Kapan Surah Al Alaq Diturunkan?

Surah Al-‘Alaq (bahasa Arab: العلق, ‘Segumpal Darah’) adalah surah ke- 96 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 19 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama kali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad bertafakur di gua Hira.

Kapan turunnya Surat Al-Alaq ayat 1-5?

Berdasarkan sejarah yang sudah banyak diketahui, ayat 1-5 dalam surat Al-Alaq turun pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Kelima ayat dalam surat itu pula merupakan ayat-ayat Al-Quran yang pertama turun dan terjadi saat Nabi Muhammad SAW berdiam diri di Gua Hira. Peristiwa turunnya surat Al-Alaq ayat 1-5 disebut dengan Nuzulul Quran yang

Apa yang pertama kali turun surat Al-Alaq?

Satu pendapat lagi menyatakan bahwa yang pertama kali turun adalah basmalah. Di antara empat pendapat tersebut, Imam As-Suyuthi menyatakan bahwa pendapat yang menyatakan bahwa surat Al-‘Alaq adalah surat yang pertama kali diturunkan adalah pendapat yang benar.

Apa itu Al Quran?

Al Quran adalah kitab suci umat Muslim sekaligus mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam Al Quran, terdapat surat Al Alaq yang menjadi wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Al Alaq termasuk dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang turun sebelum Nabi Muhamad SAW hijrah ke Madinah.