Uraian Lengkap Mengenai Sumber Daya Alam Mulai dari Pengertian, Jenis-jenis, Pengelolaan Hingga Faktor Penyebabnya

Sumber Daya Alam – Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya tingkat keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki oleh Indonesia.

Contents

Pengertian Sumber Daya Alam

pengertian sumber daya alam hayati
unsplash.com

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam meliputi komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik misalnya hewan, tumbuhan dan mikroorganisme, sedangkan komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air dan tanah.

Faktor Terbentuknya Kekayaan Alam di Indonesia

sumber daya alam yang ada di indonesia
unsplash.com

Kekayaan alam di Indonesia terbentuk oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Sisi Astronomi

Apabila dilihat dari segi astronomi, Indonesia terletak di daerah yang tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi. Hal ini membuat tumbuhan tumbuh dengan cepat.

2. Sisi Geologi

Apabila dilihat dari segi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.

3. Daerah Perairan

Indonesia memiliki daerah perairan yang luas dan banyak terdapat jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.

Kebutuhan Hidup Manusia

manfaat sumber daya alam
unsplash.com

Berdasarkan urutan kepentingan, kebutuhan hidup manusia, dibagi menjadi dua yaitu:

1. Kebutuhan Dasar

Kebutuhan dasar merupakan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan untuk hidup sehat dan aman. Kebutuhan dasar yaitu: sandang, pangan, papan dan udara bersih.

2. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk lebih menikmati hidup. Kebutuhan sekunder yaitu rekreasi, transportasi, pendidikan dan hiburan.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

macam macam sumber daya alam
unsplash.com

Sumber daya alam itu terbagi menjadi 6, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis dan bisa dilestarikan kembali oleh manusia. Jadi meskipun sumber daya alam sudah dipergunakan, manusia dapat mengusahakan untuk melestarikan kembali sumber daya tersebut. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu air, hewan dan tumbuhan.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat dikelompokkan menjadi

  • Sumber daya alam hayati
  • Sumber daya alam non-hayati

Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang ada di permukaan bumi dan berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam hayati memiliki ciri-ciri, yaitu dapat tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas dan membutuhkan makanan.

Hewan

Hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu hewan liar dan hewan peliharaan.

Hewan Liar

  • Hewan liar adalah hewan yang hidup bebas di alam. Hewan liar tumbuh, bergerak, mencari makan dan berkembang biak sendiri tanpa bantuan manusia secara langsung.
  • Hewan liar bisa hidup di perkampungan, hutan, sungai ataupun di laut.
  • Pada saat ini hewan liar sudah banyak diburu oleh manusia, hal ini membuat hewan-hewan tersebut menjadi langka.
  • Contoh hewan liar, yaitu gajah, kijang, harimau dan lain sebagainya.
  • Upaya yang dilakukan untuk melindungi hewan agar tidak menjadi langka yaitu:
    • Pelestarian in situ yaitu pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya
    • Pelestarian ex situ yaitu pelestarian dengan memindahkan hewan tersebut dari habitatnya ke tempat lain.
READ  Ingin Tahu Sejarah ASEAN? Inilah Latar Belakang Berdirinya ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui

Hewan Peliharaan

  • Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh manusia.
  • Hewan peliharaan hidupnya tidak bebas, mereka tumbuh, bergerak, mencari makan dan berkembang biak dengan bantuan manusia secara langsung maupun tidak langsung.
  • Manusia memelihara hewan dengan beberapa kepentingan, yaitu untuk hobi, mencari keuntungan (diperjual belikan) dan melindungi hewan agar tidak punah.
  • Contoh hewan peliharaan, yaitu kucing, anjing, burung dan lain sebagainya.

Tumbuhan

  • Tumbuhan merupakan sumber daya alam hayati yang bisa diperbaharui kembali dan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan.
  • Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.
  • Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan manusia yaitu sebagai bahan makanan (padi, jagung, gandungm, tebu), bahan bangungan (kayu jati, kayu mahoni), bahan bakar biosolar (kelapa sawit), bahan obat-obatan (jahe dan kunyit).

Sumber Daya Alam Hayati Tumbuhan

Sumber daya alam hayati tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu hutan, lahan pertanian dan perkebunan.

Sumber Daya Alam Hutan

Hutan adalah wilayah yang sangat luas yang ditumbuhi berbagai macam pohon atau satu jenis pohon tertentu. Sumber daya hutan memiliki manfaat yang besar bagi semua makhluk hidup.

Manfaat sumber daya alam hutan:

  • Menghasilkan kayu, rotan, bunga, tanaman obat-obatan dan damar.
  • Menghasilkan udara sejuk, bersih.
  • Untuk tempat tinggal hewan.
  • Untuk menahan agar tidak terjadi erosi.
  • Untuk penyerapan sumber air.

Sumber Daya Alam Hasil Pertanian

Pertanian adalah wilayah yang sangat luas yang ditanami tumbuhan oleh manusia. Tumbuhan yang ditanam, diantaranya padi, jagung, kedelai, cabai, sayur-sayuran, tomat dan sebagainya. Hasil dari pertanian digunakan untuk kebutuhan manusia dan ada juga yang dijual.

Sumber Daya Alam Hasil Perkebunan

Perkebunan adalah wilayah yang ditanami oleh manusia. Tumbuhan yang ditanam manusia umumnya sejenis, misalnya perkebunan kelapa sawit, perkebunan teh, tembakau, perkebunan kopi dan sebagainya. Hasil perkebunan ada yang dijual dan ada yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup. Contoh sumber daya alam non hayati antara lain tanah, udara dan air.

1. Tanah

  • Tanah merupakan sumber daya alam non-hayati yang masih bisa diperbaharui.
  • Tanah adalah lapisan bumi paling atas yang terbentuk karena proses pelapukan batuan dan bahan-bahan organik. Bahan organik misalnya yaitu sisa makhluk hidup yang telah mati (tumbuhan, hewan dan manusia yang telah diurai).
  • Tanah tersusun atas beberapa komponen, seperti udara, air, mineral dan senyawa organik.
  • Tanah menunjang pertumbuhan penduduk dan sebagai sumber makanan bagi bagi berbagai jenis makhluk hidup.
  • Contohnya pertumbuhan dan pertanian akan berhasil jika kualitas tanahnya subur.
  • Manfaat tanah diantaranya untuk tempat tinggal, untuk menanam bermacam-macam tumbuhan, dan tanah liat/lempung digunakan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga, batu bata dan berbagai macam kerajinan.

2. Air

  • Air merupakan sumber daya alam hayati yang masih bisa diperbaharui.
  • Air adalah zat yang terdiri dari zat hidrogen dan oksigen.
  • Air dapat berupa air sumur, air sungai, air danau dan air laut.
  • Air memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk minum, mandi dan mencuci pengairan, penambangan, aset rekreasi dan mengairi sawah, memelihara ikan, pembangkit listrik dan sarana transportasi dan olahraga.
  • Air hujan yang turun ke bumi akan tersimpan di dalam tanah dan menjadi air tanah.

3. Udara

  • Udara merupakan sumber daya alam hayati yang bisa diperbarui.
  • Udara adalah gas yang terdiri dari berbagai zat seperti oksigen dan karbondioksida.
  • Apabila permukaan tanah banyak ditumbuhi tanaman, maka udara akan menjadi bersih.
  • Udara memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk pernapasan, membantu proses metabolisme tubuh, untuk jalur penerbangan pesawat terbang, untuk saluran komunikasi dan sumber tenaga gerak.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali keberadaannya, jika dipakai terus menerus oleh manusia. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, misalnya barang tambang seperti minyak bumi, batu bata, gas alam, emas perak dan sebagainya.

Minyak Bumi

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Minya bumi berasal dari mikroplankton dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun. Minyak bumi terdapat di laut dangkal, danau dan teluk. Minyak bumi dimanfaatkan untuk bahan bakar, seperti minyak tanah, solar, bensin atau premium, pertamax dan sebagainya. UntukĀ  mendapatkan minyak bumi, maka harus digali karena letak minyak bumi ada di kedalaman berpuluh-puluh meter dari permukaan tanah.

READ  7 Contoh Penyimpangan Sosial di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Batu Bara

Batu bara adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Batu bara berasal dari tumbuhan yang tertimbun berjuta-juta tahun yang lalu, hingga berada dalam lapisan batu-batuan sedimen yang lain. Pengaruh alam dan cuaca, tumbuhan yang telah mati kemudian berubah menjadi arang dan batu. Untuk mendapatkan batu bara, tidak perlu menggalinya sampai berpuluh-puluh meter dari permukaan tanah seperti minyak bumi. Batu bara berada di permukaan bumi dan tidak terlalu dalam.

Emas dan Perak

Emas dan perak adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Emas memiliki warna kuning dan terlihat indah, sedangkan perak warnanya putih mengkilat. Emas dan perak termasuk kedalam batu mulia yang dipergunakan manusia, misalnya perhiasan dan berbagai macan aksesoris lainnya.

Di Indonesia pertambangan emas dan perak dilakukan dengan alat dan ada juga yang menggali atau menambang emas secara tradisional.

Besi

Besi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Besi berasal dari bahan yang bercampur dengan tanah, pasir dan sebagainya. Besi dimanfaatkan untuk bahan dalam membuat berbagai macam peralatan rumah tangga, kendaraan dan bangunan.

Belerang

Belerang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Belerang adalah mineral alami yang berasal dari mata air alami dataran vulkanik. Belerang dimanfaatkan untuk mengobati berpenyakit radang sendi, jerawat dan gatal-gatal pada tubuh.

Tembaga

Tembaga adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Tembaga dimanfaatkan untuk kabel jaringan listrik karena memiliki sifat yang menghantarkan listrik.

Nikel

Nikel adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Nikel memiliki ciri-ciri logam keras, ulet, bisa ditempa dan berwarna putih keperakan. Nikel dimanfaatkan sebagai bahan pembuat logam paduan untuk membuat stainless steel.

Timah

Timah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kembali jika dipakai terus-menerus. Timah berasal dari mineral kasiterit yang berbentuk sebagai oksida. Timah dimanfaatkan untuk melapisi logam lainnya untuk mencegah karat.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Potensi

Jika dilihat dari potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

Sumber daya alam materi

Sumber daya alam materi adalah sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia dalam bentuk fisiknya. Contohnya batu, besi, emas, kayu, serat, kapas dan sebagainya.

Sumber daya alam energi

Sumber daya alam energi adalah sumber daya alam yang berasal dari alam dan dimanfaatkan energinya. Contohnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin dan sebagainya.

Sumber daya alam ruang

Sumber daya alam ruang adalah sumber daya alam dalam bentuk ruang atau tempat hidup, misalnya dataran tanah dan angkasa.

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat

Jika dilihat dari sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut:

Sumber daya alam yang terbarukan

Sumber daya alam tidak terbarukan adalah sumber daya alam yang sudah tidak dapat diperbaharui kembali. Contohnya: barang tambang, minyak tanah, dan gas bumi.

Sumber daya alam yang tidak habis

Sumber daya alam tidak habis adalah sumber daya alam yang berasal dari alam. Contohnya: matahari, udara energi pasang surut dan energi laut.

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Kegunaannya

Jika dilihat dari nilai kegunaannya, sumber daya alam dibedakan menjadi 3, yaitu:

Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi

Sumber daya alam ekonomis tinggi adalah sumber daya alam pada saat mendapatkan harus menggunakan biaya yang besar. Contohnya yaitu mineral, logam mulia seperti emas, perak dan intan.

Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah

Sumber daya alam ekonomis rendah alah sumber daya alam pada saat mendapatkannya menggunakan biaya yang cukup murah. Sumber daya alam ini tersedia dalam jumlah yang banyak. Contohnya yaitu bahan-bahan bangunan seperti pasir, batu dan gamping.

Sumber Daya Alam Non-ekonomis

Sumber daya alam non-ekonomis adalah sumber daya alam pada saat mendapatkannya tidak menggunakan biaya. Sumber daya alam ini tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Contohnya yaitu matahari, udara, suhu dan angin.

6. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya

Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan langsung

Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan langsung adalah sumber daya alam yang bisa langsung dipakai/dimanfaatkan. Contohnya udara yang dihirup, air diambil dari sumur atau sungai.

READ  Penjelasan Lengkap Siklus Hidrologi Mulai dari Pengertian, Gambar Sampai Prosesnya

Sumber daya alam yang tidak bisa dimanfaatkan langsung

Sumber daya alam yang tidak bisa dimanfaatkan secara langsung adalah sumber daya alam yang butuh diolah lebih lanjut untuk digunakan. Contohnya minyak bumi, besi, air tanah.

Mineral dalam Tanah

klasifikasi sumber daya alam
unsplash.com

Ada banyak mineral yang digunakan untuk industri, yaitu:

  1. Tanah liat yang digunakan untuk industri yaitu batu bata, genteng dan sebagainya.
  2. Bahan dasar semen berasal dari batu kapur, tanah putih, tanah liat, pasir dan gips.
  3. Kaolin yang digunakan untuk bahan dasar industri keramik, porselin dan sebagainya.
  4. Intan, berlian dan permata termasuk mineral
  5. Batu bara diubah menjadi bahan-bahan pewarna, cat, baja dan sebagainya.
  6. Jenis-jenis batu, ada yang kasar, keras, licin dan berwarna-warni. Tergantung mineral-mineral yang menyusunnya.
  7. Mineral ada yang mengandung logam dalam jumlah kecil dan jumlah besar dan untuk mendapatkan logam harus diolah terlebih dahulu.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

jenis sumber daya alam dan manfaatnya
unsplash.com

1. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati

  • Digunakan untuk pangan, misalnya padi, jagung dan ubi.
  • Digunakan untuk tanaman hias seperti anggrek.
  • Digunakan untuk keperluan industri.
  • Digunakan untuk bahan obat-obatan, misalnya jahe, kencur dan kunyit.
  • Digunakan untuk bahan baku mebel seperti rotan, meranti dan bambu.
  • Digunakan untuk minyak atsiri seperti kayu putih, sereh, kenanga, cengkeh.

2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hewani

  • Digunakan untuk sumber daya pangan seperti daging ayam, sapi dan kambing.
  • Digunakan untuk bahan baku kerajinan tangan dan perhiasan.

3. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Barang Tambang

  • Digunakan untuk memenuhi kebutuhan barang tambang dan galian dalam negeri.
  • Menambah pendapatan negara karena barang tambang dapat diekspor keluar negeri.
  • Digunakan untuk memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
  • Digunakan untuk memajukan industri dalam negeri.
  • Digunakan untuk memperluas dan membuka lapangan kerja.

Pengelolaan Sumber Daya Alam

penggolongan sumber daya alam
unsplash.com

1. Berdasarkan Prinsip Lingkungan

  • Melakukan reboisasi
  • Membuat sengkedan
  • Pengembangan daerah aliran sungai
  • Membuat pengelolaan air limbah
  • Penertiban pembuangan sampah

2. Berdasarkan prinsip mengurangi

Pemanfaatan pada sumber daya alam sebaiknya dilakukan seperlunya, jangan berlebihan. Sumber daya alam yang diambil semua atau dihabiskan akan mengganggu dan merusak ekosistem lingkungan.

3. Berdasarkan prinsip daur ulang

Daur ulang adalah mengolah kembali bahan-bahan yang sudah digunakan, sehingga akan menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis menjadi barang berguna yang masih bisa dipakai.

Faktor Penyebab Kerusakan Sumber Daya Alam

manfaat sumber daya alam hayati
unsplash.com

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan rusaknya sumber daya alam:

1. Melakukan penggundulan pada hutan, sehingga lahan yang ditinggalkan menjadi kurang subur dan akan berpotensi longsor.

2. Memberikan pupuk yang berlebihan, sehingga akan timbulnya hama jenis baru yang tebal terhadap zat kimia tersebut.

3. Melakukan penangkapan ikan yang salah, menyebabkan ikan akan berkurang

4. Terjadinya pencemaran udara, misalnya limbah industri.

5. Terjadinya pencemaran suara, misalnya suara mobil, pesawat, kereta api, jet udara.

6. Terjadinya pencemaran air, misalnya limbah industri dan deterjen.

7. Terjadinya banjir karena membuang sampah sembarangan.

8. Terjadinya gunung meletus, sehingga terjadi kerusakan pada rumah dan jalan.

9. Terjadinya angin topan, sehingga terjadi kerusakan pada bangunan.

Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi

contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam
unsplash.com

Kekayaan alam di Indonesia banyak yang sudah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kekayaan sumber daya alam akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Aktifitas yang dilakukan untuk manfaatkan sumber daya alam, yaitu:

1. Aktivitas Pertanian

Penduduk Indonesia sebagian besar mempunyai aktivitas sebagai petani. Hal ini disebabkan karena tanah di Indonesia subur dan di dukung iklimnya yang sesuai.

2. Aktivitas Perkebunan

Aktivitas perkebunan akan menghasilkan pertanian. Hasil perkebunan yang berkembang di Indonesia di antaranya adalah teh, kopi, cokelat, karet, kelapa dan kelapa sawit.

3. Aktivitas Peternakan

Aktivitas peternakan yang ada di Indonesia yaitu ayam, kambing, sapi, domba, kuda dan sebagainya.

4. Aktivitas Perikanan

Indonesia mempunyai sumber daya perairan yang sangat banyak. Banyak tempat-tempat yang dimanfaatkan untuk aktivitas perikanan. Laut, di Indonesia sangat luas, sehingga menyimpan berbagai kekayaan alam, khususnya ikan.

5. Aktivitas Pertambangan

Aktivitas pertambangan di Indonesia misalnya minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik skala besar seperti PLN, maupun untuk rumah tangga, industri dan kendaraan bermotor.

6, Aktivitas Kehutanan

Indonesia memiliki sumber daya alam hutan yang sangat berlimpah. Hutan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik sebagai penghasil kayu, untuk sumber pangan, sebagai sumber tambang dan sumber mineral.

Sekian informasi mengenai sumber daya alam mulai dari pengertian, jenis-jenis, pengelolaan dan faktor penyebabnya. Semoga dapat bermanfaat.

 

 

Tinggalkan komentar