Nama-nama Kerajaan Islam yang Pernah Berjaya di Indonesia

Nama Kerajaan Islam di Indonesia – Sekitar abad ke-13 hingga abad ke-16 merupakan masa kejayaan kerajaan islam di Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut terbentuk karena adanya lalu lintas perdagangan di nusantara. Dan yang mendominasi perdagangan yaitu para pedagang islam seperti pedagang dari Persia, India dan Arab.

Setelah surutnya kerajaan Budha dan Hindu di Indonesia. Munculah kerajaan-kerajaan islam di nusantara. Hingga akhirnya agama islam berkembang semakin pesat di tanah air. Berikut kerajaan-kerajaan islam yang pernah berdiri di Indonesia.

1. Kerajaan Banjar

keruntuhan kerajaan banjar

sejarah-negara.com

Sekitar abad ke-16 terdapat Kerajaan Nagadraha atau biasa disebut dengan Kerajaan Daha di pedalaman Kalimantan. Salah satu wilayah yang dikuasai kerajaan tersebut adalah Banjarmasin. Kerajaan Daha saat itu dipimpin oleh Raja Sukarama. Namun Adipai Banjarmasin yang memiliki nama sebutan lain yaitu Raden Samudera berhasil menaklukan Kerajaan Daha dengan bantuan Kerajaan Demak.

Kerajaan Banjar pun akhirnya berdiri di bawah kepimpinan Raden Samudera. Setelah masuknya islam, ia diberi gelar dengan sebutan Sultan Suryanullah. Islam pertama kali masuk ke Kota Banjarmasin pada abad ke-16. Proses islamisasinya di daerah itu tersebut tidak memakan waktu ulama. Ulama yang terkenal dari Kerajaan Banjar yaitu Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari.

2. Kerajaan Kutai

raja kerajaan kutai

chiel74ipeth.wordpress.com

Berdasarkan risalah kutai, penyebaraan islam di Kutai dilakukan oleh 2 orang yang bernama Tuan di Bandang atau Dato’ Ri Bandang dari Makassar dan Tuan Tunggang Parangan. Namun Dari’ Ri Bandang tidak lama di Kutai. Setelah dakwahnya dianggap selesai, ia pun kembali ke Makassar. Tapi tidak dengan Tuan Tanggang Parangan yang tetap di Kutai.

Raja Mahkota yang saat itu memimpin Kerajaan Kutai akhirnya memeluk islam. Dan setelah itu ia segera membangun masjid dan pusat pengajaran islam. Raja Mahkota pun merupakan orang pertama yang mengikuti pengajaran tersebut. Kemudian diikuti oleh hulubalang, panglima, para menteri, pangeran dan akhirnya rakyat biasa.

3. Kerajaan Sukadana

kerajaan islam sukadana

newberrymor.blogspot.com

Sekitar tahun 1550, islam sudah diperkenalkan kepada Kerajaan Sukadana yang terletak di wilayah barat Pulau Kalimantan. Namun ketika itu raja yang berkuasa belum sempat memeluk agama islam. Tapi para generasi penerus Kerajaan Sukadana memeluk Islam. Bahkan sampai sepanjang pesisir pantai pulau tersebut agama islam menjadi agama yang populer pada tahun 1600.

4. Kerajaan Ternate dan Tidore

letak kerajaan tidore

gurusejarah.com

Lokasi Kerajaan Tidore dan Kerajaan Ternate itu berdekatan. Kedua kerajaan tersebut menganut agama islam sejak abad ke-16. Ajaran islam masuk ke kedua kerajaan tersebut melalui pedagang dari Malaka dan Jawa.

Raja-raja yang berkuasa pada saat itu, antara lain: Sultan Nuku, Sultan Hairun, Sultan Baabullah dan Zainal Abidin. Kerajaan yang berada di sekitar Kerajaan Ternate seperti Kerajaan Jailolo dan Kerajaan Bacan juga memeluk agama islam.

5. Kerajaan Gowa-Tallo

sejarah singkat kerajaan gowa tallo

pelajaransekolahonline.com

Kerajaan ini berasal dari Sulawesi Selatan. Di tahun 1605, agama islam mulai masuk ke Kerajaan Gowa-Tallo melalui seorang ulama yang bernama Dato ri Bandang yang berasal dari Minangkabau. Karaeng Tunigallo merupakan raja pertama yang memeluk agama islam. Kerajaan Gowa-Tallo mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan Sultan Hassanuddin.

6. Kerajaan Banten

letak kerajaan banten

sejarahbudayanusantara.weebly.com

Kerajaan Banten adalah sebuah kerajaan islam yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Sekitar tahun 1526, Kerajaan Demak memperluas kekuasaannya ke kawasan pesisir barat Pulau Jawa dan berhasi menaklukan beberapa kawasan pelabuhan. Dan kawasan itu dijadikan sebagai kawasan perdagangan serta pangkalan militer.

Kerajaan Banten pun ditaklukan oleh Kerajaan Demak yang saat itu dipimpin oleh Falatehah. Dan akhirnya ajaran islam menyebar ke Banten dan sekitarnya sampai ke pedalaman Jawa Barat. Selain itu, Banten juga berhasil menguasai Lampung. Puncak kejayaan Kerajaan Banten saat itu ketika dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa.

7. Kerajaan Mataram

sejarah berdirinya kerajaan mataram islam

raveling-kiancantik.blogspot.ocm

Salah satu Kerajaan Islam lainnya yang berlokasi di Pulau Jawa adalah Kerajaan Mataram. Kerajaan ini pernah berdiri pada abad ke-17. Kerajaan Mataram pada saat itu dipimpim oleh suatu dinasiti keturunan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Sela. Ki Ageng Pemanahan mengaku bahwa mereka adalah suatu cabang ningrat keturunan penguasa Majapahit.

Asal-usulnya yaitu suatu kadipaten yang dibawah kekuasaan Kesultanan Pajang yang berpusat di Bumu Mentaok itu diberikan kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya. Raja yang berdaulat pada saat itu merupakan Sutawijaya, putra dari Ki Ageng Pemanahan. Kerajaan mencapai puncak kejayaannya ketika dipimpin oleh Sultan Agung yang banyak berjasa dalam bidang agama dan kebudayaan.

8. Kerajaan Demak

masa kejayaan kerajaan demak

satujam.com

Kerajaan ini terletak di pantai utara Jawa Tengan yang didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1478. Lokasi keraton Demak saat itu berada di tepi laut yang berada di kampung Bintara, saat ini menjadi kota Demak di Jawa Tengah.

Demak merupakan Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Dan kerajaan inilah pusat kegiatan Wali Songo. Pangeran Sabrang Lor adalah julukan yang didapatkan oleh Adipati Unus, putera dari Raden Patah. Pada masa kepimpinan Sultan Trenggono, Demak berhasil menaklukkan Kerajaan Banten, Sunda Kelapa dan Cirebon.

9. Kerajaan Aceh

raja-raja kerajaan aceh

satujam.com

Di tahun 1514, Sultan Ibrahim mendirikan sebuah Kerajaan yang bernama Kerajaan Aceh. Kerajaan Aceh berlokasi di Utara Pulau Sumatera dengan Ibukota Kutaraja yang saat ini menjadi Kota Banda Aceh. Sultan yang pertama memimpin Kerajaan Aceh yaitu Sultan Ali Mughayat Syah.

Kerajaan Aceh pun berkembang pesat, setelah Malaka dikuasai Portugis. Akhirnya para pedagang islam memutuskan untuk memindahkan kegiatan perdagangan dari Malaka ke Aceh. Aceh mencapai puncak kejayaan pada masa kepimpinan Sultan Iskandar Muda karena pada saat itu Aceh menjadi pusat agama islam. Akhirnya Aceh disebut dengan Serambi Mekah.

10. Kerajaan Samudera Pasai

sejarah singkat kerajaan samudera pasai

wikipedia.com

Kerajaan islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai. Letaknya itu berada di daerah Lhokseumawe, pantai timur Aceh. Sekitar tahun 1267, Marah Silu yang mendapatkan gelar Sultan Malik As-Saleh mendirikan kerajaan ini.

Keberadaan kerajaan ini pun sampai tercantum dalam kitab Rihlah ila l-Masyriq yang artinya pengembaraan ke timur karya Abu ABdullah Ibnu Batuthah. Namun Kerajaan Samudera Pasai itu runtuh karena serangan Portugal pada tahun 1521. Raja-raja yang pernah berkuasa ketika itu adalah Zainal Abidin, Sultan Akhmad, Sultan Muhammad dan Sultan Malik as-Saleh.

Itulah nama kerajaan islam di Indonesia yang pernah berjaya di Indonesia. Dan sangat memegang peranan penting dalam penyebaran islam di Nusantara. Terima kasih sudah membaca.

One Response

  1. Eksapedia

Leave a Reply