juni-9 Juli (sidang tidak resmi, yang berlangsung antara sidang resmi pertama dan kedua).
Sidang BPUPKI dilaksanakan sebanyak dua kali sebelum kemerdekaan Indonesia. Siang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10-16 Juli 1945. BPUPKI atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada pada 1 Maret 1945.

Kapan sidang pertama BPUPKI berlangsung?

Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada 29 Mei-1 Juni 1945. Pada sidang pertama BPUPKI tersebut membahas perumusan dasar negara Republik Indonesia.

You might be interested:  Kapan Nagita Slavina Kelahiran Anak Kedua?

Kapan Sidang Kedua BPUPKI dilaksanakan?

Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 1945 sampai 17 Juli 1945. Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia.

Kapan sidang resmi BPUPKI?

BPUPKI kembali menggelar sidang resmi untuk kedua kalinya yang dilaksanakan tanggal 10-17 Juli 1945 di tempat yang sebelumnya untuk menghelat sidang pertama sama, yakni Gedung Chuo Sangi In (kini Gedung Pancasila), Jakarta Pusat. Rancangan undang-undang dasar. Rancangan bentuk negara, wilayah negara dan kewarganegaraan.

Kapan sidang BPUPKI pertama?

Sidang pertama BPUPKI pada tangal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 merumuskan tentang dasar negara Indonesia.

Kapan sidang BPUPKI kedua?

Pemerintah Jepang kemudian membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) untuk melanjutkan kerja BPUPKI. Nah, itulah hasil sidang BPUPKI kedua yang dilaksanakan pada tanggal 10-17 Juli 1945.

Apa hasil sidang pertama?

Sidang ini dipimpin oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat dengan 12 anggotanya. Pada hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Rumusan dasar negara Indonesia datang dari tiga tokoh utama kemerdekaan, yaitu Mohammad Yamin, Soekarno, dan Mr. Supomo.

Apa hasil sidang BPUPKI yang pertama dan yang kedua?

Simpulan: Sidang pertama BPUKI merumuskan rancangan UUD lewat bantuan panitia 9. Pada sidang kedua, BPUPKi merumuskan 3 bagian pokok yang akan dicantumkakn sebagai dasar negara, yakni pernyataan kemerdekaan Indonesia, pembukaan, dan batang tubuh undang-undang dasar.

BPUPKI di ketuai oleh siapa?

BPUPKI diketuai oleh Dr Radjiman Wedyodiningrat. Wakil Ketua BPUPKI adalah Icibangase dari Jepang. Sedangkan,Wakil Ketua BPUPKI yang berasal dari Indonesia adalah R P Soeroso yang juga merangkap sebagai sekretaris.

Sidang BPUPKI membahas tentang apa?

Sidang BPUPKI pertama membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia. Ada tiga tokoh yang memaparkan rumusan dasar negara, yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

You might be interested:  Kapan Hari Girlfriend 2021?

Kesepakatan apa yang dihasilkan dalam sidang kedua BPUPKI pada tanggal 10 17 Juli 1945 berhubungan dengan rumusan dasar negara?

Jawaban: Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia.

Apa kesepakatan yang dicapai pada sidang BPUPKI tanggal 16 Juli 1945?

Pada sidang kedua tanggal 16 Juli 1945 ketua BPUPKI memastikan bahwa semua anggota setuju dengan laporan hasil kerja Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Selain itu, diterima usul-usul dari panitia keuangan dan panitia pembelaan tanah air.

Dimana sidang BPUPKI ke 2 dilaksanakan?

Jawaban. BPUPKI melakukan dua kali sidang, pertama pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945, dan yang kedua pada 10 – 17 Juli 1945, keduanya dilangsungkan di Gedung Chou Shangi In, Jakarta.

Apa hasil dari sidang PPKI?

Hasil sidang pertama PPKI adalah pengangkatan Ir. Soekarno menjadi presiden dan Drs. Moh Hatta menjadi wakil presiden. Usulan tersebut diajukan secara aklamasi. Setelah itu, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai presiden dan wakil presiden secara sah.

Apa hasil sidang PPKI ke 2?

Hasil sidang PPKI kedua adalah pembentukan 12 departemen atau kementerian serta empat menteri negara. Adapun tiap departemen tersebut akan dibantu oleh menteri yang terpilih.

Jelaskan apa yang dihasilkan oleh BPUPKI dalam sidangnya yang pertama pada tanggal 29 sampai dengan 1 Juni 1945?

Sidang Pertama BPUPKI (29 Mei-1 Juni 1945)

Hari pertama pada 29 Mei 1945, membahas rumusan dasar negara Indonesia. Ada tiga tokoh yang memberikan pendapat terkait usulan dasar negara yaitu Mr. Mohammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Berikut usulan dasar negara yang terdiri dari lima sila dari tokoh tersebut.

You might be interested:  Kapan Waktu Pelaksanaan Salat Tarawih?

Apa hasil sidang BPUPKI ke 2 brainly?

Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia. Dalam rapat ini dibentuk panitia perancang undang-undang dasar (UUD) dengan 19 anggota yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Apa saja materi sidang kedua BPUPKI II?

Sidang BPUPKI kedua bertujuan untuk membahas tentang bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan undang-undang dasar, ekonomi dan keuangan, serta pendidikan. Sidang kedua ini dilakukan setelah diselenggarakannya sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Apa hasil sidang BPUPKI brainly?

Sidang BPUPKI pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Sidang BPUPKI pertama menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia. Sedangkan Sidang BPUPKI kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Juli – 17 Juli 1945. Sidang BPUPKI kedua menghasilkan disetujuinya Undang-Undang Dasar Negara Indonesia.

Kapan Sidang Kedua BPUPKI digelar?

Sidang kedua BPUPKI digelar pada tanggal 10-17 Juli 1945 di tempat yang sebelumnya digunakan untuk menghelat sidang pertama, yakni di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), Jakarta Pusat. Menjelang akhir Perang Dunia II, Jepang mulai mengalami kekalahan di berbagai pertempuran Asia Pasifik.

Kapan Sidang Kedua BPUPKI dilaksanakan?

Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 1945 sampai 17 Juli 1945. Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia.

Kapan sidang BPUPKI pertama dilakukan?

Sidang BPUPKI pertama dilakukan tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Sedangkan Sidang BPUPKI yang kedua dilangsungkan pada 10-17 Juli 1945. Sebenarnya masih ada satu sidang BPUPKI lagi namun tidak resmi. Sidang tambahan ini hanya diikuti oleh beberapa anggota dan dilakukan pada masa reses, yakni antara tanggal 2 Juni hingga 9 Juli 1945.