50 Pemain Bulu Tangkis Dunia yang Berprestasi dari Masa ke Masa

Pemain bulu tangkis – badminton adalah sebutan lain dari bulu tangkis. Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan alat yang diberi nama raket. Bulu tangkis dimainkan oleh dua orang atau dua pasang yang saling berlawanan. Bola dipukul dalam permainan badminton disebut dengan shuttlecock.

Bulu tangkis telah menjadi olahraga populer di dunia. Terutama di negara yang berada di wilayah Asia Timur dan Tenggara yang saat ini mendominasi permainan bulu tangkis. Selain Asia Timur dan Tenggara, negara-negara Skandinavia pun sudah mulai menunjukan dirinya di dunia bulu tangkis.

COPY CODE SNIPPET

Dari masa ke masa banyak pemain bulu tangkis yang telah memiliki beragam prestasi dan sudah mengharumkan bangsanya di cabang olahraga badminton. Berikut 50 pemain bulu tangkis dunia yang berprestasi.

1. Tontowi Ahmad

pemain bulu tangkis indonesia

djarumbadminton.com

Owi merupakan nama akrab untuk Tontowi Ahmad. Beliau merupakan anak dari pasangan M. Khusni Dan Masruroh. Tempat kelahirannya itu berada di  Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 18 Juli 1987. Tinggi dari pebulutangkis ini adalah 178 cm. Tontowi Ahmad dibesarkan di Desa Selandaka, Pemalang.

Pelatnas merupakan awal karir dari Tontowi Ahmad. Selama ini beliau selalu menjadi pelapis utama diganda campuran. Sebelum berpasangan dengan Lilyana, Owi pernah bertanding dibeberapa kejuaraan dengan pasangan yang berbeda-beda antara lain, Richi Puspita Dili, Shendy Puspa Irawati dan Greysia Polli.

2. Hendra Setiawan

pemain bulutangkis

jawapos.com

Hendra Setiawan dilahirkan pada tanggal 25 Agustus 1984. Pemalang Jawa Tengah merupakan tempat kelahirannya. Beliau merupakan salah satu pemain bulu tangkis Indonesia. Ketika itu Hendra mengawali karirnya dengan berpasangan dengan Markis Kido. Dan saat itu pasangan ganda putra itu sangat berprestasi. Sampai pernah menduduki peringkat ke-2 dunia IBF untuk ganda putra.

Pada akhirnya tahun 2012, Hendra Setiawan berpasangan dengan Mohammad Ahsan yang sebelumnya pernah berpasangan dengan Bona Septano. Sedangkan Markis Kido berpasangan dengan Alvent Yulianto dan juga diganda campuran bersama adkinya yaitu Pia Zebadiah.

3. Taufik Hidayat

pemain bulutangkis indonesia

alchetron.com

Beliau lahir di Bandung Jawa Barat pada tanggal 10 Agustus 1981 merupakan mantan pemain bulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Anak dari pasangan Aris Haris dan Enok Dartilah ini awalnya bermain di klub SGS Elektrik Bandung. Beliau pernah mendapatkan medali emas pada Olimpiade Athena 2004 dengan mengalahkan Seung Mo Shon di partai fiinal.

Tahun 2005, tepatnya pada tanggal 21 Agustus, Taufik menjadi juara dunia setelah mengalahkan pemain bulu tangkis asal China yang bernama Lin Dan di babak final. Sehingga pada saat itu dia menjadi pemain tunggal putra pertama yang pernah memegang gelar Kejuaran Dunia BWF dan Olimpiade secara berturut-turut.

4. Mohammad Ahsan

atlet bulutangkis

athiya16.esy.es

Mohammad Ahsan lahir pada tanggal 9 Juli 1987 di Palembang. Mohammad Ahsan merupakan salah satu pemain bulu tangkis Indonesia yang mengisi posisi ganda putra yang berpasangan dengan Hendra Setiawan. Bersama Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan pernah menjuarai beberapa kejuaraan antara lain menjadi juara di Yonex Japan Open Super Series 2013.

Selain berpasangan dengan Hendra Setiawan. Dia pernah dipasangkan dengan Bona Septano dan pernah menjuarai beberapa kejuaran, antara lain menjadi juara Bingo Bananza Philippine Grand Prix Gold 2009, Vietnam Grand Prix 2010, Indonesia Grand Prix Gold 2010, Bankaltim Indonesia Open GP Gold 2011, dan SEA GAMES 26 2011.

5. Lee Chong Wei

atlet bulutangkis Malaysia

djarumbadminton.com

Lee Chong Wei merupakan pemain bulu tangkis yang berasal dari Malaysia. Saat ini dia masih menduduiki peringkat 1 dunia. Hingga saat ini belum memiliki lawan yang sepadan di nomor tunggal putra.

Datuk Lee Chong Wei merupakan nama lengkapnya. Lee adalah panggilan akrabnya. Lee lahir pada tanggal 21 Oktober 1982 di Malaysia. Lee memiliki berat kurang lebih 64 Kg dan mempunyai tinggi sekitar 1.78 m. Dalam pertandingan Lee selalu mengandalkan tangan kanannya. Pelatih yang menjadikan Lee seperti ini bernama Misbun Sidek.

6. Lin Dan

atlet bulutangkis china

cdn3.i-scmp.com

Beliau lahir pada tanggal 14 Oktober 1983 di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok. Selama masa karirnya ia pernah 2 kali juara olimpiade pada tahun 2008  dan 2012, 5 kali juara dunia pada tahun 2006, 2007, 2009, 2011, dan 2013, Selain itu ia pernah memenangkan 5 kali Juara All England pada tahun 2004, 2006, 2007, 2009 dan 2012.

Lin Dan dianggap sebagai pemain tunggal bulu tangkis terbaik dalam sejarah karena di umur yang ke 28, ia telah berhasil memenangkan kesembilan turnamen bergengsi di perbulu tangkisan dunia. Sehingga ia diberi julukan Super Grand Slam.

7. Rexy Mainaky

pemain bulu angkis indonesia

kompasiana.com

Rexy Ronald Mainaky merupakan mantan pebulu tangkis asal Indonesia kelahiran Ternater, Maluku Utara pada tanggal 9 Maret 1968. Ketika itu bersama Ricky Subagia, ia berhasil merebut medali emas Olimpiade Atlanta 1996. Setelah ia pensiun, Rexy menjadi pelatih bulu tangkis Malaysia dan juga pernah membawahi mantan ganda terbaik dunia yaitu Tan Boon Heong dan Koo Kien Keat.

Menurut kabar yang ada, Rexy Mainaky sekarang telah resmi menjadi pelatih federasi bulu tangkis Thaliland ( BAT ). Ia dikontrak secara langsung oleh Ketua Umum BAT yang bernama Khunying Patama pada tanggal 10 Desember. Tugas utama Rexy disana adalah  mengurus pemain usia muda Thailand dan atlet bulu tangkis putri.

8. Marcus Fernaldi Gideon

pemain bulutangkis

duaribuan.wordpress.com

Kota Jakarta merupakan tempat kelahiran Marcus Fernaldi Gideon. Tepatnya pada tanggal 9 maret 1991. Marcus merupakan partner dari Markis Kido di nomor Ganda Putra dan juga ganda campuran bersama Rizki Amelia Pradipta. Tahun 2015, ia dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Prestasi yang ia dapatkan ketika berpasangan dengan Markis Kido pada tahun 2013 adalah menjadi juara di Perancis Terbuka. Dan ketika dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus mendapatkan 2 gelar juara di India Open dan Australia Terbuka.

9. Praveen Jordan

atlet bulutangkis indonesia

allenglandbadminton.com

Praven Jordan merupakan salah satu pebulu tangkis Indoensia di nomor ganda putra yang berpasangan dengan Didit Juang Indrianto. Selain itu, ia juga bermain di nomor ganda campuran yang dipasangkan dengan Vita Marissa. Ia lahir di Bontang pada tanggal 26 April 1993.

Selama dipasangkan dengan Vita Marissa. Marcus mendapatkan banyak pengalaman setelah bermain di level dunia. Pada awal 2013 ia berhasil mengoleksi 2 gelar di Malaysia GPG dan Selandia Baru Terbuka. Namun sekarang Marcus berpasangan dengan Debby Susanto.

10. Rudi Hartono Kurniawan

mantan pemain bulutangkis indonesia

ayogitabisa.com

Ia adalah pemain bulu tangkis yang pernah memenangkan kejuaran dunia pada tahun 1980. Dan juga pernah memangi Kejuaraan All England sebanyak 8 kali pada tahun 1960 dan 1970. Rudy lahir di Surabaya pada tanggal 18 Agustus 1949.

Awal karirnya dalam bulu tangkis itu berawal bergabungnya ia dengan grup ayahnya yang mantan pebulu tangkis juga. Namun tekadnya yang kuat, ia memilih untuk bergabung dengan grup yang besar. Hingga sampai bergabung dengan Pusat Pelatihan Thomas Cup pada akhir tahun 1965. Dan setelah itu permainannya semakin baik. pada umur 18 tahun ia berhasil memenangkan Kejuaraan All England untuk pertama kalinya.

11. Kevin Sanjaya Sukamljo

atlet muda bulutangkis indonesia

pbdjarum.org

Kevin lahir di Banyuwangi pada tanggal 2 Agustus 1995. ia merupakan pebulu tangkis yang berbakat asal Indoneisa. Ia sering bermain di nomor ganda putra. Namun tidak jarang juga ia bermain di nomor ganda campuran. Atlet ini berasal dari klub Djarum di Kudus Jawa Tengah.

Di umur yang masih terbilang muda, ia berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015. Ketika itu ia dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra. Masih banyak prestari yang ia dapatkan. Mulaid dari Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia Junior, Piala Thomas, dan Pesta Olahraga Asia Tenggara.

12. Jonatan Christie

pemain bulu tangkis indonesia

jurnalbulutangkis.com

Pemain bulu tangkis muda ini merupakan pemain yang masih memiliki prospek yang cemerlang untuk kedepannya. Karena diumur yang masih muda, ia sudah menunjukan bakatnya. Pebulu tangkis ini kelahiran Jakarta pada tanggal 15 September 1997.

Ia bergabung dengan PB Tangkas Specs yaitu klub bulu tangkis yang berasal dari Jakarta. Ia bermain di nomor tunggal putra. Pada tahun 2013, ia berhasil mendapatkan gelar juara di Indonesai Internasional Challenge pada umurnya yang ke 15 tahun. Dan pada tahun 2014, ia berhasil masuk final di turnamen Indonesia Internasional Challange juga, namun kalah di pertandinga final melawan veteran asal Korea Selatan yaitu Lee Hyun-li.

13. Liem Swie King

pemain legendaris bulu tangkis indonesia

vidio.com

Liem Swie King merupakan pemain bulu tangkis yang fenomenal karena saat itu dia menjadi buah bibir ketika mampu menantang dominasi Rudy Hartono di final All England tahun 1976 dalam usianya yang masih muda ketika itu yaitu usia ke 20 tahun. Kemudian Liem Swie King akhirnya menjadi pewaris kejayaan Rudy Hartono di kejuaraan bergengsi pada saat itu sebanyak tiga kali.

Tidak hanya itu, Liem Swie King memiliki banyak gelar, jika dihitung dari tournamen yang telah diikutinya bisa menjadi puluhan gelar. Swie King juga pernah menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games yang dilaksanakan di Bangkok pada tahun 1978.

14. Alan Budikusuma

atlet bulutangkis indonesia

youtube.com

Goei Ren Fang merupakan sebutan dalam bahasa Tionghoa untuk Alan Budikusuma. Mantan pebulu tangkis ini lahir di Surabay pada tanggal 29 Maret 1968. Alan merupakan pebulu tangkis asal Indonesia yang pernah meraih medali emas pada turnamen Olimpiade Barcelona 1992 dalam nomor tunggal putra.

Setelah mengikuti Olimpiade Atlanta 1996, ia memutuskan untuk pensiun di dunia  bulu tangkis. Dan kemudian ia menikah dengan Susi Santi yang juga pernah memenangkan medali emas juga pada Olimpiade Barcelona. Alan Budikusam merupakan salah satu atlet yang bisa belajar dari kekalahan. Karena dibeberapa pertandingan ia pernah kalah. Namun setelah itu ia berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang pernah mengalahkannya di turnamen lainnya.

15. Markis Kido

atlet bulu tangkis dari indonesia

bola.net

Ia merupakan kakak dari beberapa pemain bulu tangkis Indonesia yang juga penghuni pelatnas Cipayung yaitu Pia Zebadiah Bernadet dan Bona Septano. Saat ini adiknya yang bernama Bona Septano berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Sedangkan adik perempuannya, Pia Zebadiah Bernadet kini berpasangan dengan Fran Kurniawan di nomor ganda campuran.

Markis Kido merupakan pemain bulu tangkis Indonesua yang bermain di nomor ganda putra yang berpasangan dengan Hendra Setiawan. Dan ketika itu pernah menduduki peringkat pertama dunia IBF. Pasangan ganda putra ini pernah meraih gelar di Olimpiade Beijing 2008 dan Guangzhou 2010.

16. Cheng Long

atlet bulutangkis china

nbcolympics.com

Cheng Long merupakan nama pemain bulu tangkis asal Negara China. Ia lahir di Distrik Shashi, Jingzhou, Hubei, China pada tanggal 18 Januari 1989. Ia bermain di nomor tunggal putra. Cheng Long adalah salah satu pebulu tangkis asal China yang memiliki prestasi yang gemilang.

Ia menjadi pemain remaja tunggal putra yang berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Bulutangkis Yunior Dunia BWF. Mulai di nomor tim ataupun tunggal putra remaja berhasil meraih medali emas. Cheng Long juga berhasil menyumbangkan medali emas untuk China di Kejuaraan Bulutangkis Yunior Asia 2007.

17. Ihsan Maulana Mustofa

pemain bulutangkis indonesia

djarumbadminton.com

Ia adalah tunggal putra yang dimiliki Indoensia yang memiliki potensi yang cukup baik. Pada tahun 2012, ia pernah berpartisipasi pada kejuaraan Indonesia Open Grand Prix Gold. Selanjutnya ia juga pernah mengikuti kejuaraan Badminton Asia Championships, Indonesia Open Grand Prix dan Vietnam Open.

Tahun 2013, dia berhasil memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Badminton Asia Championships. Dan juga pada tahun 2012 ia berhasil menadi juara dunia junior. Peringkat tertinggi yang pernah ia raih yaitu peringkat 30 dunia. Namun saat ini sedikit menurun menjadi 32 peringkat dunia.

18 . Hariyanto Arbi

atlet bulu tangkis asal indoensia

SWA.co.id

Jebolan dari PB Djarum ini mempunyai julukan yaitu Smash 100 Watt pada tahun 1990-an. Tepatnya pada tahun 1990 sampai dengan tahun 1996. Setelah itu da pensiun dan memilih untuk masuk ke ranah bisni dengan membuka toko peralatan olahraga bulu tangkis yang bernama Flypower.

Hariyanto Arbi merupakan pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah. Dan lahir pada tanggal 21 Januari tahun 1972. Sama hal dengan Alan Budikusuma. Ia sering belajar dari kekalahan yang dialaminya. Ketika itu ia menjadi bulan-bulanan lawannya. Dan akhirnya berlatih keras untuk bisa membalas kekalahannya. Dan akhirnya ketika itu ia berhasil mengalahkan Rashid Sidek asal Malaysia.

19. Candra Wijaya

atlet bulutangkis indonesia

sathora.or.id

Nama lengkapnya adalah Rafael Candra Wijaya. Ia berasal dari Cirebon dan lahir pada tanggal 16 September 1975. Candra Wijaya merupakan salah satu ganda putra yang terbaik dimiliki Indonesia. Salah satu prestasinya yaitu ia pernah berhasil menyumbangkan medali emas Olimpiade 2000 untuk Indonesia.

Candra Wijaya tumbuh berkembang dari keluarga pemain bulu tangkis. Ayahnya yaitu Hendra Wijaya yang merupakan mantan pemain bulu tangkis dan pemiliki klub bulu tangkis Rajawali yang berlokasi di Cirebon. Kakaknya, Indra Wijaya merupakan pemain yang pernah memperkuat Tim Piala Thomas Indonesia tahun 1996 dan 1998. Dan adiknya yang bernama Rendra Wijaya dan Sandrawati Wijaya juga menjadi pemain bulu tangkis juga.

20. Anthony Sinisuka Ginting

pemain muda asal indonesia

alchetron.com

Tahun 2013, Anthony Sinisuka Ginting mulai mengikuti beberapa kompetisi bulu tangkis senior, contohnya Maldives Internasional Challange, Vietnam Internasional Challange dan Open Grand Prix Gold. Sekitar tahun 2014, ia juga mengikuti beberapa kejuaran BWF World Junior Championships. Ia pun berhasil memenangkan medali perunggu di nomor tunggal putra.

Anthony Sinisuka merupakan pria kelahiran di Cimahi, Jawa Barat. Dan lahir pada tanggal 20 Oktober 1996. Ia adalah pemain bulu tangkis yang berasal dari SGS PLN Bandung. Anthony Sinisuka mengawali karirnya semenjak duduk di bangku SD dengan memenangi turnamen MILO School Competition di nomor tunggal putra pada tahun 2008.

21. Angga Pratama

pemain bulutangkis asal indonesia

newbadmintonworldfans.blogspot.co.id

Angga Pratama lahir pada tanggl 5 Desember 1991. Ia merupakan pemain bulu tangkis asal Indonesia yang bermain di nomor ganda putra yang dipasangkan dengan Ricky Karanda Suwardi. Ia juga sempat dipasangkan dengan Rian Agung Saputro. Dan mendapatkan beberapa gelar diberbagai turnamen.

Gelar-gelar didapatkan saat dipasangkan dengan Rian Agung Saputra antara lain Juara Sea Games Myanmar pada tahun 2013, Juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2013, Juara Skycity New Zealand Open Grand Prix  pada tahun 2013, Juara Yonex Australia Open GPG 2013 pada tahun 2013 dan masih banyak lagi prestasi yang ia dapatkan.

22. Fu Haifeng

atlet badminton china

chicksinfo.com

Fu Haifeng adalah pemain bulu tangkis yang berasal dari Negara China. Ia kelahiran 23 Agustus pada tahun 1983 di Jieyang, Guangdong, China. Ia telah menikah dan sudah dikarunia anak bernama Fu Ziyu. Di karirnya sebagai pemain bulu tangkis. Ia telah memperoleh banyak gelar.

Fu Haifeng bermain di nomor ganda putra bersama Cai Yun. Mereka sudah bermain di level Internasional sejak tahun 2004. Mereka berdua sudah banyak menyumbangkan medali untuk China. Salah satu kejuaraan yang pernah dimenangkan antara lain Kejuaraan Alla England Open Championship.

 23. Jan Østergaard Jørgensen

atlet bulutangkis denmark

wikipedia.com

Pemain bulu tangkis ini berasal dari Negara Denmark. Ia lahir di Aalborg, 31 Desember 1987. Ia telah bermain di Liga Bulutangkis Denmark mewakili SIF atau Skovshoved. Pakaian dan peralatan yang dipakai olehnya disponsori oleh Li Ning.

Ia bermain sebagai tunggal putra. Kejuaraan-kejuaraan yang telah diikutinya antara lain Danish Champion 2012-2013, Denmark Open 2010, French Open 2013, Europen Champion 2014 dan Indonesia Open 2014.

24.  Ricky Karanda Suwardi

atlet berbakat badminton indonesia

juara.net

Pemain yang berumur 25 tahun ini merupakan pebulu tangkis asal Indonesia. Ia bermain di nomor Ganda Putra bersama Muhammad Ulinnuha. Ia berasal dari Cirebon pada tanggal 21 Januari 1992.

Prestasi yang didapatkan semasa karirnya di bulu tangkis yaitu Juara OUE Singapore Open Super Series 2015 yang berpasangan dengan Angga Pratama, pada tahun 2012 menjadi Juara Ciputra Hanoi Vietnam Internasional Challange 2012 bersama Muhammad Ulinnuha.

25. Christian Hadinata

pemain legendaris indonesia

smasherbadminton.blogspot.com

Tjhie Beng Goat merupakan sebutan Christian Hadinata dalam bahasa Tionghoa. Ia lahir di Sempor, Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 11 Desember. Ia adalah pemain bulu tangkis Indonesia semasa 1970-an sampai 1980-an. Setelah pensiun, ia memilih berkarir sebagai pelatih sekaligus pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia.

Prestasi yang telah diraihnya antara lain, Juara nasional ganda putra yang dipasangkan dengan Atik Jauhari, Jaura Asia Ganda Campuran yang ketika itu berpasanan Retno Kustiyah, dan juga Juara All England ganda putra yang berpasangan dengan Ade Chandra.

26. Ricky Subagja

atlet badminton indonesia

youtube.com

Ricky Subagja merupakan pebulu tangkis asal Indonesia. Ia bermain di nomor ganda putra bersama Rexy Mainaky. Ketika itu ia berhasil mendapatkan gelar juara dari berbagai turnamen yang diikutinya. Putra Indonesia kelahiran Bandung ini sangat berprestasi pada masanya.

Beberapa gelar yang diraih olehnya antara lain Juara All England 1995 & 1996, Juara Dunia 1995, Asian games 1994 & 1998, dan Medali Emas Olimpiade pada tahun 1996. Setelah ia pensiun dari bulu tangkis. Ia sempat terlihat menjadi presnter televisi olahraga/

27. Tony Gunawan

pemain bulu tangkis indonesia

bbc.com

Ia merupakan salah satu pemain bulu tangkis pemain ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Pria  kelahiran 9 April 1975 di Surabaya ini berhasil merebut berbagai gelar kejuaraan dengan berbagai pasangan juga. Pemain bulu tangkis yang pernah dipasangkan beliau antara lain Howard Bach, Bob Malaythong, Halim Haryanto, Candra Wijaya dan Victo Wibowo.

Ketika berpasangan dengan Candra Wijaya, ia banyak mendapatkan gelar kejuaraan dan pernah berhasil menduduki peringkat satu dunia. Medali emas Olimpiade 2000 di Sydney, Autralia pun kembali berhasil direbu ganda putra Indonesia ini.

28. Lee Yong-dae

pemain bulu tangkis korea selatan

badzine.net

Atlet ini merupakan atlet bulu tangkis yang berasal dari Korea Selatan. Ia Lahir di Hwasun, Jeolla Selatan, Korea Selatan pada tanggal 11 September 1988.  Ia bermain di nomor ganda putra bersama Lee Hyo-jung sejak tahun 2007.

Berbagai prestasi telah ia sumbangkan untuk negaranya, antara lain di Kejuaraan Dunia Yunior BWF, ia berhasil mendapatkan medali emas, Piala Sudirma ia mendapatkan perunggu dan perak. dan di Asian Games itu berhasil mendapatkan kembali medali emas pada tahun 2014.

29. Zhang Nan

atlet bandminton china

youtube.com

Pemain bulu tangkis ini sering bermain di nomor ganda campuran. Ia lahir di Beijing pada tanggal 1 Maret 1990. Selain bermain di nomor ganda campuran bersama Zhao Yunlei. Ia juga pernah bermain di nomor ganda putra yang saat itu dipasangkan dengan Fu Haifeng.

Beberapa prestasi yang pernah ia raih antara lain, mendapatkan medali emas sebagai ganda campuran dan ganda putra pada tahun 2008 di Kejuaraan Asia Junior dan di Kejuaraan Dunia Junior pun mendapatkan kembali medali emas.

30. Sony Dwi Kuncoro

pemain bulu tangkis indonesia

idntimes.com

Pemain bulu tangkis kelahiran Surabaya ini sempat menjadi andalan Indonesia di nomor ganda putra. Pada tahun 2004 ia sempat menduduki peringkat 3 dunia. Namun performanya semakin menurun. Akhirnya pada tahun 2014 ia menduduki 14 dunia.

Ketika itu memang ia sering menjuarai berbagai kejuaraan, antara lain Kejuaraan Bulu Tangkis Asia ia mengalahkan pemain asal Malaysia yaitu Kuan Beng Hong pada partai final pada 11 September 2005.

31. Riky Widianto

pemain bulu tangkis indonesia

badmintonindonesia.org

Riky Widianto merupakan salah satu pemain bulu tangkis asal Indonesia yang dipasangkan dengan Richi Puspita Dili. Pria kelahiran 28 Desember 1991 di Surabaya ini memiliki banyak prestasi pada masa karirnya di perbulu tangkisan.

Beberapa prestasi yang diraih olehnya antara lain Juara Osaka International Challange 2012 yang dipasangkan dengan Richi Puspita Dili dan Juara tim Indonesia pada 26th Summer Universiade Shenzen 2011 yang berpasangan dengan Shendy Puspa Irawati.

32. Ko Sung-hyun

atlet badmintaon korea selatan

victorsport.com

Ia merupakan pebulu tangkis asal Korea Selatan. Pria kelahiran 21 Mei 1987 ini bermain di nomor ganda putra dan juga ganda campuran. Tangan yang menjadi spesialisnya saat bermain yaitu dengan menggunakan tangan kanan. Di nomor ganda putra sering dipasangkan dengan Shin Baek-cheol.

Dan di nomor ganda campuran ia dipasangkan dengan Kim Ha-Na. Penampilan terbaiknya yaitu ketika di turnamen Hongkong Super Serties pada tahun 2010. Saat itu ia dipasangkan dengan Yoo Yeong-seong.

33.  Ronald Alexander

atlet badminton indonesia

manadoline.com

Ia lahir di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada tanggal 19 Januari 1994. Ronal Alexander merupakan salah satu pebulu tangkis asal Indonesia di nomor ganda campuran. Klub Jaya Raya Jakarta merupakan asal klubnya. Di Kejuaraan Dunia Junior BWF 2011 ia berhasil meraih medali perak dan perunggu. Ketika itu ia dipasangkan dengan Melati Daeva Oktaviani.

Prestasi lainnya yang ia dapatkan, antara lain mendapatkan gelar juara di Chinese Taipe Master pada thun 2015 yang berpasangan dengan Melati Daeva Oktaviani. Dan juga pada tahun 2013 di turnamen Indonesia Master ia juga berhasil mendapatkan gelar juara yang ketika itu dipasangkan dengan Selvanus Geh.

34. Chan Peng Soon

pemain bulutangkis china

victorsport.com

Chang Peng Soon merupakan pemain bulu tangkis yang berasal dari Malaysia. Ia merupakan salah satu pemain yang konsisten masuk di dalam jajaran 10 besar rangking dunia di nomor ganda putra. Goh Liu Ying merupakan pasangannya di ganda putra.

Pria kelahiran 27 April 1988 ini di latih oleh salah satu mantan pemain bulu tangkis Indonesia yaitu Rexy Manaiky. Prestasi yang pernah ia raih antara lain pada tahun 2010 di Kejuaraa Asia yang digelar di Negara India ia berhasil menyumbangan medali emas untuk negaranya.

35. Tan Boon Heong

pemain bulu tangkis malaysia

yonex.co.jp

Ia lahir di Alor Setar, Kedah, Malaysia pada tanggal 18 September 1987. Ia merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Negara Malaysia. Karena ketika itu ia pernah masuk rangking 1 dunia di nomor ganda putra.

Beberapa prestasi yang pernah ia dapatkan yaitu pada tahun 2007 di Kejuaraan All England ia berhasil mendapatkan gelar juara di nomor ganda putra. Dan juga pada tahun 2008 ia berhasil kembali untuk mendapatkan gelar juara di Kejuaraan BWF Super Series Masters Finals.

36. Koo Kien Keat

atlet badminton indonesia

kompas.com

Koo Kien Keat merupakan pemain bulu tangkis asal Malaysia. Ia lahir pada tanggal 18 September 1985. Ia adalah pemain yang bermain di nomor ganda campuran. Namun penampilan terbaiknya yaitu ketika bermain di nomor ganda putra bersam Tan Boon Heong. Karena saat itu pernah menduduki peringkat 1 dunia.

Beberapa prestasi yang pernah ia dapatkan yaitu di Kejuaraan Commonwealth di Melbourne pada tahun 2006 dan juga di New Delhi pada tahun 2010. Namun pada tahun 2013. Koo mengumumkan untuk pensiun. Setelah itu memilih untuk menjadi pelatih di Granular Club of Thailand.

37. Cai Yun

pemain bulu tangkis china

Cai-yun ( sebelah kiri gambar ) – zimbio.com

Pria kelahiran 19 Januari 1980  merupakan pemain bulu tangkis asal China. Ia lahir di Suzhou, Jiangsu, China. Semasa karirnya di bulu tangkis, ia berhasil menyumbangkan medali emas untuk negaranya di Kejuaaraan Londin Olympic pada tahun 2012 dan 4 kali ia menjuarai Kejuaraan Dunia di ganda putra. Sehingga ia merupakan salah satu pemain terbaik di eranya.

Salah satu catatan gemilang yang pernah ia raih itu ketika di Kejuaraan Thomas pada tahun 2004 di Jakarta, 2006 di Tokyo, 2008 kembali di Jakarta, 2010 di Kuala Lumpur dan 20120 di Wuhan, Ia berhasil mendapatkan medali emas di even-even tersebut.

38. Xu Chen

atlet bulu tangkis china

ivacy.com

Pemain bulu tangkis asal China ini bermain di nomor ganda campuran bersama Ma Jin. Ia lahir Jiangsu, China pada tanggal 29 November 1984. Banyak prestasi yang telah ia dapatkan, contohnya yaitu medali perak Olimpiade, medali perak di Kejuaraan Dunia dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2013 di Kejuaraan Piala Sudirman, dari 4 laga yang ia  ikuti saat mewakili negaranya. Ia meraih 3 kemenangan melawan 3 lawannya yang berasal dari negara yang berbeda-beda, antara lain Korea Selatan ( Final ; China 3-0 Korea Selatan ), Denmark ( Semifinal ; China 3-1 Denmark ) dan Indonesia ( Muhammad Rijal & Debby Susanto )

39. Chen Jin

atlet badminton china

CCTV.com

Chen Jin merupakan pemain bulu tangkis asal China. Ia dilahirkan di Kota Handan, China pada tanggal 10 Januari 1986. Ia bermain di nomor tunggal putra. Ketika itu ia sudah mendapatkan banyak gelar di kejuaraan bulu tangkis.

Beberapa prestari yang berhasil ia dapatkan antara lain di Kejuaraan Dunia Junir pada rahun 2004 di Richmond, pada tahun 2002 di pretoria ia juga berhasilkan mendapatkan medali emas dan ketika di Kejuaraan Asia Junir pada tahun 2004 ia juga berhasil mendapatkan gelar juara.

40. Chai Biao

pemain bulutangkis china

Chia Bao (sebelah kiri gambar ) – wikipedi a.com

Pria kelahiran 10 Oktober 1990 merupakan pemain bulu tangkis asal China. Ia bermain di nomor ganda putra bersama Hong Wei. Selama masa karirnya di dunia perbulu tangkisan, ia telah meraih banyak gelar di segala turnamen.

Beberapa prestari yang ia dapatkan, antara lain di Kejuaraan Asia Junior pada tahun 2008 di Kuala Lumpur Malaysia, Kejuaraan Dunia Junior pada tahun 2008, dan pada Kejuaraan Asia Timur. Ia berhasil mendapatkan medali emas untuk turnamen-turnamen tersebut.

41. Yoo Yeon-seong

pemain bulu tangkis

victor-international.com

Yoo Yeon-seong merupakan pemain bulu tangkis yang berasal dari Korea Selatan. Pria ini lahir di Jeongeup, Jeonbuk, Korea Selatan. Ia bermain di nomor ganda putra yang dipasangkan dengan Ko Sung-hyun. Ia pun pernah menduduki peringkat 2 dunia.

Namun ia juga pernah bermain di nomor ganda campuran berpasangan dengan Kim Min-jung. Walaupun sekarang ia sekarang telah beralih pasangan dengan Jang Ye-na. Beberapa kejuaran yang pernah ia ikuti yaitu Kejuaraan Tim Campuran Asia pada tahun 2017 dengan memboyong mendali perak.

42. Jung Jae-sung

pemain bulu tangkis korea selatan

Jun Jae-sung ( sebelah kanan gambar )
– Flikr.com

Jang Jae-sung merupakan pemain bulu tangkis ganda yang berasal dari Korea Selatan yang berpasanga dengan Lee Yong-Dae. Ia bermain di panggung internasional berawal pada tahun 2005 pada Kejuaraan Thailand Terbuka.

Permainanna pun semakin baik, sehingga prestasinya pun mulai beranjak naik sejak dipasangkan dengan Lee Yong-Dae. Beberapa prestasi yang pernah ia raih antara lain pada tahun 2007 di Kejuaran Dunia BWF, ia berhasil mendapatkan medali perak di Kuala Lumpur Malaysia.

43. Jeon Hyeok-jin

atlet badminton

youtube.com

Jeon Hyeok-jin lahir pada tanggal 13 Juni 1995. Ia merupakan pemain bulu tangkis asal Korea Selatan. Ia mengkhusukan diri untuk bermain di nomor tunggal putra. Pertama kali namanya mulai dikenal yaitu ketika saat menjadi runner-up di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia pada tahun 2013.

Beberapa prestasi yang pernah ia dapatkan yaitu di Asian Game pada tahun 2014 mendapatkan medali emas dan di Kejuaraan Dunia Junior pun ia mendapatkan medali emas untuk disumbangkan ke negaranya. Dan masih banyak gelar yang ia dapatkan dari berbagai turnamen.

44. Lee Hyun-il

pemain bulutangkis

bwfbadminton.com

Ia adalah pemain bulu tangkis asal Korea Selatan. Ia lahir pada tanggal 17 April 1980. Lee pernah turun bertanding pada Olimpiade Athena 2004 di nomor tunggal putra. Ketika itu ia mengalahkan Stuart Brehaut dari Negara Australia pada ronde pertama. Namun pada ronde ke-16, ia dikalahkan oleh Boonsak Ponsana dari Negara Thailand.

Tahun 2008, ia ikut berpastisipasi pada Olimpiade Beijing dan berhasil masuk ke partai semifinal. Namun kalah dari pemain bulu tangkis asal Malaysia dan takluk juga dari Chen Jin asal China diperebutan medali perunggu.

45. Aditya Joshi

pemain bulu tangkis india

odishatime.com

Aditya Joshi adalah pemain bulu tangkis asal India pertama yang peringkat satu dunia di kelas junir. Ia lahir pada tanggal 7 Agustus 1996. Tahun 2001, ia mulai bermain bulu tangkis. Saat ia berusia lima tahun. Di turnamen lokal, ia sudah memenangkan turnamen di kategori junior.

Setelah kurang lebih enam tahun. ia mulai membuktikan dirinya di level dunia dan berhasil mendapatkan emas di turnamen Remensco Junior International yang diselenggarakan di Negara Rusia pada tahun 2011. Dan di tahun yang sama, Aditya Joshi juga berhasil merebut medali emas di Kejuaraan Asian Sub-Junior yang diselenggarakan di Negara Jepang.

46. Chetan Anand Buradaguna

pemain bulu tangkis india

photodivision.gov.in

Ia lahir pada tanggal  Juli 1980. Ia merupakan pemain bulu tangkis asal India. Chetan Anand pernah menjadi juara Fourminton Nasiona sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 2004, 2007, 2008 dan 2010. Ia pernah menduduki peringkat 10 dunia. Namun Sejak oktober 2010, ia menduduki peringkat 54 dunia.

Prestasi yang pernah ia raih antara lain mendapatkan medali emas di Kejuaran Asia Selatan yang diselenggarakan di Colombo untuk nomor tunggal putra dan juga ia pernah mendapatkan medali perak di Commonwealth yang diselenggarakn di New Delhi.

47. Mathias Boe

pemain bulu tangkis denmark

Mathias Boe ( sebelah kanan gambar )
– ekstrabladet.dk

Mathias Boe merupakan pemain bulu tangkis asal Denmark. Ia lahir di Frederikssund Denmark pada tanggal 11 Juli 1980. Ia berhasil memenangkan medali perak di Kejuaraan Bulutangkis Eropa 2006 di nomor ganda putra yang ketika itu berpasangan dengan Carsten Mogensen.

Di tahun 2010, Mogense dan Boe berhasilkan berhasil mendapatkan gelar di Seri Super Denmark, Super Series Pranis dan Super Series Final yang diadakan di Taipei China. Selanjutnya ia berhasil memenangkan All England Super Series.

48. Viktor Axelsen

atlet badminton denmark

bwfworldsuperseries.com

Viktor Axelsen merupakan pemain bulu tangkis asal Negara Denmark. Ia lahir pada tanggal 4 Januari 1994 di Odense, Denmark. Viktor sudah aktif dalam dunia bulu tangksi sejak tahun 2010. Ia pun sempat menududuki peringkat 3 dunia. Namun sejak tanggal 30 Maret, peringkatnya turun menjadi 4.

Beberapa prestasi yang pernah diraihnya antara lain pada Kejuaraan Yonex Sunrise India Open pada tahun 2017, BWF World Superseries Finalis di tahun 2016, European Championshis di tahun 2016, dan masih banyak lagi gelar-gelar yang ia dapatkan.

49. Prakash Padukone

pemain bulu tangkis india

wikipedia.com

Ia lahir di Bangalore pada tanggal 10 Juni 1955. Prakash merupakan pemain bulu tangkis asa India. Ia diperkenalkan dengan bulu tangkis di usia muda oleh ayahnya yang bernama Ramesh Padukone Sr yang juga menjabat sebagai Sekretaris Asosiasi Bulu Tangkis Mysore.

Di tahun 1979, ia sudah berhasil memenangkan beberapa gelar internasional yang bergengsi, contohnya adalah Commonwealth Games, Swedish Open, Denmark Open dan London Masters’ Open. Sepanjang karirnya ia menghabiskan waktu berlatihnya di Denmark. Dan menjalin persahabatan dengan salah satu pemain bulu tangkis asal Eropa yitu Morten Frost Hansen.

50. Pullela Gopichand

pemain bulu tangkis india

khelnama.com

Pulle Gopichand merupakan pemain bulu tangkis asal India. Ia lahir pada tanggan 16 November 1973 di Nagandla, Andhra Pradesh, India. Ia telah banyak menjuarai berbagai kejuaraan. Salah satunya adalah menjuarai Kejuaraan All England pada tahun 2001.

Setelah Prakash Padukone, ia merupakan orang kedua dari Negara Inda yang memperoleh banyak prestari. Sekitar tahun 2000-2001, ia memperoleh penghargaan sebagai Rajiv Gandhi Khel Ratna Award. Namun karena cedera pada tahun 2003, ia mengalami penurunan prestari dan akhirnya peringkatnya merosot hingga menjadi 126 yang sebelumnya sempat menduduki peringkat 5 pada tahun 2001.

Itulah pemain bulu tangkis pria dari masa ke masa yang telah menyumbangkan medali untuk negerinya masing-masing dan dapat mengharumkan bangsanya. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply